NOTULENSI INNOPOLIS SCHOLARSHIP
Narasumber : Utih Amartiwi
Ketupel : Ubay Hermansyah
Moderator : Lusyiana Dewi Ningrum
Notulensi : Lestarina Matondang
Present by : PPM Official
Moderator : Assalamualaikum, Selamat siang teman-teman. Kembali lagi dengan Seminar Online PPM Study in Rusia besama kak Utih. Oh iya, sebelumnya perkenalkan nama saya Lusyianan Dewi Ningrum selaku moderator untuk acara kali ini. Boleh siahkan bisa perkenalan terlebih dahulu kak.
Narasumber : Halo semuanya.. saya Utih, mahasiswi Innopolis University.
Moderator : sekarang kita masuk untuk sesi materi
Narasumber : Alhamdulillah saya penerima beasiswa Innopolis yang saat ini sedang dibuka pendaftarnnya hingga 1April 2020 nanti. Bisa cek selengkapnya di Ig permira: http://www.instagram.com/p/B7bCbftnGFh/?igshid=b03qi857gqe0 .
Innopolis University. Kampus ini menawarkan beasiswa khusus bidang IT & Robotik. Seperti software engineering, data scrubel, robotic, artificial intelligence, cyber security, bioinformatics, dll. Infonya bisa dicek di: http://apply.innopolis.ru/en/ .
Besiswa ini mencakup: Bebas SPP + uang saku bulanan yang sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari (bahkan berlebih). Uang sakunya :
S1 : 12rb – 36rb rubel
S2 : 18rb – 42rb rubel
S3 : 50rb rubel
Rata-rata pengeluaran/bulan : 7rb rubel (2rb untuk asmara, 5rb kebutuhan lainnya), balik lagi tergantung gaya hidup masing-masing. Sayangnya dengan beasiswa yang cukup besar ini masih sedikit mahasiswa Indonesia yang tau. Saat ini baru ada 3 mahasiswa Indonesia dan S2 saja, kami berharap lebih banyak lagi mahasiswa Indonesia yang disini, khususnya untuk program S1.
Moderator : Nahh bagi teman-teman yang ingin mendaftar bisa di cek yaa.
Narasumber : Alur pendaftarannya :
Info lengkap & pendaftaran di https://apply.innopolis.ru/en/ pilih bachelor (S1)/ master (S2)/ Postgraduate (Ph.D/S3)
Lengkap berkas :
Scan nilai raport/transkip dan ijazah (bagi yang udah lulus), jadiin 1 file pdf.
Scan passport/KTP/kartu pelajar.
CV & motivation letter (motler) sesuai format dari web. Saatnya show off disini, maksudnya ceritain pengalaman kalian yang relevan, misalnya juara lomba atau ikut projek-projek seputar IT/robotik. buat S1, lampirkan juga rencananya nanti kalian mau pilih spesialisasi apa dari 4 bidang: software engineering, data science, robotic, cyber security, dan jelaskan alasannya.
Ujian online: bahasa inggris, matematika, programing. Soal dan tinngkat kesulitan sesuai jurusan yang dituju.
Kalo lolos seleksi berkas dan online test, aka nada undangan interview sama professor via Skype. Ditanyain motivasi, dan yang kalian tulis di cv & motlet, sama basic knowledge jurusan yang kalian pilih.
Interview psikolog/HR. kalo udah dapat undangan ini artinya 99% kalian dah lolos. Disini interview tentang kepribadian kayak hobi, cara belajar, dll.
Moderator : begitu teman-teman alurnya, bisa dipahami kan jelas sekali pemaparannya.
Narasumber : Kenapa Data Science? Kenapa di Rusia?
Rusia dan Indonesia sama-sama negara yang luas. Saat ini data lebih berharga minyak dan emas. Dengan luas negara dan jumlah penduduk yang besar Indonesia kaya akan data yang harusnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.tapi sayangnya data saintis di Indonesia masih sedikit dan pengolaan datanya belum rapi. Karena itu saya mau belajar dari negara maju yang juga besar untuk tau bagaimana mereka mengelola dan memanfaatkan peluang data ini.
