Skip to main content

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

 

Notulensi Seminar AAS



Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan”


Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)”


Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa?


Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.”


Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?”


Nanda : “ jadi kan double degree gitu kerjasama IPB dengan Adelaide University, jadi di IPB itu tahun 2017 di Adelaide itu Januari 2019.”


Moderator : “Jadi kita langsung ke materi aja ya, boleh cerita dong ka beasiswa apa yang kakak dapatkan , untuk syarat-syaratnya apa aja


Nanda : “Beasiswa AAS, mungkin orang-orang kalo dulu kenalnya ADS, persyaratannya kayaknya hampir sama kaya beasiswa yang lain kaya dokumengitu kan IELTS, tapi kalo AAS ini diminta TOEFL. IELTS bisa TOEFL biisa. Terus entar ada kaya special region di Indonesia yang dikhususkan jadi TOEFLnya lebih mudah kaya Afirmasi LPDP.”


Moderator : “ jadi kalo IELTS dan TOEFL itu wajib ya ka?.”


Nanda : “Dokumen iya wajib. Jadi kalo Saya dari Aceh jadi lebih rendah gitu TOEFL yang diminta Aceh Papua Nusa Tenggara Barat”


Moderator : “Kalo boleh tau minimal nilai TOEFL yang diminta berapa ka?”


Nanda : “minimal itu 500”


Moderator : oh gitu, keren ka. Oke ni ka kalo jadwal pendaftaran ini dibuka kapan ka dan mungkin web nya bias dikasih tau”


Nanda : “ pembukaan itu setiap tahun ada dan udah fix dari tanggal 1 februari sampai 30 april.”






Moderator : “ kalo hasilnya itu keluar di tahun yang sama? 


Nanda : “ iya heeh pada tahun yang sama, nah tapi kalo tahun ini berbeda karena Covid 19 jadi kaya di extend gitu applicationnya, biasanya 30 april itu finish, finish to submit tapi kalo tahun ini 30 Juni dan pengumuman nya itu online application nya itu di bulan Juli nya.”


Moderator : “ kalo keberangkatan nya tahun ini juga?”


Nanda : “ iya heeh, tapi engga menyesuaikan dengan IETLS nya”


Moderator : “kalo tahapan seleksi nya gitu seperti apa Ka?”


Nanda : “ entar ada intrwiew dan  kaya IELTS tes gitu kan, tapi sebelum ke tahap itu kita harus lolos online application.”


Moderator : “untuk online application diminta apa aja ka?”


Nanda : “ dokumennya itu kaya biasa gitu ya seperti yang saya katakan seperti IELTS dan juga kaya ktp itu harus WNI dan tidak boleh menikah dengan warga negara Australia


Moderator :”Kalo surat rekomendasi atau CV?”


Nanda : “iya rekomendasi resume dan juga rekomendasi dari dosen di kampus bisa juga kan, ya itu sekitar 3 rekomendasi di butuhkan”


Moderator : “ada ga ka dokumen yang menjadi poin tambahan yang menjadi aplikasi kita, kadang kan ada dokumen wajib yang ga wajib gitu loh ka, supaya memperkuat aplikasi kita”


Nanda : “kayaknya sih menurut Saya tuhlebih di bagian essay kita sih. Essay itu sangat penting


Moderator : “kalo gitu nih ka, jadi kan nanti ada beberapa seleksi ya kalau gelar ganda hanya untuk yang S2 atau anak S1 dan S3 bisa ikutan jug aka?”


Nanda : “kalo untuk beasiswa AAS itu diperuntukkan cuma Master Degree  sama PhD programs 


Moderator : “mungkin Aku mau nanya nih kak tips-tips kakak bias lolos beasiswa ini?”


