Narasumber : Hana Fatinah
Ketupel : Tajul Makin
Moderator : Wulan Indah Suari
Notulensi : Lestarina Matondang
Present by : PPM Official
Pertanyaan pertama: Beasiswa apa yang kakak dapatkan?
Kak Hana: Aku mendapatkan beasiswa full tution ke Pearson Collage, kecuali biaya visa dan pesawat. Ini biasanya case-by-case basis, jadi tergantung hasil seleksi kamu dan ketersediaan beasiswa. Ada 3 macam tipe beasiswa di UCW, diantaranya adalah beasiswa full, beasiswa parsial, dan tidak mendapat besiswa sama sekali. Jadi, saran aku untuk sekarang kamu jangan terlalu khawatir dengan persoalan beasiswa. Tugas kamu hanya berusaha dengan baik untuk apply, belajar di sekolah atau lakukan kegiatan yang kamu suka. Itu saja.
Wulan : wahh ternyata UWC ada kategori nya juga yaa kak. Iyaa nih don’t worry about what will we get.. Just do our best to get it.
Kak Hana: Ada juga yang sering tanya tentang persyaratan. Untuk persyaratan, ada baiknya kalian cek di website: https://uwcindonesia.org/faq. Sebagaimana pendaftaran sekolah atau beasiswa pada umunya, pastinya akan diminta fotocopy rapot kalian. Mohon maaf aku gak bisa jelasi detail soal ini karena aku tidak mau menjelaskan hal-hal internal UWC yang seharusnya tidak boleh kujelaskan. Baik, dibaca aja dulu websitenya ya. Kalau setelah bca website, kalian masih bigung dan ada pertanyaan, boleh nanti tanya-tanya ke aku. Aku pribadi saat mendaftar untuk UWC, nggak pernah dapat info detail dari siapa-siapa, jadi benar-benar hanya baca wesite uwcindonesia.
Di website: https://uwcindonesia.org/faq juga ada bahasa Indonesia nya kalau kalian scroll ke bawah, jadi jangan takut kalau kamu belum fasih berbahasa Inggris.
Pertanyaan kedua: biasanya jadwal pendaftaran beasiswa kapan? Dan web pendaftarannya apa?
Jawaban: Pendaftaran biasanya dimulai pasa awal Desember dan ditutup pada awal Januari. Web pendaftaran bisa dicek di https://uwcindonesia.org/faq. Akan lebih baik kalau kalian follow social media UWC Indonesia, jadi kalau ada info, kalian langsung tau. Instagram @uwc_indonesia.
Pertanyaan ketiga: Bisa diceritakan UWC itu seperti apa?
Jawaban :
Umum: Sejauh ini, UWC masih jadi hal terbaik yang pernah terjadi dalam hidupku. Jadi, kamu akan tinggal bersama 199 siswa lainnya daro 80+ negara yang berbeda. Setiap UWC punya kultur atau tradisi yang berbeda-beda, tapi sebagian besar UWC memiliki kemiripan, jadi aku hanya bisa bicara tentang Pearson College UWC.
Lokasi: Pearson terletak di Victoria, ibukota dari provinsi British Columbia, tepatnya disebelah barat daya Vancouver Island. Victoria ini berbeda ya dengan Vancover. Untuk ke Vancouver. Untuk ke Vanvouver, kita hanya butuh naik ferry selama 1,5 jam. Lokasi pearson itu ditengah hutan, tapi justru itulah yang bikin aku jatuh cinta sama Pearson. Aku terlalu lelah dengan kehidupan perkotaan, jadi Pearson benar-benar tempat yang bisa memfresh otak, pikiran, dan kesehatan mentalku. Lokasi Pearson juga benar-benar terletak di pinggir laut, tepatnya di Pacific Ocean atau Laut Pasifik. Jadi kalau kamu ikuti instagramku, aku sering banget posting gambar lautan di instagram stories karena aku memang tinggal di situ. Itulah pemandanganku dari pagi hingga petang. Udaranya juga sejuk sekali, perbedaan besar yang aku rasakan dari Jakarta. Rasanya seperti hidup kembali. Ini ada foto Pearson yang diambil menggunakan drone: http//www.instagram.com/p/BO_MgFsAnXR/?utm_source=ig_web_copy_line. Indah, kan?
