Narasumber : Reva Salsadila Ketupel : Lusyiana Dewi Ningrum Moderator : Afifah
Notulensi : Dina Aprilia
Present
by : PPM Official
Moderator : Hallo teman-teman. Selamat
sore, gimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya.
Jangan lupa selalu jaga kesehatan di tengah pandemi
ini. Sebelumnya aku mau ngenalin
diri dulu ya, Aku Afifah sebagai
moderator di seminar
ini. Dan Narasumber kita hari ini kak Reva Salsadila.
Moderator : Silahkan dibaca
dulu ya cv nya kak Reva. Disini
juga sudah ada ka Reva.
Untuk kak Reva silahkan memperkenalkan diri ke teman-teman.
Narasumber:
Assalamualaikum teman-teman semua, selamat sore dan apa kabarnya ? Mudah- mudahan
sehat ya. Perkenalkan aku Reva Salsadila, Mojang Jawa Barat 2019. Saat ini aku
masih berkuliah di Universitas Padjadjaran.
Moderator
: Halo Kak Reva Semangat Kuliah nya. Oh iya selamat juga atas di nobatkanya menjadi
Mojang Jawa Barat 2019. Temen-temen disini pasti ada yang pengen juga kan jadi
duta di daerah nya. Nah, untuk Kak Reva boleh dijelaskan apa itu duta daerah ?
Biar temen-temen bisa lebih tau tentang duta daerah.
Narasumber
: Terimakasih Afifah, oke sekarang aku mau jelasin apa itu duta daerah ? Pada dasarnya
duta daerah itu adalah individu yang menjadi representasi atau perwakilan dari
suatu daerah. Bisanya duta daerah akan banyak terlibat didalam berbagai
kegiatan baik itu kegiatan sosial, budaya, maupun promosi daerah. Sebagai duta
daerah, biasanya kita akan melakukan banyak sekali sosial projek dan
berkesempatan langsung untuk berkontribusi di masyarakat.
Moderator : Gimana temen-temen? Ada yang pengen gak nih jadi duta di daerahnya
? Oh iya kan menjadi duta
daerah juga tidak mudah untuk melewati seleksinya, Untuk kak Reva bisa kasih
tau syarat-syarat menjadi duta daerah? Biar temen-temen disini bisa
mempersiapkan dengan baik.
Narasumber : Oke teman-teman, persyaratannya apa aja sih ?
Sebenarnya beragam ya. Dan perlu diketahui bahwa duta daerah itu banyak
sekali jenisnya. Misalnya, di Jawa Barat ada Mojang Jajaka,
di Jakarta ada Abang None, di Jawa Tengah ada Mas
Mbak, dan di Sumbar ada Uda Uni. Kemudian ada pemilihan putra-putri, misalnya putra-putri
batik, putra-putri padi, putra-putri pariwisata, duta pemuda, duta baca dan
masih banyak lagi. Dan pastinya setiap pemilihan duta ini ada persyaratannya
sendiri. Tapi persyaratan umumnya yaitu :
- Warga asli daerah
(tetapi sebenarnya ada juga sih yang tidak mengharuskan harus warga asli daerah)
- Usia 17-24 tahun
- Belum menikah
- Tinggi badan perempuan minimal 155 cm, dan laki-laki 165 cm.
- Berwawasan luas dan berbakat
- Mempunyai kemampuan bahasa
daerah dan asing ( Bahasa
asing itu sebenarnya optional tapi, jika kalian
bisa berbahasa asing itu akan menambah nilai
plus ).
Moderator
: Nah itu ya temen-temen persyaratnya. Di catet dan di persiapkan semaksimal mungkin
ya.Untuk jadwal pendaftaran duta daerah itu serentak atau perdaerah berbeda
beda nih ? Bisa
dikasih tahu ke temen-temen untuk jadwal pendaftarannya.
Narasumber
: Jadi ada pemilihan duta daerah perkabupaten lalu lanjut perprovinsi. Biasanya
pemilihan duta perkabupaten itu lebih awal sebelum pemilihan duta perprovinsi.