Home of Famous. Rusia sudah tidak diragukan lagi untuk bidang IT, matematika dan statistic. Bidang IT, cyber securitynya sangat bagus. Matematika, banyak peraih field medalnya (nobelnya matematika). Di statistic juga banyak fondasi yang ditemukan oleh ilmuan Rusia seperti chebishev, Kolmogorov, swimov, dll. Disini saya bisa lihat penerapan teknologi yang kalo di Indonesia masih teori, misalnya taksi tanpa pengemudi (self driving car).
Di kampus saya, tugas-tugas banyak yang berhubungan dengan masalah industri langsung. Misalnya u/ self driving car, saya dapat tugas untuk membuat program pendeteksi rambu lalu lintas dengan ketepatan yang tinggi agar mobil bisa bergerak sesuai rambu-rambu.
Biaya hidup murah dan ramah muslim. Biaya hidup di Rusia relative murah dibandingkan negara eropa lainnya. Bahkan, secara rata-rata lebih murah dari biaya sehari-hari di Jakarta. Untuk kebutuhan muslim pun sangat mudah. Bebas berhijab, sholat, dan makanan halal pun mudah didapat. Bahkan di asrama kampus saya tersedia kantin khusus halal dan musholla.
Moderator : Nah kaka pa suka duka kakak kuliah di Rusia? Apakah mungkin kakak awal kuliah pernah mengalami culture shock?
Narasumber : Sukanya karena bisa belajar dan liat langsung teknologinya di depan mata. Kayak dosennya gak ngabsen pake ttd tapi pake face recognition (deteksi wajah) di cctv/foto. Terus rusia menghormati perempuan. Culture shocknya ada dikit. Cuma disini orangnya jarang senyum tapi ternyata baik. terus pastinya sangat dingin.
Moderator : menarik sekali yaa, jadi buat teman-teman yang perempuan boleh banget nih apply ke rusia. Oh iyaa kak, sebelum sesi Q&A, silahkan memberikan closing statement, mungkin motivasi untuk teman-teman yang ingin apply beasiswa tersebut.
Narasumber : Tips Lolos Beasiswa
Tips utama saya untuk mendapat beasiswa adalah mendaftar. Pasti mikirnya “yaiyalah..” yaa kalo gitu daftar dong. Ok ga usah daftar dulu deh, baca-baca syarat beasiswanya dulu (udah belum?) kalo udah siapin berkas sesuai persyaratan dari sekarang sebelum keburu deadline. Bagi yang belum, harap jangan malas membaca & memahami tiap detail persyaratan di web utamanya.
Saya juga nulis di Ig berdasarkan pengalaman saya, silahkan baca-baca:
https://www.instagram.com/p/B6RnefDBhgl/?igshid=1ltnpd6v42t4i
https://www.instagram.com/p/B6c0kGQhFuP/?igshid=eflchv7sxz6b
https://www.instagram.com/p/B6nu85ohP7-/?igshid=x8glm1znzf5t
Moderator : Baik teman-teman, jadi kalau sudah punya keinginan jangan ditunda-tunda yaa, lebih baik mencoba terlebih dahulu okay. Nah sekarang kita memasuki sesi Q&A yaaa, harap disimak dengan baik.
Q & A
Moderator : Zheina Zahra_Jakarta Barat_Aligarh mulim university_Assalamualaikum wr.wb Ka bagaimana cara memahami pelajaran jika berbeda bahasa sedangkan di rusia itu ada beberapa university yang menggunakan bahasa rusia. Terimakasih.
Narasumber : Kampus saya kuliahnya bahasa inggris jadi saya tidak merasakan hambatan ini.
Moderator : nah kak meskipun kuliahnya menggunakan bahasa inggris, apakah dari Innopolis sendiri menyediakan kelas bahasa rusia bagi yang ingin mempelajari bahasa rusia?
Narasumber : iyaa ada
Moderator :oohh begitu.. untuk kelas bahasa rusianya itu kita bayar sendiri kaj kak? Dan sekitar berapa kalau kakak tahu.
