Skip to main content

Notulensi Study in Saudi Arabia

Study in Saudi Arabia


oleh: Ihsan Muhammad Ramadhan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. Selamat sore temen-temen😀
Udah siapkan buat seminar nya?? Sebelumnya perkenalkan nama saya Lia Widiasari, semester 2 pendidikan bahasa inggris di Universitas islam indonesia.. Salam kenal semua😁👋🏻 dan saya yg bertugas sebagai moderator dalam acara seminar kali ini.. 
Ihsan muhammad ramdhan
Asal : tasikmalaya jabar
Saat ini sedang study S1 di Universitas islam Madinah fakultas syariah.
Organisasi : divisi media PPMI  Madinah, divisi sosial dan olahraga PPMI Saudi
Ini profil singkat dari kak ihsan, silahkan dibaca dulu ya.

Oke, sekarang mari kita sambut narasumber kita.. Selamat datang kak ihsan, Silahkan kak @Ihsan Muhammad

Assalamu alaikum warahmatullah
Bagaimana kabarnya kawan-kawan ? Semoga lancar puasanya dan diberi taufik untuk terus mengisinya dalam ketaatan insyaa Allah.
Di indo sudah sore yaa ? Disini masih tengah hari dg suhu 42 derajat makanya ini rada ngadem di kamar hehe..
Perkenalkan nama saya Ihsan Muhammad asal dari Tasikmalaya Jawa barat sekarang sedang menempuh study sarjana di Universitas Islam Madinah Arab saudi fakultas Syariah.
Tahun 2017 awal pertama kedatangan ke Saudi setelah sebelumnya pernah belajar bhs arab di Kampus LIPIA Jakarta 1 tahun lamanya. Alhamdulillah..
Jika disinggung tentang Arab saudi, pasti ga jauh pikirannya dari orang arab, padang pasir, panas dan tentunya mekkah dan madinah. Padahal arab saudi lebih luas lingkupnya dari itu semua. Ada banyak hal2 yang baru saya temui setelah datang langsung kesini. Insyaa Allah kawan2 suatu saat bisa merasakannya.
Hal pertama dalam mencari beasiswa yang paling penting utk diperhatikan adalah lurusnya niat kita. Kenapa ? Untuk apa ? Tujuan kedepan sperti apa ? Point2 ini yg harus menjadi prtanyaan besar kita utk menempuh perjuangan terjalnya pencarian beasiswa.
Kalau saya dulu sih niatnya ingin mengangkat kebodohan diri dan keluarga minimalnya. Dan mengangkat derajat diri dan keluarga dengan ilmu yg kita amalkan dan kita ajarkan.
So luruskan niat kita yaa sbelum berjuang..

Silahkan dibaca dulu ya temen-temen

Waaahh keren kak sebelumnya sempet di LIPIA😃👏🏻👏🏻👏🏻👏🏻
Oiya, niat juga itu termasuk hal yang terpenting ya kak??
Bagaimana nih kak kalo misalkan niatnya melenceng kak?
Menurut pendapat kakak, Silahkan kak @Ihsan Muhammad 😊

Niat itu penting bgt. Bukankah Niat yg bakal menjadi pondasi awal kita melakukan sesuatu ? Dalam islam itu sebanyak apapun amalan tapi belum ikhlas maka berakhir sia-sia bukan ?
Pun dalam pencarian beasiswa, biasanya klo bener2 tulus dg tujuan menghilangkan kebodohan, meringankan beban orang tua dan mudah2an bisa bermanfaat banyak, insyaa Allah bakal Allah tolong 😊. 
Niat yg musti kita jaga terus menerus jangan sampai melenceng dari tujuan awal.

Niat itu penting bgt. Bukankah Niat yg bakal menjadi pondasi awal kita melakukan sesuatu ? Dalam islam itu sebanyak apapun amalan tapi belum ikhlas maka berakhir sia-sia bukan ?

Pun dalam pencarian beasiswa, biasanya klo bener2 tulus dg tujuan menghilangkan kebodohan, meringankan beban orang tua dan mudah2an bisa bermanfaat banyak, insyaa Allah bakal Allah tolong 😊. 
Niat yg musti kita jaga terus menerus jangan sampai melenceng dari tujuan awal.

