Skip to main content

NOTULANSI SEMINAR ONLINE STUDY IN ITALY? WHY NOT?

Narasumber : Titah Haritul
Ketua Pelaksana : Dina Aprilia
Moderator : Ubay Hermansyah
Notulensi : Ratih Listyorini


Moderator: Beasiswa apasih yang mba titah dapet itu?

Pemateri : Saya penerima beasiswa Regional Emilia Romagna dg singkatan  beasiswa Er Go (dari pemerintah  Italia)

Moderator: Woww sangat keren mba kita yang satu ini ya

Waktu itu mba dapet beasiswa itu jalurnya gimana

Dan apakah ada persyaratan khusus?

Pemateri : halo semuanya. Beasiswa ergo itu ?

Disini saya jelaskan beasiswa ada 3

1. Beasiswa Pemerintah Luar Negeri/ MAECI

2. Beasiswa Kementrian Pendidikan

3. Beasiswa Regional/Er Go (berdasarkan pendapatan pajak pada setiap regional)

Cara mendapatkan:

1. LOA

2. Motivation Letter

3. EILTS

4. Transkip Ijazah

5. Lampiran data keluarga

Moderator: Oke ka jadi biasanya waktu pendaftaran itu berkisar misal dari bulan apa sampai apa ataukah hanya di satu bulan

Pemateri : bulan juni- awal agustus digabung dengan mahasiswa loka

Metode dokumen perlu dilegalisasi (stempel) kemudian diterjemahkan

Pengumuman agustus akhir-september awal

https://www.er-go.it/index.php?id=5964

Moderator: Dan ini ka kita pengen tau juga Kaka itu ngambil jurusan apa?

Pemateri : Green  Economy  and  sustainability

Moderator: Bagaimana kehidupan mba titah di Italia?

Pemateri : baik- baik aja. Jauh lebih baik dalam segi kehidupan, tingkat pengangguran minim, dan imigran tidak banyak.

Moderator: Apakah ada kesulitan apalagi yang khususnya beragam muslim?

Pemateri : mungkin lebih dalam adanya masjid, hanya ada masjid yang hanya untuk laki- laki

Moderator: Dan biaya hidupnya juga kira2

Pemateri : Klu  Di  wilayah  Emilia (klu  tdk Lulus  beasiswa atau tdk  dpt/mengambil benefit Asrama regional)  apartemen sekitar  250-350€/ bulan.

Makan : klu  masak  (ayam  1* seminggu) dan  kadang  daging, sayur, beras, cemilan, dll  200€

Biaya potong  rambut  temrurah  10-15€

Biaya  makan  Di  resto :12-35€

Biaya  lain2: pulsa,  fotokopi, nongkrong  100€

Moderator: tips tentang biaya hidup, cara mendapatkan beasiswa, bagaimana berkomunikasi dengan orang di daerah sana dan lain sebagainya ka

Pemateri : mulai mempersiapkan dari sekarang (univ mana yang diinginkan), (jurusan apa yang diinginkan). persiapkan motivation letter yang terbaik, dikoreksi berkali- kali, sejajar dengan bahasa inggris, baca isi website dengan teliti.

Moderator: Oke ka saya ada beberapa pertanyaan dan Kaka tolong untuk jawab cepat

Jadi tajir di Italia atau jadi orang biasa2 saja di Indonesia?

Pemateri : Tajir Di italia

Moderator: Jadi pengusaha atau kerja di sebuah perusahaan?

Pemateri : Pengusaha Permaculture

Moderator:

1. Alasan kuliah ke Eropa???

2. Kesulitan apa saja yang pernah dialami saat kuliah di Eropa?

Pemateri :

1. Krn  jurusan  terkait permaculture , renewable  energy, sustanbility pada  bidanh2 Marine, Anima husbandry  n sejenisnya  lbh  applicable di  eropa. terbaik dari  segi penerapan  kehidupan  sehari2 berasal  dr eropa

2. Mendapatkan  apartemen

Moderator: saya dulu pernah mengikuti beasiswa Pasch dari Jerman untuk tiga minggu waktu sma,tapi saya gagal di tes berbicara.Yang saya ingin saya tanyakan yaitu kan saya jadi minder gara2 gagal itu jdi saya udah gk mau belajar bahasanya lagi,nah gmana sih supaya saya dapat semangat lagi untu belajar mengejar beasiswa yang serupa gtu

Pemateri : mungkin belum pasti kamu gagal dalam tes berbicara.

