Skip to main content

NOTULENSI SEMINAR AUW (Asian University for Women) SCHOLARSHIP



Pemateri : Nur Hamamur Rizki Ratnaningtyas
Moderator : Ciptadi Akbar, Zahrotuts Tsania

Moderator : Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Selamat datang kepada pemateri kita malam ini. Terimakasih banyak atas kesediaannya untuk memberikan informasi tentang AUW Scholarship kepada teman teman disini. Untuk pemateri, dipersilakan untuk memberikan kata kata pembukaan dan perkenalan diri
Pemateri  : Waalaikumussalam.. Halo semua, nama ku Nur Hamamur Rizki Ratnaningtyas, tapi biasa dipanggil Ara, asal Semarang, trus sekarang lagi kuliah S1 di Asian University for Women bangladesh, jurusan politics philosophy & Economics. Salam kenal semuanya
Moderator: Salam kenal kak. Sejak kapan kaka berkuliah disana?
Pemateri :  Jadi aku pertama kuliah disini itu sejak January tahun lalu, baru setahun sebenarnya
Moderator : Kak mungkin bisa jelaskan ni apa itu AUW dan apa itu beasiswa dari AUW?
Pemateri :  Jadi AUW adalah singkatan dari Asian University for Women. Nah, darinamanya aja kan udah women tuh, jadi ya univ ini khusus perempuan gitu, jadi kalo dari temen-temen Ada yang punya sodara sepupu temen atau siapa kek yang perempuan, bisa loh disaranin. Beasiswa AUW adalah beasiswa yang diberikan langsung oleh kampus, gitu
Moderator :  Jadi AUW itu merupakan singkatan dari Asian University for Women yaaa.
Satu hal unik disini, ini kan universitas khusus perempuan ya kak, nah apa si sejarahnya atau alasannya kenapa universitas ini dikhususkan untuk perempuan?
Pemateri :  Jadi ini berkaitan dengan visi misi kampus sendiri. Yaitu empowering women. Kita disini percaya, bahwa perempuan adalah elemen penting di kehidupan, baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan masyarakat. Pun juga, yang Kita tahu, perempuan punya hak yang sama dengan yang laki-laki punya, sementara masih banyak perempuan-perempuan yang bahkan belum mendapatkan haknya. itulah kenapa, kampus ini didirikan untuk empowering perempuan, yang mana dengan mendidik perempuan diharapkan para perempuan ini dapat membawa perubahan di lingkungan yang lebih luas lagi. Mengubah pola pikir masyarakat, Dan membantu perempuan-perempuan lain di dunia
Singkat nya sih gitu, kalo mau Tau lebih lanjut bisa ke website kampus yaa : Asian-university.org
Moderator : Beasiswa yang ditawarkan oleh AUW itu sendiri, beasiswanya bagaimana?
Pemateri : Beasiswanya full, yang dicover oleh kampus adalah biaya kuliah, tempat tinggal, makan sehari-hari, buku, visa, pesawat pertama kali datang dan setelah kelulusan. Dan untuk Uang bulanan tidak dicover. Selebihnya itu sudah ditanggung oleh pihak kampus.
Moderator : Kalau untuk jenis tempat tinggal, mereka menyediakan dalam bentuk apa ya kak kira kira?
Pemateri : Ada asramanya dan lokasinya dekat dengan kampus. Gedungnya milik kampus jadi nanti sudah ada kamar-kamarnya seperti asrama begitu.
Moderator : Untuk persyaratan, lalu cara daftar, jadwal dll secara umum kapan dibuka, dan mereka meminta dokumen apa aja?
Pemateri : Seperti beasiswa lain seperti transkrip, ijazah, kalo ada sertifikat, toefl. Ada 3 step, pertama berkas / administration. Jadi nanti kalian akan mengisi formulir secara online, lalu tunggu beberapa hari bisa sampai beberapa bulan, tergantung. Lalu nanti akan ada email untuk ujian tulis secara online (tahap kedua). Ujiannya itu tentang matematika dan bahasa inggris. Kemudian menunggu email lagi. Lalu tinggal menunggu tahap terakhir lalu interview (tahap ketiga). Ada tugas untuk membuat essai di ujian tertulis. Lalu untuk IELTS tidak wajib ada, tapi jika ada akan lebih baik karena bisa jadi nilai tambah. Cara daftarnya buat akun dulu, seperti beasiswa yang lain. Terus akan diberi ID. Lalu nanti daftar.
Lalu untuk kapan dibukanya, Yaitu dua kali, pada saat musim semi dan musim gugur. Pendaftarannya tutup pada bulan februari / april, bisa di cek di web. Saat musim semi biasanya buka saat bulan november. Dokumen : transkrip, ijazah, toefl, sertifikat, surat keterangan mau lulus (jika sudah lulus memakai ijazah).
Moderator : Jadi ada 3 steps untuk beasiswa ini. Yang pertama berkas, lalu ujian tulis, lalu wawancara. Untuk link pendaftarannya apakah ini ka? Dan, kalau kaka kuliah memakai bahasa pengantar apa disana?
