Skip to main content

NOTULENSI TRIK JITU BEASISWA RUSIA


Narasumber : Muhammad Zidni Ilman Noor
Ketupel       : Ubay Hermansyah
Moderator   : Hamamurrizky
Notulensi    :  Lestarina Matondang
Present by   : PPM Official

Moderator : Assalamualaikum, selamat malam dari Indonesia kak Zidni. Bagaimana kabarnya kak? Bisa perkenalan diri dulu kak ke teman-teman di grup.
Narasumber : Waalaikumsalam, selamat siang semua teman-teman yang berada di Indonesia, wah di Indonesia sudah malam yaa. Alhamdulillah kabar saya baik, sekarang di Kazan, tempat saya berkuliah terasa lebih dingin dari biasanya -14 Feels like nya -23.
Moderator : wah mantap, dingin sekali pasti yaa kak
Narasumber ; Perkenalkan semuanya, Nama saya Muhammad Zidni Ilman Noor, bisa dipanggil Zidni saya berasal dari .Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Pendidikan terakhir Pondok Pesantren MBI Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto. Sekarang Alhamdulillah diberi kesempatan oleh Tuhan yang Maha Kuasa untuk menuntut ilmu di Rusia, Negeri Beruang Merah dengan Beasiswa Pemerintah Federasi Rusia 2019. Saya sekarang berkuliah di Kazan Federal University, jurusan Hubungan Internasional Semester ke-Dua? Nanti akan saya jelaskan lebih lanjut di penyampaian materi.
Untuk organisasi, saya aktif sebagai Ketua Departemen Kajian, Divisi Pendidikan PERMIRA (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia) dan sebagai Ketua Divisi Penjemputan di Permira Perwakilan Kota Kazan.
Moderator : Kita langsung ke materi yaa teman-teman. Beasiswa apa kak Zidni dapatkan, dan apa saja persyaratannya?
Narasumber : Okay jadi saya mendapatkan Beasiswa Russian Govermment Scholarship. Setiap tahuan pemerintah Federasi Rusia memberikan peluang bagi pelajar dan mahasiswa dari Indonesia untuk kuliah di Rusia melalui program beasiswa. Program beasiswa dibuka untuk jenjang S1, S2, S3, Spesialis (5 tahun) dan didahului dengan program bahasa Rusia di Fakultas Persiapan selama 1 tahun. Pada tahun 2019, lebih dari 161 mahasiswa Indonesia telah berangkat kuliah di Rusia dan sampai saat ini terdapat kurang/lebih 500 mahasiswa Indonesia kuliah diberbagai daerah di Rusia melalui program ini.
Program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Federasi Rusia hanya berupa pendidikan saja (tuition fee). Biaya-biaya lain yaitu : persiapan dokumen, penerjemahan dan pengesahan dokumen, visa, transportasi, persiapan keperluan pribadi, asuransi mahasiswa, asrama unversitas, dan keperluan sehari-hari, perlu dipersiapkan oleh mahasiswa, baik didukung oleh orangtua/wali maupun sponsor.
Untuk persayaratan yang harus dipersiapkan di “Pendaftaran Administrasi” adalah:
Paspor (masa berlaku tidak kurang dari Desember 2022 tahun saat pendaftaran)
Ijazah (yang dilegalisir) nilai rata-rata 8,0 (S1, bila belum ada silahkan lampirkan rapor semester terakhir), IPK minimal 3,0 (S2 & S3)
Transkip nilai ((yang dilegalisir) (untuk S2 & S3)
SKHUN (S1)
Akte kelahiran
Medical sertifikat: a. Standart, b. HIV/AIDS, c. TBC, d. Hepatitis, e. allergytest (keseluruhan) yang memiliki riwayat penyakit tuberculosis (TBC) dan hepatitis tidak diperbolehkan
Surat pernyataan dari pendaanaan
Surat jaminan
Motivasi dan abstrak (English)
Khusus S3 diwajibkan mengapload surat resmi dari kampus dan professor yang dituju (Rusia) sampai tanggal 31 Maret 2020, jika tidak maka dapat mengikuti tahap selanjutnya.