Bisa dengan persiapan yang matang, penempatan kosa kata yang pas dalam interview, tenang, menatap mata dalam interview, berusaha tersenyum dan dengan suara yang lantang.

Moderator: bang kok bisa sih bang kak titah lulus di italy?

Pemateri : percaya diri, tersenyum, dan tidak tergesa- gesa dalam bertanya pada peserta yang telah melakukan wawancara

Moderator: ingin nanya ke mba tita , alasannya dia Kuliah di Italia knp? Apakah universitas Di Indonesia kurang bagus atau apa sehingga harus ke luar negeri dan apakah mba tita pernah gagal di terima di universitas ternama ?

Pemateri :Tentu.... Namanya  jg manusia. Saya  tdk lulus IPB  waktu  S1. Tp prinsip saya 'klu  tidak  berjodoh  waktu  S1, kan  masih  Ada S2, klu  masih  blm Lulus kan  saya  bisa  daftar  waktu  S3, Kline saya  tidak  /blm  reski  Begabung  sebagai. Mahasiswa  Di  univ  ternama  di Indonesia, MAKA Universitas  tersebut sedang  menunggu  kepulanggan saya utk  Jadi Dosen disana'.. Saya bukan  tipe pesimis ketika punya Impian. To memang  saya  tdk memiliki  byk mimpi. Saya  fokus saja  dlm  hati  atas  apa yg  saya inginkan.  Yah, Peking  dibilang  'harus  Sadar, berpijak  ke  bumi, jgn  terlalu  mengkhayal  dan  berbagai  pernyataan  lainnya '..

Well itu  biases. Dibilang  Gila  Krn berpikir ke Eropa juga sudah  Biasa. Saya  tdk peduli.

Saya ingat,bahwa impian  kamu  gk  akan  terwujud  sblm  kamu  benar2 dianggap gila  oleh org  disekitar  kamu.

Itu  yg  saya  tanamkan dlm  dir.

Moderator: Mohon maaf untuk teman2 yang sangat antusias untuk bertanya, namun dikarenakan keterbatasan waktu maka saya cukupkan sampai disini.

Oke mba titah mungkin masih ada yang ingin disampaikan?

Pemateri : Semangat buat  teman2 semuanya.

Jangan  menyerah  apapun impian kalian.

Klu  nanti sudah  dpt  kuliah  di  luar  negri, jgn  lupa  tanah  air (ttp  kobtribusi dlm  berbagai  Cara)

Jgn  lupa  follow IG:

PPIDK Amerop

PPI Italia

Dan  berkunjung Lee website : it.ppi.id

Amerop.ppi.id

Disini  ada  panduan  beasiswa  jg. Jd  jgn  malas berkunjung,  jgn  sedih  klu  DM atau  email  blm  Dibalas.  Karena apa yg  kln  lihat  ttg  kami  yg  sdng belajar  Di  luar  negri,  tak  selalu indah  kok sprt di  IG 😊😊

Karena  kalian  bisa  bertanya  Dan  diarahkan  ke  Link  Website PPI Negara  t4 kln  mencoba  beasiswa.

Rajin  Membaca..  Wajib

Moderator: mau tanya gimana meyakinkan ortu kak titah dulu?

Pemateri : 1) Doa--krn saya  menyebut  berkali -Kali / bertahun-tahun... Saya  mau sekolah ke Europa,  tiap  telpon  yg  saya bahas  adalah  saya lg less bahasa inggris, lg ke gramedia  baca  buku ttg tips lolos  beasiswa,  lalu  saya  coba  beasiswa  ke negara A,  B,   C, dst...

Jet ibu  saya  mungkin  awalnya :

1) tdk Setuju

2) mgkn  bosan  dengarnya

3) pasrah  Krn  kegilaan  saya  tdk  bisa  di  stop

4) saya  Minta  Di doakan terus walau  ibu  saya  menolak

Intinya,  saya  kekeuh

Moderator: Izin bertanya kak. Kesulitan apa saja yang kakak alami saat kuliah di Eropa?

