Skip to main content

Notulen Study in Belgium

Seminar Belgia bersama Kak Filberta



Hallo semua, salam kenal aku filbertha. Sedang ambil kuliah bachelor in business administration di KU Leuven, Belgia. Apa itu jalur mandiri?
Jalur mandiri menurut ku itu dimana kita mau sekolah di luar negri dengan cara mendaftar sendiri. Skrg kan banyak nih agen” yg biasa bantu buat kuliah di luar negri tp biayanya lumayan mahal. Kalau aku dari cari”, daftar, apply visa, sampai keberangkatan semuanya ku urus sendiri.

Bisa cari dari :
https://www.bachelorsportal.com/
Ada filternya mau negara apa, pelajaran dalam bahasa apa, biaya kuliah dll. Atau kalau mau cari peringkat universitasnya bisa di :
https://www.timeshighereducation.com/

Persyaratan untuk masuk ke universitas (bachelor) :
* Isi formnya
* Persyaratan bahasa inggris (TOEFL/IELTS) tiap universitas ada minimum scorenya sendiri
* (Tidak wajib) Jika program kuliah dalam bahasa lokal biasa diminta sertifikat bahasa lokal tersebut sampai level B2/C1 biasanya
* SAT, ada minum scorenya
* Ijazah SMA di translate ke bahasa inggris/perancis/belanda dengan penerjemah tersumpah
* (Optional) CV
* (Optional) motivation letter
* (Optional) recommendation letter dari kepala sekolah/guru
Pertama isi online dulu dan submit documents online. Kalau di universitas aku, mereka minta dikirim hard copy ke Belgia juga. Waktu itu aku kirim lewat JNE.

Apa saja yang harus dipersiapkan?
* persyaratan pendaftaran ke universitas
* Persyaratan visa
* Mental (harus siap hidup sendiri, mandiri, dll)
* Pakaian (ada 4 musim)
Dokumen penting : Paspor
Visa
Tiket pesawat dan boarding pass
Letter of Acceptance ( LoA)
Legalisir ijazah
Legalisir transkrip
Scholarship certificate atau Letter of Guarantee (LoG)
Pas foto berwarna (ukuran visa, background putih)
Medical certificate
Sertifikat asuransi perjalanan (jika ada)
Kontak darurat :
Kontak keluarga di Indonesia
Kontak keluarga/kerabat di Belgia/Eropa jika ada
Contact person coordinator program di kampus
Kontak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Belgia
persyaratan visa : Paspor dengan masa berlaku minimal 12 bulan
Formulir visa (bisa didapatkan dengan mengontak pihak kedutaan atau di link ini)
Letter of admission (LoA) dari universitas
Medical certificate dari salah satu dokter yang ditunjuk oleh Kedutaan Belgia. List dokter yang tersebut bisa dicek di link ini.
SKCK berbahasa inggris terbaru yang dikeluarkan oleh POLRI/POLDA (kurang dari 6 bulan sejak tanggal dikeluarkan)
Kopi ijazah dan transkrip berbahasa Inggris/Belanda yang dilegasir oleh universitas, kementrian-kementrian dan kedutaan Belgia (kurang dari 6 bulan sejak tanggal dilegalisir universitas). Ketentuan legalisir cek keterangan di bawah.
Financial Statement (FS) atau Letter of Guarantee (LoG). LoG dikeluarkan oleh pihak pemberi beasiswa atau yang ditandatangi oleh pihak sponsor (apabila self-funding study). Cek keterangan FS/LoG untuk self-funding study.
Surat yang menerangkan alamat tempat kita akan tinggal di Belgia (bisa kontrak sewa kamar dari asrama kampus atau pihak lainnya)
*catatan : seluruh dokumen tersebut harus dilegalisir oleh Kemenhukam dan Kemenlu.

Proses selanjutnya adalah mengajukan visa pelajar ke Kedutaan Belgia (Gedung Deutsche Bank, Jl. Imam Bonjol 60, Jakarta) dengan membawa seluruh persyaratan diatas. Dokumen seperti SKCK, ijazah dan transkrip kemudian dilegalisir oleh pihak Kedutaan dengan biaya sebesar Rp. 296.000/dokumen. Untuk biaya visa sendiri, di dalam website dijelaskan bahwa pembayaran dilakukan ke rekening Immigration Office di Belgia kurang lebih sekitar EUR180.