Rumah (Dorm)
Pearson memiliki 5 dormitory houses, yaitu East (My dorm), MCI, Japan, Calgary, dan Victoria. Nanti kamu akan tinggal disalah satu dorm itu dengan kamar yang berisi 4 orang. Jai, kamu akan punya 3 teman sekamar dari negara yang berbeda-beda. Jujur, di Pearson ini, aku bertemu sama orang-orang terhebat yang pernah aku kenal dihidupku, sampai kadang-kadang aku suka bingung sendiri; lho kok bisa yaa aku temenan samaa orang-orang menginspirasi ini?” hahaha.. cerita-cerita mereka selalu berhasil bikin aku takjub dan terinspirasi untuk terus bekerja keras melakukan hal-hal yang aku suka atau sesuai passion aku. Di Pearson kita juga gak ada namanya cufew atau jam wajib tidur (enak, kan? Haha). Salah satu alasan adalah kita hidup di tengah hutan, jadi sangat kecil kemungkinannya untuk seorang siswa untuk lari dari kampus dan melakukan hal aneh ketiadaan curfew inilah yang bikin kita semua bisa ngumpul di dayroom atau ruang keluarga bersam-sama untuk berbincang tentang banyak hal hingga pukul 2 atau 3 pagi. Jujur, aku rindu banget dengan moment-moment itu. Selain itu,di pearson.kita punya tradisi yang namanya House Olympics, Golden Soe dan Basketball tournament. Jadi, kita bersaing fdengan dormitory lainnya untuk memenangkan 3 piala ini. House Olympics itu intinya kayak lomba-lomba LDKS gt, dan setiap tahunnnya selalu berbeda. Kalau Golden Soe ini sebenarnya pertandingan bola, dan satu tim harus dicampur cowok dan cewek, jadi gak boleh cowok saja. Kalian pernah nonton Quidditch! Jadi, East itu Gryffindor, MCI itu Hufflepuff, Victoria itu Slytherin, Calgary itu Ravenclaw, sedangkan Japan dianggap tidak punya referensi Harry Poter karena warna kaos dorm mereka adalah hitam. Karena spirit inilah, di Golden Soe ini, kita bahkan punya piala khusu untuk supporter terheboh! Seru banget, pokoknya!
Finansial
Hidup di tengah hutan ada keuntungan besarnya lho! Aku jadi lebih sering berolahrag, dan aku jadi jarang jajan alias buang-buang uang. Pernah dalam satu bulan, aku hanya menggunakan uang sebanyak Rp.300.000, sebuah angka yang sangat kecil untuk siswa internasional. Jadi, gak perlu takut kamu akan banyak kehabisan uang yah. Ini tergantung kamu aja. Dan juga, semua makanan dan minuman kamu sudah ditanggung di kampus karena ada ‘dining hall’ atau ‘caf’ nya. Jadi, kamu gak perlu merogoh kocek tambahan, kecuali kamu mau makan di luar kampus.
Aktivitas
Ekstrakulikuler atau aktifitas yang ditawarkan di Pearson pun beragam, dimulai dari waterfront activities, (seperti difing, sailing, paddle sprots, outrigger canoeing, kayaking, etc), arts (pottery, Pearson singgers, choir, orcheststra, classical photography kayak 35 mm gitu, etc), social sciences (TEDxPearsonCollegeUWC, model united nation atau MUN, etc), Volunteering (KULE, eldery u), environmental (social environment group, pc green team, green house, etc), healh (pearson Emergency Response Team atau PCERT, peer supporter etc), natural sciences ( computer scienc, kampus Restoration and Development atau CRAD, etc), dan masih banyak lagi. Setiap ekstrakulikuler biasanya berlangsung selama 2-5 jam perminggu, tergantung ekstrakulikuler yang kamu ikuti. Di Pearson, kamu bisa pilih untuk mengikuti ekstrakuler sebanyak-banyaknya, tapi yang akan ditulis di rapt kamu hanya 2. Ekstrakulikuler karena memang persyaratannya hanya 2 saja. Selain ekstrakurikuler, kita juga punya yang namanya Fitness Day! Jadi Fitness Day ini terdiri dari aktivitas olahraga yang bisa kita ikuti setiap hari Selasa, dan ini wajib hukumnya. Olahraga yang bisa diikuti diantaranya adalah badminton, football, high performance fitness, running plus, yoga, socca (tarian dari Amerika Selatan), body combat, dll.
