Skip to main content

NOTULENSI SEMINAR ONLINE MENJADI DUTA DAERAH



Narasumber : Reva Salsadila Ketupel         : Lusyiana Dewi Ningrum Moderator    : Afifah
Notulensi     : Dina Aprilia 
Present by : PPM Official


Moderator : Hallo teman-teman. Selamat sore, gimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya. Jangan lupa selalu jaga kesehatan di tengah pandemi ini. Sebelumnya aku mau ngenalin diri dulu ya, Aku Afifah sebagai moderator di seminar ini. Dan Narasumber kita hari ini kak Reva Salsadila.
Moderator : Silahkan dibaca dulu ya cv nya kak Reva. Disini juga sudah ada ka Reva. 
Untuk kak Reva silahkan memperkenalkan diri ke teman-teman.
Narasumber: Assalamualaikum teman-teman semua, selamat sore dan apa kabarnya ? Mudah- mudahan sehat ya. Perkenalkan aku Reva Salsadila, Mojang Jawa Barat 2019. Saat ini aku masih berkuliah di Universitas Padjadjaran.
Moderator : Halo Kak Reva Semangat Kuliah nya. Oh iya selamat juga atas di nobatkanya menjadi Mojang Jawa Barat 2019. Temen-temen disini pasti ada yang pengen juga kan jadi duta di daerah nya. Nah, untuk Kak Reva boleh dijelaskan apa itu duta daerah ? Biar temen-temen bisa lebih tau tentang duta daerah.
Narasumber : Terimakasih Afifah, oke sekarang aku mau jelasin apa itu duta daerah ? Pada dasarnya duta daerah itu adalah individu yang menjadi representasi atau perwakilan dari suatu daerah. Bisanya duta daerah akan banyak terlibat didalam berbagai kegiatan baik itu kegiatan sosial, budaya, maupun promosi daerah. Sebagai duta daerah, biasanya kita akan melakukan banyak sekali sosial projek dan berkesempatan langsung untuk berkontribusi di masyarakat.
Moderator : Gimana temen-temen? Ada yang pengen gak nih jadi duta di daerahnya ? Oh iya kan menjadi duta daerah juga tidak mudah untuk melewati seleksinya, Untuk kak Reva bisa kasih tau syarat-syarat menjadi duta daerah? Biar temen-temen disini bisa mempersiapkan dengan baik.


Narasumber : Oke teman-teman, persyaratannya apa aja sih ?

Sebenarnya beragam ya. Dan perlu diketahui bahwa duta daerah itu banyak sekali jenisnya. Misalnya, di Jawa Barat ada Mojang Jajaka, di Jakarta ada Abang None, di Jawa Tengah ada Mas Mbak, dan di Sumbar ada Uda Uni. Kemudian ada pemilihan putra-putri, misalnya putra-putri batik, putra-putri padi, putra-putri pariwisata, duta pemuda, duta baca dan masih banyak lagi. Dan pastinya setiap pemilihan duta ini ada persyaratannya sendiri. Tapi persyaratan umumnya yaitu :
  1. Warga asli daerah (tetapi sebenarnya ada juga sih yang tidak mengharuskan harus warga asli daerah)
  2. Usia 17-24 tahun
  3. Belum menikah
  4. Tinggi badan perempuan minimal 155 cm, dan laki-laki 165 cm.
  5. Berwawasan luas dan berbakat
  6.  Mempunyai kemampuan bahasa daerah dan asing ( Bahasa asing itu sebenarnya optional tapi, jika kalian bisa berbahasa asing itu akan menambah nilai plus ).

