PARA PENCARI MIMPI (PPM OFFICIAL)
Narasumber : Gagas Lambang Pamungkas
Ketua Pelaksana : Wulan Indah Suari
Moderator : Ciptadi Akbar Ahdiyat
Notulensi : Afifah Firdaus Zahidah R.
Seminar Online Global Korea Scolarship (GKS)
Narasumber dari seminar online GKS bernama Gagas Lambang Pamungkas yang biasa dipanggil Gagas. Berasal dari Mataram, Lombok, NTB. Umur 18 Tahun. Mendapatkan beasiswa KGSP Undergraduate 2019 melalui embassy track. Kak Gagas sekarang sebagai Awardee beasiswa KGSP 2019 Embassy Track untuk Undergraduate S1 di Korea University dengan major Industrial Management Engineering. Untuk sekarang kak Gagas masih belajar Bahasa Korea di Sun Moon University. Februari 2020 mendatang kak Gagas sudah bisa masuk degree ke Korea University.
Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa KGSP Undergraduate 2019 memalui embassy track seperti kak Gagas bisa di lihat di guideline melalui link https://www/studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardList.do?bbsld=BBSMSTR_000000000461
Dokumen yang dibutuhkan (EMBASSY TRACK, sesuai syarat Kedubes)
1. Completed Application Form
2. Applicant Pledge
3. Personal Statement (Essay 1)
4. Study Plan (Essay 2)
5. Recommendation Letter (2 Orang)
6. Self Medical Form
7. Translated + Legalisasi Ijazah
8. Translated Rapot 6 Semester ATAU Transkrip nilai
9. Identitas (Akta Kelahiran dan KK)
10. Sertifikat atau Penghargaan (Optional)
11. Sertifikat Profiensi (Optional)
dokumen ini sudah sesuai urutan penyusunan dan sesuai syarat dari kebudes, kenapa syarat kedubes? karena aku daftar melalui embassy track, jadi sebuah KEHARUSAN mematuhi perturan dari kedubes, temen2 nanti kalau daftar tetap patuhi peraturan kedubes yes^^
Pada saat seleksi pertama (seleksi dokumen) paspor belum dibutuhkan, jadi dari kedubes permintaannya hanya akta dan KK. tapi JIKALAU lulus dari tahap interview, maka paspor dibutuhkan sebagai data untuk rekap di NIIED. Jika teman – teman ingin mendaftar beasiswa ini teman – teman yang belum punya paspor bisa ikut mendaftar, akan tetapi jika sudah dinyatakan lolos teman –teman wajib mempunyai paspor yang digunakan untuk terbang ke Korea.
untuk web resmi pendaftaran ini masih sama, dengan acuan
https://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/selectBoardList.do?bbsId=BBSMSTR_000000000461 sebagai provider beasiswa. BIASANYA awal sept udah buka, kaya tanggal 1-3 september informasi guideline dll sudah dirilis di web itu. TAPI kalau kalian mendaftar melalui embassy, nanti beberapa hari kemudian embassy akan rilis beberapa syarat baru dan sedikit berbeda untuk kalian yang mau daftar lewat embassy track, linknya ini https://overseas.mofa.go.kr/id-id/brd/m_2707/list.do?page=3&srchFr=&srchTo=&srchWord=&srchTp=&multi_itm_seq=0&itm_seq_1=0&itm_seq_2=0&company_cd=&company_nm=
Untuk Undegraduate dibuka bulan September dan keberangkatannya di bulan Februari. Untuk Graduate dibuka pendaftaran biasanya Februari dan berangkat ke Korea bulan Agustus.
Dibuka untuk jenjang S1-S3, dan di KGSP sendiri ada yang namanya Associate Degree yang mungkin setara dengan D2 di Indonesia, associate degree pendaftarannya barengan dengan underg bulan september. Pilihan universitas dan jurusan pasti ada, UNIVERSITAS DAN JURUSAN yang tersedia sudah ada tersedia di link tadi, kalian bisa cek ya! tiap track dan tiap degree pilihan univ nya bisa berbeda
Menurut kak Gagas ada 3 perbedaan antara Univ Track dengan Embassy Track
1. Pilihan univ dan Univ yang Bisa dipilih
2. Cara Pengiriman dan Seleksi Dokumen
3. KUOTA
Pesan dari kak Gagas untuk yang masih ragu buat daftar beasiswa karena banyaknya pesaing
Kuncinya satu PERCAYA DIRI!!! Jangan krna baru tau awardee taun lalu nilainya segini, sertfikatnya banyak “aduh aku kok jadi minder kak” santai aja, rejeki gaakan tertukar. Tuhan ga akan bosan liat usaha kalian. Kalian yang bicara bohong aja ketauan sama Tuhan, apalagi usaha kalian yang berbulan bulan masa ga diliat?