Selain itu, kita punya yang namanya Student Job! Jadi, di Pearson, kita diwajibkan untuk punya satu student job. Student job nya pun beragam, diantaranya adalah library assistant, lost and found coordinator, health centre coordinator, university counselor’s assistant, advancement team associate, dll. Perlu diketahui juga bahwa kita tidak dibayar dalam student job ini, tapi pengalamannya sungguh luar biasa karena kita belajar untuk mengetahui rasanya untuk bekerja di ‘dunia nyata’. Perlu diketahui juga kalau Pearson nggak punya yang namanya Student Council atau OSIS. Alasannya? Pearson nggak mau membuat kompetisi antar siswa/I karena semua murid yang ada di Pearson sangat mumpuni untuk menjadi pemimpin. Jadi, semua keputusan yang menyangkut kepentingan komunitas selalu diambil bersama-sama.
A day in the life of a Pearsonite
Di Pearson, kita bersekolah dari Senin hingga Jum’at, dan dalam satu hari, kita ada 4 kelas. Masing-masing kelas hanya 60 hingga 70 menit. Kelasnya in moving class yah, jadi tidak seperti di banyak sekolah di Indonesa yang namanya muridnya menetap di satu kelas dari pagi hingga petang. Sekolah dimulai dari 08.30. hingga 14.15. istirirahat dari pagi ada jam 09.30-10.00, sedangkan istirahat makan siang ada di jam 12.15 hingga 13.15 setelah kelas ,aktivitasnya berbeda-beda, tergantung hari. Pada hari Senin, rabu dan jum’at, kita biasanya melakukan kegiatan ekstrakulikuler, dan jadwal setiap ekstrakulikuler biasanya berbeda-beda. Hari selasa, kita ada fitness, hari kamis biasanya tidak menentu, terkadang ada aktivitas, terkadang kosong. Biasanya kita ada ‘Village gathering’, yang mana seluruh siswa, guru, dan staff di kampus berkumpul bersama-sama di Maxbell Hall untuk berdiskusi tentang hal-hal yang terjadi di kampus. Jika ada masalah yang menyangkut komunitas dan policy yang ingin dibicarakan, biasanya akan dibicarakan di village gathering. Tidak hanya itu, jika kamu ingin selebrasi atas suatu keberhasilan, itu bisa pula dilaksanakan di village gathering. Hari sabtu dan minggu biasnya kosong untuk kebanyakan orang, tapi kalau kamu ikut waterfront activities, biasanya ada latihan tambahan di hari sabtu. Jadi, jadwal harian aku (jika tidak ada event tambahan dari Pearson) kira-kira seperti ini:
Senin : kelas, choir
Selasa : kelas, badminton
Rabu : kelas, outrigger canoeing
Kamis : kelas, village gathering
Jum’at : kelas, Campus Restoration and Davelopment atau CRAD (the angineers on campus)
Sabtu : outrigger canoeig
Minggu;UWC gilobal fideo ambassador mentorship
Community Events
Kenapa tadi aku bilang itu jadwal aku kalau aku lagi nggak sibuk?karena pearson bisa jadi sangaaattt sibukkk kalau lagi banyak event di kampus . ada event apa saja sih di pearson ? yang pertama dan utama ,kita punya hal yang sangat unik (karena Cuma ada di pearson!) , yaitu konser tahunan yang namanya One world! One word ini produksi besarnya pearson ,dan hebatnya pearson ,dan hebatnya lagi, produksi ini utamanya dijalani oleh murid –murid,dimulai dari stege manager,lighting,costume ,dll. Tentunya, kita punya adults yang supervisor kita, dan director acar ini adalah guru teater kita di pearson .nah ,One world ini acara yang terbuka untuk dari,puplik ,jadi nggak Cuma yang intenal untuk pearson ajasetiap tahunnya pearson meyewa gedung teater di kota victoria bernama Mcpherson playhouse .One wold mempertampilkan pertunjukkan seni (dimulai dari music, puisi, dan tarian) yang ditampilkan sendiri oleh siswa/I Pearson. Hanya ada 20 pertunjukkan (20 acts) yang akan ditampilkan di One World, maka dari itu, kamu pun diwajibkan untuk mengikuti audisi jika kamu ingin menampilkan sesuatu dari negaramu. Di One World 2018, aku menampilkan tari saman bersama 20 temanku lainnya, dan di One World 2019, aku menampilkan lagu Melati Suci, diiringi oleh ketiga temanku. One World inilah yang biasanya membuat jadwal jadi sangat sibuk. Setiap act punya jadwal latihannya masing-masing dan kamu hanya diperbolehkan untuk mengikuti maksimal 3 acts. Kita punya rehearsal besar-besaran setiap hari minggu, dari awal hingga akhir acara One World. Tetapi tentu saja, One World ini juga jadi medium untuk kita semua agar lebih dekat satu sama lain.
