Pemateri : Taufik Muhammad Yusup
Moderator : Ciptadi Akbar
Moderator
:
Assalamualaikum teman teman. Selamat malam untuk teman teman
di İndonesia maupun mas Taufik
di Korea ! CV mas Taufiknya udah pada dibaca belum temen2? Supaya mempersingkat
waktu, langsung aja kami persilakan mas Taufik untuk memperkenalkan diri.
Pemateri
: Assalamualaikum teman-teman.
Perkenalkan, saya Taufik, sekarang sedang mengikuti program bahasa
Korea di Dongseo University di Busan, insyaallah sehabis program bahasa akan melanjutkan
program S1 di KAIST. Salam kenal semuanya !
Moderator:
salam kenal mas. Jadi, mas Taufik itu kuliah di Dongseo University
ya temen2! Sejak kapan mas di Koreanya?
Pemateri
:
Jadi sekarang itu
lagi pada program bahasa di Dongseo University. Baru sekitar sebulan lebih saya
disini. kesini waktu bulan februari akhir.
Moderator
:
Wah masih fresh ya mas. Oh iya, gimana kondisi di Korea sekarang?
Apa ada kendala karena virus ini?
Pemateri
:
Untuk keadaan covid-19
di Korea alhamdulilah cukup stabil. Pertama kali datang itu memang lagi puncak-puncak
nya. Dan waktu itu Korea termasuk negara kedua terbesar kasus covid-19 setelah Cina.
Namun sekarang sudah stabil. Malah sekarang kesusul sama negara lain dan saya fikir
penanganannya disini cukup baik dan pemerintah cukup baik dalam bertindak. Dan dari
awal datang disini semua masih normal karena tidak ada lockdown tapi tesnya besar-besaran
dan masyarakatnya bisa diatur jadi menyebarnya pun bisa terkendali.
Moderator
: Oalah gitu, jadi kondisi
tidak ada lockdown ya. Sehat sehat mas, jaga kondisi baik2 disana. Baik, jadi kita
sekarang tema nya mau bahas SAT kan ya. Temen2 disini udah pada tau belum apa SAT?
Untuk itu, mendingan kita denger penjelasan
langsung dari mas Taufik yuk ! Apa itu SAT, mungkin untuk apa aja digunakannya dan
bisa di pakai untuk apa aja ?
Pemateri
:
SAT adalah salah satu
tes standart yang dibuat oleh lembaga yang namanya College Aboard. Jadi itu mirip
seperti SBMPTN nya Indonesia. Kalo di Indonesia SBMPTN nya dibuat oleh LTMPT sedangkan
SAT di buat oleh College Aboard. Dan fingsi utamanya itu sebagai salah satu persyaratan
untuk masuk program S1 di Universitas luar negeri khususnya di Amerika Serikat.
Tapi SAT ini juga accepteble di berbagai negara khususnya di Asia seperti Jepang,
Korea, Singapura, Turki dll. Oiyah dan perlu digaris bawahi bahwa SAT ini untuk
S1 sedangkan S2 dan S3 itu memakai GMAT. SAT sendiri ada 2 jenis yang fungsinya
berbeda. Ada SAT reasoning test dan SAT subject test. Yang banyak diminta universitas
itu biasanya yang reasoning test.Dan kalo misal mau ke universitas Amerika melalui
jalur beasiswa ataupun tidak SAT itu wajib sebagai salah satu syarat buat daftar
di salah satu universitas di Amerika.Kalo di Asia, SAT itu optional buat dokumen
pendukung ada juga yang mewajibkan dan merekomendasikan untuk mengambil tes SAT.Sedangkan
subject test itu tergantung pelajaran yang kita ambil.
Moderator
: Nah, jadi untuk temen2 SMA atau yang mau daftar
S1, ambil tesnya SAT ya. Kalau untuk post graduate, dokumen yang diminta beda lagi.
Jadi ini suatu kewajiban ya mas buat ke US ?
Pemateri
: Iya kalau buat ke US wajib
ambil yang SAT reasoning test, cuma ada juga beberapa univ yg tidak mewajibkan memang,
but mostly mewajibkan sih
Moderator
: Ka, kalau untuk cara daftarnya,
lalu tempat ujian dan juga tanggal tanggal ujiannya, darimana kita bisa lihatnya
?
Pemateri
: Cara daftarnya sebenarnya
cukup simpel. Nanti kalian bisa searching di google tentang SAT atau bisa langsung
ke webnya College Abroad. Nanti kalian bikin akun, isi data-data yang diperlukan.
