Pemateri : Nur Hamamur Rizki Ratnaningtyas
Moderator : Ciptadi Akbar, Zahrotuts Tsania
Moderator
:
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Selamat datang kepada pemateri kita
malam ini. Terimakasih banyak atas kesediaannya untuk memberikan informasi
tentang AUW Scholarship kepada teman teman disini. Untuk pemateri, dipersilakan
untuk memberikan kata kata pembukaan dan perkenalan diri
Pemateri
: Waalaikumussalam..
Halo semua, nama ku Nur Hamamur Rizki Ratnaningtyas, tapi biasa dipanggil Ara,
asal Semarang, trus sekarang lagi kuliah S1 di Asian University for Women
bangladesh, jurusan politics philosophy & Economics. Salam kenal semuanya
Moderator:
Salam
kenal kak. Sejak kapan kaka berkuliah disana?
Pemateri
:
Jadi
aku pertama kuliah disini itu sejak January tahun lalu, baru setahun sebenarnya
Moderator
:
Kak mungkin bisa jelaskan ni apa itu AUW dan apa itu beasiswa dari AUW?
Pemateri
:
Jadi AUW adalah singkatan dari Asian
University for Women. Nah, darinamanya aja kan udah women tuh, jadi ya univ ini
khusus perempuan gitu, jadi kalo dari temen-temen Ada yang punya sodara sepupu
temen atau siapa kek yang perempuan, bisa loh disaranin. Beasiswa AUW adalah
beasiswa yang diberikan langsung oleh kampus, gitu
Moderator
: Jadi AUW itu merupakan singkatan dari Asian
University for Women yaaa.
Satu hal unik disini,
ini kan universitas khusus perempuan ya kak, nah apa si sejarahnya atau
alasannya kenapa universitas ini dikhususkan untuk perempuan?
Pemateri
:
Jadi ini berkaitan dengan visi misi
kampus sendiri. Yaitu empowering women. Kita disini percaya, bahwa perempuan
adalah elemen penting di kehidupan, baik di lingkungan keluarga maupun di
lingkungan masyarakat. Pun juga, yang Kita tahu, perempuan punya hak yang sama
dengan yang laki-laki punya, sementara masih banyak perempuan-perempuan yang
bahkan belum mendapatkan haknya. itulah kenapa, kampus ini didirikan untuk
empowering perempuan, yang mana dengan mendidik perempuan diharapkan para
perempuan ini dapat membawa perubahan di lingkungan yang lebih luas lagi.
Mengubah pola pikir masyarakat, Dan membantu perempuan-perempuan lain di dunia
Singkat nya sih gitu,
kalo mau Tau lebih lanjut bisa ke website kampus yaa : Asian-university.org
Moderator
:
Beasiswa yang ditawarkan oleh AUW itu sendiri, beasiswanya bagaimana?
Pemateri
:
Beasiswanya full, yang dicover oleh kampus adalah biaya kuliah, tempat tinggal,
makan sehari-hari, buku, visa, pesawat pertama kali datang dan setelah
kelulusan. Dan untuk Uang bulanan tidak dicover. Selebihnya itu sudah
ditanggung oleh pihak kampus.
Moderator
:
Kalau untuk jenis tempat tinggal, mereka menyediakan dalam bentuk apa ya kak
kira kira?
Pemateri
:
Ada asramanya dan lokasinya dekat dengan kampus. Gedungnya milik kampus jadi nanti
sudah ada kamar-kamarnya seperti asrama begitu.
Moderator
:
Untuk persyaratan, lalu cara daftar, jadwal dll secara umum kapan dibuka, dan
mereka meminta dokumen apa aja?
Pemateri
:
Seperti beasiswa lain seperti transkrip, ijazah, kalo ada sertifikat, toefl.
Ada 3 step, pertama berkas / administration. Jadi nanti kalian akan mengisi formulir
secara online, lalu tunggu beberapa hari bisa sampai beberapa bulan,
tergantung. Lalu nanti akan ada email untuk ujian tulis secara online (tahap
kedua). Ujiannya itu tentang matematika dan bahasa inggris. Kemudian menunggu
email lagi. Lalu tinggal menunggu tahap terakhir lalu interview (tahap ketiga).
Ada tugas untuk membuat essai di ujian tertulis. Lalu untuk IELTS tidak wajib
ada, tapi jika ada akan lebih baik karena bisa jadi nilai tambah. Cara
daftarnya buat akun dulu, seperti beasiswa yang lain. Terus akan diberi ID. Lalu
nanti daftar.
Lalu untuk kapan dibukanya,
Yaitu dua kali, pada saat musim semi dan musim gugur. Pendaftarannya tutup pada
bulan februari / april, bisa di cek di web. Saat musim semi biasanya buka saat
bulan november. Dokumen : transkrip, ijazah, toefl, sertifikat, surat
keterangan mau lulus (jika sudah lulus memakai ijazah).
Moderator
:
Jadi ada 3 steps untuk beasiswa ini. Yang pertama berkas, lalu ujian tulis,
lalu wawancara. Untuk link pendaftarannya apakah ini ka? Dan, kalau kaka kuliah
memakai bahasa pengantar apa disana?
Pemateri
:
Iyaa ke website nya ini ajaa nanti Ada
apply online. Jadi semua perkualiahan disini menggunakan bahasa inggris,
walaupun letak kampus nya di Bangladesh.