Selanjutnya, setiap bulan di semester 1, kita punya yang namnya Regional Day1! Regional Day ini menampilkan kultur, workshop dan pertunjukkan seni dari masing-masing region di seluruh dunia. Dan di hari itu juga, biasanya disediakan pula makanan dari region itu dari pagi hingga malam. Di Pearson ada total 6 region yang ditampilkan dalam priode 2 tahun, yaitu APAC (Asia and Pacific), MESA (Middle East and South Asia), AFRO CARIB (Afrika and Carribean), EUROUPEAN (Europe), NARD (North America : Canada and US), LATIN AMERICA (South America). Selanjutnya ada pula yang namanya Music and Dance Recital. Pada saat pagelaran ini, biasanya ditampilkan pertunjukkan-pertunjukkan yang ditolak pada saat mereka audisi untuk One World. Jadi Recital ini tidak ada audisi, siapaun boleh tampil jika mereka ingin tampil! Serupa dengan Music and Dance Recital, kita juga punya yang namanya Cristmas concert yang ditampilkan untuk public, tapi tidak sebesar One World.
Support System
Jangan pernah merasa takut kesepian di Pearson. Semua murid dan temanmu disitu akan selalu ada untukmu. Saat kamu ulang tahun, sudah menjadi tradisi murid-murid di Pearson bahwa setiap ada yang berulang tahun, kita akan beri ‘selebrasi’. Selebrasi ini bukan berarti pesta ya. Kalau kamu lebih suka hal-hal yang tenang, bisa hany dengan makan kue bersama tema-temanmu. Everyone is gonna be there for you don’t worry. Kalau merasa sedih, gundah, gulana, kalian boleh juga untuk sharing dengan temanmu, peer supporter, house parent atau siapapun yang kamu percaya. Oh iya aku lupa kasih tau! Setiap dorm punya yang namanya house parent, dan mereka tinggal denganmu, di kamar yang berbeda tentunya. Tenang aja! Semua adults atau orang tua di Pearson sangat pandai dalam menjaga rahasia, jadi mereka 100% bisa dipercaya. Sebenarnya masih banyak lagi aktivitas atau hal-hal yang terjadi di Pearson, tapi mungkin aku hany bisa menjelaskan hal inti atau pentingnya aja. Kalau kamu mau tau hal-hal lain yang belum aku jelaskan, nanti boleh aku jelaskan di lain waktu. Info ini kayaknya udh banyak banget yaa. Maaf ya kalau aku bikin kalian menyerap materi sebanyak ini. Oh iya kalau kamu mau bikin club/aktivitas baru, atau mau bikin event/acara baru di Pearson, itu bisa banget! Yang penting bikin proposal aja ya ke sekolah, nanti mereka riview.
Pertanyaan keempat: IB Diploma itu apa kak?
Kak Hana : IB Diploma adalah kependekan dari International Baccalaureate Diploma, sebuah kurikulum yang sangat prestisius dan itu diakui di seluruh dunia. Jadi kalau kamu ikut kurikulum IB kau hanya akan dapat 6 mata pelajaran dan bisa dipilih juga. Jadi gak kayak di Indonesia yang kamu diwajibkan untuk ngambil semua pelajaran. Jasi ada 6 mata pelajaran, yaitu: Group 1: Literature, Group 2: Language, Group 3: Social Sciences, Group 4: Natural Sciences, Group 5: Mathematics, Group 6: Arts (optional). Nah jadi disetiap group ada banyak pilihannya. Misalnya group yang pertama itu sastr, nah jadi ada pilihannya, ada sastra inggris, sastra prancis, sastra spanyol. Jadi kalau kamu bahasa ibunya bukan bahasa inggris kamu bisa ambil sastra Indonesia. Tapi nanti disastra Indonesia kamu gak punya guru, kamu belajar sendiri. Tapi nanti kamu puya mentor yang akan bantuin kamu dalam belajar sastra Indonesia tapi belajarnya dalam bahasa Inggris. Bingung gak? Tapi intinya semua tugas kamu dalam bahasa Indonesia dia akan negbantu dalam bahasa Inggris. Group yang kedua itukan bahasa, jadi misalnya kamu ngambil bahasa inggris . jadi bahasa inggris dikedua ini bukan belajar sastra ya. Jadi dy benar-benar belajar grammar dan menulis. Group ke 3 itukan IPS, jadi pilihannya itu ada banyak. Ada global politik, ekonomi, sejarah, filsafat. Di group ke 4 itu IPA, pilihannya kalau di Pearson ada kimia, fisika ilmu kelautan, biologi. Group ke 5 itu matematika, nah matematika nanti ada 3 nanti ada matematika high level, matematika standart level sama math studies. Truss group ke 6 ini seni ya, jadi seni ini optional disini ada dua pilihan ada visual art atau seni lukis, truss ada teater.