Kalo misal SMA nya bukan internasional itu bisa masukin kode 004 kalau tidak salah
dan nanti pilih jenis tesnya reasoning atau subjective test. Dan sebenarnya tata
cara pendaftaran, tanggal ujian, dan fee tesnya itu semua ada di web. Untuk tempat
ujiannya sendiri sebenarnya di Indonesia cukup banyak tidak hanya di Jakarta saja
tapi juga ada di kota-kota besar di Indonesia. Yang penting sekolahnya itu bekerjasama
dengan College Aboard buat mengadakan SAT tersebut biasanya sekolah-sekolah internasional.
Dulu saya ngambil tesnya di Bandung. Saya mengambil reasoning dan subjective test.
Reasoning test saya ambil tahun 2017 dan
subjective test saya ambil tahun kemarin bulan Juni. Ini link untuk cek lokasi tes
https://collegereadiness.collegeboard.org/sat/register/find-test-centers
Moderator
: jadi enggak selalu di Jawa yah,ada juga dibeberapa kota lainnya
di Indonesia.
Pemateri
: Nah juga perlu di garis
bawahi tentang jadwal tesnya dan deadline pendaftaran SAT buat diluar US itu tidak
setiap bulan ada seperti TOEFL dan IELTS. Jadi cuma 5 atau 6 kali setahun. Sedangkan
untuk internasional itu biasanya lebih sedikit jumlah tesnya timbang di US. Internasional
tes itu di bulan oktober, desember, maret, dan mei. Sedangkan yang subjek tes itu
bulan oktober, november, desember, mei dan juni.
ini
link jadwal SAT reasoning untuk intl students di luar US : https://collegereadiness.collegeboard.org/sat/register/international.
ini
yang buat SAT subject : https://collegereadiness.collegeboard.org/sat-subject-tests/register/international-registration/test-dates-deadlines
Moderator
: Wah jelas banget infonya mas, bagi yang mau daftar,
catat baik2 ya! Dan link2nya bisa di save atau di Bintang juga.
Oiya Mas sebelumnya kan mention tentang SAT reasoning sama subject ya. Apakah ada
perbedaan harga diantara keduanya? Lalu kria2 harga terakhir yang mas ambil kisaran
berapa ya?
Pemateri
:
Untuk biaya tesnya sendiri cukup mahal menurut saya. Dan memang
ada perbedaan harga anatra reasoning dan subjective test. Untuk yang reasoning kita
bisa ambil dengan esai ataupun tanpa esai. Untuk yang tanpa esai kita harus bayar
49,5 dolar dan karena ambil internasional student itu ditambah internasional fee.
Untuk Indonesia cukup mahal yaitu 53 dolar totalnya 102,5 dolar. Kemudian tesyang
dengan esai itu 64,5 dolar ditambah internasional feenya 53 dolar jadi totalnya
117,5 dolar. Nah kalo untuk subjective test harus bayar registration fee 26 dolar.Kemudian
kita pilih sehari itu tesnya berapa subjek, maksimal 3 subjek. permata pelajarannya itu 22 dolar dan ditambah
internasional fee. Jadi total satu pelajaran itu 101 dolar.Waktu itu saya 3 pelajaran
sekaligus dalam sehari. Oiyah bayar SAT itu pakai kartu kredit. Tapi waktu itu saya
pakai virtual credit numbernya BNI karena
saya tidak punya kartu kredit.
Moderator
: Nah temen2, bisa pakai
VCN BNI juga ya untuk pembayaran. Nah baik temen2, untuk gambaran umum tentang SAT,
mas Taufik sudah jelaskan dengan detail kan ya. Sekarang ke pertanyaan berikutnya.
Kan kalau buat pelajar İndonesia,
SAT gituan masih agak asing ya mas. Lalu, dalam SAT itu, komponen yang diujikan
secara garis besar mencakup apa saja?
Pemateri
: Oke saya bahas komponen tes SAT reasoning dulu
yaa. Untuk SAT yang reasoning itu ada bagian utama dalam tesnya.
Yang pertama ada reading, yang kedua ada writing dan language, yang ketiga ada tes matematika tanpa kalkulator
dan yang terakhir ada tes matematika dengan kalkulator. Nah untuk reading itu ada
4 bacaan panjang dan terdiri dari literatur, US story dan sosial, lalu ada science
yang pasti keluar. Menurut saya yang paling susas itu reading. Karena bahasa Inggrisnya
itu sangat luar biasa seperti ada Inggris lama dan ilmiah. Reading SAT itu lebih
susah daripada di TOEFL dan IELTS. Dan untuk reading waktunya hanya 65 menit dengan
52 soal. Setiap bacaan ada 13 soal. Nah bagian kedua ada writing and language seperti
grammar. Dibacaan itu ada grammar yang salah nanti kita perbaiki tapi soalnya itu
pilihan ganda semua. Jumlah soal writing and language ada 44 soal dalam waktu 35
menit. Kemudian yang ketiga ada matematika dengan kalkulator maupun tanpa kalkulator.