Narasumber : gratis
Moderator : Syifa Abdul Ghani_Semarang_Sman 6 Semarang_Kak untuk tes online nya kan tergolong sulit, bagaimana cara kakak dulu mempersiapkan tes tulis ini?
Narasumber : Caranya ya belajar, Review teori yang berhubungan sama jurusan yang diambil.
Moderator : Redi Anugrah Ramdani_Bandung_Universitas Islam Nusantara_Assalamualaikum wr.wb. Maaf sebelumnya kakak, saya mau nanya kalau seandainya kita kuliah disana, lalu setelah lulus S2 kita mengajukan lamaran pekerjaan dikampus, apakah ada banyak peluang untuk menjadi dosen dikampus itu.
Narasumber : Ga ada dosen lulusan S2 disini, dosen ya professor, minimal udah posdoc (bukan Cuma PhD)
Moderator : Luky Andreas_Singkawag_Universitas Katolik Parahyangan_Selamat siang kak. Mau tanya, kalau untuk mendaftar S2 kesana, apakah syarat semacam GRE atau GMAT bisa saya sertakan? Dan apakah diperlukan? Terimakasih.
Narasumber : Tidak ada, bisa cek lagi persyaratan lengkapnya di web yang udah saya kasih ya.
Moderator : Siska Arinda Sari_Palembang_Univesitas Sriwijaya_mau tanya kak, bagaimana tips-tips penulisan motivation letter dari kakak? Seringkali ini menjadi hal yang riskan bagi kita untuk mendaftar.
Narasumber : Tipsnya banyak membaca, membaca apa kriteria kandidat yang dicari oleh lembaga beasiswa dan menceritakan potensi yang sesuai dengan kriteria itu dan visi yang jelas.
Moderator : Kak apakah mahasiswa international disana diperbolehkan untuk part time?
Narasumber : Berita terbaru sih tahun depan di Rusia diperbolehkan mahasiswa international. Tapi untuk mahasiswa Innopolis menurut saya tidak usah bekerja, karena mengerjakan tugas-tugas kampus pun semuanya berhubungan dengan industri dan uang sakunya besar, malah kalo akademiknya bagus bisa dapat nominal paling besarnya. Nanti juga ada program internship untuk merasakan suasana bekerja di rusia.
Moderator : begitu yaa teman-teman saran dari kak Utih, sudah detail sekali bagi mahasiswa international yang ingin part time. Nah kak, apakah kak Utih memiliki adaptasi khusus untuk hidup di Rusia itu sendiri?
Narasumber : Tidak banyak dan bisa dibeli pas disini misalnya untuk mengantisipasi cuaca dingin dan lebih kering berarti beli pelembab dan jaket writer. Belinya disini karena lebih cocok sama cuacanya daripada produk di Indonesia. Banyak baca aja sih sebelum kesini biar ga kaget. Dan akhirnya ya nyaman-nyaman aja, tidak banyak masalah dalam adaptasi.
Moderator : Christopher Van Dijn_Manado_kak, kalau missal S1 nya bukan dari jurusan sains data apakah ada peluang buat lolos beasiswanya kak? Lalu saat wawancara, apa saja yang ditanyakan kak? Maksudnya apakah pengetahuan umum, yang berhubungan dengan jurusan atau apa ya kira-kira.
Narasumber : silahkan cek kriteria mahasiswa tiap jurusan di web ini, mengenai interview juga sudah saya jelaskan.
Moderator ; nah begitu ya teman-teman, akhirnya selesai juga sesi QnA kali ini, sebelumnya alangkah lebih baik dibaca website dan informasinya terlebih dahulu sebelum bertanya yaa. Baik, sekarang silahkan untuk kaka memberikan kesimpulan dari sharing sessiom kali ini yang sekiranya memotivasi adik dan teman-teman untuk tidak takut untuk kuliah diluar negeri baik itu di Rusia ataupun negara lain.
Kesimpulan
Kasimpulannya, kenali dulu diri masing-masing, apa visi jangka panjang kalian, dan apakah studi di LN itu emang sejalan dengan visi itu. Kalo iya, ya action, beasiswa ga didapat karena hanya duduk manis dengn cerita para awardee, harus mau luangin waktu buat searching, baca-baca, pahami,dan menyiapkan diri.