Pemateri : Sebetulnya 1 pertanyaan saya sudah terjawab, tapi ada 1 hal lagi yaitu, bagaimana karakter pelajar lokal dan dari negara" lain? Apakah mereka sangat pekerja keras & disipilin? Lalu apakah ketika sudah mendapat beasiswa, nilai kita tidak boleh turun? Seperti beasiswa pda umumnya di Indonesia kan nilai tidak boleh turun, apabila turun maka akan di cabut. Terimakasih

 Pekerja keras dan Super disiplin. Misal di italia. Teman  saya  bisa  mabuk2 sampai  Jam  4 pagi, the klu pagi  jam 8 ada  kelas  dan  mereka  anggap penting, walau  mereka lagi teler, mereka akan masuk kelas.

Mereka tdk suka memberi alasan /ngeles.

Klu mereka  tdk suka  dg  suatu pelajaran, mereka tdk mau masuk kelas. Tp  mereka ttp  ke  kampus  Dan belajar  di perpustakaan

Sabre dan  minggu,  kami  ttp Di perpustakaan .klu  Hari  biasa  perpus buka  sampai Jam  12 malam. Sabtu  dan minggu  buka  sampai  Jam  8 malam.

Masyarakat sadar pendidikan  n belajar  adalah  prioritas.  Jd  tdk  ada  cerita  hari minggu ke mall. Krn  semua  toko  ditutup  hari minggu. Jd  kami  belajar  biasanya.

 Setelah  dpt beasiswa..  Ada  standar nilai  yg  harua dijaga. Klu  tdk achieve,  otomatis tahun kedua tdk dpt beasiswa lg

Habis kelas,  teman2 saya  selalu  ke  perpus... Padahal  terkadang saya ingin  nongkrong  die kafe  dan  ngobrol.

Tp teman2 saya  bilang, hari  masih  sore..jd kita  harus  belajar.

Klu mau  Main /nongkrong, mereka mulainya  Jam  10 malam. Ntah  di  Bar  atau  berkunjung  ke  apartemen  mereka utk  makan  malam  (makan. Malam di Italia dimulai plng cepat jam  8, standarnya  jam 9).

Moderator: Kak kalau tadi kakak bilang kakak lagi menempuh pendidikan di Italy dan German, nah kalau yg seperti itu mesti bolak balik du negera itu kah?

Pemateri : Tdk... Saya  dapat outstanding grade  waktu  semester  1. Sehingga pada  Awal  sem  2, ada  pembukaan  beasiswa  yg  di  danai  oleh  EU 28. Namanya  erasmus+  (negara2 eropa  28 negate,  salah  satunya  Jerman)  dan  Atlanta (negara  diluar  EU 28, saya  memilih jepang)

Saya  tes  lagi, buat  motivation letter, interview,  dll. Dan  dinyatakan lulus.

Sehen saya  ttp  dapat  beasiswa  italia  dan  semester ini  dpt tambahan  beasiswa  utk  mobility  ke  jerman  n akan  dpt  utk  ke  Kupang.

Kendalanya,  saya  belajar  lbh  keras lg, berpindah2 she barang, urus imigrasi, residence  dll  yg  ribet.

Moderator: Gimana rasanya kak rasanya jadi muslimah minoritas di Eropa?

Pemateri : Biasa  aja.. 2 minggu  Awal  memang  semua mata  tertuju dan  saat  sholat  di Korridor  mgkn  byk yg lihat  atau  foto..

Tp  logika  saya,  itu  aneh  versi  mereka. Saya jg  aneh lihat  org  hobi ciuman  walau  dalam kampus  dan  bawa  anjing  atau  serigala anjing  ke  kelas.

Jd prinsipnya, segala  sesuatu  yg  tdk  tertuang  di  peraturan, bebas  dilakukan  di  italia.

Well, dikelas  saya  terbiasa  she lukisan  org  telanjang,  di jalan2 saya  terbiasa  she org2 yg  seakan2 serasa  dunia  milik  berdua

Saya?  Tdk peduli 😂😂😂

 Bukan urusan  saya dan  saya  dk  bisa melarang.

Tp  saya  memperlihatkan  ke  teman2 saya  tdk biasa  dg  budaya  tersebut n tdk  bisa mengikuti. Saya cuma harus jujur  dlm  berpendapat n mereka menghargai.

Sprt kita Joe harus menghargai  mereka



Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...