Skip to main content

Notulensi ALL ABOUT SAT(Scholastic Aptitude TesT)


Pemateri : Taufik Muhammad Yusup
Moderator : Ciptadi Akbar

Moderator : Assalamualaikum teman teman. Selamat malam untuk teman teman di İndonesia maupun mas Taufik di Korea ! CV mas Taufiknya udah pada dibaca belum temen2? Supaya mempersingkat waktu, langsung aja kami persilakan mas Taufik untuk memperkenalkan diri.
Pemateri  : Assalamualaikum teman-teman. Perkenalkan, saya Taufik, sekarang sedang mengikuti program bahasa Korea di Dongseo University di Busan, insyaallah sehabis program bahasa akan melanjutkan program S1 di KAIST. Salam kenal semuanya !
Moderator: salam kenal mas. Jadi, mas Taufik itu kuliah di Dongseo University ya temen2! Sejak kapan mas di Koreanya?
Pemateri :  Jadi sekarang itu lagi pada program bahasa di Dongseo University. Baru sekitar sebulan lebih saya disini. kesini waktu bulan februari akhir.
Moderator : Wah masih fresh ya mas. Oh iya, gimana kondisi di Korea sekarang? Apa ada kendala karena virus ini?
Pemateri :  Untuk keadaan covid-19 di Korea alhamdulilah cukup stabil. Pertama kali datang itu memang lagi puncak-puncak nya. Dan waktu itu Korea termasuk negara kedua terbesar kasus covid-19 setelah Cina. Namun sekarang sudah stabil. Malah sekarang kesusul sama negara lain dan saya fikir penanganannya disini cukup baik dan pemerintah cukup baik dalam bertindak. Dan dari awal datang disini semua masih normal karena tidak ada lockdown tapi tesnya besar-besaran dan masyarakatnya bisa diatur jadi menyebarnya pun bisa terkendali.
Moderator :  Oalah gitu, jadi kondisi tidak ada lockdown ya. Sehat sehat mas, jaga kondisi baik2 disana. Baik, jadi kita sekarang tema nya mau bahas SAT kan ya. Temen2 disini udah pada tau belum apa SAT?  Untuk itu, mendingan kita denger penjelasan langsung dari mas Taufik yuk ! Apa itu SAT, mungkin untuk apa aja digunakannya dan bisa di pakai untuk apa aja ?
Pemateri :  SAT adalah salah satu tes standart yang dibuat oleh lembaga yang namanya College Aboard. Jadi itu mirip seperti SBMPTN nya Indonesia. Kalo di Indonesia SBMPTN nya dibuat oleh LTMPT sedangkan SAT di buat oleh College Aboard. Dan fingsi utamanya itu sebagai salah satu persyaratan untuk masuk program S1 di Universitas luar negeri khususnya di Amerika Serikat. Tapi SAT ini juga accepteble di berbagai negara khususnya di Asia seperti Jepang, Korea, Singapura, Turki dll. Oiyah dan perlu digaris bawahi bahwa SAT ini untuk S1 sedangkan S2 dan S3 itu memakai GMAT. SAT sendiri ada 2 jenis yang fungsinya berbeda. Ada SAT reasoning test dan SAT subject test. Yang banyak diminta universitas itu biasanya yang reasoning test.Dan kalo misal mau ke universitas Amerika melalui jalur beasiswa ataupun tidak SAT itu wajib sebagai salah satu syarat buat daftar di salah satu universitas di Amerika.Kalo di Asia, SAT itu optional buat dokumen pendukung ada juga yang mewajibkan dan merekomendasikan untuk mengambil tes SAT.Sedangkan subject test itu tergantung pelajaran yang kita ambil.
Moderator :  Nah, jadi untuk temen2 SMA atau yang mau daftar S1, ambil tesnya SAT ya. Kalau untuk post graduate, dokumen yang diminta beda lagi. Jadi ini suatu kewajiban ya mas buat ke US ?
Pemateri :  Iya kalau buat ke US wajib ambil yang SAT reasoning test, cuma ada juga beberapa univ yg tidak mewajibkan memang, but mostly mewajibkan sih
Moderator :  Ka, kalau untuk cara daftarnya, lalu tempat ujian dan juga tanggal tanggal ujiannya, darimana kita bisa lihatnya ?
Pemateri :  Cara daftarnya sebenarnya cukup simpel. Nanti kalian bisa searching di google tentang SAT atau bisa langsung ke webnya College Abroad. Nanti kalian bikin akun, isi data-data yang diperlukan. Kalo misal SMA nya bukan internasional itu bisa masukin kode 004 kalau tidak salah dan nanti pilih jenis tesnya reasoning atau subjective test. Dan sebenarnya tata cara pendaftaran, tanggal ujian, dan fee tesnya itu semua ada di web. Untuk tempat ujiannya sendiri sebenarnya di Indonesia cukup banyak tidak hanya di Jakarta saja tapi juga ada di kota-kota besar di Indonesia. Yang penting sekolahnya itu bekerjasama dengan College Aboard buat mengadakan SAT tersebut biasanya sekolah-sekolah internasional. Dulu saya ngambil tesnya di Bandung. Saya mengambil reasoning dan subjective test. Reasoning test saya ambil tahun 2017  dan subjective test saya ambil tahun kemarin bulan Juni. Ini link untuk cek lokasi tes https://collegereadiness.collegeboard.org/sat/register/find-test-centers
Moderator : jadi enggak selalu di Jawa yah,ada juga dibeberapa kota lainnya di Indonesia.
Pemateri :  Nah juga perlu di garis bawahi tentang jadwal tesnya dan deadline pendaftaran SAT buat diluar US itu tidak setiap bulan ada seperti TOEFL dan IELTS. Jadi cuma 5 atau 6 kali setahun. Sedangkan untuk internasional itu biasanya lebih sedikit jumlah tesnya timbang di US. Internasional tes itu di bulan oktober, desember, maret, dan mei. Sedangkan yang subjek tes itu bulan oktober, november, desember, mei dan juni.
ini link jadwal SAT reasoning untuk intl students di luar US  : https://collegereadiness.collegeboard.org/sat/register/international.
ini yang buat SAT subject : https://collegereadiness.collegeboard.org/sat-subject-tests/register/international-registration/test-dates-deadlines