Moderator : Nah itu ya temen-temen persyaratnya. Di catet dan di persiapkan semaksimal mungkin ya.Untuk jadwal pendaftaran duta daerah itu serentak atau perdaerah berbeda beda nih ? Bisa dikasih tahu ke temen-temen untuk jadwal pendaftarannya.
Narasumber : Jadi ada pemilihan duta daerah perkabupaten lalu lanjut perprovinsi. Biasanya pemilihan duta perkabupaten itu lebih awal sebelum pemilihan duta perprovinsi. Dan untuk waktunya sendiri itu tergantung setiap daerah. Ada yang awal tahun dan pertengahan tahun. Jadwal pastinya kalian bisa check langsung di official Instagram pemilihan duta daerah masing- masing. Nah khusus untuk teman-teman dari Jawa Barat, bisa langsung follow official Instagram @mokajabar. Bakal banyak informasi tentang pemilihan duta daerah khususnya pemilihan mojang jajaka. Baik kabupaten atau provinsi.

Moderator : Silahkan di check ya teman-teman di Official akun instagram duta daerah masing- masing. Nah, kalau untuk tahap seleksinya itu apa saja kak?
Narasumber : -Pertama, seleksi berkas. Ditahap ini kita akan diminta untuk mengumpulkan CV dan mengisi formulir
Kedua, wawancara. Ditahap ini kita akan di interview dengan beberapa orang yang kompeten di bidangnya. Dan biasanya kita akan ditanya tentang pengetahuan umum, wawasan kedaerahan, issue terkini, dan bisa jadi kita akan di uji kemampuan bahasa daerah dan juga asing
Ketiga, prakarantina dan masa karantina. Di prakarantina kita biasanya melakukan trip ke berbagai tempat menarik. Dan selama masa karantina kita akan mendapat beberapa materi dan pelatihan publik speaking dan kemampuan bahasa
-Terakhir, grand final, di grand final kita akan melakukan perform di depan masyarakat umum,lalu kita bakal mendapat Q&A dari juri. Biasanya pertanyaan dari juri itu gak jauh beda dari yang kita pelajari di prakarantina dan masa karantina
Moderator : Itu ya temen-temen, Jadi kalian juga harus siap dengan pengetahuan umum, wawasan daerah, jangan lupa update tentang isu-isu yang lagi booming, dan sama belajar bahasa asing yang kalian bisa kuasai dan juga siapin mental kalian ya.
Nah , untuk kak Reva nih yang pastinya punya banyak pengalaman menjadi duta daerah Jawa Barat. Bisa diceritakan ke teman-teman apasih suka duka saat menjadi Mojang Jabar ? Dan kalau temen-temen yang mau ikut pastinya juga pengen tahu, apa saja sih kelebihan dan kekurangan saat menjadi duta daerah?
Narasumber : Benefit apa sih yang aku dapat selama jadi mojang Jawa Barat ?
1.  Menambah relasi ( selama jadi mojang Jabar, aku jadi kenal banyak orang, entah itu sesama duta daerah dari seluruh Indonesia )
2.  Self development (sebagai duta daerah, kita akan dituntut untuk memiliki hubungan inter personal yang baik dengan orang lain dan publik speaking )
3.  Pengalaman baru ( setiap penugasan khususnya sosial projek, aku merasakan pengalaman baru tentang atmosfer di masyarakat, kemudian mempelajari budaya lokal, kearifan lokal, dan nilai-nilai daerah yang selama ini gak aku temukan )
Bicara tentang kelebihan dan kekurangan menjadi duta daerah sebenarnya gak ada kekurangannya sih. Karena menjadi duta daerah, kita bisa mendapatkan akses networking, relasi, pengalaman dll. Tapi yang perlu diingat, ketika kita memutuskan untuk menjadi duta daerah kita harus siap dengan berbagai konsekuensi. Menjadi duta daerah, kita memiliki status tertentu. Kita harus bisa berkomitmen menjaga nama daerah dan aktif berkontribusi.
Moderator : Wahh banyak ya teman-teman manfaatnya. Nah, gimana nih kak Tips biar bisa lolos seleksi menjadi duta daerah?
Narasumber : Tips dan trick lolos seleksi duta daerah :