Nanda : “kayanya banyak ngobrol temen yang udah dapet dulu itu penting ya, jadi entar salah satunya minta tolong sama mereka gitu yang udah awardee di AS buat mereview essay kita. Buat mereka yang udah kuliah disana itu ka kita juga perlu tau kan gimana cara adaptasi disana dan buat kita jadilebih semangat kali ya buat bikin essaynya”







Moderator : “lalu gini loh ka, biasanya kana da persyaratan nilai ya, adakah nilai IPK yang diminta minimal mungkin berapa sama pemberi beasiswa”


Nanda : “ada. Pokoknya ga boleh kurang dari 3.00”


Moderator : “Waktu S2 kakak jurusan apa ka? maaf, yang double degree di Australia itu”


Nanda : “untuk IPB nya jurusan ilmu ekonomi, di Adelaide itu Applied Economics”


Moderator : “ kalo boleh tau nih ka, dulu double degree di IPB dengan jurusan tersebut dan di Adelaide, kenapa kakak milih jurusan dan kampus tersebut?”


Nanda : “ jadi tuh sebenernya tuh AAs itu kan banyak modelnya kalo yang saya apply kemaren itu ‘split site programs’ dan itu setau Saya program baru sih. Jadi split site ini kaya udah punya program sendiri kaya beasiswanya itu engga AAS aja tapi dari pihak lain, kebetulan kemarin pihak satunya dari pemerintah Aceh. Jadi mereka kaya udah bikin kerja sama. Jadi agreement dari Aceh dengan pemerintah Australia dan kampus nya juga udah fix gitu di IPB dan di Adelaide


Moderator : “berarti ga semua kampus di Indonesia memiliki kerjasama dengan Adelaide dan ga semua Provinsi juga kerjasama dengan pemerintah Australi gitu ya ka.”


Nanda : “iya gitu”


Moderator : “berarti temen-temen kita yang di Aceh ada kesempatan ikut juga daftar dalam beasiswa ini.”


Nanda : “kalo agreement nya di extend kali ya.”


Moderator : “kenapa kakak milih jursan itu ka? apa motivasinya?”


Nanda : “ mungkin karena related dengan pendidikan saya sebelumnya kan yang S1, terus seperti yang sudah Saya bilang kalo split site itu udah shorten university dan udah fix coyrse of study nya gitu yang bakalan kita kuliah di Australi nya. Jadi jurusan kampus nya itu kita ga bisa milih lagi.


Moderator : “jadi kalau IPB sendiri kerjasama di Universitas di Australinya untuk program ini hanya dengan Adelaide kah atau ada universitas lain di Australia?”


Nanda : “kalo informasi itu Saya kurang tau sih”











Moderator : “oke ka langsung ke pertanyaan selanjutnya ka. Apasih ka kesan kakak mungkin kan selama ini tinggal di Indonesia lalu pindah ke Australia mungkin ada lingkungan baru, kesan-kesan kakak kekurangan kelebihannya menurut kakak?”


Nanda: “yang pasti culture Asia dan western itu beda ya. Kaya ka Akbar sendiri kan di Turki pasti beda kan culture nya di Indonesia. Jadi tuh salah satu pengalaman yang pasti berkesan.”


Moderator : “ kalo kelebihannya tinggal di Australia apa ka?”


Nanda : “pasti banyak lah, kalo kita compare Negara Indoesia masih terbelakang atau masih berkembang, kalo Australia sendiri kan udah maju jadi dari poin itu aja udah beda kan jadi otomatis banyak hal yang kita pelajari”


Moderator : “lalu, pada saat disana pertama kali ada masalah-masalah apa aja ni kak?


Nanda : “ mungkin Kaya culture shock kali ya dan mungkin bahasa kaya kurang pede gitu kan. Namanya juga di lingkungan yang baru jadi harus adaptasi dulu dari bahasanya juga. Apalagi bukan pake bahasa inggris kan jadi pasti lebih berat.”


Moderator : “ Waktu pertama kali kesana mungkin apakah banyak yang diurus seperti izin tinggal dan lain-lain?”


Nanda : “kalo dari beasiswa AAS sendiri dari mereka nya sih yang ngurusin urusan visa kita disana , terus mereka juga ngurusin kaya medical check up juga. Jadi dari beasiswanya udah pada ngurusin sih.”


