Skip to main content
NOTULENSI ICCR SCHOLARSHIP
Assalamualaikum teman - teman. Selamat malam, semoga kalian sehat selalu. Kenalin aku Afifah  sebagai moderator seminar ini. Oh ya sebelum aku masukin kak Rahma ke Grup, aku kirim CV nya dulu ya. Silahkan dibaca dulu.Untuk Ketua Pelaksana dan Notulen bisa memperkenalkan diri dulu
Assalamualaikum kak @Rahma S Selamat datang dan selamat malam, untuk kak @Rahma S Silahkan perkenalkan diri ke teman teman ya kak
Wa'alaikumussalam. Terima kasih atas waktunya @Afifah
Perkenalkan nama saya Siti Fathurrohmah. Temen2 bs cukup panggil saya Rahma
Saya asli Jogja. Saat ini sedang kuliah jurusan Bsc Microbiology, genetics, and Chemistry di Osmania University
InsyaAllah ini semester akhir saya, dan bulan April saya akan selesai menempuh pendidikan disini
Itu saja perkenalan singkat dr saya
SESI PEMAPARAN MATERI
Hai kak Rahma, wah sudah akhir semester, semangat untuk mengerjakan tugas tugas akhir nya kak oh iya kak Rahma, beasiswa yang kakak dapet itu beasiswa apa kak? Boleh dijelasin ketemen - temen dong.. ☺
Iya nih. Ini lagi masa2 ujian akhir. Aamiin. Terima kasih. Dulu Alhamdulillah dapat beasiswa dari pemerintah India, dari lembaga namanya Indian Council for Cultural Relation (ICCR). Itu adalah badan pemerintahan dibawah Ministry of External Affair, atau kalau di Indonesia seperti kemlu nya. Beasiswanya cukup simpel krn prosedurnya gak berbelit-belit
ICCR memberikan beasiswa untuk jenjang S1, S2, S3, dan postdoc
Fasilitas Beasiswa ICCR, antara lain :
a. Biaya Hidup Bulanan (Living Allowance)
S1 (Rs 18,000), S2 (Rs 20,000), S3 (Rs 22,000), Postdoc (Rs 25,000), dan 1 rupees = 200 rupiah
b. Uang Kuliah/SPP
c. Uang Sewa Rumah
d. Uang Buku (Contingent Grant)
e. Biaya Penelitian atau Projek
f. Biaya Kesehatan (Medical Benefit)
g. Visa Belajar
h. ICCR Winter and Summer Trips
Jadi uang saku bulanan sekitar 3,6 juta sampai 5 juta Rupiah, nominal tersebut sangat cukup banget untuk biaya hidup bulanan, bahkan bisa nabung.
Untuk prosedurnya juga mudah banget, cukup buat akun di  http://a2ascholarships.iccr.gov.in/ lalu isi data-data dan upload berkas-berkas yg diminta.
Berkas yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut :
1. Foto ukuran 3.5x4.5 cm backgroud warna putih (untuk di upload di formulir)
2. Marksheet ijazah SMA
3. Marksheet pendidikan sebelumnya (jika mendaftar S2 maka sertakan markseet S1)
4. Physical Fitness yang diisi dan ditanda tangani oleh dokter (format disediakan)
5. Surat rekomendasi dari sekolah atau kampus
6. Sinopsis bagi pendaftar S3
7. TOEFL / IELTS
ICCR ini memeberikan beasiswa untuk semua jurusan, kecuali kedokteran, keperawatan, dan kedokteran gigi
Setelah submit berkas online, biasanya akan ada tes bahasa inggris di Kedutaan India di Jakarta, atau Konjen India di Medan atau Bali. Tapi tiap angkatan beda-beda. Ada yg pake tes bahasa inggris ada juga yg gak ada. Pengumuman biasanya sekitar bulan juni-agustus tergantung kampus tujuan kita, dan biasanya kita akan dihubungi via email atau telfon.