Legalisir Dokumen
Beberapa ketentuan untuk SKCK:
Jika penjabat yang menandatangani SKCK kamu menetap masih relatif baru menjabat, maka specimen tanda tangan beliau beserta cap yang tertera di SKCK sangat diperlukan. Para penjabat ini biasanya sangat paham apabila kamu menjelaskannya keperluan kamu dengan baik.
SKCK Polda dan RI biasanya sudah bilingual, jadi tidak perlu ditranslate kan lagi. Jangan lupa bilang buat dibawa kuliah ke luar negeri, Pak Pol! 😉


Beberapa ketentuan untuk ijazah dan transkrip:

Jika kamu lulusan universitas negeri, kopi dokumen ini harus dilegalisir oleh kampus, Kemhukam, Kemenlu, dan Kedutaan Belgia.
Jika kamu lulusan universitas swasta, kedua dokumen harus dilegalisir oleh kampus, DIKTI, Kemenkumham, Kemenlu, dan Kedutaan Belgia.
Jika ijazah dalam Bahasa Indonesia, setelah dilegalisir kampus harus diterjemahkan tersumpah ke bahasa Belanda dan terjemahan itu yang dilegalisir lagi oleh pihak-pihak tersebut.
Jika sudah dalam Bahasa Inggris (diterjemahkan oleh pihak universitas), maka tidak perlu diterjemahkan lagi, namun tetap dilegalisir oleh pihal-pihak tersebut.
SKCK biasa dibutuhkan untuk persyatan visa type d/visa pelajar bagi yg berumur 21 tahun keatas.

Apakah ada ujian masuknya? Jika iya, tips
Di program ku gk ada ujian masuk karena untuk persyaratan bahasa harus submit hasil IELTS/TOEFL. Sedangkan untuk persyaratan matematika submit hasil SAT

lolos ujian masuk nya bagiamana?
Karna 2 test tersebut dari pihak luar. Harus dipersiapkan belajar dari jauh” hari. Perhatikan deadline pendaftaran universitas. Usahakan agar hasil test sudah keluar sebelum deadline pendaftaran universitas.

Kenapa memilih jurusan itu kak?
Aku waktu SMA ambil IPS dan tertarik untuk ambil kuliah bisnis. business administration jurusannya lebih general

Apa keistimewaan Belgia?
* biaya kuliah relatif murah
* Lokasinya di central eropa, strategis untuk traveling belgia jg merupakan capital of europe, di brussels banyak gedung European Union. Selain itu, banyak org jg yg belum tau mengenai pendidikan di belgia karna org indonesia biasanya relatif lebih memilih ke belanda. multicultural juga, di belgia kita pakai 3 bahasa : belanda, pernacis, jerman
[7/7 14.55] +32 488 51 88 03: Berapa biaya hidup per bulan?
(Salah satu persyaratan visa)
Bisa :
* annex 32 (bank statement)
* Proof of solvency (€9,500/tahun dibayar di muka) untuk mahasiswa baru €100 untuk biaya admin. Sisanya di transfer dari kampus ke rekening pribadi per bulan
* Proof of solvency untuk memperpanjang residence permint€8500/tahun biayar dimuka, €100 biaya admin jadi per bulan dapet €700
Kos sekitar €400-550/bulan
Makan sekitar €80-100/ bulan
* makan di luar €5-10 sekali makan
* Disarankan masak sendiri karna jauh lebih murah
Transport untuk student dibawah 26tahun €50/tahun

Asuransi Belgia untuk Mahasiswa
Pada umumnya, di tiap kampus terdapat cabang asuransi sehingga mahasiswa dapat dengan mudah untuk mengurus, bertanya bahkan untuk komplain, jika perlu. Asuransi yang diperlukan itu adalah asuransi kesehatan yang diakui oleh sistem sosial Belgia.