Moderator : “jadi beasiswa ini harus utnuk dicoba ya ka”


Nanda : “iya harus. Oiya tadi nanya website juga kan ya untuk registration. Ada 2 si website yang penting banget : oasis.dfat.gov.au sama www.australiaawardsindonesia.org”


Moderator : oke nih ka tadi kan kelebihannya sekarang kekurangannya”


Nanda : “ mungkin kaya teman-teman yang lain ya kaya home sick kali ya”


Moderator : “disana mungkin sesama pelajar Indonesia suka berkumpul tidak atau mungkin ngadain event-event’












Nanda : “iya komunitasnya oke si jadi kaya kita butuh kan yang namanya komunitas saat ketempat yang baru untuk adaptasi . jadi kaya perkumpulan student Indonesia di Adelaide cukup solid si kalo kata Saya dan itu membantu banget. Misalnya kita pengen pake bahasa sendiri kan di Negara orang nah itu salah satunya. Terus juga ada event-event kaya 17 agusutus itu ada event dari perkumpukan student Indonesia disana juga gitu bias saling ketemu lah kalo ada event-event penting kaya gitu lah”


Moderator : “jadi pokoknya kalo kita bosan atau ada maslah curhat segala macem pengen bicara bahasa Indonesia ini tempatnya sama kawan-kawan atau masak-masak bareng gitu”


Nanda : “iya masakan bener”


Moderator : “ kalo di Adelaide sendiri adpakah ada consulate gituan atau consulate beda kota?”


Nanda : “ kalo untuk itu adanya di Sydney ya sama di Perth setau ku di 2 itu 2 kuotas, jadi di Adelaide ga ada karena bagian regional jadi mungkin ga available gitu ya disana”


Moderator : “ kalo boleh tau ka hidup di Australia ini khususnya di Adelaide ini 1 bulan itu kisaran kalo kita kesana untuk hidup berkisar berapa ka kalo pake uang pribadi buat study? Dan juga mungkin tips-tips hidup ekonomis hidup disana”


Nanda : “bisa ko hidup ekonomis. Ya kalo kita masih kaya mungkin gimana ya, kalo masih awal-awal itu konversi australian dollar ke rupiah jadi semuanya kita calculate kaya bener-bener kita ini convert-convert gitu, jadi secara otomatis bisagitu loh jadi ga mungkin gaya hidup kita sama kaya gaya hidup bule gitu. 


Moderator : “jadi kita butuh berapa nih ka rata-rata per bulan kurang lebih?”


Nanda : “ini aku bilang aja ya AAS ngasihnya berapa kali ya biar bisa di imagine sendiri. AAS sendiri jadi kalo di Australi itu mungkin kan kalo di Indonesia gaji itu per month tapi kalo disana per 2 minggu jadi bill yang kita dapat itu per 2 minggu begitu juga dengan uang yang kita stipend yang kita dapatkan dari si Australian Awards nya itu. Nah per 2 minggu itu 1100 Australian dollar lah”


Moderaor : “mungkin kalo dalam bentu rupiah berpa ka?”


Nanda : “1 dollarnya sekitar 10.000 rupiah, jadi sekitar 11 jutaan ya dalam 2 minggu “


Moderator : “mungkin kalo di Indonesia itu kan lebi dari cukup ya ka kalo untuk ukuran pelajar. Kalo di Australia apakah itu cukup atau ya dibilang cukup tapi harus ngirit gitu atau masih bisa nabung ka?”












Nanda : “kaya khususnya di kota kaya di Adelaide bisa nabung sih kalo kata aku ya. Jadi tergantung gaya hidup sih. Rata-rata student Indonesia itu apa ya ga student Indonesia jadi disana kebiasaan kaya bawa bekel sendiri gitu kan ga jajan di luar nah itu salah satu tadi cara biar hidup hemat disana, dan itu penting sih. Dan itu di Adelaide kota yang kalo kita cari makanan yang sesuai lidah kita agak susah  kebanyakan Melbourne, Sydney atau Perth gitu ya. Menurut aku sih aman dan paling ekonomis denga cara itu bikin belkal sendiri gitu. Jadi udah hemat”


Moderator : “berarti  bahan-bahan sendiri lebih murah dong ka”


Nanda : “ iya heeh. Kaya culture semua orang  disana semuanya harus sendiri kan harus mandiri lah”


Moderator : “kalo tips lain nih ka untuk hidup hemat untuk hidup ekonomis disana gimana ka? Kalo selain masak misalnya, lalu untuk uang buku gituan gimana ka? Mungkin buat materi-materi dari dosen ?”