SKCK (Porles/Polda)
Moderator : nah, buat teman-teman yang berminat daftar beasiswa rusia, ini bisa starred yaa. Okee pertanyaan selanjutnya untuk tanggal prndaftaran apakah setiap tahun berubah-ubah atau gimana kak? Dan web pendaftarannya apa kak?
Narasumber : Okay untu tanggal pendaftarannya itu setiap tahun berubah-ubsh. Di tahu 2019 dibuka dibulan November, di tahun 2020 dibuka di bulan Januari, jadi sebenarnya tidak ada tanggal yang pasti setiap tahunnya untuk pendaftaran beasiswa ini, dn terus bagaimana caranya kita tahu kalo beasiswa ini dibuka? Jadi kalian dari bulan Oktober-Februari sudah harus stand by memantau Facebook “Vitaly Glinkin” beliau ini adalah orang rusia yang menjadi perwakilan beasiswa rusia di Indonesia yang bertempat di Pusat Kebudayaan Rusia, Menteng, Jakarta Pusat. Russian Center of Science & Culture Jl. Pangeran Diponegoro No. 12, RW.4, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 10310, Indonesia +622131935290 https://goo.gl/maps/5cnU1MeyJ66egG49 . Nah ini untuk alamatnyaa. Pusat Kebudayaan Rusia sebagai perwakilan Beasiswa Pemerintah Federasi di Indonesia dan nanti disana kalian akan melakukan tahap test wawancara. Dan ini link untuk pendaftarannya https://future-in-russia.com
Moderator : nah berarti gaboleh lengah-lengah ya teman-teman, harus stand by terus untuk memantau kapan pendaftarn beasiswanya. Okee kita kepertanyaan selanjutnya, tahapan seleksi beasiswa nya bagaimana kak Zidni?
Narasumber : okay untuk tahapan seleksi beasiswanya.
Tahap-tahap Seleksi Beasiswa Rusia 2020
Seleksi Pemberkasan (13 Januari 2020 – 1 Maret 2020) Membuat akun dan mengisi data diri di Situs https://future-in-russia.com dan mengunggah semua dokumen yang diperlukan.
Wawancara (Perkiraan bulan Februari-April Gelombang I: 3 Februari 2020 Gelombang II: 10 Februari 2020) Menghadiri seleksi sesi wawancara di Pusat Kebudayaan Rusia, Menteng, Jakarta Pusat.
Nah jadi untuk beasiswa Rusia ini hanya ada 2 tahap seleksi. Setelahnya ada beberapa tahap lagi buat teman-teman sampai dengan keberangkatan ke Rusia.
Pengumuman (perkiraan bulan April-Juni) Pengumuman akan diumumkan melalui Email masing-masing pendaftar, setelah dinyatakan diterima pemerima beasiswa diwajibkan membayar penerjemah sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Penempatan kampus (perkiraan bulan September-Oktober) pengambilan dokumen wajib membawa paspor yang sudah berisikan visa pelajar ke Rusia. Dokumen yang sudah diterjemahkan ke bahasa Rusia dan dicap oleh kemenhukham, kemenlu dan kedutaan Rusia di Indonesia.
Keberangkatan (Perkiraan bulan Oktober-November) segala hal yang berhubungan dengan keberangkatan termasuk tanggung jawab pribadi. Ketibaan seperti ditahun-tahun sebelumnya akan dikoordinasikan oleh Permira.
Moderator : wahh lengkap sekali ya penjelasannya, nah pertanyaan selanjutnya, ujian wawancaanya seperti apa kak kira-kira?