“udah usaha tapi gak lolos, yang lolos malah yang coba2 daftar” Sekali lagi, jangan pernah remehin rencana Tuhan, kalian ga tau berjuta juta lembar skenario ada di Tuhan, jalan lain sudah disiapkan. KGSP atau beasiswa lain cuma 1 dari sekian banyaknya tantangan yang kalian hadapi. bayangin, kalo kalian dikasi tantangan untuk pertama kali nya, kemudian dengan mudahnya, dengan mulusnya teman2 langsung aja lolos. SEKALI LOLOS, mental gaakan tau yang namanya “sakit”. Tapi dengan kalian bangkit dari sakit tadi, Tuhan percaya pasti orang itu kuat, maka dari itu dikasih lah amanah dan tantangan lain. Dengan begitu kalian sudah lolos ujian mental, lalu sabar dan ikhlas naik level^^
Kak Gagas memilih jurusan industrial Management Engineering karena wajar aja kalo anak IPA milihnya Teknik, tapi aku pribadi jujur “takut” sama teknik2an apalagi di Korea kan ya LOLOL. Maka dari itu, aku coba cari alternatif dengan Teknik yang kiranya lebih menyenangkan dan sesuai dengan minatku, berhubung aku orangnya suka desain dan ada ketertarikan tentang bisnis dan manajemen, jadi sebelum apply, aku cari tuh courses dan subject tiap prodi di univ korea, ketemu dan cocok akhirnya aku apply ke Korea University untuk Industrial Management Engineering. Sebelum apply, aku juga sempat email ke admission office KU untuk tanya kurikulum mereka seperti apa. Kemudian Coursenya cocok, kurikulumnya juga sepertinya asik, enviro di kampus juga sepertinya nyaman, jadi aku pilihlah KU. ini hal yang penting juga sebelum kalian pilih univ nanti, jangan mentang mentang Taunya Korea itu top 3 univnya SKY, kalian langsung pilih SNU, KU, Yonsei. Kalian jg harus cari tau major major apa yang tersedia, jadi belum tentu semua major bisa kalian pilih. Riset dulu ya, INGAT!
Menurut kak Gagas Korea itu benar2 TOTALITAS buat yang namanya pendidikan. Baik orangnya maupun fasilitasnya. Orang orang disini sadar pendidikan semua, pentingnya pendidikan itu mereka sudah paham. Dari pemahaman mereka itu makanya fasilitas pembelajaran disini benar2 LENGKAP. Ga muluk2 semua sektor pendidikan dibuat secanggih mungkin, bukan yang seadanya. Bayangin, proses belajar untuk foreigner aja dibuat sedemikian canggihnya, apalagi untuk Korean sendiri. Jadi kalau belajar di Korea, gausah ragu masalah fasilitasnya.
Untuk masalah jadi tempat yang ditinggalin, Korea emang nyaman banget sih, jujur lho wkwk. Semuanya bener2 tertata dan ergonomis. Urusan transportasi dan teknologi lainnya udah psati juara. Kalian bakal kaget kalo nemu benda2 yang sebenrnya sepele dan ga pernah terpikirkan, tapi ternyata itu bantu banget di kehidupan sehari hari. Aku sempat ke Taiwan liburan kemarin, ntah kenapa waktu ke Taiwan aku bawaannya kangen banget sama Korea LMAO. Begitu liburan dari Taiwan selesai, bukannya sedih, aku malah seneng banget balik Korea.
Masalah sopan santun, Korea juga aman banget. Kalian pulang tengah malam gausah takut di jambret atau di begal. Aku yang taruh tas dan dompet di dpan minimarket berjam jam aja ga hilang, karena orang Korea ga seiseng itu. Menurutku, hampir semua orang korea itu RAMAH, melakukan kesalahan dikit aja, misalnya senggol, dia bakal minta maaf bener minta maaf. Pegawai di Korea gaada yang galak2 lol, santun banget, karena yg namanya pelanggan itu jadi prioritas utama.
Masalah Biaya Hidup. Fyi, orang Korea sendiri juga bilang biaya hidup dan harga barang di negara mereka mahal kok. Guru2 aku kaget ketika tau harga barang di Indonesia segitu murahnya. Pertanyaannya “dengan uang segitu (800.000 KRW) perbulan apakah cukup?” dibilang LEBIH juga bisa, CUKUP juga bisa, KURANG juga bisa. Tergantung kalian yang ngatur uangnya, aku kadang cukup, kadang kurang juga, lebih dan bisa dibuat nabung juga pernah. Kalau kalian orangnya HEDON ya kurang, kalo orangnya hemat, pintar2 atur keuangan cukup kok.