TLDR
Contoh mata pelajaran yang aku pilih:
Group 1: Indonesian A: Literature (sastra) – standard level
Group 2: English B – Higher level
Group 3: Economics – Standard Level
Group 4: Physical – standard Level
Group 5: Mathematics Higher Level
Pertanyaan kelima: tips mendapatkan beasiswa ini?
Kak Hana: Walaupun cliché, tapi memang tips yang paling berguna untuk mendaftar UWC adalah dengan menjadi diri sendiri dan tunjukkan yang terbaik dari dirimu. Coba bayangin, misalnya kamu berusaha menjadi orang lain ketika kamu apply untuk UWC, lalu kamu diterim, artinya kamu secara tidak langsung ‘mengambil hak orang lain,’ dan belum tentu juga kamu akan sanggup menjalani UWC. UWC memang mengasyikkan dan menyenangkan, tapi tentunya, terkadang ada hal-hal yang sulit dihadapi semasa studi, seperti homesick, tugas sekolah dan tugas sosial yang terlalu banyak, sedikitnya ruang privasi dan lain-lain. Jadi, tetaplah jadi diri sendiri, karena kalau Tuhan mengizinkan, pasti akan dikasih jalan untukmu. Tidak aka nada rezeki yang tertukar.
Pertanyaan keenam: Kenapa memilih di Pearson college?
Kak Hana: Pearson sebenarnya bukan pilihan utamaku. Pilihan utamaku pada saat itu adalah UWC SEA di Singapura, karena aku pengen banget sekolah di NUS (dan sekarang Alhamdulillah sedang bersekolah di sini). Jadi, kalau kamu punya pilihan atau preferensi sekolah UWC, belum tentu kamu akan dapt pilihan utamamu. Tapi, aku bersyukur banget bisa dapet di Pearson. Aku jadi lebih menghargai dan jatuh cinta sama alam bebas, da sekarang malah kurang suka tinggal di perkotaan. Lagi-lagi, setiap UWC punya tradisi yang berbeda. Jadi, mungkin kalau aku ditempatkan di sekolah lain, aku akan mendapat pengalaman yang jauh berbeda dari Pearson.
Pertanyaan ketujuh: Apa keistimewaan Canada?
Kak Hana: Kanada itu negara yang paling friendly dan welcoming yang pernah aku tinggali atau datangi. Jadi, Kanada itu istimewa banget buat aku karena itu salah satu negara yang paling aku cintai selain Indonesia yaa. Gak tau kenapa, bahkan sampai sekarang aku tuh kalau lg sekolah, sekarang kan aku di Singapura itu kadang-kadang suka pengen balik ke Kanada gt. Semua orang di Kanada itu baik banget, aku gak pernah ngerasai yang namanya susah, kurang uang atau kurang makan, pasti rasanya selalu ada yang bantuin. Jadi waktu itu aku pernah aku mau balik dari Pearson ke Indonesia jadi aku nauik feri dan aku bawa koper 2 dan aku pada saat itu gak tau system pembayarannya gimana. Jadi aku tu di kasih tiket gratis sama supir bisnya gt. Pernah juga waktu itu aku gak bawa uang pas, jadi aku dibolehin naik ke bis. Jadi aku gak merasa susah gt. Trus di Kanada itu aku gak pernah ngerasa di diskriminasi y, orang-orang itu emang pada baik banget. Jadi misalnya aku ini ya Cuma jalan nah semua orang senyum gt lho. Kadang menurutku Kanada itu lebih friendly dari pada Indonesia. Trus bisa juga ih aku lagi nunggu bis trus ketemu orang dan itu bisa sampai ngobrol panjang gt lho. Itu sih yang buat aku jatuh cinta sama Kanada.
Pertanyaan kedelapan: bagaimana kehidupan di sana kak? Terutama untuk Muslim apakah ada kendala?