Narasumber : okay tahap wawancara adalah tahap yang paling menentukan. Peserta yang lulus seleksi administrasi akan diinformasikan melalu Email dan dijadwalkan untuk mengikuti tes wawancara. Peserta wajib membawa:
Aplikasi form dari https://future-in-russia.com
Fotocopi Pasport (conto terlampir)
Ijazah (dilegalisir) & transkip nilai yang dilegalisir (S1 (bila belum ada silahkan lampirkan rapor semester terakhir) & S2)
Medical sertifikat (1 (keseluruhan) & 2 (tambahan wajib)
Akte kelahiran
SKHUN (S1 bila sudah dapat. Bila belum dapat harus diserahkan pada saat menerima SKHUN)
Fotokopi KTP
Materai 6000 (5)
Foto 4 x 6 (2) berwarna
Alat tulis
Jadi di tes wawancara nanti akan dicek lagi dokumen yang kalian upload apakah sesuai dengan yang aslinya. Pertanyaan yang ditanyakan oleh penguji adalah seputar kesiapan peserta dalam menerima beasiswa yang paling utama adalah kesiapan Finansial, dikarenakan beasiswa ini adalah beasiswa parsial oleh karena itu yang paling ditekankan pada wawancara adalah kemampuan finansial peserta selama berkuliah di Rusia sampai lulus. Pertanyaan lain adalah pertanyaan yang sangat umum, seperti kenapa kalian memilih rusia, kenapa memilih jurusan tersebut. Wawancara menggunakan bahasa inggris.
Moderator : ohh gitu yaa kk, sangat jelas kak penjelasannya. Jadi pertanyaan selanjutnya, tips agar diterima beasiswa ini apa kak?
Narasumber : oaky kita bahas soal tips agar diterima beasiswa ini yaa. Jadi sebenarnya kunci utama diterima di besiswa ini adalah :
Nilai di tahap pemberkasan seperti nilai raport, nilai UN dan ijazah. Yang sangat direkomendasikan diatas 8 (kalkululasi nilai keseluruhan)
Kemampuan pendanaan. Jadi pihak penyekleksi harus benar-benar yakin atas pendanaan karena beasiswa ini parsial dan di Rusia dengan visa pelajar tidak diperbolehkan bekerja. Tetapi diawal tahun ini tadi ada sebuah peraturan yang disetujui oelh pemerintah yaiutu emperbolehkan mahasiswa asing untuk bekerja, namun kebijakan ini masih belum jelas secara detailnya dan akan berlaku 180 hari sejak ditetapkannya diakhir bulan kemarin.
Motivation letter dan abstrak disini kalian harus membuat semenarik mungkin dan diusahakan judulnya harus menarik dan soal abstrak lebih memilih judul yang tepat dengan keilmuan yang ada di rusia.
Dan yang paling penting dari 3 ini adalah ketika beasiswa dibuka kalian harus secepat mungkin mendaftar dan melengkapi semua dokumen. Karena beasiswa ini adalah “siapa cepat dia dapat” jadi ketika dokumen kalian memnuhi kriteria maka akan langsung dipanggil wawancara dan ketika selesai wawancara dirasa memnuhi kriteria maka kalian akan langsung masuk kuota. Jika kuota terpenuhi maka kemungkinan besar tidak aka ada gelombang wawancara selanjutnya.
Moderator : wah ini nih teman-teman. Berarti kalian harus gercep yaa. Disiapin berkasnya jauh-jauh hari, sehingga ketika pendaftran dibuka langsung gaskan daftar. Oke selanjutnya apa alasan kak zidni memilih univ dan jurusan kak zidni sekarang?