Dan untuk waktunya sendiri itu tergantung setiap daerah. Ada yang awal tahun
dan pertengahan tahun. Jadwal pastinya kalian bisa check langsung di official
Instagram pemilihan duta daerah masing- masing. Nah khusus untuk teman-teman
dari Jawa Barat, bisa langsung follow official Instagram @mokajabar. Bakal
banyak informasi tentang pemilihan duta daerah khususnya pemilihan mojang
jajaka. Baik kabupaten atau provinsi.
Moderator
: Silahkan di check ya teman-teman di Official akun instagram duta daerah
masing- masing. Nah, kalau untuk tahap seleksinya itu apa saja kak?
Narasumber
: -Pertama, seleksi berkas. Ditahap ini kita akan diminta untuk mengumpulkan CV
dan mengisi formulir
Kedua, wawancara. Ditahap ini kita akan di interview dengan
beberapa orang yang kompeten di bidangnya. Dan biasanya kita akan ditanya
tentang pengetahuan umum,
wawasan kedaerahan, issue terkini,
dan bisa jadi kita akan di uji kemampuan bahasa
daerah dan juga asing
Ketiga,
prakarantina dan masa karantina. Di prakarantina kita biasanya melakukan trip
ke berbagai tempat menarik. Dan selama masa karantina kita akan mendapat
beberapa materi dan pelatihan publik speaking dan kemampuan bahasa
-Terakhir, grand
final, di grand final kita akan melakukan perform di depan masyarakat umum,lalu kita bakal mendapat
Q&A dari juri. Biasanya pertanyaan dari juri itu gak jauh beda dari yang
kita pelajari di prakarantina dan masa karantina
Moderator
: Itu ya temen-temen, Jadi kalian juga harus siap dengan pengetahuan umum, wawasan daerah,
jangan lupa update tentang isu-isu
yang lagi booming,
dan sama belajar bahasa asing yang kalian
bisa kuasai dan juga siapin
mental kalian ya.
Nah , untuk kak Reva nih yang pastinya
punya banyak pengalaman menjadi duta daerah
Jawa Barat. Bisa diceritakan ke teman-teman apasih suka duka saat
menjadi Mojang Jabar ? Dan kalau temen-temen yang mau ikut pastinya juga pengen
tahu, apa saja sih kelebihan dan kekurangan saat menjadi duta daerah?
Narasumber :
Benefit apa sih yang aku dapat selama jadi mojang Jawa Barat ?
1.
Menambah relasi ( selama jadi mojang Jabar,
aku jadi kenal banyak orang,
entah itu sesama duta daerah dari seluruh Indonesia )
2.
Self development (sebagai duta daerah, kita akan dituntut untuk
memiliki hubungan inter personal yang baik dengan orang lain dan publik speaking
)
3.
Pengalaman baru ( setiap penugasan khususnya sosial projek,
aku merasakan pengalaman baru tentang atmosfer di masyarakat, kemudian
mempelajari budaya lokal,
kearifan lokal, dan nilai-nilai daerah yang selama
ini gak aku temukan )
Bicara
tentang kelebihan dan kekurangan menjadi duta daerah sebenarnya gak ada kekurangannya
sih. Karena menjadi duta daerah, kita bisa mendapatkan akses networking,
relasi, pengalaman dll. Tapi yang perlu diingat, ketika kita memutuskan untuk
menjadi duta daerah kita harus siap dengan berbagai konsekuensi. Menjadi duta
daerah, kita memiliki status tertentu. Kita harus bisa berkomitmen menjaga nama
daerah dan aktif berkontribusi.
Moderator
: Wahh banyak ya teman-teman manfaatnya. Nah, gimana nih kak Tips biar bisa
lolos seleksi menjadi duta daerah?
Narasumber : Tips
dan trick lolos seleksi duta daerah :
1.