Untuk urusan agama, kalian pasti sering dengar kabar kalau orang Korea itu pada rasis, bukan urusan agama, tapi ras suku juga. Kenyataan GAK. Orang orang Korea itu bahkan seneng banget ketemu foreigner, aku pernah jalan sendiri dan ketemu ibu2 abis dari pasar, dia bahkan kasih aku jeruk dan ubi manis, ga itu aja, karena obrolan kita asik, aku sampai dikasih voucher supermarket 50.000 KRW lho, 500rb rupiah lebih XD TAPI ada beberapa orang yang mungkin rasis seperti apa yang didengar. HAL YANG WAJAR, bukannya di Indonesia sendiri banyak orang yang rasis? segelintir dan hanya oknum saja, maka dari itu kalian ga bisa meng-generalisasi sifat yang seperti itu. Di Korea, islam apalagi memang menjadi minoritas, aku pribadi senang, karena dengan minoritas itu malah mempererat hubungan aku dengan muslim2 yang lain, ibadah lebih khusyuk, karena orang2 disini ga ada yang mengusik keberadaan kalian. Aku bisa ke masjid yang isinya orang2 Indonesia, bisa kenal teman baru, kakak kakak baru. Asyik banget kok.
Sesi Tanya jawab ~
Pertanyaan pertama
Ara_Aceh_Akademi Farmasi_Apakah mahasiswa D3 dapat mendaftar beasiswa S1 KGSP, dan untuk dokumen/berkas seperti ijazah,transkrip nilai,dll yg harus di lampirkan yg SMA atau D3 jika pendaftar lulusan D3?
JAWAB : Banyak yg tanya tentang D3 ke S1, tapi poinnya adalah KGSP ga menyediakan beasiswa ekstensi d3 ke s1. Jadi mungkin kalau ingin daftar S1, itungannya pakai berkas dari SMA. Ini aku belum bisa pastikan ya, karena aku juga belum pernah ketemu case anak D3 ke S1 disini hehe
Pertanyaan kedua
Dinda_Garut_MA Husnul Khotimah
1. Kan di guideline itu tertulis bisa pake sertifikat toeic, toeic nya boleh yang reading dan listening? Atau harus speaking and writing?
2. Yang risk you have taken itu contoh kecil nya apa ya?
3. Tips penulisan personal statement dan study plan yang baik dan yang perlu dihindari
4. Cari makanan halal di korea susah ga?
5. Ada diskriminasi yang tinggi ga ke orang muslim?
6. Tanggapan orang korea ke orang asing?
Terima kasih
JAWAB : 1. TOEIC setauku yang dipakai toeic LR itu deh, yg harganya 675rb mungkin. TOEIC Bridge biasanya digunakan untuk assessment informal (mapping kelas) tapi TOEIC LR digunakan untuk mendaftar beasiswa dan kerja.
2. risk you have taken ini ada di essay ya? contohnya aja dengan kalian ambil dan cba daftar beasiswa KGSP, mungkin kalian mengorbankan untuk tidak kuliah dan gap...
3. Tipst tulis essay menurutku, tulis dari jauh hari aja. JANGAN pernah buat mepet2 deadline, kalian mungkin bisa buat dekat deadline, tapi struktur dan kerangkanya serta isinya pikirkan dari jauh hari ya. Itu membantu banget. Yang perlu ditulis poinnya adalah, orientasi nyata kalian, jangan terlalu melebih lebihkan, tulis yang real saja dan sesuai kemampuan kalian. Terus, tulis juga poin2 apa yang membedakan kalian dengan applicant lain, kasih impresi yang bagus ke penilai^^
4. Cari makanan halal di Korea susah? ini sering banget ditanya dan aku bakal tanya lagi ke yg nanya. Halal menurutmu gimana? kalo halal menurutmu yang ada label halal MUI, sudah bisa dipastikan SUSAH, karena MUI gaada di korea cuy XD. Tapi korea sendiri ada federasi muslim gitu yang mengeluarkan label halal. TAPI kalo menurutmu halal itu tidak mengandung babi dan bahan yang diharamkan lainnya, GAMPANG kok. Kalian bisa beli bahan sendiri trus masak, kemudian taruh di kulkas. Fasilitas masak disini lengkap kok (di dorm lho ya)
nomor 5 dan 6 kayanya sudah terjawab tadi ya, orang Korea kebanyakan ga peduli agama kalian apa, mereka juga seneng ketemu orang asing. Buktinya, kami disini kalau solat jumat pernah sampai tutup setengah jalan, dan mereka gaada yang namanya marah
Pertanyaan Ketiga
( ratna_cirebon_sman1dukupuntang_study plan yg bagian alasan memilih universitas dan jurusan, itu lebih bagus dijelasin secara umum atau detail?