Moderator :  Wah jelas banget infonya mas, bagi yang mau daftar, catat baik2 ya! Dan link2nya bisa di save atau di Bintang juga. Oiya Mas sebelumnya kan mention tentang SAT reasoning sama subject ya. Apakah ada perbedaan harga diantara keduanya? Lalu kria2 harga terakhir yang mas ambil kisaran berapa ya?
Pemateri : Untuk biaya tesnya sendiri cukup mahal menurut saya. Dan memang ada perbedaan harga anatra reasoning dan subjective test. Untuk yang reasoning kita bisa ambil dengan esai ataupun tanpa esai. Untuk yang tanpa esai kita harus bayar 49,5 dolar dan karena ambil internasional student itu ditambah internasional fee. Untuk Indonesia cukup mahal yaitu 53 dolar totalnya 102,5 dolar. Kemudian tesyang dengan esai itu 64,5 dolar ditambah internasional feenya 53 dolar jadi totalnya 117,5 dolar. Nah kalo untuk subjective test harus bayar registration fee 26 dolar.Kemudian kita pilih sehari itu tesnya berapa subjek, maksimal 3 subjek.  permata pelajarannya itu 22 dolar dan ditambah internasional fee. Jadi total satu pelajaran itu 101 dolar.Waktu itu saya 3 pelajaran sekaligus dalam sehari. Oiyah bayar SAT itu pakai kartu kredit. Tapi waktu itu saya pakai virtual credit  numbernya BNI karena saya tidak punya kartu kredit.