Perkuat self branding dan be unique
Tonjolkan apa yang menjadi keunggulan yang ada didalam diri kalian yang membuat kalian itu berbeda dari yang lain. Contohnya, dulu aku suka sama Turki dan sedikit bisa bahasa Turki. Dan dimasa karantina atau prakarantina, disuruh melakukan presentasi. Dan aku mencoba memakai bahasa Turki, walaupun bahasa Turki ku masih kurang bagus. Dari sana mungkin tim penilai atau juri mengira " oh ini anak punya kemampuan ini dan beda dari yang lain" tentu itu bisa jadi nilai plus. Yang penting kalian galih kemampuan kalian dan you can show it.2
Tonjolkan apa yang menjadi keunggulan yang ada didalam diri kalian yang membuat kalian itu berbeda dari yang lain. Contohnya, dulu aku suka sama Turki dan sedikit bisa bahasa Turki. Dan dimasa karantina atau prakarantina, disuruh melakukan presentasi. Dan aku mencoba memakai bahasa Turki, walaupun bahasa Turki ku masih kurang bagus. Dari sana mungkin tim penilai atau juri mengira " oh ini anak punya kemampuan ini dan beda dari yang lain" tentu itu bisa jadi nilai plus. Yang penting kalian galih kemampuan kalian dan you can show it.2
2. Open minded
Sebagai
duta daerah, kita harus punya wawasan luas. Tidak hanya wawasan kedaerahan, wawasan
nasional, tetapi juga wawasan yang global. Tapi walaupun kita berwawasan luas
kita harus tetap berperilaku dengan nilai dan norma yang ada. Dan kalian harus
punya wawasan pariwisata regional, nasional, maupun internasional.
Selama
prakarantina dan masa karantina, kita sudah mulai dinilai oleh juri. Baik itu
perilaku dan keaktifan kita. Jadi usahakan kita bisa aktif dalam sesi Q&A ketika
pematerian dari pemateri dan tunjukkan sikap yang baik juga. Tapi jangan juga
berambisi untuk menang.
Moderator : Itu
ya teman-temen tips dari kak Reva. Selamat mencoba.
Kak, setelah
menjadi duta daerah nih apa sih target yang pengen dicapai kedepan nya?
Narasumber : Tidak
ada target khusus.
Tapi yang pasti
aku ingin berkontribusi khususnya didalam sosial projek.
Aku lebih menyukai
sosial projek dan dekat dengan
masyarakat. Dan kedepannya mungkin
aku bakal mengikuti pemilihan duta lain
yang cakupannya lebih
luas, mungkin insya Allah
level nasional. Karena
ketika kalian ikutan
pemilihan duta daerah,
itu bisa menjadi basic
yang kuat dan bagus ketika
kalian ingin mengikuti pemilihan putri Indonesia.
Banyak
juga alumni-alumni daerah yang menjadi putri Indonesia atau Miss Indonesia. Moderator
: Semoga sukses tujuan kedepannya kak .
Narasumber : Amiin, terimakasih dek Afifah.
Moderator : Oke sekarang kita masuk ke sesi
tanya jawab ya.
Narasumber : Semangat juga yah buat teman-teman yang mau mengikuti
pemilihan duta daerah di tempatnya. Insy Allah kalo ada niat dan kemauan pasti
bisa.
Moderator :
(Pertanyaan 1)
Bagaimana
cara kita mencari informasi tentang kedutaan daerah, dan kira-kira apa yang
sangat penting untuk kita persiapkan?
Narasumber : Untuk informasinya langsung aja check di
official instagram pemilihan duta daerah masing-masing. Biasanya
banyak sekali informasi
yang bisa kita dapatkan tentang pemilihan duta daerah.
Nah dan yang perlu
kita persiapkan yaitu :
- Niat
- Mental
- Perkaya wawasan
- Usahakan belajar bahasa asing
Moderator :
(Pertanyaan 2)
Apakah menjadi seorang duta itu harus mempunyai kelebihan
dalam bidang seni? Jika memang harus, bagaimana kalau ada orang yang ingin
menjadi seorang duta tetapi tidak mempunyai kelebihan dalam bidang seni namun
orang ini mempunyai keinginan yang sangat kuat untuk menjadi seorang duta?
Narasumber
: Menurut aku sih bukan sebuah kewajiban untuk memiliki kemampuan di bidang seni.
Jadi gini, ada sesi unjuk bakat. Kita diberikan kesempatan untuk menunjukkan
kemampuan yang kita miliki. Nah, di sesi ini tidak selalu harus menyanyi atau
menari, tapi bisa juga kalian menunjukkan bakat dalam membaca puisi, berakting,
beladiri dan sebagainya.