Aamiin allahumma aamii ..
Masha allah berarti bener2 harus luruskan niat ya kak..

Nah, untuk syarat dan ketentuan masuk UIM itu apa saja kak yg perlu dipersiapkan?

Persyaratan Umum:
1.    Beragama Islam dan berkelakuan baik.
2.    Komitmen mentaati aturan UIM.
3.    Sehat jasmani.
4.    Lulus ujian atau muqabalah yang dilakukan pihak UIM.
5.    Memiliki ijazah dari sekolah negeri atau swasta.
6.    Siap belajar sepenuhnya.
7.    Memenuhi setiap persyaratan yang mungkin ditentukan UIM saat mengajukan permohonan beasiswa.


Persyaratan masuk program S1:
1.    Memiliki ijazah SMA atau sederajat.
2.    Usia ijazah tidak lebih dari 5 tahun.
3.    Tidak pernah drop out (DO) dari universitas lain di Saudi karena sebab akademis atau hukuman.
4.    Usia pemohon beasiswa tidak lebih dari 25 tahun.
5.    Peminat Fakultas Quran harus memiliki hafalan 30 juz.


Berkas yang diperlukan:
1.    Ijazah.
2.    Daftar nilai ijazah / rapor tahun terakhir (Transkrip nilai yg belakang ijazah)
3.    Syahadah husn sirah wa suluk (surat keterangan berkelakuan baik), diutamakan dari sekolah asal. SKCK dari kepolisian juga bisa dipakai. Mau dari polsek, polres polda silakan
4.    Akte kelahiran dari instansi terkait.
5.    Surat keterangan sehat dari penyakit menular, dikeluarkan oleh instansi resmi. (Utk pendaftaran pertama bisa dari puskesmas atau dokter terdekat)
6.    6 lembar pasfoto ukuran 4 x 6.
7.    Tazkiyah (rekomendasi) dari dari 1 lembaga keislaman di negara asal, atau dari 2 tokoh agama yang dikenal (bisa juga dari pimpinan pondok pesantren) , berisi keterangan komitmen menjalankan kewajiban agama dan berpegang kepada adab-adab Islam. Rekomendasi juga bisa didapat dari Kementrian Agama ataupun kepala pemerintahan daerah asal.
8. Semua berkas diterjemahkan melalui penerjemah resmi.

adi dokumen intinya itu sebetulnya ada 5,

1. Ijazah SMA
2. Transkrip nilai
3. SKCK Kepolisian
4. Surat keterangan sehat
5. Surat rekomendasi dari lembaga atau tokoh.

Semua Berkas ini diterjemahkan ke bhs arab melalui penerjemah tersumpah. Klo sudah langsung di scan jadi jpg utk kemudian di upload di web UIM

Bisa dibaca dulu ya temen2😊 Nah, untuk webnya itu apa kak?
endaftar online

1. Silahkan menuju ke situs pendaftaran UIM :
http://admission.iu.edu.sa

2. Kemudian pilih “Bahasa Indonesia" untuk menu pendaftaran dan panduan dengan bahasa Indonesia.

3. Upload berkas berkas yang diminta.

4. Data dan berkas yang diupload masih bisa dirubah dalam waktu yang ditentukan.

Setelah mendaftar secara online pendaftar akan mendapatkan formulir yang harus di print dan diserahkan kepada penguji saat  tes muqobalah (wawancara).

*Di formulir tertulis NOMOR PENDAFTARAN masing masing pendaftar, simpan baik baik. Catat di HP, laptop atau dimanapun karena akan berguna pada saat pengumuman.

Nah, penting sekali teman2 untuk mencatat dan menyimpan baik2 semua berkas dan pendaftarannya😀 Nah, untuk tahapan seleksi nya itu bagaimana kak?
Ada berapa tahap?