- academic goals and specific plan itu timeline nya harus dijelasin per semester atau gimana?
- sertifikat bahasa inggris dari tempat kursus itu bisa buat apply kgsp ngga?
- pas interview ditanyain apa aja selain ttg essay?)
JAWAB : academic goals and specific plan itu timeline nya harus dijelasin per semester atau gimana? itu dibuat semenarik kalian aja, bisa per tahun atau semester. Kalau target kalian banyak dan rinci setiap semester nya boleh, kalo per tahun juga bisa.
sertifikat bahasa inggris dari tempat kursus itu bisa buat apply kgsp ngga? maksudnya sertifikat belajar di kursus itu ya? MUNGKIN BISA, tapi itungannya itu bukan sertfikat profiensi lo ya, sebagai sertifikat biasa aja...
pas interview ditanyain apa aja selain ttg essay?) ditanya tentang kenapa memilih major ini, seberapa dalam kamu sudah tau tentang major yang km pilih, kemudian setahu dan sudah sedalam apa tahun budaya dan bahasa korea, lebih ke personal juga ditanya, kamu orang yang seperti apa? orientasi km 10 tahun kedepan gmana, setelah lulus mau jadi apa, apakah kuat kalau merantau ke Korea nanti? seperti itu sih...
Pertanyaan Keempat
Putri Imellia_Tegal_Sman 3 Slawi_kak saya untuk transkip nilai sudah ada dari sekolah, tp di transkip itu ada nilai UN sma nilai USBN. transkip yang itu bisa digunakan atau tidak? atau harus bikin lagi yang cuma nilai raport saja isinya? terima kasih
JAWAB : transkrip akan memenuhi kalau ada nilai tiap pelajaran dalam kurun waktu 6 smester. Karena itu poin pentingnya yang dilihat, nilai UN tidak diperlukan. Jadi, harus bikin lagi
Pertanyaan Kelima
Dina Nofriyanti-Kediri-SMKN 2 KEDIRI-Apa yg membuat pemberi beasiswa tertarik ke kakak? Dan apakah dokumen yg diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah harus di cap notaris lg?misal ijazah, transkrip, kk, ktp,dll
JAWAB : yang membuat tertarik? Aku gatau ya hahahah, umumnya beasiswa kan ga menaruh indikator apa yang menjadi penilaian buat lolos. maka dari itu harus di perbagus berkasnya. Aku kmarin sertifikat profiensi bahasa gaada, jadi aku lampirin sertifikat penghargaan yang banyak, kemudian aku berusaha perkuat di essay. Aku juga bukan orang yang ahli dalam nulis, jadi kenapa dipilih jg gatau.
YANG DI CAP NOTARIS hanya dokumen negara seperti KK, ktp, akta, paspor, dll. Selebihnya ijazah dan transkrip atau rapot itu bisa dan cukup minta cap dari sekolah sebagai tanda legalisasi. Itu sudah cukup menunjukan keasliannnya kok. Kalo mau ke notaris juga bisa sih...
Pertanyaan tambahan 1
Azis Kamaludin Rahman Mahing_Ende,Nusa Tenggara Timur_Universitas Nusa Cendana_Saya ingin bertanya kak, untuk program beasiswa ini sendiri pasti punya banyak sekali faktor untuk bisa mendapatkannya. Nah, di salah satu segmen tadi, untuk persyaratannya itu ada pernyataan tentang sertifikat, itu bagaimana yah kak? Selanjutnya adalah untuk pengiriman filenya sendiri apakah lewar e-mail ataukah dikirim melalui perangkat seperti pos? Dan bagaimana agar kita dapat lancar dalam mendaftar selain dari penjelasan diatas dan untuk biaya, berapa kisaran biaya yang diperlukan untuk melakukan seluruh rangkaian pendaftarannya?
JAWAB : sertifikat? berapa persen pengaruh dari sertfikat itu aku jg gatau, seberapa pentingn jgaku gatau, maka dari itu lampirin aja sebanyak mungkin biar membantu di berkas kamu. cara pengirimannya tadi aku sudah jelasin ya diatas. Dikirim dengan pos. Lancar tidaknya mendaftar tergantung daribagaimana cara temen2 luangin waktu dan seriusnya buat mengurus berkas. Kalau serius ya lancar saja kok, untuk biaya, sepertinya hanya akan digunakan dari Penejermah tersumpah, notaris, dan ongkos kirim berkas. Harganya ya tergantung juga dari tarif tiap penerjemah, notaris dan ongkir, aku pribadi kmarin ga sampai 200rb keluar buat daftar, itu pintarnya kalian lagi cari jasa penerjemah dan notaris yang murah...