Nanda : “kalo disana Kan kaya paper list gitu jadi kita di encourage untuk kaya baca buku dari e-book gitu ga kaya yang print out. Jadi meman udah terbiasa aca buku elektronik”


Moderator: “ Jadi kalo itu gratis apa engga ka? Kalo untuk e-book itu?”


Nanda : “ nah kalo untuk kampus yang di Adelaide si sudah subscribe jurnal international dan juga beberapa buku-buku yang elektronik gitu jadi semunya oke sih semuanya support sih buat study disana kaya ga bisa excuse sih pokoknya ada kan. Misalnya kalo kita compare dengan di kampus di Indonesia lah let say website  saihab jadi maksudnya kalo dsini kan jarang yang subscribe jurnal atau buku jadi kita harus yang kaya pinter-pinter cari link yang provide sumber yang kita pengen, kalo disana ada semua sih.”


Moderator : “ pokoknya sangat support, lalu kakak bisa ceritakan ga gimana selama disana apa yang mungkin paling kakak berkesan sampe sekarang keinget”


Nanda : “mungkin manage waktu kalli ya kaya yang bener-bener yang kaya di Indonesia ga terlalu teratur. Kalo bangun jam segini sampe kampus jam segini itu udah pasti bisa kita ukur, paling itu sih ya salah satu poin salah satu contohnya. Nanti kan juga ada kaya apps untuk public transportnya gitu kan jadi bisa ngeliat segala macem. Terus yang beda juga entar  kalo  masalah apps kaya di kampus kan dikasih ya mungkin menurut Saya pribadi teman-teman yang lain juga gitu sih jadi culture shock nya disitu yang kaya everythin is by online kaya submit assignment online atau pengumuman contact dosen atau temen-temen satu grup misalnya itu kan sedia aplikasi gitu kan. Jadi awal-awal harus adaptasi dengan system dulu ”










Moderator : “ oke langsung ke QnA aja ya ka. Langsung ada pertanyaan pertama dari Adrian, Palangkaraya. “ka apakah uang yang diberikan dari beasiswa itu mencukupi atau kakak harus mengeluarkan uang pribadi juga lalu kalo boleh tau berapa banyak dalam jumlah rupiah?” kayanya tadi udah kita bahas ya ka”


Nanda : “ jadi masih ada satu poin lagi establishment allowance 1 kali aja sih kaya di pertama kali kita sampe kita dikasih 5000 Australian dollar. Menurut aku cukup atau tidak kalo menurut aku sih itu lebih dari cukup sih apalagi kalo kita lifestyle nya kita jangan kaya lifestyle bule gitu kan.”


Moderator : “ kita langsung ke pertanyaan selanjutnya dari Amelia Makassar. “Ada rekomendasi  jurusan arsitekrtur di Australia itu kira-kira di kampus mana yang baik bagus tapi biaya hidupnya terjangkau?”


Nanda : “ Saya kurang yakin yak arena saya bukan jurusan arsitektur tapi itu bisa gimana ya tapi setiap kampus itu punya yang terbaiknya apa gitu kan. Saya kurang bisa kasih informasi sih untuk kaya kampus terbaik untuk arsitektur”


Moderator : “kalo di kamous kakak jurusan terbaik favorit di kampus kakak itu apa ka?”