Oiya saat ini beasiswa ICCR sedang dibuka dan deadline nya sampai tanggal 31 Maret 2018. InsyaAllah masih cukup banget waktunya untuk persiapan, itu saja sneak peek terkait ICCR.
Wahh gimana teman teman, sudah jelas banget kan tentang beasiswa ICCR nya, nah bagi teman teman yang pengen banget dapet beasiswa ICCR ini bisa langsung daftar melalui link http://a2ascholarships.iccr.gov.in/ dan pahami juga berkas berkas yang dibutuhkan..
Kak Rahma, boleh dong share ke temen temen Tips biar lolos beasiswa ICCR dan apa alasan kak Rahma milih jurusan Bsc Microbiology, genetics, and Chemistry di Osmania Univesrsity ?
Tips nya simpel banget sebenernya, persiapkan berkas sebaik mungkin. Berkas yg masih bahasa indonesia harus diterjemahkan dalam bahasa inggris agar mereka bisa menilai berkas kita. Kalau ada sertifikat kejuaraan bisa dilampirkan, kalau gak  juga gapapa sebenernya. Kalau menurut saya, survive dengan sistem pendidikan disini jauh lebih berat daripada biar lolosnya.
Saya sejak SMA senang dengan biologi dan memang ingin belajar sains murni. Kebetulan di osmania sistem jurusannya pake sistem kombinasi, misal jurusan saya kombinasi antara Microbiology, genetics, and chemistry; Ada juga kombinasi biotechnology, genetics, and chemistry ; Atau biochemistry, microbiology, and chemistry.
Sistem kombinasi ini sangat menguntungkan bagi kita karena di era interdisipliner sekarang kita gak bisa kalau hanya belajar satu rumpun ilmu, namun harus ditunjang dengan ilmu-ilmu dari rumpun lain yg berkaitan.
Wahh, itu ya teman - teman. Oh ya, hidup di negara India rasanya gimana kak? Suka dukanya disana? Bagaimana keamanan di negara India? Terutama untuk mahasiswa mahasiswa perempuan.
Kalau dukanya gak bisa makan makanan indonesia, seperti : bakso, mie ayam, tempe, indomie, dll. Apalagi disni sapi gak boleh disembelih, lalu disini juga 4 musim, summer, winter, spring, dan monsoon. Saat summer suhunya bs mencapai 43 - 45 derajat, nah itu pas puasa. Ini skrg musim nya lg otw ke summer, Winter ini bervariasi. Klo di india utara ada salju, di delhi paling rendah 2 derajat, semakin ke selatan winter paling rendah 10 derajat. Kalau sukanya lebih banyak disini. Kita bisa belajar kebudayaan india yg sebelumnya cuma bisa kita lihat di film. Selain itu india juga sangat support bagi mereka para penuntut ilmu, misalnya disini biaya pendidikan sangat murah, misal s2 di JNU, Delhi itu pertahun nya hanya 200 dollar atau sekitar 2.5 juta rupiah. Kalau kita masuk disana melalui ujian masuk, itu lebih murah lagi, per tahun hanya 40 ribu rupiah. Nominal yang sangat mustahil untuk kuliah S2 di kampus negeri
Disini juga termasuk surganya para pecinta buku. Buku dsni juga murah2 bgt dan dsni ga ada buku bajakan krn yg asli udh murah, buku-buku terbitan indian publisher sampe international publisher seperti oxford press, Cambridge, elsavier, dll itu sangat murah. Saya beli buku kuliah terbitan McGraw Hill hanya 120rb, itu buku asli berhologram, dan tebalnya sampe 800an halaman dan free ongkir pula
Ini kurir yg td nelfon saya juga saya order buku The Origin of Species, itu buku karangan Charles Darwin yg nulis teori evolusi, kebetulan saya dpt diskon jd cuma 40ribu rupiah saja dan ongkir gratis
Karena disini semua sudah berbahasa inggris, dan bahasa resmi india adalah bhs inggris jadi ya sangat mudah kalau mau cari buku-buku disini, disini makanan juga cenderung lebih murah atau sama dengan Jogja, kecuali biaya kos agak lebih mahal.