1.   Perkuat self branding dan be unique
 
Tonjolkan apa yang menjadi keunggulan yang ada didalam diri kalian yang membuat kalian itu berbeda dari yang lain. Contohnya, dulu aku suka sama Turki dan sedikit bisa bahasa Turki. Dan dimasa karantina atau prakarantina, disuruh melakukan presentasi. Dan aku mencoba memakai bahasa Turki, walaupun bahasa Turki ku masih kurang bagus. Dari sana mungkin tim penilai atau juri mengira " oh ini anak punya kemampuan ini dan beda dari yang lain" tentu itu bisa jadi nilai plus. Yang penting kalian galih kemampuan kalian dan you can show it.2
2. Open minded
Sebagai duta daerah, kita harus punya wawasan luas. Tidak hanya wawasan kedaerahan, wawasan nasional, tetapi juga wawasan yang global. Tapi walaupun kita berwawasan luas kita harus tetap berperilaku dengan nilai dan norma yang ada. Dan kalian harus punya wawasan pariwisata regional, nasional, maupun internasional.
Selama prakarantina dan masa karantina, kita sudah mulai dinilai oleh juri. Baik itu perilaku dan keaktifan kita. Jadi usahakan kita bisa aktif dalam sesi Q&A ketika pematerian dari pemateri dan tunjukkan sikap yang baik juga. Tapi jangan juga berambisi untuk menang.
Moderator : Itu ya teman-temen tips dari kak Reva. Selamat mencoba.

Kak, setelah menjadi duta daerah nih apa sih target yang pengen dicapai kedepan nya?

Narasumber : Tidak ada target khusus. Tapi yang pasti aku ingin berkontribusi khususnya didalam sosial projek. Aku lebih menyukai sosial projek dan dekat dengan masyarakat. Dan kedepannya mungkin aku bakal mengikuti pemilihan duta lain yang cakupannya lebih luas, mungkin insya Allah level nasional. Karena ketika kalian ikutan pemilihan duta daerah, itu bisa menjadi basic yang kuat dan bagus ketika kalian ingin mengikuti pemilihan putri Indonesia.
Banyak juga alumni-alumni daerah yang menjadi putri Indonesia atau Miss Indonesia. Moderator : Semoga sukses tujuan kedepannya kak .
Narasumber : Amiin, terimakasih dek Afifah.

Moderator : Oke sekarang kita masuk ke sesi tanya jawab ya.

Narasumber : Semangat juga yah buat teman-teman yang mau mengikuti pemilihan duta daerah di tempatnya. Insy Allah kalo ada niat dan kemauan pasti bisa.
Moderator : (Pertanyaan 1)

Bagaimana cara kita mencari informasi tentang kedutaan daerah, dan kira-kira apa yang sangat penting untuk kita persiapkan?
Narasumber : Untuk informasinya langsung aja check di official instagram pemilihan duta daerah masing-masing. Biasanya banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan tentang pemilihan duta daerah.
Nah dan yang perlu kita persiapkan yaitu :

-  Niat

-  Mental

-  Perkaya wawasan

-  Usahakan belajar bahasa asing


Moderator : (Pertanyaan 2)

Apakah menjadi seorang duta itu harus mempunyai kelebihan dalam bidang seni? Jika memang harus, bagaimana kalau ada orang yang ingin menjadi seorang duta tetapi tidak mempunyai kelebihan dalam bidang seni namun orang ini mempunyai keinginan yang sangat kuat untuk menjadi seorang duta?
Narasumber : Menurut aku sih bukan sebuah kewajiban untuk memiliki kemampuan di bidang seni. Jadi gini, ada sesi unjuk bakat. Kita diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan yang kita miliki. Nah, di sesi ini tidak selalu harus menyanyi atau menari, tapi bisa juga kalian menunjukkan bakat dalam membaca puisi, berakting, beladiri dan sebagainya.
Moderator : (Pertanyaan 3)