Nanda : “apa ya, kayanya hokum sih sama engineering, walaupun banyak banget yang bilang semnagat ya ngambil ekonomi banyak banget yang gitu kan banyak banget kaya field di mata kuliah ini kaya suicide itu biasa sih”


Moderator : “jadi pokoknya harus selain belajar kita tuh harus  ekstra juga ya supaya ga gagal”


Nanda : “iya bener, jadi sebebnarnya dari awal itu niat awalnya harus diluruskan juga. Ada banyak orang yang mau kuliah itu mikirnya duit beasiswa nya bukan, ya gimana ya tapi memang ada orang yang berfikir seperti itu. Bisa dibilang seperti itu lah ya”


Moderator : “ yang pasti kita harus luruskan. Kadang-kadang kan ada yang wisata juga”


Nanda : “ iya padahal kan kuliah dengan jalan-jalan kan beda, contohnya kaya kita nyisihin duit dari stipend yang dikasih dari scholarship nya terus kita kaya expect adience of the study itu bakalan punya buat saving yang sekian mungkin kita mikirin Cuma masalah duit tapi kita punya saving berapa ribu dollar tapi karena kita fokus mungkin nyari duit disana kaya part time job disana juga bisa kan, you can get banyak banget duit misalnya itu kan, terus kan dipikirin Cuma itu akhirnya keteteran masalah kuliahnya akhirnya dia field dan harus retake lagi, 1 course disana itu kan mahal banget kan kaya 1 course. Kaya aku tuh kemarin 1 semester ada 4 course dsn 1 coursenya itu 5000 dollar australia. Jadi ya you can ini lah ya mikir-mikir lagi. Ya pokoknya itu niatnya diluruskan kalo pengen kuliah jangan niatnya untuk nyari duit karena ga sedikit yang berfikiran seperti itu  ”








Moderator : “berarti banyak don ya yang seperti itu atau banyak mungkin”


Nanda : “ya gitu lah, kita antisipasi aja”


Moderator : “ kita ke pertanyaan ketiga aja nih ka, oh ka sebelumnya itu kan kadang-kadang kan kalo kita mendapatkan beasiswa itu mereka pemberi beasiswa mematok berapa nilai IPK untuk beasiswa tidak dipotong atau apa. Kalo disana ada ga sih  ka?


Nanda : “kalo untuk beasiswa AAS ga ada sih bahkan ada yang kasusnya gagal tapi pihak beasiswa ga yang kaya nyuruh balikin beasiswa. Tapi itu cuman jadi beban buat kita ajasih. Pokoknya kita lulus ajalah, terus kan yang kaya di Australis sendiri level nilainya kalo nilai di Indonesia A B C D kalo disana itu high distinction untuk A distinction untuk B+ dan segala macem dan gimana ya yang saya liat itu culture disana beda dengan disini itu kaya gua harus dapet nilai A, disana ga kaya gitu, disana yang penting lulus. Karena kalo kita udah pass the course salah satu course itu berarti kita sudah mampu untuk course tersebut gitu. Jadi beda banget culturenya terus ada lagi kaya disana ada mata kuliah yang requirment untuk lulusnya pake exam kan, nah jadi kalo exam kan jadi misalnya 3 jam nah biasanya orang-orang Australia itu kaya 1 jam pertama langsung selesai. Jadi mereka mikirnya yang penting gua udah pass gitu dan gua udah dapet nilai pas aja. Sebenernya kalo kita orang Indonesia kan kalo ada 3 jam kenapa ga 4 jam, kira-kira kaya gitu ”


Moderator : “maksimalin ajalah selama ada waktu “


Nanda : “ya itu karena kita kan ngejarnya harus dapet A, disana yang penting lulus”


Moderator : “jadi di Australia  ada culture seperti itu juga ya”


Nanda : “ yang saya lihat seperti itu”


Moderator : “wow menarik sih. Di Indonesia sendiri kan nilai A B itu sangat penting gitu loh”


Nanda : “mungkin bukan di Indonesia ya tapi Asia pada umumnya. Jadi sebenernya itu yang menentukan bukan nilai kamu berapa, tapi udah sepaham mana sih gitu kan, kamu udah bisa aplikasiin ga ilmu yang dapet kira-kira gitu “


Moderator : “baik ya ka kita langsung ke pertanyaan ketiga ya ka. Dari Muhammad Gibran Jambi. “ K, untuk tips menghadapi culture shock itu gimana carra kakak untuk cepat adaptasi?” temanya culture shock dan adaptasi gimana caranya biar adaptasi mulus?”