Pertanyaan tambahan 2
Abdhi Gusti Illahi_jombang_upn jatim_kak gagas tadi kan bilang kalok lolos seleksi kedutaan tapi gak lolos seleksi univ otomatis beasiswa dicabut. Nah, adakah kemungkinan kita tidak diterima setelah seleksi interview kampus tiga2nya ?
JAWAB : kemungkinannya ada, tapi aku belum pernah ketemu case yang beasiswany dibatalin sih. Aku kemarin jg sempet takut ga keterima 3 univ pilihan. Tapi ternyata aku tanya2 temen2ku dari negara lain jg gaada yang ketolak 3 univ, rata2 malah keterima 3 univ. Karena sebernya juga, dengan kalian lolos dari interview di embassy, itu berarti semua berkas kalian sudah approved dan sesuai dengan apa yang diminta NIIED, jadi menurutku kemungkinan dan apa yang membuat tidak lolos kayanya gaada deh...
Pertanyaan Tambahan 3
Syahranitazli_UIN SU FAKULTAS SAINTEK_ izin nanyak kak.. Kak Motivasi apa sih yang buat kakak Punya tekat kuat bisa sampai Kuliah ke Korea.. dan ada amalan motivasi apaa gitu kak 😁? Terimakasih
JAWAB : aku kenapa daftar KGSP, karena waktu itu dalam posisi ketolak PTN yg aku mau, jadi aku harus cari alternatif lain nih buat kuliah, aku coba2 cari info beasiswa dan pada waktu itu, beasiswa yang paling dekat pendaftarannya KGSP, aku coba lah daftar kgsp. Tapi selain kgsp aku juga sudah planning daftar beasiswa ke negara lain ANDAIKATA waktu itu aku gadapat kgsp, tapi alhamdulillah aku dapat kgsp. Terus juga waktu itu aku waktu sma banyak banget penghargaan dan sertifikat aku dapat, aku juga sempet mikir, masuk ptn indo kan kebanyakan tes. Aku mikir, daripada sertifikatnya nganggur sebanyak ini, aku coba aja input ke beasiswa luar negeri...
Pertanyaan Tambahan 4
Zaharanisaa Azka Khofiyya_Depok_PNJ_Kak, saya kan pernah baca, katanya kalau untuk seleksi KGSP kan nggak bisa milih jurusan yg 5 tahun ya, contohnya kayak arsitektur. Nah, kalo Design Interior bisa nggak ya? Apa masuknya ke Arsitektur juga? Makasih
JAWAB : iya, kalo di korea arsitekturnya ada 2, ada yang engineering ada yang art. Nah yang bisa di apply biasanya yg engineering karena cukup 4 taun aja, kalo art 5 taun. Maka dari itu, bisa atau tidaknya bisa cek di pilhan univ dan major yang tersedia, aku sudah lampirin tadi linknya ya, mohon dicari dengan teliti.
Pertanyaan tambahan 5
Catur Prasetyo_ Cilacap_ SMAN 1 Majenang_
1. Apakah menurut kaka persaingan belajar dan etos kerja di Korea sangat sulit?
2. Pada saat mengisi form pendaftaran KGSP, ada persyaratan yaitu Original Document e.g Ijazah SMA dan apakah itu harus asli ijazah atau hanya fc an lalu di legalisir?
JAWAB : 1. Apakah menurut kaka persaingan belajar dan etos kerja di Korea sangat sulit? aku belum tau gmana rasanya bersaing sama korea, karena aku belum masuk degree dan skrng masih belajar bahasa, tapi aku yakin mereka orangnya berambisi. Waktu belajar ya belajar, waktu main ya main. Gaada istilah main2 saaat belajar, disini saja saat belajar bahasa waktu deket ujian ruang belajar dan perpus pasti ramai kok. Yang aku bilang tadi, mereka semua sadar pentingnya pendidikan
2. Pada saat mengisi form pendaftaran KGSP, ada persyaratan yaitu Original Document e.g Ijazah SMA dan apakah itu harus asli ijazah atau hanya fc an lalu di legalisir? Original document disini maksudnya adalah translated kemudian sudah dapat legalisasi. Kalau km lampirin yg asli? ijazah km bakal ilang, karena dokumen yg sudah di apply gaakan dikembalikan.
Selamat Membaca~

Comments
Post a Comment