Keuntungan dari mengurus asuransi di Belgia itu adalah mudah karena tagihan kesehatan tidak perlu dikirim ke Indonesia, reimbursementnya cepat karena berada di satu negara, dan sudah terkoordinasi dengan ID kamu.Adapun dokumen yang diperlukan seperti bukti pengurusan asuransi, bukti pengurusan ID, paspor dan data rekening bank Belgia kamu.

Biaya rata rata asuransi untuk mahasiswa adalah ±€11 per bulan. Pembayaran ini bisa dilakukan pertiga bulan ataupun sekali untuk setahun lamanya. Aku tahun lalu pakai Partenamut biaya 180EUR/ tahun, tahun ini kalau CM biaya sekitar 120EUR/tahun

Kartu dan Nomor GSM Belgia
Pada dasarnya ketika kamu tiba di Bandara Belgia, kamu langsung dapat membeli SIM Card yang tersedia oleh provider yang ada di sana. Dimana pun harganya tetap sama. Namun jika kamu ingin membeli di luar, kamu akan mendapatkan lebih banyak pilihan provider yang sesuai dengan kebutuhan kamu, seperti BASE, Lyca, Proximus, Mobile Vikings, dan lainnya.

Ada dua cara untuk mendapatkan sim card di luar, yakni dengan pesan online atau beli di toko seperti agen resmi dan night shop. Perlu diingat bahwa untuk mengaktifkan no seluler ini, kita membutuhkan data Belgian ID kamu. yang paling direkomendasikan mobile vikings, 15EUR/bulan yg paket fokus data 4GB, 1000 sms.

Jenis Hunian untuk Mahasiswa
Sebagai mahasiswa, tentunya kita menginginkan tempat tinggal yang nyaman dan aman demi kelancaran studi di negara asing. Kriteria selanjutnya seperti harga, fasilitas, jarak dan lain-lain tentunya dipertimbangkan berdasarkan prioritas dari individu itu sendiri. Tetapi memang benar, bahwa harga hunian di kota besar jauh lebih mahal dibandingkan harga hunian di kota kecil.

Pembayaran sewa tempat tinggal, pada umumnya dilakukan perbulan. Akan tetapi kontrak penyewaan, pada umumnya adalah setahun, namun ada kemungkinan untuk 3-6 bulan saja.

Berikut tipe jenis kamar yang terdapat di pasaran rooms to rent yang dikelola oleh berbagai pihak, pribadi ataupun kampus :

Student Room ini sedikit mirip dengan kos-kosan di Indonesia dimana kamu menyewa sebuah kamar untuk sendiri atau pun berdua, difasilitasi dengan shared kitchen dan bathroom. Jika menyewa student room asrama kampus, di setiap lantai terdapat 4 – 8 kamar dengan 1 dapur dan beberapa kamar mandi, akan tetapi jika kamu menyewa dengan penduduk setempat, biasanya jumlah kamar tidak sebanyak itu. Meskipun jarang ditemukan, ada juga student room yang memiliki kamar mandi dalam.
Studio/Flat merupakan sebuah kamar yang relatif besar, dimana pada sudut kamar ini terdapat kamar mandi dalam dan juga dapur, biasanya sudah dilengkapi dengan tempat cuci piring dan sebuah kompor. Ada beberapa kampus yang menyewakan studio atau flat, namun kebanyakan jenis hunian ini disewakan oleh penduduk setempat.
Appartement layaknya rumah, terdiri dari beberapa ruangan berdinding terpisah berupa kamar tidur, kamar mandi, dapur dan ruang keluarga (ruang tamu). Hunian tipe ini tidak jarang digunakan oleh mahasiswa yang membawa keluarga saat menempuh study. Perlu diingat bahwa menyewa appartement memberikan tanggung jawab yang lebih pada penyewa dibandingkan hunian lainnya, seperti biaya air, listrik, gas dan asuransi hunian.
[7/7 14.58] +32 488 51 88 03: Mencari tempat tinggal yang sesuai memang tidak lah mudah, terlebih lagi apabila kamu masih berada di Indonesia. Untuk memudahkan pencarian kamu, silahkan menghubungi PPI Belgia ataupun PPI kota di Belgia, atau bisa mengecek sendiri di situs berikut:
Brussels (room, studio)
https://brik.mykot.be/en
https://www.brukot.be/en/
Antwerpen (room, studio)
https://www.student.be/en/student-rooms
Umum (room, studio, appartement)
https://immoweb.be
https://www.student-rooms.com/?locale=en
https://www.studentkotweb.be/en