Nanda : “ itu ga gampang sih dalam experience saya kemarin juga, jadi kalo kemarin beasiswa yang saya dapet one of the previllage that we got itu kita jadi sebelum ke Australia ada training bahasa dulu di Jakarta itu bukan buat cuman english training tapi juga tapi juga kaya beradaptasi dengan sistem belajar di Australia jadi gimana ya sangat membantu sih program tersebut unuk beasiswa ini, itu sebelum kita berangkat kan ke Australi nya nah sampe di Australinya Sendiri beasiswa ini provide juga yang namanya kaya semacam pre departure training juga di Jakarta tapi 1 bulan aja dan itu lebih kaya di deep lagi ajasih kaya dari yang sebelumnya dari program sebelum berangkat ke Australi nah jadi itu sama kaya kursus kelasuntuk how to write in english jadi kaya basic-basic skill yang harus kita dapetin yang mostly itu orang-orang yang belom pernah kuliah di Australi tuh bisa lebih familiar

Dengan sistem yang ada di Australi. Dan culture shock itu saya dapatkan disitu, karena beasiswa ini kan kita kan kaya kerjasama beberapa negara di dunia kkaya India, Banglades, terus negara inilah Myanmar inilah segala macem ada beberapa negara yang pake first language nya pake english. Nah kita kan bakal ngerasa ini dong kaya drop ya karena baha inggris kita kurang banget kan kalo dikata mereka dan mereka dan mereka first language mereka udah bahasa inggris. Lah kita saya first language nya bahasa Aceh kan. Jadi itu pertama kali kan yang berat caranya sih jangan putus asa sih ya tetep aja sok-sokan bisa  tetep aja harus ngobrol kan “


Moderator : “pokoknya harus kerja ekstra juga kan. Terus program yang beasiswa kakak berikan itusangat membantu untuk persiapan anak-anak sebelum dan tiba disana ya ka.


Nanda : “rata-rata negara yang kerjasama dengan beasiswa ini bukan dari negara maju kaya Australi makanya mungkinprogram pembekalan ini tuh banyak gitu ya, karena untuk negara-negara berkembang. Kalo untuk pre Departure training itu sebelum berangkat ke Australi itu tergantung dari nilai IELTS nya. Kalo saya sendiri itu waktunya 5 bulan untuk training ke Australi, ada yang 2 minggu”


Moderator : “ jadi beda-beda gitu ya ka. Kita langsung ke pertanyaan berikut aja ya ka, dari Rendi Saputra lombok. “Ka apakah kita ada kesempatan untuk mengikuti konferensi atau exchange. Misal kita udah dapet beasiswa ke Australi dan kita ingin Conference ke negara lain apa itu masih ada kesempatan untuk kita”


Nanda : “ kalo saya pribadi ga ada experience conference ya kaena mungkin udah sibuk banget ya sama urusan ini. Tapi untuk taman-teman yang lain itu ada tapi bukan international ya tapi masih di Australi. Untuk Conference oke-oke aja bisa”


Moderator : “jadi mungkin beda sekolah atau isntitusi aja ya”


Nanda : “iya seperti itu masih dalam negeri. Tapi kalo untuk ke luar negeri saya belum tau.”


Moderator : “kita ke pertanyaa kelima dari Richard Sorong. “ ka apakah setelah lulus dari sana ada ikatan utnuk dinas atau harus mengabdi dulu apakah kampus akan menempatkan alumni nya setelah lulus itu akan ditempatkan di suatu perushaan kerja atau kita harus cari sendiri?”






Nanda : “ ga ada kaya ikatan dinas gitu sih, yang pasti kalo visa study nya udah abis ya kita harus keluar dari Australia gitu. Kalo kita mau ke Australi lagi itu bisa tapi kita harus waktu 2 kali waktu yang pernah kita tinggal di australi misalkan saya tinggal 1 tahun jadi 2 dikali 1 tahun saya berarti ga boleh kesana selama 2 tahun dari selesai saya study. Itu khusus untuk scholarship. Kalo untuk beasiswa lain sepeti LPDP ga ada agreement kaya gini.


Moderator : “ kalo pelajar itu menetap di Australi mungkin dapet kerja disana sedangkan visanya abis?”