Moderator
:
Kak kan seperti yang kaka bilang, ada 3 tahap seleksi beasiswa ini. Menurut
kaka, saran untuk teman-teman yang mau mendafrar beasiswa ini, apa yang harus
kita maksimalkan supaya mendapat beasiswa ini ?
Pemateri
:
Menurut Aku, dari tiga tahap yang
bener-bener harus di maksimal in ditahap tertulis sama interview nya. Belajar
dari soal-soal yang tahun sebelumnya, trus practice interview juga, biar ngga
kaku pas di interview
Moderator
:
Ada tips khusus untuk tahap ini kak?
Pemateri
:
Tips khusus adalah belajar. Sering practices soal-soal,
Moderator
:
Kalau alasan kaka memilih bangladesh sebagai tempat kaka menuntut ilmu karena
apa?
Pemateri
:
Jadi aku pribadi kenapa memilih disini. Karena waktu itu sudah keterima disini.
Sebetulnya masih persiapan untuk beasiswa lain. Cuma karena ada sesuatu yang sudah
di depan mata. Jadi kenapa gak dicoba dulu. Lalu karena teman-teman dan
orangtua sudah mendukung. Sebenarnya agak susah kalo disuruh untuk jawab itu.
Kemudian aku coba cari
tahu kampusnya, tanya alumninya, lihat-lihat bagaimana sekolahnya. Yaudah
akhirnya kayaknya bisa dicoba ini. Jadi alasannya mau tahu atau pingin coba.
Moderator
: Untuk
suka duka nya disana seperti apa kak?
Pemateri
:
Sukanya, walaupun ini di bangladesh tapi
ini adalah universitas internasional. Jadi mahasiswanya berasal dari berbagai
negara yang berbeda. Sehingga bisa belajar mengenai diversity / bisa belajar
mengenai banyak perbedaan. Untuk tidak sukanya seperti jauh dari rumah,
makannya terkadang tidak sesuai, dll.
Moderator
:
Kalau untuk biaya hidup disana tergolong murah atau mahal kak?
Pemateri
:
Karena makan sudah ditanggung 3 kali sehari. Jika makan sendiri lebih mahal.
Karena kami makanan dari kampus, jadi kami tidak mengeluarkan uang untuk makan.
Mungkin mengeluarkan uang untuk jajan, sabun, semacam keperluan pribadi seperti
itu tergolong biasa / standar seperti di Indonesia.
Moderator
:
Untuk kehidupan Muslim disana bagaimana kak? Apakah susah menemukan makanan
halal?
Pemateri
:
Sama sekali tidak. Karena bangladesh adalah negara Muslim, jadi jangan khawatir
Moderator
:
Baik kak, karena waktunya sudah malam, bisa langsung ke closing statement aja
kak
Pemateri
: Iyaa.
Jadi, kesimpulannya, semangat mengejar mimpi-mimpi kalian, usaha sekeras yang
kalian bisa, doa sebanyak-banyaknya, rencanakan sebaik-baik nya. Sisanya
serahkan pada Tuhan. Semangattt semua!
Moderator
:
Baik, terima kasih kak ara atas penjelasannya yang sangat menarik
Pemateri
:
Sama-sama semoga Bermanfaat yaa
Moderator
:
Sekarang ke sesi QNA, kali ini kami akan buka grup, jadi kalian bisa bebas
bertanya asalkan kalimatnya sopan & sesuai format
Nama-Asal
Sekolah-Pertanyaan
Itu
formatnya ya teman2, silahkan bertanya
Penanya
1 :
Tiara dari Sman 1 Sukaraja
Pertanyaan
:
Ada
kriteria khusus ga untuk lolos tes ? Dan apa toefl di wajibkan?
Terimakasih
Pemateri
:
Menurut saya, tidak ada kriteria khusus. Banyak latihan untuk soal-soal. Dan
banyak latihan interview agar lancar bicaranya. TOEFL tidak wajib, tapi jika
ada bisa menjadi nilai tambah.
Penanya
2
: Silvia Zulapriska - BCM College
Pertanyaan
:
Bagaimana
cara jitu untuk sukses menghadapi serangkaian tesnya kak?
Pemateri
:
Sebenarnya tidak ada cara jitu. Hanya perbanyak latihan soal-soal dan latihan
interview. Karena soalnya hanya mengenai matematika dan bahasa inggris saja.
Dan essay yang berisi 250 kata.
Penanya
3 :
Syita Fitryadesy dari SMKN 56 Jakarta
Pertanyaan
:
Perlu
ga sih ka kita bisa bahasa Bengali nya terlebih lagi kan keseharian nya pasti bertemu
dengan orang bangladesh juga?
Dhonobad
Pemateri
:
Sebenarnya tidak perlu. Karena kami di area kampus memakai bahasa inggris semua,
terkadang kalo keluar mengajak orang asli sini. Hanya kalo bisa itu lebih baik,
karena akan lebih mudah misal jika mau ke warung. Jika aku pribadi tidak
belajar, tapi jika kalian ada yang bisa maka itu akan memudahkan untuk hidup
disini.
Moderator
:
Alhamdulillah acara kali ini sudah selesai dilaksanakan, terimakasih banyak
kepada narasumber atas kesediaannya mengisi acara kemarin. Dan juga terimakasih
kepada para peserta yang sudah berpartisipasi dalam acaranya
Untuk teman teman
semua, kami undur diri. Sampai jumpa dalam seminar kami selanjutnya

Comments
Post a Comment