Narasumber : Utih Amartiwi
Ketupel : Ubay Hermansyah
Moderator : Lusyiana Dewi Ningrum
Notulensi : Lestarina Matondang
Present by : PPM Official
Moderator : Assalamualaikum, Selamat siang teman-teman. Kembali lagi dengan Seminar Online PPM Study in Rusia besama kak Utih. Oh iya, sebelumnya perkenalkan nama saya Lusyianan Dewi Ningrum selaku moderator untuk acara kali ini. Boleh siahkan bisa perkenalan terlebih dahulu kak.
Narasumber : Halo semuanya.. saya Utih, mahasiswi Innopolis University.
Moderator : sekarang kita masuk untuk sesi materi
Narasumber : Alhamdulillah saya penerima beasiswa Innopolis yang saat ini sedang dibuka pendaftarnnya hingga 1April 2020 nanti. Bisa cek selengkapnya di Ig permira: http://www.instagram.com/p/B7bCbftnGFh/?igshid=b03qi857gqe0 .
Innopolis University. Kampus ini menawarkan beasiswa khusus bidang IT & Robotik. Seperti software engineering, data scrubel, robotic, artificial intelligence, cyber security, bioinformatics, dll. Infonya bisa dicek di: http://apply.innopolis.ru/en/ .
Besiswa ini mencakup: Bebas SPP + uang saku bulanan yang sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari (bahkan berlebih). Uang sakunya :
S1 : 12rb – 36rb rubel
S2 : 18rb – 42rb rubel
S3 : 50rb rubel
Rata-rata pengeluaran/bulan : 7rb rubel (2rb untuk asmara, 5rb kebutuhan lainnya), balik lagi tergantung gaya hidup masing-masing. Sayangnya dengan beasiswa yang cukup besar ini masih sedikit mahasiswa Indonesia yang tau. Saat ini baru ada 3 mahasiswa Indonesia dan S2 saja, kami berharap lebih banyak lagi mahasiswa Indonesia yang disini, khususnya untuk program S1.
Moderator : Nahh bagi teman-teman yang ingin mendaftar bisa di cek yaa.
Narasumber : Alur pendaftarannya :
Info lengkap & pendaftaran di https://apply.innopolis.ru/en/ pilih bachelor (S1)/ master (S2)/ Postgraduate (Ph.D/S3)
Lengkap berkas :
Scan nilai raport/transkip dan ijazah (bagi yang udah lulus), jadiin 1 file pdf.
Scan passport/KTP/kartu pelajar.
CV & motivation letter (motler) sesuai format dari web. Saatnya show off disini, maksudnya ceritain pengalaman kalian yang relevan, misalnya juara lomba atau ikut projek-projek seputar IT/robotik. buat S1, lampirkan juga rencananya nanti kalian mau pilih spesialisasi apa dari 4 bidang: software engineering, data science, robotic, cyber security, dan jelaskan alasannya.
Ujian online: bahasa inggris, matematika, programing. Soal dan tinngkat kesulitan sesuai jurusan yang dituju.
Kalo lolos seleksi berkas dan online test, aka nada undangan interview sama professor via Skype. Ditanyain motivasi, dan yang kalian tulis di cv & motlet, sama basic knowledge jurusan yang kalian pilih.
Interview psikolog/HR. kalo udah dapat undangan ini artinya 99% kalian dah lolos. Disini interview tentang kepribadian kayak hobi, cara belajar, dll.
Moderator : begitu teman-teman alurnya, bisa dipahami kan jelas sekali pemaparannya.
Narasumber : Kenapa Data Science? Kenapa di Rusia?
Rusia dan Indonesia sama-sama negara yang luas. Saat ini data lebih berharga minyak dan emas. Dengan luas negara dan jumlah penduduk yang besar Indonesia kaya akan data yang harusnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.tapi sayangnya data saintis di Indonesia masih sedikit dan pengolaan datanya belum rapi. Karena itu saya mau belajar dari negara maju yang juga besar untuk tau bagaimana mereka mengelola dan memanfaatkan peluang data ini.