Moderator :
(Pertanyaan 3)
Apakah
menjadi duta daerah harus punya modal dalam segi bahasa asing dan mampu berbaur
dengan sesama?
Narasumber
: Untuk kemampuan bahasa asing, itu sebenernya menjadi nilai plus saja. Tapi saran
aku sih jangan diabaikan. Misalnya kemampuan bahasa asing kita kurang, lebih
baik kita belajar lagi, tingkatkan lagi kemampuan bahasa asing kita. Kemudian
untuk kemampuan interpersonal, kita juga harus memiliki kemampuan tersebut.
Gimana cara kita bersosialisasi, membangun relasi dengan yang lain.
Moderator :
(Pertanyaan 4)
Bagaimana
jika seorang individu memiliki sifat yang
pendiam dan ingin
mengikuti seleksi duta daerah yang notabene kegiatan tersebut harus bisa
bersosialisasi dengan baik?
Narasumber
: Mulai dari sekarang kita belajar bersosialisasi. Tidak menutup kemungkinan bukan
berarti pemilihan duta ini cuma buat yang ekstrovert. Aku sebenarnya orang yang
introvert, tapi aku belajar bagaimana membangun relasi dengan orang lain. Jadi
intinya ketika kamu ingin jadi duta daerah, kamu harus belajar dan menyesuaikan
dengan kultur dalam pemilihan sebuah duta daerah tersebut.
Moderator :
(Pertayaan 5)
Tolak ukur yang menjadi perhatian kegiatan duta daerah agar kita bisa
menjadi duta daerah yang terbaik karena setiap individu ingin menjadi yang
terbaik dari peserta yang lain
Narasumber: Tolak
ukur menjadi duta daerah yang baik itu tetap berpegang pada prinsip 3B :
-
Brain
- Behavior
-
Beauty
Moderator : (Pertanyaan 6)
Apakah fisik itu sangat penting untuk
menjadi seorang duta? dan bagaimana alasannya?
Narasumber :
Penampilan fisik itu tidak penting. Mau apapun kulit kita, mau bagaimanapun phsyical
picture kita itu menurut aku bukan point penting dalam pemilihan duta daerah.
Tetapi yang penting itu kemampuan kita harus mumpuni, perilaku kita harus baik,
dan urusan penampilan itu cukup sesuai, sopan dan rapi. Cantik disini bukan
tentang warna kulit.
Moderator : Alhamdulillah, semua pertanyaan Insya Allah sudah terjawab ya. Silahkan kak Reva
memberikan kesimpulan.
Narasumber
: Bagi temen-temen yang mau mengikuti pemilihan duta daerah silahkan ambil kesempatan
emas ini untuk memperluas relasi, menambah pengalaman, mengembangkan bakat, dan
juga berkontribusi kepada masyarakat. Jangan lupa siapkan segala sesuatu di
jauh- jauh hari. Dan setelah kalian menjadi duta daerah masing-masing, jangan
lupakan esensi dan peran menjadi duta kita harus tetap mengemban tugas dan
amanah dengan baik, berkontribusi semaksimal mungkin terhadap masyarakat. Jangan
sampai ritme duta yang kita miliki hanya sebagai branding diri saja, tapi kita
harus bisa memberikan feedback positif kepada masyarakat.
Moderator
: Nah, itu ya temen-temen semuaa. Alhamdulilah seminar kali ini suda selesai.
Untuk yang menjalankan ibadah puasa selamat mempersiapkan buka puasa. Terima
Kasih teman- teman atas apresiasinya telah mengikuti seminar online Menjadi
Duta Daerah, semoga kalian yang ingin menjadi duta daerah tercapaikan. Semangat
teman-teman.
Terimakasih
juga untuk kak Reva yang telah memberikan ilmu kepada kita semua, sukses selalu
kedepannya, dan selamat serta semangat dalam berkontribusi untuk negara dan
masyarakat.
Narasumber
: Terima kasih Afifah dan temen-temen semua. Kalau ada pertanyaan lain yang belum
tersampaikan boleh hubungi aku lewat pc dan Instagram @reva_salsadilla terima
kasih.
Comments
Post a Comment