Skip to main content

Yuk Mengenal CV Lebih Jauh


Hai sobat PPM, kalian udah sering dengar dong apa itu CV. Nah kalau belum pada tau, hari ini kita bahas CV lebih jauh yuk. CV atau nama lengkapnya Curriculum Vitae biasanya digunakan baik dalam melamar pekerjaan, sekolah, beasiswa dan lainnya. Secara sederhana, CV digunakan untuk menunjukan bagaimana kita memenuhi aspek persyaratan yang dibutuhkan dalam melamar suatu hal. Jadi bisa kita simpulkan bahwa CV adalah dokumen yang mencantumkan kualifikasi kita baik di bidang akademik maupun non-akademik. Biasanya bersifat kronologis dan berisi data pribadi secara detail. Nah sekarang kalian udah pada tau kan apa itu CV hehehe.
            CV sendiri kalau kita telaah lebih jauh memiliki berbagai variasi dan jenis yang menarik, dan tentunya bisa kita gunakan sesuai dengan jenis apa yang kita butuhkan. Ada apa aja sih jenis-jenis CV itu? Berikut jenis-jenis CV yang sudah mimin rangkum untuk sobat PPM sekalian, yuk dicek!
1.      The Traditional CV: Pada umumnya orang menggunakan jenis CV ini, yang menandakan CV ini adalah isi CV berisi kronologi perjalanan hidup kalian seperti pendidikan, prestasi dan pengalaman lainnya. Tetapi CV jenis ini sendiri memiliki kekurangan, yakni kurang cocok bagi kalian yang suka berganti pekerjaan atau merubah karir.

2.      The Skills-Based CV: Kalau kalian lebih tertarik menjelaskan tentang kemampuan kalian dibandingkan menjelaskan tentang kronologi perjalanan hidup. CV jenis ini merupakan pilihan yang cocok untuk kalian yang memiliki banyak pengalaman kerja dan pendidikan, yang mana kalau kalian mau memfokuskan kemampuan kalian. CV ini sering menyertakan pernyataan pribadi atau tujuan karir di awal halaman seperti “Motivated and academically gifted physical engineer seeking to use his laboratory experience in an industrial career”. CV tipe ini biasanya disertai dengan bukti yang menunjukan kemampuan kalian.
 
3.      The Targeted CV:  Sesuai dengan jenisnya, CV ini memiliki kelebihan dalam hal efektivitas tapi detail. Biasanya diisi dengan bukti bahwa kalian memiliki pengalaman, kemampuan, prestasi dan pendidikan disertai pemberian judul yang relevan.


4.      The Academic CV: CV ini menekankan tentang sejauh mana tingkat pendidikan dan prestasi akademik kalian. CV jenis ini biasanya disertai dengan disertasi, abstrak, bidang keahlian, minat penelitian, presentasi, pengalaman mengajar, konferensi. Disini juga harus ditekankan minat penelitian untuk memiliki kesan familiar dengan orang diluar bidang kalian, namun tetap harus ilmiah untuk menarik minat sesama peneliti. Bisa ditambahkan juga kemampuan tambahan yang sesuai dengan minat akademis kalian.

5.      The British Compromise: CV ini memiliki kebebasan dalam segi isi dan memuat data yang luas. CV ini merupakan penggabungan antara The Traditional CV dan The Skill Based CV.

6.      The Off-the-Wall CV : CV ini terlihat berbeda jika dibandingkan dengan CV sebelumnya diatas, CV jenis ini biasanya dianggap aneh dan lebih cenderung kedalam bidang periklanan. Contoh CV jenis ini antara lain CV dengan gaya Wild West, Wanted Poster. Walau dianggap unik dan terkesan agak aneh, tapi CV ini cocok digunakan jika anda mau melamar pekerjaan di institusi yang menganggap hal unik ini sebagai kreativitas dan dapat diterima secara relevan.

Nahh sekarang udah pada tau kan jenis-jenis CV itu ada apa aja. Untuk jenis CV itu sendiri, kalian bebas memilih mau menggunakan jenis CV yang mana dan tentunya menyesuaikan dengan tujuan pembuatan CV itu sendiri. Sebenarnya mimin ada beberapa tips untuk buat CV yang bisa dicoba sama sobat PPM, penasaran gak nih? Eitsss bukan di postingan ini ya tapi hehe, untuk tips bisa dicek di postingan selanjutnya. So, untuk kali ini cukup sampai disini dulu ya sobat PPM sekalian yang baik hati dan rajin hehe. Siapkan CV kalian sebaik mungkin ya, tapi jangan lupa tetap jaga kesehatan, kalau kalian sakit kan mimin juga yang sedih L Okay, sekian dulu dari mimin and see you next post ^_~


Sumber Materi:
Sevim, Gökhan. 2018. Iktisadi ve Idari Bilimler Fakültesi. Ege Üniversitesi.

Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...