Seleksinya hanya ada 2 tahap :

1. Pendaftaran Online

2. Wawancara

Untuk wawancara sendiri tidak semua kampus di saudi memberlakukannya. Ada yang cukup upload berkas online saja. Setelah upload tinggal nunggu pengumuman kelulusan yang biasanya 1 tahun lamanya, bahkan bisa lebih hehe.. kudu sabar temen2.. sya sendiri daftar online 2015 baru dapat pngumumannya 2017. 
Selang waktu itu bisa digunakan utk upgrade diri.

Untuk UIM sendiri, sebetulnya utk tahun ini dan kedepan, cukup hanya daftar online saja. Adapun bagi yg ingin ikut test wawancara, maka silakan datang langsung ke kampus sambil ibadah umroh hehe. Semoga Allah undang kawan2 bisa umroh dn haji yaa

Aamiin allahumma aamiin.. Wah masha allah sekali kak😀

Berarti bisa 2 tahun bahkan lebih ya kak nunggunya.. Dan untuk wawancara hanya dilaksanakan di kampus UIM saja kak?
2 tahun lalu masih bisa dilakukan di indonesia, hanya utk tahun ini dan selanjutnya seperti sudah tidak ada wawancara di indo. Hanya di kampus saja. 

Kabar baiknya, daftar online saja sebtulnya sudah cukup. Banyak yg lulus tapi tidak ikut wawancara

Oooh. Oke kak terimakasih atas penjelasannya😊 Baik, skrng kita masuk sesi tanya jawab ya kak

1. Apkh syarat mutlak masuk UIM hrs bs bhs arab + hafidz Qur'an? kmudian apkh semua biaya pendidikan di gratiskan dan di uim itu jurusanny ap sj kak?
2. Indah Latifa_Universitas Negeri Padang 
Pertanyaan :
 Dilihat dri aspek apa saja kak jkalau ingin kuliah di madinah? Apakah skill berbahasa arab sangat diprioritaskan kak? Bagaimana dengan bberapa orng yg ingn bersekolah disana namun mereka terkendala dlm berbahasa kak?
3. Putri Sukma A-Indramayu, Jawa Barat-SMAN 1 Kandanghaur
Pertanyaan: Terdapt fakultas apa saja yang ada di UIM untuk jenjang S1 dan S2, dan apakah di UIM menggunakan B. Arab semua? Tidak ada fakultas khusus yang menggunakan b.inggris? 
4. Wella Aulia Putri_Padang_Universitas Negeri Padang_
1) Untuk kuliah abroad terkhusus di arab apakah ada ketentuan seperti Toefl/IELTS? Apakah selama belajar menggunakan bahasa Arab atau English? Kalau iya bahasa Arab, adakah pembekalan bahasa terlebih dahulu atau memang dituntut untuk pandai bahasa Arab sebelum mendaftar?
2) Setelah lulus study di Arab, apakah ada ketentuan kerja dari pemerintahan arab selaku pemberi beasiswa?
3) trips dan trik bisa belajar di Arab melalui jalur beasiswa

Silahkan dijawab kak😊
Jawab no 1 dulu ya
Tidak ada ketentuan harus hafal quran sekian, kecuali tujuannya memang fakultas alquran maka wajib hafal quran 30 juz mutqin.

- bagi yang belum bisa bahasa arab, jika lulus nanti maka diberi kesempatan untuk masuk kelas persiapan bahasa dahulu selama 2 tahun maksimalnya.

Banyak kawan lulusan SMA negeri atau smk atau paket itu lulus dan belum bisa bhs arab sama sekali.

Kriteria kelulusan yg ditentukan pihak kampus smpai sekarang masih menjadi misteri, kamipun mahasiswa disini ga tau knp bisa lulus. Tentunya setelah takdir Allah yg mendahului.
Jadi ttp semangat dan stay positive

Beasiswa pemerintah saudi itu fully funded, artinya kita ga ngeluarin biaya sedikitpun kecuali ketika pemberkasan
Fasilitas :

Fasilitas beasiswa pemerintah arab saudi ini masya Allah cukup terbilang mahal jika diuangkan. Terima kasih raja salman..