Total waktunya itu 80 meit dan 58 soal. Yang terakhir itu ada esai yang bersifat
optional untuk SAT. Esai nya itu kita harus membaca dulu dan menganalisis lalu membandingkan.
Tapi biasanya univ-univ sekarang tidak terlalu membutuhkan skor esai SAT. Jadi kalo
ditotal waktu test yang reasoning itu 3 jam.
Kalo ngambil esai ditambah waktu 5 menit. Dan maksimal skornya itu 1600 dengan rincian
Englishnya 800 dan mathematic nya 800.
Pemateri
: Nah kalo Untuk SAT subjek tes itu berbeda-beda.
Itu ada 5 main kategori subjek yang di sediakan oleh college aboard. Ada mathematic,
science, english, history, dan languages. Untuk matematika itu ada level 1 dan level
2. Di science ada biologi, kimia, dan fisika. Di English cuma English literature.
Di history ada USA dan world history. Sedangkan di languages ada Japanese, Chinese
dan yang lain". Nah kita bisa pilih
subjek mana aja.
Terus
sering ada yang tanya apa susah untuk dpt skor tinggi di tes SAT?
Sebenarnya
susah" gampang. Kenapa susah ? Karena untuk kita orang Indonesia akan kesulitan
di tes bahasa Inggrisnya yang menggunakan native speaker. Tapi buat MTK itu mudah
kok asal kita paham istilah MTK dalam bahasa Inggris dan tau cara mengerjakan. Kalo
untuk SAT subjective test berdasarkan pengalaman saya kemarin mengambil math level
2, fisika, dan kimia itu juga gak terlalu
sulit untuk orang-orang Indonesia yang penting kita paham soalnya dalam bahasa Inggris
dan menurut saya itu lebih mudah daripada SBMPTN. Dan di SAT subjek tes itu ga perlu benar semua
untuk mendapat skor yang sempurna. Dan kalo ada jawaban salah ada nilain minus.
Dan waktunya 1 jam per subjek. Untuk MTK level 2 itu soal nya ada 50, fisika ada
75, kimia 80 soal dalam bentuk pilihan ganda.
Moderator
:
Berarti yang penting kita memahami bahasa inggris dengan baik
ya temen2, kalau bisa memahami dengan baik, nanti bisa memahami soal dengan baik
pula, karena tingkat kesulitan soalnya untuk pelajar İndonesia engga terlalu
menyulitkan.oiya Apa tips tips buat dapet skor tinggi/dalam artian sesuai persyaratan
yang diminta versi mas Taufik sendiri. Dan kalau kita pengen latihan, bisa latihan
dimana? Dan apakah buku2 soal untuk ujian SAT bisa di dapatkan di toko2 buku terdekat?
Pemateri
: Untuk SAT reasoning tes
skor nya tidak terlalu tinggi yah 1.820 itu tidak termasuk tinggi. Kalo yang bagus
itu 1.450-1.600. Nah untuk reading karena sudah banget karena ada istilah lama,
ilmiah itu banyakin baca berita dan artikel dalam bahasa Inggris. Terus untuk writing
and language itu pasti harus tau grammar.
Waktu itu saya pakai buku official dari college book yang isinya soal-soal SAT.
Dan saya tidak merekomendasikan untuk beli karena soal" nya itu ada di internet.
Terus saya pernah baca buku black book. Dan banyak-banyak latihan soal.Jangan lupa
juga untuk melakukan latihan test.
Moderator
: Nah temen2, jadi bisa latihan salah satunya dengan
baca2 berita atau jurnal dalam bahasa inggris ya.
Pemateri
: Kalo buat SAT subjek itu
aku nyiapinnya kurang dari sebulan buat 3 mapel. Dan aku reset di internet ebook
penerbitnya dari Barron. Jadi intinya untuk
mendapat hasil yang maksimal entah itu SAT reaosning maupun subjective test itu
harus banyak latihan soal, latihan test seminggu sekali dan yang terakhir buat beli
buku latihan soal
ini
link untuk download full practice test SAT, ada 10 paket soal loh : https://collegereadiness.collegeboard.org/sat/practice/full-length-practice-tests
Moderator
:
Baik, sekarang kita masuk ke sesi tanya jawab yaa.Kalau ada yang
mau ditanyakan, bisa ditanyakan via saya ya, nanti saya ajukan ke mas Taufik. Siap
sesi tanya jawab mas?