India dlu bekas jajahan Inggris jd wajar kl bahasa resmi mereka bhs inggris dan ga heran kl mereka dr kecil bhs inggris nya udh cas cis cus. Saya pernah agak minder pas ada acara school visit di salah satu SMA dsni. Mereka msh kelas 11 12 tp bhs inggrisnya keren bgt Tergantung kotanya. Kalau di delhi yg notabennya metropolitan per bulan sekitar 1.2 juta
Selain metropolitan cenderung lebih murah, Itu 1.2 juta dpt 1 kamar, kamar mandi dalam dan dapur. Alasan saya dulu daftar beasiswa jg krn pas SMA bhs inggris saya msh pas2an kok. Bhs inggris pas-pasan tapi ambisi kuliah di luar negeri nya gede, jadi agak ciut juga karena sadar diri sama kemampuan. Tapi Alhamdulillah siapa yg ada kemauan keras dan usaha pasti Tuhan tunjukkan jalan. Saya kuliah dsni bukan hanya utk belajar sains nya tapi juga mengasah bhs inggris untuk bekal s2 nnti di eropa aamiin, Jadi kuliah dsni buat saya semacam untuk batu loncatan
Nah ni baca ya, siapa aja yang mau berusaha insyaallah dapet tuh impian yang di impiin.. yang penting Doa dan Berusaha teman teman…Nah yang mau mengasah bahasa inggrisnya bisa nih main main ke india ga perlu jauh jauh dulu ke Amerika ๐Ÿ˜… wah semoga lancar untuk melanjutkan S2 nya di Eropa kak ๐Ÿค—
Nah sekarang kita masuk ke sesi pertanyaan ya, kalau ada yang oengen ditanyain bisa langsung CP ke aku ya ๐Ÿค—
Aamiin Ya Rabb. Makasih
Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan :
1.Kak,  apakah untuk mendapatkan beasiswa ICCR ini kita membutuhkan sertif toelf atau ielts? Jika iya,  berapa ya kak minim scorenya?  Apakah sama spt beasiswa pada umumnya yaitu kurang lebih 500. Kemudian,  tunjangan apa saja yg diberikan oleh beasiswa ini selama kita kuliah? Berapa Kisaran uang saku yang diberikan per-bulan?  Yang terakhir,  apakah selama menjalankan kuliah,  kita diberikan izin untuk bekerja part time?  Terima kasih.
2. Qualified penilaian itu apa saja? Dan saya kan apply tahun ini. Ada form a question: any other information? Nah saya harus isi apa?