Jika kawan2 ditakdirkan lulus insyaa Allah maka fasilitasnya yg didapatkan:

1. Tiket keberangkatan 
2. Visa pelajar di saudi
3. Asrama beserta perlengkapannya (kasur,bantal,selimut, meja belajar, lemari baju dll)
4. Uang saku perbulan 

* S1 : 840 Riyal ( 3 jtan)
* S2 : 900-1200 riyal setiap univ berbeda
* S3 : 900-1500 setiap univ berbeda

5. Tiket kepulangan PP tiap tahunnya, biasanya awal ramadan sudah boleh pulang sampai bulan haji.
6. Subsidi Makan 3 kali sehari di kantin 
7. Uang ganti beli buku 1000 SAR tiap 2 semester
8. Hadiah jika cumlaude 2 semester 1000 SAR
9. Kegiatan Belajar gratis 
10. Setiap hari bisa pergi ke masjid nabawi jika di madinah
11. Gratis biaya kesehatan

Jawab soal no 3.

Untuk jurusan agama itu full bhs arab, utk jurusan umum itu menggunakan bhs inggris tetapi terkadang dicampur dg bhs arab juga.

Bagi peminat jurusan umum, sbelum kuliah diwajibkan dulu masuk kelas preparation year 1 tahun lamanya. Nnti semua dipelajari, mulai MTK, english, fisika atau kimia

Jawaban soalan 4.

1). Toefl/IELTS itu dibutuhkan tetapi sebagai pelengkap saja tidak primer. Tetapi tergantung jurusan nanti yang dipilih. Insyaa Allah nnti ada persiapan bhs arab dulu 1-2 th lamanya bagi yg belum bisa
4. 

2). Tidak ada ikatan dinas/ketentuan kerja apapun dari pemerintah saudi ketika lulus

Tips mendapatkan beasiswa ini ?

Sejujurnya tidak ada tips khusus untuk dapat beasiswa di saudi, terutama jika minatnya di jurusan agama.
Hanya ada bbrp hal yang paling bisa membantu dalam penyeleksian nanti,
Misal jumlah hafalan Quran. Semakin banyak semakin bagus, walau tidak ada batas minimalnya ketika mendaftar harus berapa juz.
Kedua yang paling penting adalah bahasa arab, kuasai bahasa arab.. minimal bisa menjawab apa yg ditanyakan syaikh ketika wawancara nanti. Karena sehari2 nnti kita mnggunakan bhs arab.

Jika minatnya jurusan umum, maka pihak kampus biasanya melihat dari transkrip nilai, dan kemampuan bahasa inggris

Selebihnya bener2 berada dalam luar kekuasaan kita. Jika sudah rezeki insyaa Allah dapat. Perbanyak doa, minta didoakan dan mendoakan orang lain

Pertanyaan yg terakhir nih kak..

1. Mariyah Al Qibtiyah_ Sragen_PP Miftahul Huda_ Apakah untuk melanjutkan studi di luar negeri diharuskan untuk bersama dengan mahram?
2. Apakah daftar ke Universitas di saudi bisa jika ijazahnya paket C?
3. Izza_jawa tengah_UMM_
"Kalau setelah s1 di indo, apakah bisa s1 lagi di UIM? Dan berapa maksimal umur untuk kuliah s1 di UIM"
4. Apakah ada beasiswa bagi S2 juga di UIM?

1. Pendaftar perempuan 

Khusus UIM sendiri tidak menerima pendaftar perempuan karena UIM memang khusus utk laki2. 

Tetapi masih banyak kampus lain di saudi yg menerima pendaftar perempuan dengan syarat harus ada mahram.

Hal ini yang masih sangat disayangkan, bahwa pendaftar perempuan baru dibolehkan daftar jika mempunyai mahram yang juga tinggal di saudi (mempunyai izin tinggal/resident) baik itu mahasiswa dsb.

Maksud Mahram disini seperti suami, orang tua, kaka/ade dsb.

Tapi ada kampus yg tidak mmberikan persyaratan mahram, salah satunya yg saya tau adalah kampus KAUST (King Abdullah University for Scince and Technology) Jeddah.
Hanya saja kampus ini menerima mahasiswa untuk jenjang S2,S3 dan research ilmiyah saja. Tidak menerima S1.