Narasumber :okauy kenapa saya memilih jurusan hubungan internasional dan universitas Kazan Federal University. Jadi ketika dulu saya kelas 12 saya sudah berminat untuk mengambil jurusan hubungan internasional, pertanyaan selanjutnya dikampus apa? Atau di negara mana? Untuk menjawab pertanyaan tadi saya mulai mencari-cari informasi soal prospek kerja ketika mengambil jurusan tersebut di Indonesia, saya coba hubungi alumni-alumni yang kuliah HI di UGM, Unail dan Unpad. Beberapa hari mereka ketika lulus ada bekerja di bank dan lain-lain yang menurut saya itu tidak sepenuhnya pas dengan jurusan hubungan internasional, yang mana saya bercita-cita untuk menjadi diplomat. Setelah mendapatkan informasi tentang alumni-alumni tadi saya mulai berpikir lagi kelebihan apa yang harus saya miliki untuk menunjang karier saya kedepanm lalu saya bisa menyimpulkan dengan 2 point. 1. Bahasa 2. Koneksi/link (pertemuan atau kolega).
Bahasa. Untuk mwnjadi diplomat adalah hal biasa menguasai bahasa inggris dengan baik namun akan terlihat lebih dari biasa ketika dapat menguasai bahasa asing lain yang menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dan bahasa rusia adalah salah satu jawabannya.
Koneksi (pertemuan). Ketika kita kuliah diluar negeri apalagi negara tersebut menjadi kiblat sebuah kelimuan, maka disana akan berkumpul orang-orang dan pelajar-pelajar dari seluruh dunia untuk menuntut ilmu. Sehingga akan tercipta lingkungan mahasiswa internasional yang terdiri dari negara-negara di dunia. Secara tidak langsung kita akan mempunyai jangkauan pertemanan dan koneksiyang luas dengan bergaul dengan baik dilingkungan tersebut. Apalagi kita bisa mempelajari budaa mereka secara tidak langsung dari pergaulan shari-hari.
Untuk universitas. Jadi pada saat ditahap pertama “pendaftaran administrasi” kalian diberikan 6 kolom universitas yang boleh kita isi dengan pilihan kita. Dan saya sekarang berkuliah di kampus pilihan ke-tiga. Karena kampus dipilhan pertama ternyata tidak membuka pinti masuk beasiswa ditahun tersebut, dan pilihan kedua juga tidak membuka pintu beasiswa dengan jalur seleksi pernegara (jalur beasiswa ini) oleh karena itu juga belum bisa masuk di universitas tersebut.
Untuk kampus saya yang sekaraang adalah salah satu kampus negeri terbaik di rusia yang dimana bertempat di kota metropolitan  ke-tiga setelah Moskow dan Saint Petersbug sehingga sering diadakan event-event internasional dan beruntungnya lagi sering dibuka volunterr di event-evnt tersebut, apalagi mahasiswa yang berkuliah dijurusan hubungan internasional, banyak sekali forum tingkat intenasional yang sering diselenggarakan, sehingga dapat ,enambah pengalaman, ilmu dengan berpartisipasi langsung di event-event berskala internasional tersebut.
Moderator : wah keren sekali kak. Teman-teman semakin semangat ga nihh? Moderator aja makin semangat lho!! Waah jadi banyak banget dapat pengalaman baru ya kak asiik banget nih. Okay pertanyaan selanjutnya keistimewaan rusia menurut kak zidni apa kak? Dan apa suka dukanya kuliah di rusia kak?
Narasumber : keistimewaan rusia adalah salah satu negara adidaya di dunia, disamping Amerika, Rusia juga tergabung di dewan keamanan tetap PBB, sehingga pengaruhna di panggung perpolitikan internasional sangat besar. Rusia juga menjadi salah satu kiblat dibeberapa keilmuan seperti Bidang Dirgantara, Rusia punya perusahaan besar yaitu Sukhoi. Di bidang perminyakan Rusia punya Rosneft yang menjadi salah satu peruhasaan Perminyakan terbesar di dunia, apalagi dataran Rusia yang kaya akan minyak. Di bidang nuklir di dunia yang pernah dikabarkan akan membantu pembangunannya juga di Indonesia. Banyak lagi bidang-bidang keilmuan yang Rusia dijadikan salah satu kiblatnya di dunia.