Kak Hana: Aku mau kasih tau dulu kalau Pearson is ALCOHOL & DRUGSS FREE! Artinya tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi alcohol dan narkoba, jadi sekolah ini halal banget. Selama disana, kendala aku cuma 1 sih, kadang-kadang gak ada makanan yang disertifikasi halalnya. Jadi kalau di Pearson kamu mengkonsumsi narkoba atau alcohol kamu akan di kick out dari Pearson. Itu sih yang aku senangi dari Pearson. Salah satu alasan Pearson ngelakuin ini biar anak-anak dari negara muslim atau dari negara-negara yg gak terbiasa dengan adanya alcohol atau narkoba itu biar kita gak ngerasa didiskriminasi dalam pertemanan. Menurut aku sih kalau Muslim kendalanya di makanan. Ya gak ada makanan halal, ada sih kadang-kadang gak setiap hari. Maksud aku halal itu gak tersertifikasi halal ya, karena yang aku liat kalau di sana itu dia gak selalu menyediakan daging babi, ada daging ayam tapi dia gak halal aja gt. Nah kadang-kadang ya kalau aku bisa nahan banget, aku biasanya akan selalu makan vegetarian option karena berusaha menghindari makanan yg gak halal. Cuma kadang-kadang kalau aku lagi ujian trus laper banget gak bisa kalau gak ada amunisi gt, aku jadi makan yg gak halal. Itu semester satu ya kayak gt, Cuma di semester dua aku bener-bener stop makan daging. Jadi, aku jadi vegetarian selama 1,5 tahun di Pearson. Karena gak tau kenapa masih merasa bersalah kalau makan daging yang gak halal. Jadi ini pilihan kamu, di Kanada gk bakalan ada yg gudje kamu karena kamu makan daging nonhalal. Ada sih beberapa temen aku yang merasa pernah didiskriminasi, tapi aku gak pernah merasa gt. Aku gk tau kenapa atau mungkin karena aku anaknya kurang sensitive atau mungkin aku dilindungi. Aku rasa Kanada aman banget buat Muslim ya.
Kesimpulan
Nah kesimpulan dari hal yang udah aku bicarakan tadi, jadi kalau kalian mau daftar, ya daftar aja jangan takut-takut, karena kita gk pernah tau rezeki kan. Trus kalau kamu punya mimpi, yaa gpp gass trus aja, gausah rem. Selalu punya positif mindset karena kadang-kadang aku gak mau ngasih tau yg manis-manisnya aja gt. Pearson kadang-kadang bisa jadi sulit, jadi tadi aku udah sebutin ya kita itu gak ada privasi. Hal terbaik yang pernah terjadi dalam hidupku aku tidak pernah sedikitpun menyesali pilihanku di UWC karena aku benar-benar belajar banyak , wawasan ku diperluas. Aku ngerasa kamu gak akan pernah salah apply untuk ke UWC, karena benar-benar sekolah ini sebagus itu, bahkan kadang aku nanya ke alumni itu mereka yang udah pada kerja aja itu bener-bener masih kepikiran soal UWC.
Wulan: Baiklah sekarang kita ke sesi sharing session ya. Are you ready kak Hana?
Kak Hana: Sure sure!!
Wulan:
Arif Hulu_Pulau Nias_Mawardi University_Sebagai mahasiswa iternasional, bagaimana cara kakak beradaptasi dalam bahasa inggris yang pada dasarnya aksennya tentu berbeda dan apakah wajar ketika kita kuliah di luar negeri, bulan-bulan awal kuliah itu menemukan kesulitan dalam berbagai bidang?
Jawaban:
Jadi kalau aku pribadi, karena aku pertama kali baru belajar bahasa inggris di SD, Cuma aku tu sering nonton film bahasa inggris. Aku tuh kadang-kadang malu kalau mau ngomong bahasa inggris ya pads awal-awal, Cuma aku kayak ngedorong diri aku gt. Jadi untuk ngelatih bahasa inggris, aku mendekatkan diri aku dengan orang-orang yag bisa. Dan apakah wajar ketika kita kuliah di luar negeri, bulan-bulan awal kuliah itu menemukan kesulitan dalam berbagai bidang? Wajar banget, Cuma yang namanya manusia pasti adaptasi ada, jadi tenang aja.