Pemateri
:
Yuk siap banget. Kayanya bakal lebih seru kan !
Moderator
:
Pertanyaan
1 :Teguh
Daniel _SMAN 18 Makassar_Makassar
Sebelum
mengikuti tes, apakah sebelumnya kk ikut kursus atau membeli buku Tes persiapan
untuk belajar ?
Pemateri: Sebenarnya aku gaikut kursus karena bakal keluar
uang lagi. Tapi kalo bisa ikut kursus ya gapapa. Untuk buku aku cuma beli 1 buku
yaitu buku official SAT college aboard warna biru.Tapi aku saranin buat beli black
book dan barron's. Dan persiapannya aku sendiri liat YouTube dan ebook.
Moderator
:
Pertanyaan
2 : Teguh Daniel_SMAN 18 Makassar_ Makassar
Waktu
sebelum apply beasiswa KAIST beasiswa apa aja yg udah kk apply sebelumnya namun
gagal ?
Pemateri
:
Aku dari kgsp scholarship. Aku pernah gagal di beasiswa ytb 2x,
dan monbukagakusho lewat jalur univ.
Moderator
:
Pertanyaan
3 : Stephanie Simatupang_ Medan
Ada contoh soal mtk yang menjebak nggak kak? Dan
untuk mempelajari materi sat subject sebenarnya susah nggak kak? Kan kurikulum kita
sedikit beda sama materi sat nya
Pemateri : Sebenarnya gaada
pertanyaan menjebak. Cuma kadang cerobohnya aku ga bener"paham sama apa yang
ditanyakan. Kalo subjek test, tidak ada yang menjebak dan mulai ada soal trigonometri.
Moderator
:
Pertanyaan
4:
Farah_Medan_SMKN
9 Medan
menurut info yang dibaca tentang KGSP, KAIST salah
satu univ yang paling susah masuk nya , jadi
menurut kakak , apa yang buat kakak yakin apply kesana ? Apa adanya SAT jadi pendorong.
Pemateri: benar, kaist itu lebih susah tembusnya.
5 tahun kebalakang mungkin ada 4 atau 5 orang
yang dapat beasiswa kaist lewat jalur kgsp. Dan waktu itu aku cuma mau apply
di universitas yang menggunakan bahasa Inggris. Dan satu" nya Universitas di
Korea yang menggunakan bahasa Inggris itu di kaist. Di persyaratan kaist juga menyarankan
untuk mengambil SAT subjektive tes.
Moderator:
Pertanyaan
5: Muntaha_Tulungagung_Global
Peace Chain
Bagaimana
cara menjelaskan beragam prestasi untuk motivation letter agar tidak terkesan sombong
maupun berlebihan?
Pemateri:
Kalo aku buat Motlet atau study plan itu
seperti cerita. Aku termasuk orang yang ga suka nyebutin aku orang seperti apa.
Aku lebih suka bercerita. Contoh aku ikut lomba apa itu menyebutkan juara berapa
tapi lebih menceritakan benefit nya. Dan esai itu kita harus benar-benar meminta
pendapat kepada orang yang dipercaya.
Moderator:
Baik, untuk sesi Q&A telah selesai. Terimakasih atas jawaban yang sangat jelas
mas. Mungkin bisa dikasih kesimpulan dari semua materi yang disampaikan mas.
Pemateri : ketika kita mau lanjut kuliah
di luar negeri mungkin coba untuk reset persyaratannya dari sekarang. Mungkin ada
juga persyaratan SAT makanya harus dipersiapkan sedini mungkin karena sangat membutuhkan
waktu untuk belajarnya dan biaya tesnya. Jangan sampai menyesal dikemudian hari.
Jangan lupa banyak latihan soal dan jangan
sampai membuat kesalahan yang sama di tes selanjutnya.
Moderator: Alhamdulillah, Acara hari ini
telah selesai dilaksanakan. Terimakasih banyak kepada mas Taufik yang sudah bersedia
menjadi narasumber di acara kami hari ini, semoga mas tetap sehat di Koreanya, kuliahnya
lancar, dan mendapat ilmu yang bermanfaat.Terimakasih banyak juga kepada para peserta
yang mengikuti acara kami hari ini, semoga kita bisa bertemu kembali dalam acara
lainnya dimasa depan ya.Untuk semuanya, tetap jaga kesehatan, karena salah satu
hal yang paling penting adalah kesehatan.
Comments
Post a Comment