3. Cara terjemahan bagaimana apakah harus d legalisir/ stempel kalau udah d translate
4. Bahasa inggris itu diwajibkan banget ya? Apa ada pelatihan bahasa india?
Silahkan dijawab ya kak ๐Ÿค— untuk pertanyaan lainnya nanti di sesi ke 2 ya teman -teman ๐Ÿค—
Ini mostly udh saya sampaikan di awal ya. Bisa scroll diatas. Saya jawab yg belum saya sampaikan. Untuk toefl paling tdk memang 500. Tp sbenernya itu bukan standar absolut nya jg krn pas saya daftar toefl saya cm 498, kurang 2 poin. Sempet stress juga udh bayar mahal tp skor cm segitu, jd makin sadar diri sm kemampuan bhs inggris yg msh pas2an. Tp saya waktu itu ttep bertekat kl bukan iccr sendiri yg nolak saya, saya ga akan mundur. Dan Alhamdulillah rezeki memang ga tertukar
Saat studi kita akan mendapatkan student visa. Pemegang student visa dilarang bekerja
Saran saya lbh baik belajar aja dirumah ga ush kerja. Krn fasilitas dr iccr sudah turah2. Dan kita cm tinggal belajar yg rajin dan lulus dng bekal nilai, pengalaman, dan ilmu yg memadai
Fokus utk belajar saja krn sistem pendidikan dsni beda skali dng di indo
Klo ga ada informasi lain yg perlu dituliskan bs dikosongkan aja. Iccr tdk mematok secara jelas kualifikasinya apa. Makanya td saya jg bingung saat ditanya tips biar lolos. Krn saya pun jg ga tau knp bs lolos. Dan teman2 yg dpt beasiswa dsni juga mayoritas mahasiswa yg yg lolos jg biasa2 aja, bukan yg ipk selalu cumlaude atau yg aktif organisasi
Jd klo saran saya persiapkan sebaik mungkin apa yg bs dipersiapkan, seperti berkas dll, yg sudah saya sampaikan diatas. Dan bnyak2 berdoa. Rezeki gak akan ketukar kok ๐Ÿ˜‡
Klo ijazah hrs terjemah tersumpah di lembaga penerjemah. Klo selain ijazah bs terjemah sendiri atau minta tolong org yg pinter bhs inggris dan harus bener
Bahasa inggris hukumnya wajib ain. Gak bisa ditawar2. Dan ga bs diganti pakai bahasa apapun, bahkan bahasa india sekalipun
Mkanya td saya bilang, bisa bertahan di india itu jauh lbh berat dr pada seleksinya, krn sistem pendidikan yg menuntut kita harus aktif dng kemampuan bahasa kita.
Jadi bhs inggris itu sangat sangar krusial. Selain jd salah satu persyaratan beasiswa, itu juga jd salah satu aspek dalam beradaptasi dan belajar
Sekian ๐Ÿ˜‡
Oya saya ksh sneak peek nya sistem ujian dsni ya, berhubung skrg saya juga lg demam ujian
 Dsni ujian juga sistem nya semesteran. Ada UTS dan UAS. Nah ujian dsni, di semua kampus, ujiannya pakai esai terutama UAS nya.
Dan esai nya ga cm 2 atau 3 lembar tp bs berpuluh2 halaman
Misalnya kalau saya ujian mata kuliah kimia kmrn saya nulia bisa sampe 26 halaman
Satu mata kuliah rata2 saya nulis minimal 25 halaman. Waktu yg diberikan adalah 3 jam non stop, dikerjakan ditempat, dan ga boleh buka buku
Saya semester ini ada 8 mata kuliah teori dan 6 mata kuliah praktek. Jd bs dibayangkan betapa borosnya bolpen saya saat ujian kl satu mata kuliah saya nulis smpe 25 halaman ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜ญ
Jadi klo udh kuliah dsni ga bisa kita pake sistem kebut semalam. Persiapan plg gak 1 bulan klo persiapannya santai, dan 2 minggu klo ngebut
Klo ujian praktek kita ujiannya di lab
Dan kuliah dsni itu full day. Saya kuliah senin smpe sabtu dr jam 9 smpe jam 5 sore. Dan itu bener2 full day ga bs pulang sebelum jam 5
Itu knp td saya bilang fokus belajar aja ga ush kerja kalau udh dpt beasiswa
Wahh di India memang sangat mementingkan pendidikan ya ๐Ÿ˜„ Oke terimakasih untuk jawabannya kak, kita buka sesi ke 2 ya kak ๐Ÿค—
1. saya mau tanya kira" di India universitas mana yg menyediakan jurusan konseling atau psikologi terus kelebihan untuk menempuh pendidikan di India itu apa ? Dan apakah universitas" di India kualitasnya sama seperti universitas" di Eropa ??