Kalau sudah punya mahram insyaa Allah sangat mudah utk bisa belajar disana.

Saran saya adalah jika tidak adanya mahram di saudi, maka silakan lanjutkan kuliah dimana saja, baik itu dalam negeri atau luar negeri. Kemudian daftar S2 di KAUST 👆😊. Semoga Allah mudahkan yaa insya Allah
2. Paket C bisa ko, banyak kawan yg lulus dari paket C. Sma, MA, SMK, Paket C dan pondok insyaa Allah diterima
3. Bisa S1 lagi di uim, bbrp kawan ada yg lagi S1 terus keterima, malah sudah S2 di indo tetapi baru ada pngumuman kelulusan di UIM. Akhirnya setelah tesis selesai mereka brngkat

4. Ada beasiswa utk S2 & S3 tetapi khusus utk yang S1 nya di UIM jga.

Kecuali di kampus lain seperti ummul quro mekkah, king abdul aziz jeddah, king saud univ riyadh dll. Itu menerima S2/S3 dari yg S1 nya dimanapun termasuk Indonesia.

Wahhh🤩 alhamdulillah sudah terjawab semua pertanyaannya.. Terimakasih kak atas penjelasannya.. Semoga terjawab ya temen2😊 jangan lupa dibintangi pesannya.. Plus dibaca dgn teliti ya temen2 info yg sudah diberikan oleh kak ihsan😊

dwal pendaftaran 

Madinah : Web utk pendaftaran online di UIM Madinah terbuka sepanjang tahun. Artinya kapanpun kawan2 daftar itu bisa. 
Riyadh & Jeddah : kira2 desember sd akhir februari

Dan kadang juga tidak beraturan dibukanya. Saya harap temen2 aktif untuk terus kepoin akun2 beasiswa terutama yg afiliasinya saudi.

Seperti :
1. Instagram
* @ppmisaudi
* @ppmimadinah
* @ppmijeddah
* @ppmimekkah
* @santrinabawinew
* @raidah.ppmisaudi
* @timteng.id

2. Web
* www.ppmimadinah.org
* www.santrinabawi.com

Atau akun2 mahasiswa yang memang aktif re-share info2 beasiswa.


Note : Pengumuman kelulusan biasanya 1 tahun setelah pendaftaran bahkan bisa lebih. Saya sendiri daftar 2015 baru diumumkannya 2017. Harus ekstra sabar hehe...

khtiar kita mencari beasiswa semata untuk membentuk pribadi menjadi lebih dewasa dan mandiri. Setelah niat yang diluruskan, ikhtiar yang dimaksimalkan, sayup2 doa yang tak pernah lekang dipanjatkan, sudah semestinya menyerahkan segala takdir kepada pemiliknya, Allah tuhan kita.

Dimanapun kawan2 nanti menuntut ilmu itu sama saja jika tidak punya tujuan akhir. Sebaliknya klo temen2 punya goal, tujuan yg dicapai, dimanapun kawan2 nnti belajar akan punya gambaran dari setiap rangkaian berproses menuju tingkatan pembelajaran.
Jadi tentukan dulu tujuannya yaa, 1 tahun kedepan, 5 th kedepan, 10 hingga 20 th kedepan itu mau apa yang dibuat utk diri dan masyarakat. Dengan begitu insyaa Allah akan lebih mudah.

Tetap semangat, insyaa Allah sya pribadi sangat terbuka jika ada yg perlu bantuan terkait beasiswa saudi.
Mohon maaf jika banyak kesalahan dan ketidaksempurnaan yaa temen2 😊.

Masha allah🥺🤩 tetap semangat semuanya.. Terimakasih atas penjelasan dan kesedihan nya kak @Ihsan Muhammad .. Semoga apa yg kk amalkan bisa menjadi pahala dan barakah dalam ilmu dan segala urusannya.. Aamiin

Terima kasih juga kepada temen2 yg sudah berpartisipasi dalam acara ini
Saya selaku moderator mohon undur diri dan mohon maaf atas kesalahan
Sebelumnya, ini ada sertifikat bagi temen2 semua


Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...