Tidak lupa faktor untuk kaum mahasiswa yang paling penting adalah Living Cost dan di Rusia untuk biaya hidup sangat terjangkau dan mungkin lebih murah dari kuliah di Jakarta yang kira-kira biaya hidup perbulan nya dari 1,5 juta sampai 3 juta sudah termasuk makan, asrama, internet dan transportasi.
Suka duka kuliah di Rusia.
Mungkin dukanya Cuma soal Homesick nya, sebenarnya saya sudah terlatih diperantauan hehe, ini tahun ke-5 saya di perantauan jauh dari Rumah, namun tetap saja kalau sakit langsung Homesick berat, jadi mungkin dukanya kalo sedang sakit aja haha, karena harus masak sendiri, mijet-mijet sendiri, tapi biasanya dalam satu kota pasti ada anak Indonesia jadi gak perlu takut.
Untuk sukanya mungkin rusia tidak seperti negara-negara eropa lainnya ya, di Rusia Islamophobia itu ngga ada, mereka adalah orang-orang dari negara pecahan Uni Soviet seperti Kazahstan, Uzbeikistan, Tadjikistan, Kirgyztan yang mayoritas dari mereka adalah muslim. Dan sangat banyak sekali orang-orang seperti mereka ini di Rusia dari ujung Rusia bagian Barat sampai timur, dari Utara samapai Selatan, jadi  untuk beragama islam tidak usah khawatir , uktuk makanan halal pun banyak yang dijual dan berlebel halal, restoran pun juga. Masjid pun biasanya di setiap kota ada 1 namun di kota Kazan sekarang saya tinggal ada lebih dari 10 masid karena orang local di sini mayoritasnya muslim dan untuk temn-teman beragama Kristen di sini juga banyak Greja, tidak hanya Gereja Kristen Ortodoks namun  juga Kristen Protestan dan Katholik.
Moderator : waah mantap jiwa nih rusiaa keren. Wah jadi begini teman-teman yang muslim tidak perlu khawatir yaa. Oke sekarang kita masuk ke sesi tanya jawab ya kak.
May_Madura_SMAN 1 Sumenep_Apakah siswa yang gap year masih bisa berkesempatan untuk mendaftar beasiswa. Terimakasih.
Narasumber : okee untuk teman-teman gap year jangan khawatir, tetap bisa mendaftar sdi beasiswa ini dan kemungkinan akan diterima nya pun sama.
Moderator : 2. Faris_Bogor_ Ka aku mau nanya itu maksud punya riwayat penyakit hepatitis untuk semua tingkatan hepatitis? Mau hepatitis A atau B? terimakasih kak
Narasumber : Hello Faris, yup untuk semua tingkat Hepatitis.
Moderator : 3. Randy_Padang_Apakah SKHUN harus disertakan juga untuk peserta pendaftar post graduate? Untuk mendaftar kesana, lebih prefer ke Toefl atau Ilts ya? Lalu apakah beasiswa ini bersifat mengikat setelah lulus?
Narasumber : Hallo mas Randy, wahh padang nih. Tidak perlu Mas Randy hany perlu diplom S1 dengan nilai IPK diatas 3. TOEFL dan IELTS tidak menjadi persyaratan di beasiswa ini. beasiswa ini tidak bersifat mengikat sama sekali, tidak ada perjanjian apapun kepeda penerima beasiswa.
Moderator : 4. Lia_SMA_Surabaya_Ka, denger-denger setelah dinyatakn lulus kita membayar sejumlah uang untuk biaya penerjemah dokumen tersebut nah apakah benar kak? Dan kalau boleh tau rinciannya seperti apa kak?
Narasumber : Halo mba Lia, yup betul sekali untuk rinciannya sekitar
S1: Rp. 7.200.000
S2 : Rp. 9.700.00
S3 : Rp. 14.000.000
(Rincian Biaya pembayaran dokumen beasiswa 2019) dan setiap tahunnya katanya akan terus naik.