Moderator :  Nah temen2, bisa pakai VCN BNI juga ya untuk pembayaran. Nah baik temen2, untuk gambaran umum tentang SAT, mas Taufik sudah jelaskan dengan detail kan ya. Sekarang ke pertanyaan berikutnya. Kan kalau buat pelajar İndonesia, SAT gituan masih agak asing ya mas. Lalu, dalam SAT itu, komponen yang diujikan secara garis besar mencakup apa saja?
Pemateri :  Oke saya bahas komponen tes SAT reasoning dulu yaa. Untuk SAT yang reasoning itu ada bagian utama dalam tesnya. Yang pertama ada reading, yang kedua ada writing dan language,  yang ketiga ada tes matematika tanpa kalkulator dan yang terakhir ada tes matematika dengan kalkulator. Nah untuk reading itu ada 4 bacaan panjang dan terdiri dari literatur, US story dan sosial, lalu ada science yang pasti keluar. Menurut saya yang paling susas itu reading. Karena bahasa Inggrisnya itu sangat luar biasa seperti ada Inggris lama dan ilmiah. Reading SAT itu lebih susah daripada di TOEFL dan IELTS. Dan untuk reading waktunya hanya 65 menit dengan 52 soal. Setiap bacaan ada 13 soal. Nah bagian kedua ada writing and language seperti grammar. Dibacaan itu ada grammar yang salah nanti kita perbaiki tapi soalnya itu pilihan ganda semua. Jumlah soal writing and language ada 44 soal dalam waktu 35 menit. Kemudian yang ketiga ada matematika dengan kalkulator maupun tanpa kalkulator. Total waktunya itu 80 meit dan 58 soal. Yang terakhir itu ada esai yang bersifat optional untuk SAT. Esai nya itu kita harus membaca dulu dan menganalisis lalu membandingkan. Tapi biasanya univ-univ sekarang tidak terlalu membutuhkan skor esai SAT. Jadi kalo ditotal  waktu test yang reasoning itu 3 jam. Kalo ngambil esai ditambah waktu 5 menit. Dan maksimal skornya itu 1600 dengan rincian Englishnya 800 dan mathematic nya 800.
Pemateri :  Nah kalo Untuk SAT subjek tes itu berbeda-beda. Itu ada 5 main kategori subjek yang di sediakan oleh college aboard. Ada mathematic, science, english, history, dan languages. Untuk matematika itu ada level 1 dan level 2. Di science ada biologi, kimia, dan fisika. Di English cuma English literature. Di history ada USA dan world history. Sedangkan di languages ada Japanese, Chinese dan yang lain". Nah kita bisa pilih  subjek mana aja.
Terus sering ada yang tanya apa susah untuk dpt skor tinggi di tes SAT?
Sebenarnya susah" gampang. Kenapa susah ? Karena untuk kita orang Indonesia akan kesulitan di tes bahasa Inggrisnya yang menggunakan native speaker. Tapi buat MTK itu mudah kok asal kita paham istilah MTK dalam bahasa Inggris dan tau cara mengerjakan. Kalo untuk SAT subjective test berdasarkan pengalaman saya kemarin mengambil math level 2, fisika, dan kimia itu juga  gak terlalu sulit untuk orang-orang Indonesia yang penting kita paham soalnya dalam bahasa Inggris dan menurut saya itu lebih mudah daripada SBMPTN.  Dan di SAT subjek tes itu ga perlu benar semua untuk mendapat skor yang sempurna. Dan kalo ada jawaban salah ada nilain minus. Dan waktunya 1 jam per subjek. Untuk MTK level 2 itu soal nya ada 50, fisika ada 75, kimia 80 soal dalam bentuk pilihan ganda.

Moderator : Berarti yang penting kita memahami bahasa inggris dengan baik ya temen2, kalau bisa memahami dengan baik, nanti bisa memahami soal dengan baik pula, karena tingkat kesulitan soalnya untuk pelajar İndonesia engga terlalu menyulitkan.oiya Apa tips tips buat dapet skor tinggi/dalam artian sesuai persyaratan yang diminta versi mas Taufik sendiri. Dan kalau kita pengen latihan, bisa latihan dimana? Dan apakah buku2 soal untuk ujian SAT bisa di dapatkan di toko2 buku terdekat?
Pemateri :  Untuk SAT reasoning tes skor nya tidak terlalu tinggi yah 1.820 itu tidak termasuk tinggi. Kalo yang bagus itu 1.450-1.600. Nah untuk reading karena sudah banget karena ada istilah lama, ilmiah itu banyakin baca berita dan artikel dalam bahasa Inggris. Terus untuk writing and language itu pasti  harus tau grammar. Waktu itu saya pakai buku official dari college book yang isinya soal-soal SAT. Dan saya tidak merekomendasikan untuk beli karena soal" nya itu ada di internet. Terus saya pernah baca buku black book. Dan banyak-banyak latihan soal.Jangan lupa juga untuk melakukan latihan test.

Moderator :  Nah temen2, jadi bisa latihan salah satunya dengan baca2 berita atau jurnal dalam bahasa inggris ya.
Pemateri :  Kalo buat SAT subjek itu aku nyiapinnya kurang dari sebulan buat 3 mapel. Dan aku reset di internet ebook penerbitnya dari Barron.  Jadi intinya untuk mendapat hasil yang maksimal entah itu SAT reaosning maupun subjective test itu harus banyak latihan soal, latihan test seminggu sekali dan yang terakhir buat beli buku latihan soal
ini link untuk download full practice test SAT, ada 10 paket soal loh : https://collegereadiness.collegeboard.org/sat/practice/full-length-practice-tests