Nanda : “otomatis ga bisa dong dan kalo beasiswa ini bener-bener di kontrol. Kadang kita jalan-jalan mau kemana. Misal nih kita semester awal mau keluar state dari misalnya daerah satu ke daerah lain itu tuh kita harus kaya ngelapor gitu sama pihak beasiwa nya yang ada di kampus. Dan mereka tuh kaya stay ya pokoknya harus inilah.”


Moderator : “ Jadi kaya ketat gitu ya ga seenak hati bisa keluar”


Nanda : “ya untuk semester-semester aawal harus sering izin mau kemana, dan untuk cari kerja harus dari kita sendiri sih”


Moderator : “ pertanyaan ke 6 dari Diana lampung, ka bisa caranya mandiri ke Australia ada info ga?  Mungkinsekilas tentang living kos di Perth?”


Nanda : “ dari semua state itu hampir sama ya living cost nya tapi kaya dareah sydney dan melbourne mungkin lebih mahal ya misal kaya public transport dan rent house. Kalo mandiri berarti visa sendiri medical check up sendiri yang penting IELTS requirments harus terpenuhi sih. Kan beda-beda jurusan yang diminta.”


Moderator : “kalo untuk yang via mandiri nih ka itu harus daftar sendiri langsung atau via agen pendidikan?”


Nanda : “ lewat agen pendidikan bisa langsung juga bisa lewat email”


Moderator : “ untuk yang reguler itu harus memiliki ujian dulu  atau engga?”


Nanda : “ setau saya engga, jadi gini kamu high school di australi kan mterus mereka minta nilai kaya nilai rapot gitu, nah tapi kalo pelajar internasional nah kita entar ada kaya kelas tamabahan 1 tahun. Tapi kalo untuk master itu ga ada sih”


Moderator : “jadi biaya hidup atau biaya sekolah yang mahal ka?”










Nanda : “ ya mahal sih lumayan berat”


Moderator : Terus ada pertanyaan dari Zahrotuts Tsaniyah Pacitan, “beasiswa gelar ganda AAS ini apa bisa untuk semua jurusan kah atau hanya jurusan tertentu”


Nanda : “ tadi kayanya udah kita bahas yah, jadi ga bisa milih karena udah ditentuin jurusan nya apa dan kampusnya dimana itu kan yang splitside ya, yang ga sepenuhnya dari AAS aja dan ada yang lain contohnya saya dari pemerintah Aceh.


Moderator : “ kita langsung pertanyaan berikutnya dari Riki juana Medan, beasiswa AAS S2 kalo di Australia apakah ada pelatihan IELTS terlebih dahulu?”


Nanda : “ iya tetep ada ko”


Moderator : “ selanjutnya dari Bagas Tangerang, perbedaan kuliah indonesia dan di Australia yang paling mencolok?”


Nanda : “kita banyak ketemu banyak orang dari beberapa negara aksen dari beberapa negara kaya dari india China dan masih banyak lah ya. Terus yangkedua sistemnya sih beda everything is by online tapi kalo di Indonesia kan beda abnget ya buku aja tuh ya gampang kan ya mau berapa ratus lembar fotokopi juga ga papa contohnya gitu kalo disana kan ga bisa bener-benr harus paper list karena memang mahal mahal juga untuk ngeprint walaupun di kampus per semester ngasih 20 dollar untuk ngeprint. Kalo kita terbiasa pake sistem di Indonesi itu sih dikit, dikit-dikit ngeprint lagi juga ga kepake juga entar “


Moderator : “ berarti itu bisa mengurangi pengeluaran kia juga ya ka, jadi yang mau ke Australia harus siap-siap udah dibiasakan gitu ya ka baca-baca materi online PDF”


Nanda : “ terus juga kaya deadline kalo di Indonesia revenge oon the age kaya besok kumpul baru malam ini kan bikinnya, kalo disana ga bisa semuanya harus di cicil. Terus kalo ada assigment grup dengan individual itu beda untuk bobot  kita selesaikan beda gitu. Nah biasanya yang susah itu udah tugasnya berat, teman yang kita hubungi tuh juga susah diajak bikin bareng karena ada orang yang, banyak kepala makin ribet. 