 2. Bismillah…Kak maaf, apakah untuk kuota penerimaan beasiswa selalu sama tiap tahunnya? Karena yang saya tahu selama ini ICCR hanya menyediakan 22 kuota se-Indonesia. Terima kasih
3. Biaya 40K untuk S2 di india itu biasanya kampus apa aja kak dan utk jurusan apa aja? Apa 40k itu UKT minimal atau masih ada yg lebih rendah dari itu kak?
4. Apakah disana ada jurusan ke islaman? Dan apa saja perguruam tinggi disana yang menawarkan studi di bidang kependidikan kak?
Bisa ke Delhi University, University of Mysore, atau Jamia Milia Islamia. Kebetulan ada mhs indo ambil psikologi juga dsana.
India adalah negara berkembang, sama seperti Indonesia. Salah satu poin plus india adalah kualitas pendidikannya. Jd saya rasa kurang pas kalau membandingan negara berkembang dng negara maju.
Iya kuota rata2 20an pertahun
Itu referensi saya dapatkan dr mahasiswa India yg kuliah di Jawaharlal Nehru University. Dan utk bs masuk ke kampus itu dng biaya yg murah, kita harus masuk melalui jalur reguler, bukan jalur beasiswa seperti iccr atau jalur sebagai mahasiswa asing, Jalur reguler itu mksudnya kita hrus mengikuti ujian masuk layaknya SBMPTN
Dan jalur reguler itu ga mudah. Krn kita harus bersaing dng org2 india yg notabennya pada gila belajar
Klo blm nonton film 3 idiots bisa coba ditonton, itu cocok sekali dng kondisi mahasiwa dsni
Ada banyak. Dan banyak mhs indo dsni yg pd ambil jurusan Islamic Studies
Klo keislaman bs di Aligarh Muslim University, Osmania University atau Jamia Milia Islamia
Nah itu tadi pertanyaan pertanyaan dari temen temen sudah terjawab oleh kak Rahma, dan pertanyaan dari temen temen yang belum terjawab jangan berkecil hati ๐Ÿค— terimaksih untuk kak Rahma atas jawabannya, Sesi pertanyaan saya tutup. Untuk kak Rahma silahkan berikan kesimpulan dari seminar ini kak ๐Ÿค—
Kesimpulannya segera persiapan berkas2 yg dibutuhkan dan submit aplikasi kalian sebelum tgl 31 Maret. Maksimalkan usaha dan perbanyak berdoa. Rezeki sudah ada jatahnya sendiri dan rezeki ga akan tertukar.
Buat teman2 yg msh penasaran tentang kehidupan saya selama di India, atau yg mhs ada pertanyaan tp blm terjawab, teman2 bs coba nengok blog saya. Saya bikin blog khusus utk sharing cerita kehidupan di india dan seputar beasiswa iccr www.pasporkuliah.com dan buat teman2 yg baru tau klo india ada saljunya bisa coba nengok juga di IG saya di @rahma.fs
Saya rutin bikin story FAQ seputar ICCR dan saya kumpulkan dalam satu highlight di ig dng harapan semakin mempermudah teman2 dalam mencari informasi dan menggali manfaatnya
Sekian dan terima kasih๐Ÿ˜‡๐Ÿ™๐Ÿป
Wah yuk kepoin ig nya kak rahma langsung ๐Ÿ˜„
Oke terimakasih teman teman yang sudah berpartisipasi di seminar kita hari ini terimakasih juga buat kak Rahma yang sudaj meluangkan waktu nya hari ini, semoga kalian semua sukses terus dan gaboleh nyerah ๐Ÿค— buat kak Rahma semangat belajarnyaa di sana ๐Ÿค— dan untuk temen temen yang sedang UTBK Semangat yaa ๐Ÿ’ช๐Ÿป kalian bisa ❤ sekiranya sampai sini saja seminar hari ini, mohan maaf bila ada kata kata yang tidak mengenakkan.. Selamat malam, Wassalamualaikum Wr.Wb ๐Ÿค—

Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaลŸlar (halo temen temen) Nasฤฑlsฤฑnฤฑz? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...