Home of Famous. Rusia sudah tidak diragukan lagi untuk bidang IT, matematika dan statistic. Bidang IT, cyber securitynya sangat bagus. Matematika, banyak peraih field medalnya (nobelnya matematika). Di statistic juga banyak fondasi yang ditemukan oleh ilmuan Rusia seperti chebishev, Kolmogorov, swimov, dll. Disini saya bisa lihat penerapan teknologi yang kalo di Indonesia masih teori, misalnya taksi tanpa pengemudi (self driving car).
Di kampus saya, tugas-tugas banyak yang berhubungan dengan masalah industri langsung. Misalnya u/ self driving car, saya dapat tugas untuk membuat program pendeteksi rambu lalu lintas dengan ketepatan yang tinggi agar mobil bisa bergerak sesuai rambu-rambu.
Biaya hidup murah dan ramah muslim. Biaya hidup di Rusia relative murah dibandingkan negara eropa lainnya. Bahkan, secara rata-rata lebih murah dari biaya sehari-hari di Jakarta. Untuk kebutuhan muslim pun sangat mudah. Bebas berhijab, sholat, dan makanan halal pun mudah didapat. Bahkan di asrama kampus saya tersedia kantin khusus halal dan musholla.
Moderator : Nah kaka pa suka duka kakak kuliah di Rusia? Apakah mungkin kakak awal kuliah pernah mengalami culture shock?
Narasumber : Sukanya karena bisa belajar dan liat langsung teknologinya di depan mata. Kayak dosennya gak ngabsen pake ttd tapi pake face recognition (deteksi wajah) di cctv/foto. Terus rusia menghormati perempuan. Culture shocknya ada dikit. Cuma disini orangnya jarang senyum tapi ternyata baik. terus pastinya sangat dingin.
Moderator : menarik sekali yaa, jadi buat teman-teman yang perempuan boleh banget nih apply ke rusia. Oh iyaa kak, sebelum sesi Q&A, silahkan memberikan closing statement, mungkin motivasi untuk teman-teman yang ingin apply beasiswa tersebut.
Narasumber : Tips Lolos Beasiswa
Tips utama saya untuk mendapat beasiswa adalah mendaftar. Pasti mikirnya “yaiyalah..” yaa kalo gitu daftar dong. Ok ga usah daftar dulu deh, baca-baca syarat beasiswanya dulu (udah belum?) kalo udah siapin berkas sesuai persyaratan dari sekarang sebelum keburu deadline. Bagi yang belum, harap jangan malas membaca & memahami tiap detail persyaratan di web utamanya.
Saya juga nulis di Ig berdasarkan pengalaman saya, silahkan baca-baca:
https://www.instagram.com/p/B6RnefDBhgl/?igshid=1ltnpd6v42t4i
https://www.instagram.com/p/B6c0kGQhFuP/?igshid=eflchv7sxz6b
https://www.instagram.com/p/B6nu85ohP7-/?igshid=x8glm1znzf5t
Moderator : Baik teman-teman, jadi kalau sudah punya keinginan jangan ditunda-tunda yaa, lebih baik mencoba terlebih dahulu okay. Nah sekarang kita memasuki sesi Q&A yaaa, harap disimak dengan baik.
Q & A
Moderator : Zheina Zahra_Jakarta Barat_Aligarh mulim university_Assalamualaikum wr.wb Ka bagaimana cara memahami pelajaran jika berbeda bahasa sedangkan di rusia itu ada beberapa university yang menggunakan bahasa rusia. Terimakasih.
Narasumber : Kampus saya kuliahnya bahasa inggris jadi saya tidak merasakan hambatan ini.
Moderator : nah kak meskipun kuliahnya menggunakan bahasa inggris, apakah dari Innopolis sendiri menyediakan kelas bahasa rusia bagi yang ingin mempelajari bahasa rusia?
Narasumber : iyaa ada
Moderator :oohh begitu.. untuk kelas bahasa rusianya itu kita bayar sendiri kaj kak? Dan sekitar berapa kalau kakak tahu.
Narasumber : gratis
Moderator : Syifa Abdul Ghani_Semarang_Sman 6 Semarang_Kak untuk tes online nya kan tergolong sulit, bagaimana cara kakak dulu mempersiapkan tes tulis ini?