Moderattor : “lalu ada lagi ga ka perbedaan disini dan disana?”


Nanda : “mungkin harus bener-bener mengatur waktu dengan baik ya, kaya kita harus buat bekel sendiri itu salah satu buat bikin hemat juga terus juga karena lidah kita sama lidah kita beda. Tbangun jam berapa berangkat ke kampus jam berapa ” 










Moderator : “kita ke pertanyaan selanjutnya dari raihan bogor. KA tips kakak membagi waktu menyelesaikan double degree itu gimana ka?”


Nanda : “cara bagi waktu harus shabatan sama kalender kayanya itu satu, ya notesjadi apa-apa langsung tulis di notes terus ada reminder di hp juga dinyalain gitu kan. Jadi kalo ya misalkan akhir semester udah selesai ya udah waktunya ga pegang buku ya waktunya jalan-jalan gitu. Soalnya karena kita harusnya waktu holiday .”


Moderator : “terus ada pertanyaan nih ka dari faris dari Bogor “kakak waktu double degree duku kakak di IPB dulu apa di Australia dulu?” kakak di IPB dulu ya ka baru ke Australia ya”


Nanda : “ waktu di IPB 1 tahun di Adelaide itu 1 semester. Mungkin ada tambahan kaya terutama buat mindset bilang pasti kan banyak ya stereotip gitu kan ya yang ada di orang Indonesia, padahal jawabannya ya kenapa engga sebenernya sistem disana lebih jauh well develope daripada sistem yang disini. Apa yang harus ditakutkan ga ada yang harus ditakutkan disini. Dari masalah public transportnya udah oke sistem di kampus udah baik banget apa yang harus ditakutkan kuliah di luar itu mungkin yang kadang orang ga mau coba karena ada stereotipe, hilangin lah semua orang bisa ko”


Moderator : “ ada tambahan lagi ga ka? Oiya ka kakak pernah ngerasa kangen orang tua tau kangen sahabat itu gimana nih ka? Tips-tips dari kakak?


Nanda : “yang penting sih sering kontek sih kaya video call gitu sih 


Moderator : “ untuk QnA sekian dulu  ya ka. Kalo kesimpulan nih ka dari kakak untuk tips-tips study di Australia berbagai proggram di australia dan mungkin hal-hal positif yang bisa di aplikasikan di indonesia. Kesimpulan dari kakak sendiri gimana nih ka?


Nanda : “ open minded be open minded, menurut aku sih gitu yang bisa kita terapin slice of life lah sama hal penting satu lagi kita harus ikut komunitas sih atau himpunan. Itu penting sih menurut saya karena kalo ga ada komunitas itu pasti kita jadi sendirian, itu berat sih jadi dengan kita ikut komunitas kita pasti komunitas itu duluan gitu”


Moderator : “iya bener sih itu sangat penting dan juga mengobati rasa rindu tanah air”


Nanda : “ terus juga kaya maslah cuaca beda kalo di australi itu kan season kaya kita harus aware concern jadi setiap mau kemana harus cek dulu kan suhu hari ini ya itu tindakan pencegahan. Misal kita mau berangkat bulan apa kita harus aware juga season di australi itu season apa, apakah panas winter atau summer jadi puncaknya tuh pas musim summer atau winter, kalo ssys kemsrin pas musim summer jadi 50 derajat gitu jadi memang udah di wanti-wanti lah nawa sun screen dan  pake kacamata si.










Moderator : “jadi beasiswa kakak sendiri ada cakupan asuransi nya ga ka?


Nanda : “ada pake Allianz”


Moderator : “ kalo begitu mungkin acara hari ini cukup sekian ka ada kata-kata tambahan ga ka? Atau mungkin motivasi untuk temen-temen”


Nanda : “ yang lagi ngejar beasiswa pasti emang banyak cobaannya buat dapetin beasiswa jangan cepat menyerah banyak scholarship lain kok”


Modeartor : “ kalo begitu acara hari ini kita cukupkan sekian terimakasih untuk ka nanda yang meluangkan waktu hari ini”


Nanda : “semoga membantu teman-teman” 



 

 





Comments

Popular posts from this blog

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...