Moderator : 5. Ana Fatimah_Semarang_Bagaimana tips membuat essay yang baik dan benar? Apakah kakak memiliki contohnya?
Narasumber : Hallo mba Ana. Essay maksudnya Abstrak ya? Untuk itu silahkan googling ya mba di internet, sudah banyak tips-tips nya di internet, untuk daftar beasiswa ini pun sama saja tips untuk membuat Abstrak yaa.
Moderator : 6. Wuri Handayani_Jember_IAIN Jember_Assalamualaikum kak, saya izin bertanya apakah beasiswa ini hanya di khususkan bagi mereka yang berprestasi saja? Apakah bidang akademik sangat menjadi hal utama dalam beasiswa ini? terimakasih.
Narasumber : hallo mba Wuri. Waalaikumsalam. Tidak menjadi kriteria utama penerima untuk yang berprestasi. Malahan ada pendaftar yang dia ada prestasi juara Sains gitu namun juga belum lolos, jadi jangan pernah minder untuk mendaftar basiswa, coba berusaha maksimal and left god do the rest. Jika ada penghargaan dan sertifikat boleh silahkan dilampirkan juga, namun bukan menjadi penentu untama mendapatkan beasiswa ini.
Moderator : 7. Tabas Gabe Mulia Siagian_Medan_1. Univ mana yang biaya hidup termurah kak? 2. Apakah ada beasiswa Rusia yang full 100% kak? 3. Apakah mendaftar kesana harus menggunakan agent? 4. Tips dan trik belajar bahasa rusia?
Narasumber : hallo mas Tabaas
Sebenarnya biaya hidup di kota-kota Rusia itu hamper sama kalo ada kota yang lebih mahal pun mungkin lebih mahal sedikitsaja, bedanya ngga jauh. Boleh cari kampus yang asramanya dekat jadi mengurangi biaya transportasi hus, contohnya di Irkutsk ada kampus Irkutsk National Research Technical University itu jarak dari kampus ke asrama di tempuh jalan kaki Cuma 10 menit, dan waktu saya di sana dulu satu bulan hanya 1 juta untuk biaya hidup keseluruhan.
Sepengetahuan saya ngga ada, kecuali dapat s[onsor lagi dari beasiswa lain.
TIDAK, mendaftar beasiswa Rusia hanya lewat PKR (Pussat Kebudayaan Rusia) jika lewat agen itu Mandiri, jika ada agen yang menjamin keterima beasiswa dan mengatasnamakan beasiswa itu tidak benar
Belajar di Rusia langsung.
Moderator : berhubung kita sudah selesai materi dan Q&A nya jadi saya persilahkan kak zidni untuk menyampaikan kesimpulan.
Narasumber : hah akhirnya sudah dipenghujung acara yaa, kesimpulan. Materi yang sudah saya sampaikan diatas Bahan untuk teman-teman mendaftar beasiwa rusia dan lolos beasiswa rusia. Di bahan-bahan tadi ada beberapa hal yang bisa teman-teman kembangkan sendiri, tingkatkan, pertajam lagi sehingga akan memperbesar peluang teman-teman diterima di beasiswa ini. apakah bahan-bahan tadi sudah cukup? Belum. Ada bahan yang tidak kalah penting yaitu support orang tua, keluarga dan lingkungan sekitar dan jangan lupa untuk melancarkan segala usaha tadi dengan pelican  paling ampuh di dunia, doa, doa dan doa. Katika semua usaha sudah dikerahkan, berdoa lah semoga doa tadi menjadi pelancar urusan teman-teman diterima nya dibeasiswa ini. do the best and left god do the rest. Sekian dari saya, salah khilaf mohon maaf, semoga nanti bertemu dilain kesempatan, mungkin di Rusia, mungkin di indoneisa dan juga mungkin dibelahan dunia lain. Terimakasih, selalu semangat dan jangan lupa berdoa . wassalamualaikum, selamat malam.

Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...