Sementara untuk hunian yang dikelola oleh pihak kampus, yakni asrama, dapat kamu akses di situs universitas masing-masing. Kondisi kamar asrama sangat bervariasi dengan harga yang relatif murah dengan fasilitas yang sudah tersedia, seperti tempat tidur, lemari dan meja belajar.
Supermarket Franchise
Colryut, Delhaize dan Carrefour masuk dalam kategori supermatket besar dan menjual barang harian seperti daging, ikan, minuman, tisu, berbagai sabun, peralatan tulis, barang eletronik kecil dan lainnya.  Persis supermarket besar lainnya di Indonesia. Perbedaannya adalah di harga, brand barang yang ditawarkan dan konsep supermarketnya. Di Delhaize dan Carrefour, kamu bisa mendapatkan lebih banyak variasi brand dan produk. Sementara di Colryut, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan variasi produk yang tidak terlalu beragam.

Nah untuk kebutuhan grocery lainnya, ada beberapa supermarket lainnya seperti Albert Heijn (biasanya di daerah Flanders), LIDL dan ALDI. Kami mahasiswa yang ada disini sudah melakukan survey, bahwa supermarket terbanyak diskonnya ada di Albert Heijn. Lalu, kalau kamu mau beli snacks, biskuit, cereal, keju dan yoghurt, lebih baik ke LIDL, tanpa diskon disana sudah murah. Atau ALDI untuk pilihan berbagai kebutuhan pangan dan juga sandang yang muncul musiman (kadang ada kadang nggak), seperti baju tidur, selimut, piring makan, dll.

Supermarket Asia dan Arab
Brussels
Untuk wilayah Brussels, terdapat supermarket Asia bernama Kam Yuen yang menjual produk Indonesia, Jepang, Thailand, dll. Ya, namanya saja supermarket asia! Letak supermatket ini, dekat dengan Brussel Centrum, tepatnya di daerah De Brouckere (dengan Metro turun di De Brouckere, atau bus 71). Jadi, untuk yang kangen Indomie, tempe, tahu, cabe cengek domba (yang oranye kerdil dan pedas), kemiri, hingga bawang goreng bisa langsung datang kemari. Terkadang mereka juga menjual rambutan, durian dan buah tropikal lainnya.
Halal Butcher
Brussels
Untuk keperluan masakan halal, bumbu, kaldu, daging-dagingan yang lengkap bisa didapatkan di Pit Stop (lihat sesi Supermarket Arab/Asia). Tetapi toko yang hanya menjual daging-daging halal juga sangat banyak dan bertebaran dimana saja, tergantung tempat tinggal kamu.

Di Elsene/Ixelles, terdapat kurang lebih empat halal buthcer yang bisa dicapai dengan bus, tram atau berjalan kaki. Salah satunya, butcher El Moutaki Bilall-abdallah yang berada di jalan Rue Malibran (bus 95 atau 71 turun di Blyckaerts).


Apakah ada beasiswa untuk S1 di Belgia?
Untuk S1 sayangnyq gk ada tp biaya kuliah disini relatif murah jika dibandingkan negara lainnya terutama untuk program bachelor dalam bahasa inggris.
Beasiswa s2, s3, post-doc
VLIR-OUS
Mastermind
Ghent University Top Up Grants
Ino Energy
BOF
Erasmus
LPDP

Bagaimana kehidupan disana kak?
overall seru sih, untuk di brussels sangat internasional, selain banyak mahasiswa dari manca negara banyak jg expat

Suka duka di Belgia?
Suka :
* belajar hidup mandiri
* Dapet banyak temen dari berbagai macam negara
* deket sama teman” indonesia disini (PPI Belgia) karna jumlah mahasiswa sekitar 156 untuk tahun ini
Duka :
* jauh dari keluarga
* kangen masakan indonesia

Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...