Moderator : Baik, sekarang kita masuk ke sesi tanya jawab yaa.Kalau ada yang mau ditanyakan, bisa ditanyakan via saya ya, nanti saya ajukan ke mas Taufik. Siap sesi tanya jawab mas?
Pemateri : Yuk siap banget. Kayanya bakal lebih seru kan !
Moderator :
Pertanyaan 1 :Teguh Daniel _SMAN 18 Makassar_Makassar
Sebelum mengikuti tes, apakah sebelumnya kk ikut kursus atau membeli buku Tes persiapan untuk belajar ?
Pemateri:  Sebenarnya aku gaikut kursus karena bakal keluar uang lagi. Tapi kalo bisa ikut kursus ya gapapa. Untuk buku aku cuma beli 1 buku yaitu buku official SAT college aboard warna biru.Tapi aku saranin buat beli black book dan barron's. Dan persiapannya aku sendiri liat YouTube dan ebook.


Moderator :
Pertanyaan 2 : Teguh Daniel_SMAN 18 Makassar_ Makassar
Waktu sebelum apply beasiswa KAIST beasiswa apa aja yg udah kk apply sebelumnya namun gagal ?
Pemateri : Aku dari kgsp scholarship. Aku pernah gagal di beasiswa ytb 2x, dan monbukagakusho lewat jalur univ.
Moderator :
Pertanyaan 3 : Stephanie Simatupang_ Medan
 Ada contoh soal mtk yang menjebak nggak kak? Dan untuk mempelajari materi sat subject sebenarnya susah nggak kak? Kan kurikulum kita sedikit beda sama materi sat nya
 Pemateri : Sebenarnya gaada pertanyaan menjebak. Cuma kadang cerobohnya aku ga bener"paham sama apa yang ditanyakan. Kalo subjek test, tidak ada yang menjebak dan mulai ada soal trigonometri.
Moderator :
Pertanyaan 4:
Farah_Medan_SMKN 9 Medan
 menurut info yang dibaca tentang KGSP, KAIST salah satu univ yang paling susah masuk nya , jadi  menurut kakak , apa yang buat kakak yakin apply kesana  ? Apa adanya SAT jadi pendorong.
 Pemateri: benar, kaist itu lebih susah tembusnya. 5 tahun kebalakang mungkin ada 4 atau 5 orang  yang dapat beasiswa kaist lewat jalur kgsp. Dan waktu itu aku cuma mau apply di universitas yang menggunakan bahasa Inggris. Dan satu" nya Universitas di Korea yang menggunakan bahasa Inggris itu di kaist. Di persyaratan kaist juga menyarankan untuk mengambil SAT subjektive tes.
Moderator:
Pertanyaan 5: Muntaha_Tulungagung_Global Peace Chain
Bagaimana cara menjelaskan beragam prestasi untuk motivation letter agar tidak terkesan sombong maupun berlebihan?
Pemateri:  Kalo aku buat Motlet atau study plan itu seperti cerita. Aku termasuk orang yang ga suka nyebutin aku orang seperti apa. Aku lebih suka bercerita. Contoh aku ikut lomba apa itu menyebutkan juara berapa tapi lebih menceritakan benefit nya. Dan esai itu kita harus benar-benar meminta pendapat kepada orang yang dipercaya.
Moderator: Baik, untuk sesi Q&A telah selesai. Terimakasih atas jawaban yang sangat jelas mas. Mungkin bisa dikasih kesimpulan dari semua materi yang disampaikan mas.
 Pemateri : ketika kita mau lanjut kuliah di luar negeri mungkin coba untuk reset persyaratannya dari sekarang. Mungkin ada juga persyaratan SAT makanya harus dipersiapkan sedini mungkin karena sangat membutuhkan waktu untuk belajarnya dan biaya tesnya. Jangan sampai menyesal dikemudian hari. Jangan lupa banyak latihan soal dan  jangan sampai membuat kesalahan yang sama di tes selanjutnya.
 Moderator: Alhamdulillah, Acara hari ini telah selesai dilaksanakan. Terimakasih banyak kepada mas Taufik yang sudah bersedia menjadi narasumber di acara kami hari ini, semoga mas tetap sehat di Koreanya, kuliahnya lancar, dan mendapat ilmu yang bermanfaat.Terimakasih banyak juga kepada para peserta yang mengikuti acara kami hari ini, semoga kita bisa bertemu kembali dalam acara lainnya dimasa depan ya.Untuk semuanya, tetap jaga kesehatan, karena salah satu hal yang paling penting adalah kesehatan.

Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...