Narasumber : Caranya ya belajar, Review teori yang berhubungan sama jurusan yang diambil.
Moderator : Redi Anugrah Ramdani_Bandung_Universitas Islam Nusantara_Assalamualaikum wr.wb. Maaf sebelumnya kakak, saya mau nanya kalau seandainya kita kuliah disana, lalu setelah lulus S2 kita mengajukan lamaran pekerjaan dikampus, apakah ada banyak peluang untuk menjadi dosen dikampus itu.
Narasumber : Ga ada dosen lulusan S2 disini, dosen ya professor, minimal udah posdoc (bukan Cuma PhD)
Moderator : Luky Andreas_Singkawag_Universitas Katolik Parahyangan_Selamat siang kak. Mau tanya, kalau untuk mendaftar S2 kesana, apakah syarat semacam GRE atau GMAT bisa saya sertakan? Dan apakah diperlukan? Terimakasih.
Narasumber : Tidak ada, bisa cek lagi persyaratan lengkapnya di web yang udah saya kasih ya.
Moderator : Siska Arinda Sari_Palembang_Univesitas Sriwijaya_mau tanya kak, bagaimana tips-tips penulisan motivation letter dari kakak? Seringkali ini menjadi hal yang riskan bagi kita untuk mendaftar.
Narasumber : Tipsnya banyak membaca, membaca apa kriteria kandidat yang dicari oleh lembaga beasiswa dan menceritakan potensi yang sesuai dengan kriteria itu dan visi yang jelas.
Moderator : Kak apakah mahasiswa international disana diperbolehkan untuk part time?
Narasumber : Berita terbaru sih tahun depan di Rusia diperbolehkan mahasiswa international. Tapi untuk mahasiswa Innopolis menurut saya tidak usah bekerja, karena mengerjakan tugas-tugas kampus pun semuanya berhubungan dengan industri dan uang sakunya besar, malah kalo akademiknya bagus bisa dapat nominal paling besarnya. Nanti juga ada program internship untuk merasakan suasana bekerja di rusia.
Moderator : begitu yaa teman-teman saran dari kak Utih, sudah detail sekali bagi mahasiswa international yang ingin part time. Nah kak, apakah kak Utih memiliki adaptasi khusus untuk hidup di Rusia itu sendiri?
Narasumber : Tidak banyak dan bisa dibeli pas disini misalnya untuk mengantisipasi cuaca dingin dan lebih kering berarti beli pelembab dan jaket writer. Belinya disini karena lebih cocok sama cuacanya daripada produk di Indonesia. Banyak baca aja sih sebelum kesini biar ga kaget. Dan akhirnya ya nyaman-nyaman aja, tidak banyak masalah dalam adaptasi.
Moderator : Christopher Van Dijn_Manado_kak, kalau missal S1 nya bukan dari jurusan sains data apakah ada peluang buat lolos beasiswanya kak? Lalu saat wawancara, apa saja yang ditanyakan kak? Maksudnya apakah pengetahuan umum, yang berhubungan dengan jurusan atau apa ya kira-kira.
Narasumber : silahkan cek kriteria mahasiswa tiap jurusan di web ini, mengenai interview juga sudah saya jelaskan.
Moderator ; nah begitu ya teman-teman, akhirnya selesai juga sesi QnA kali ini, sebelumnya alangkah lebih baik dibaca website dan informasinya terlebih dahulu sebelum bertanya yaa. Baik, sekarang silahkan untuk kaka memberikan kesimpulan dari sharing sessiom kali ini yang sekiranya memotivasi adik dan teman-teman untuk tidak takut untuk kuliah diluar negeri baik itu di Rusia ataupun negara lain.
Kesimpulan
Kasimpulannya, kenali dulu diri masing-masing, apa visi jangka panjang kalian, dan apakah studi di LN itu emang sejalan dengan visi itu. Kalo iya, ya action, beasiswa ga didapat karena hanya duduk manis dengn cerita para awardee, harus mau luangin waktu buat searching, baca-baca, pahami,dan menyiapkan diri.

Comments
Post a Comment