Apakah menjadi duta daerah harus punya modal dalam segi bahasa asing dan mampu berbaur dengan sesama?
Narasumber : Untuk kemampuan bahasa asing, itu sebenernya menjadi nilai plus saja. Tapi saran aku sih jangan diabaikan. Misalnya kemampuan bahasa asing kita kurang, lebih baik kita belajar lagi, tingkatkan lagi kemampuan bahasa asing kita. Kemudian untuk kemampuan interpersonal, kita juga harus memiliki kemampuan tersebut. Gimana cara kita bersosialisasi, membangun relasi dengan yang lain.
Moderator : (Pertanyaan 4)

Bagaimana jika seorang individu memiliki sifat yang pendiam dan ingin mengikuti seleksi duta daerah yang notabene kegiatan tersebut harus bisa bersosialisasi dengan baik?
Narasumber : Mulai dari sekarang kita belajar bersosialisasi. Tidak menutup kemungkinan bukan berarti pemilihan duta ini cuma buat yang ekstrovert. Aku sebenarnya orang yang introvert, tapi aku belajar bagaimana membangun relasi dengan orang lain. Jadi intinya ketika kamu ingin jadi duta daerah, kamu harus belajar dan menyesuaikan dengan kultur dalam pemilihan sebuah duta daerah tersebut.
Moderator : (Pertayaan 5)

Tolak ukur yang menjadi perhatian kegiatan duta daerah agar kita bisa menjadi duta daerah yang terbaik karena setiap individu ingin menjadi yang terbaik dari peserta yang lain
Narasumber: Tolak ukur menjadi duta daerah yang baik itu tetap berpegang pada prinsip 3B :

-  Brain

-  Behavior

-  Beauty

Moderator : (Pertanyaan 6)

Apakah fisik itu sangat penting untuk menjadi seorang duta? dan bagaimana alasannya?

Narasumber : Penampilan fisik itu tidak penting. Mau apapun kulit kita, mau bagaimanapun phsyical picture kita itu menurut aku bukan point penting dalam pemilihan duta daerah. Tetapi yang penting itu kemampuan kita harus mumpuni, perilaku kita harus baik, dan urusan penampilan itu cukup sesuai, sopan dan rapi. Cantik disini bukan tentang warna kulit.
Moderator : Alhamdulillah, semua pertanyaan Insya Allah sudah terjawab ya. Silahkan kak Reva memberikan kesimpulan.
Narasumber : Bagi temen-temen yang mau mengikuti pemilihan duta daerah silahkan ambil kesempatan emas ini untuk memperluas relasi, menambah pengalaman, mengembangkan bakat, dan juga berkontribusi kepada masyarakat. Jangan lupa siapkan segala sesuatu di jauh- jauh hari. Dan setelah kalian menjadi duta daerah masing-masing, jangan lupakan esensi dan peran menjadi duta kita harus tetap mengemban tugas dan amanah dengan baik, berkontribusi semaksimal mungkin terhadap masyarakat. Jangan sampai ritme duta yang kita miliki hanya sebagai branding diri saja, tapi kita harus bisa memberikan feedback positif kepada masyarakat.
Moderator : Nah, itu ya temen-temen semuaa. Alhamdulilah seminar kali ini suda selesai. Untuk yang menjalankan ibadah puasa selamat mempersiapkan buka puasa. Terima Kasih teman- teman atas apresiasinya telah mengikuti seminar online Menjadi Duta Daerah, semoga kalian yang ingin menjadi duta daerah tercapaikan. Semangat teman-teman.
Terimakasih juga untuk kak Reva yang telah memberikan ilmu kepada kita semua, sukses selalu kedepannya, dan selamat serta semangat dalam berkontribusi untuk negara dan masyarakat.
Narasumber : Terima kasih Afifah dan temen-temen semua. Kalau ada pertanyaan lain yang belum tersampaikan boleh hubungi aku lewat pc dan Instagram @reva_salsadilla terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...