Siti Fatimah_Tangerang_SMAN 9 Tangerang_kak kalau misalnya nilai aku dibawah 80 itu bisa apply gak? Emang harus punya prestasi kak? Hal apa saja sih yang harus dipersiapkan dari sekarang, kak hana waktu itu kapan mulai kapan pendaftarannya kalo boleh tau kak hana butuh waktu berapa lama untuk apply ke UWC? Boleh nggak sih milih dua pelajaran dalam satu group contohnya kayak group 6 = arts (kita milih seni lukis dan teater)?
Jawaban:
Jadi kalau di nilai kamu dibawah 80 menurut aku apply aja, kita gak pernah tau rezeki ya walau di website mereka menerimanya anak yang nilainya 80 keatas Cuma kalo gak juga gpp. Lagi-lagi aku udah bilang tetap positif thinking. Emang harus punya prestasi kak? Yaa menurutku kalau punya sih bagus kalau gak juga gpp, coba aja jangan takut yang penting kamu udah berusaha sekuat mungkin. Hal apa aja sih yang harus disiapkan dari sekarang? Aku pribadi gak ada persiapan yang spesifik, pokoknya kamu harus melakukan hal apa yang kamu suka. Jadi saran aku kamu berusaha sekuat mungkin, kamu lakuin hal-hal yang kamu suka, kamu aktif, kamu belajar yang rajin kayak gt. Insyaallah kalau emang jalannya pasti dapat kok. Kalau aku pribadi aku daftarnya itu 4 hari sebelum pendaftaran ditutup, jadi jangan diikuti yaa itu contoh buruk. Aku stress banget jadi jangan diikuti. Pokoknya lebih baik daftar itu ketika awal-awal pendaftaran dibuka. Jadi kamu punya waktu. Boleh nggak sih milih dua pelajaran dalam satu group contohnya kayak group 6 = arts (kita milih seni lukis dan teater)? Jawabannya gak boleh, secara official kamu gak boleh 2 arts, tapi kalau kamu ni misalnya udah ambil 6 subjek ya udah semua plus arts, jadi kalau kamu pengen nih teater kamu boleh ambil tapi unofficial, artinya kamu punya 7 mata pelajaran sekarang.
Anatasya Meilina_Tanjungpandan_SMA Negeri 1 Tanjungpandan_Saya ingin bertanya tentang lanjut sekolah setelah UWC. Kak Hana sekarang kuliah di Yale-NUS. Apakah para lulusan UWC memilih sendiri perguruan tinggi yang ia tuju atau pihak UWC memberikan dan menentukan daftar perguruan tinggi untuk para lulusan UWC? Apakah para lulusan UWC disaranai atau dibantu oleh pihak UWC until mendaftar universitas atau siswa itu sendiri yang mendaftar ke universitas yang akan ia tuju? Apakah semua lulusan mendapat beasiswa dari universitas atau tidak? Terima kasih.
Jawaban:
Yaa semua lulusan di UWC milih sendiri yam au kuliah dimana. Jadi di UWC gak pernah harus daftar kesini yang kayak gt. Ini bebas sesuka kamu. Apakah para lulusan UWC disaranai atau dibantu oleh pihak UWC until mendaftar universitas atau siswa itu sendiri yang mendaftar ke universitas yang akan ia tuju? Jadi nanti kamu di UWC akan punya university conseller, jadi kayak guru bk ya kalau di Indonesia. Jadi dia nanti yang akan bantuin kamu buat daftar ke sekolah-sekolah yang kamu mau. Nanti dia bakalan ngasih saran pokonya kayak gt. Kalau daftar ya pasti daftar sendiri, Cuma kalau kamu butuh sekolah mana yang akan kamu apply pasti di bantu sama UWC. Apakah semua lulusan mendapat beasiswa dari universitas atau tidak? Itu tergantung, kalau misalnya kamu ke US biasanya seluruh kuliah di US ada beasiswanya. Jadi otomatis kamu dapat beasiswa, jadi gak usah takut. Kalau di Singapura, gak semua sekolah beasiswanya. Kalau di Kanada sedikit sekali beasiswanya. Jadi kalau kamu masuk UWC aku bisa bilang bahwa kecil kemungkinan kamu gak dapat kuliah di Amerika karena semua temanku di UWC mereka semua dapat beasiswa ke Amerika, karena banyak sekali universitas partnet dari UWC di Amerika, jadi tenang aja.
Habsyah-cirebon-SMAN 1 Palimanan-Hai kak!Aku mau nanya nih kan kalo ga salah persyaratan masuk ke uwc tuh ada nulis essay nah pas waktu itu kak hana isi essaynya tuh tentang apah sih? Terus kasih tau dong tips nulis essay yg bagus tu gimana si. Oke makasih kak.