Pemateri :  Iyaa ke website nya ini ajaa nanti Ada apply online. Jadi semua perkualiahan disini menggunakan bahasa inggris, walaupun letak kampus nya di Bangladesh.
Moderator : Kak kan seperti yang kaka bilang, ada 3 tahap seleksi beasiswa ini. Menurut kaka, saran untuk teman-teman yang mau mendafrar beasiswa ini, apa yang harus kita maksimalkan supaya mendapat beasiswa ini ?
Pemateri :  Menurut Aku, dari tiga tahap yang bener-bener harus di maksimal in ditahap tertulis sama interview nya. Belajar dari soal-soal yang tahun sebelumnya, trus practice interview juga, biar ngga kaku pas di interview
Moderator : Ada tips khusus untuk tahap ini kak?
Pemateri : Tips khusus adalah belajar. Sering practices soal-soal,
Moderator : Kalau alasan kaka memilih bangladesh sebagai tempat kaka menuntut ilmu karena apa?
Pemateri : Jadi aku pribadi kenapa memilih disini. Karena waktu itu sudah keterima disini. Sebetulnya masih persiapan untuk beasiswa lain. Cuma karena ada sesuatu yang sudah di depan mata. Jadi kenapa gak dicoba dulu. Lalu karena teman-teman dan orangtua sudah mendukung. Sebenarnya agak susah kalo disuruh untuk jawab itu.
Kemudian aku coba cari tahu kampusnya, tanya alumninya, lihat-lihat bagaimana sekolahnya. Yaudah akhirnya kayaknya bisa dicoba ini. Jadi alasannya mau tahu atau pingin coba.
Moderator : Untuk suka duka nya disana seperti apa kak?
Pemateri :  Sukanya, walaupun ini di bangladesh tapi ini adalah universitas internasional. Jadi mahasiswanya berasal dari berbagai negara yang berbeda. Sehingga bisa belajar mengenai diversity / bisa belajar mengenai banyak perbedaan. Untuk tidak sukanya seperti jauh dari rumah, makannya terkadang tidak sesuai, dll.
Moderator : Kalau untuk biaya hidup disana tergolong murah atau mahal kak?
Pemateri : Karena makan sudah ditanggung 3 kali sehari. Jika makan sendiri lebih mahal. Karena kami makanan dari kampus, jadi kami tidak mengeluarkan uang untuk makan. Mungkin mengeluarkan uang untuk jajan, sabun, semacam keperluan pribadi seperti itu tergolong biasa / standar seperti di Indonesia.
Moderator : Untuk kehidupan Muslim disana bagaimana kak? Apakah susah menemukan makanan halal?
Pemateri : Sama sekali tidak. Karena bangladesh adalah negara Muslim, jadi jangan khawatir
Moderator : Baik kak, karena waktunya sudah malam, bisa langsung ke closing statement aja kak
Pemateri : Iyaa. Jadi, kesimpulannya, semangat mengejar mimpi-mimpi kalian, usaha sekeras yang kalian bisa, doa sebanyak-banyaknya, rencanakan sebaik-baik nya. Sisanya serahkan pada Tuhan. Semangattt semua!
Moderator : Baik, terima kasih kak ara atas penjelasannya yang sangat menarik
Pemateri : Sama-sama semoga Bermanfaat yaa
Moderator : Sekarang ke sesi QNA, kali ini kami akan buka grup, jadi kalian bisa bebas bertanya asalkan kalimatnya sopan & sesuai format
Nama-Asal Sekolah-Pertanyaan
Itu formatnya ya teman2, silahkan bertanya
Penanya 1 : Tiara dari Sman 1 Sukaraja
Pertanyaan :
Ada kriteria khusus ga untuk lolos tes ? Dan apa toefl di wajibkan?
Terimakasih
Pemateri : Menurut saya, tidak ada kriteria khusus. Banyak latihan untuk soal-soal. Dan banyak latihan interview agar lancar bicaranya. TOEFL tidak wajib, tapi jika ada bisa menjadi nilai tambah.
Penanya 2 : Silvia Zulapriska - BCM College
Pertanyaan :
Bagaimana cara jitu untuk sukses menghadapi serangkaian tesnya kak?
Pemateri : Sebenarnya tidak ada cara jitu. Hanya perbanyak latihan soal-soal dan latihan interview. Karena soalnya hanya mengenai matematika dan bahasa inggris saja. Dan essay yang berisi 250 kata.
Penanya 3 : Syita Fitryadesy dari SMKN 56 Jakarta
Pertanyaan :
Perlu ga sih ka kita bisa bahasa Bengali nya terlebih lagi kan keseharian nya pasti bertemu dengan orang bangladesh juga?
Dhonobad
Pemateri : Sebenarnya tidak perlu. Karena kami di area kampus memakai bahasa inggris semua, terkadang kalo keluar mengajak orang asli sini. Hanya kalo bisa itu lebih baik, karena akan lebih mudah misal jika mau ke warung. Jika aku pribadi tidak belajar, tapi jika kalian ada yang bisa maka itu akan memudahkan untuk hidup disini.
Moderator : Alhamdulillah acara kali ini sudah selesai dilaksanakan, terimakasih banyak kepada narasumber atas kesediaannya mengisi acara kemarin. Dan juga terimakasih kepada para peserta yang sudah berpartisipasi dalam acaranya
Untuk teman teman semua, kami undur diri. Sampai jumpa dalam seminar kami selanjutnya

Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...