Jawaban:
Maaf banget aku gak bisa sharing part ini karena aku gak mau mempengaruhi kamu. Aku yakin kamu gak bakalan copy essay aku, Cuma aku punya pengalaman di mana waktu itu aku apply ke Universitas US, aku baca sample essay yang ada di internet karena emang banyak banget kan. Itu malah jadi terpengaruh, dan aku malah gak jadi original dan aku malah jadi bingung mau nulis apa. Jadi ada baiknya aku gak sharing ke kamu aku nulis apa gt, jadi bener-bener fresh dari kamu sendiri gt. Maaf banget. Nah kalau untuk tips nulis essay yang bagus. Sebenarnya kalau untuk nulis essay yang bagus atau enggak itu latihan sih sebenarnya. Aku ngerasa essayku itu makin ke sini makin bagus karena aku sering latihan. Pokoknya essay itu kayak nulis cerpen deh. Jadi menurut aku sih tulis apa yang kamu mau yang datang dari hati kamu sendiri. Jadi kamu gak bingung harus nulis apa.
Elta Widia- karang-SMAN3karang- Bagaimana pertanyaan saat interview? Dan boleh share tips kak saat interview?
Jawaban:
Aku gak bisa jawab pertanyaan yang pertama karena aku gak mau kasih tau pertanyaan ke semua orang. Tapi aku bisa jawab yang kedua tips saat interview. Sebenarnya tipsnya sama aja sih kayak yang aku bilang td, jadi diri sendiri aja karena kalau rezeki kamu, kalau misalnya kamu jadi diri sendiri kamu pasti dapat. Tapi kalau kamu menjadi diri orang lain, truss kamu keterima, kamu jadi stress kan malah gak bagus. Tips kedua kamu harus pede, pokoknya jangan pernah takut-takut kalau kamu mau ngomong sesuatu, jangan ditahan-tahan. Jangan pernah ngerasa terintimidasi oleh siapapun, jangan pernah ngerasa kecil karena ngeliat orang lain yang lebih pintar.
Farras_TangSel_BaitulMaal_kalau di Pearson jika ada murid yang gak paham materi mapel nya gimana? Apa guru bisa kasih kemudahan, motivasi atau sebagainya?
Jawaban:
Bisa banet, jadi guru-guru dan murid-murid di Pearson itu sangat dekat. Kita manggil guru pake ibu atau bapak, kita panggil pake nama. Karena kamu akan merasa konek sama guru kamu dan kamu jadi gak takut kalau ada pertanyaan dan mereka akan selalu bantu kamu. Di Pearson juga ada tutoring, jadi aku totoring untuk matematkika dan kimia. Jadi gak perlu takut semua guru-guru di sini itu baik semua.
Lintang Marsashi_Depok_SMA Perjuangan Terpadu_Apa kak Hana pernah malas/kehilangan semangat belajar? Kalau pernah, boleh aku tau gimana cara kakak biar bisa semangat belajar lagi?
Jawaban:
Pernah banget, jadi saran aku ya kalau kamu capek belajar jangan dipaksa, karena otak kamu juga butuh istirahat. Kalau misalnya aku malasnya kelamaan biasanya aku tuh suka baca list-list ketakutan aku. Misalnya kayak aku takut gak lulus, takut gak dapat universitas. Kalau udah baca itu aku langsung belajar lagi. Aku tuh suka belajar karena belajarnya seru, jadi aku jarang males sih, Cuma pasti ada malasnya.
Izzata Sabbahana Falikulisbah_Malang_SMPN 3 Malang_kak bagaimana sih tahap-tahap penyeleksian di National committee?
Jawaban:
Nah ini aku gak bisa sharing, kalau ada pertanyaan spesifik ketahap seleksi aku minta maaf gak bisa sharing. Karena ini info internal maaf ya.
Kak Hana: intinya, semangat ya semuanya! Pesan utama aku: Positive thinking! Percaya deh, kalo kamu positive thinking, pasti hidup jadi lebih indah dan lebih mudah dan kamu jadi gak beban untuk mengejar mimpi kamu.
Wulan: thanks a lot kak Hana for all of your experiences and knowledges that you hared for us hope you always bless by Allah.
Kak Hana: My pleasure! Thanks for having me, everyone!

Comments
Post a Comment