Oleh : Risty khoirunnisa
Assalamualaikum, selamat malam,
gimana kabar teman-teman semua?
Semoga senantiasa baik Yaa.
Perkenalkan, saya Ara yg akan memoderatori diskusi online how to
get stipendium hungaricum pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kan?Oke. Waktu sudah menunjukkan pukul
19.00 lebih sedikit, langsung saja kita undang pembicara kita malam ini, kak
Risty khoirunnisa
Selamat bergabung dengan kami kak Risty :) Apa kabar kak? Sebelum memulai seminar,
silahkan perkenalan diri dulu kak.. Kan katanya pepatah tak kenal maka tak
sayang :-)
Oh iyaa nih, ditunggu sebentar Yaa gaes, kak Risty nya izin sebentar
untuk sholat, jadi tunggu sebentar yay :)
Halo semuanya, Selamat Malam waktu Indonesia :) Perkenalkan nama
saya Risty Khoirunisa, Alumni S1 Geodesi UNDIP Angkatan 2011 sekarang sedang
menempuh studi Magister of Geography - Landscape and Enviromental Management di
University of Szeged, Hongaria
Waaahh, salam kenal kak Risty :)
Berhubung kak Risty sudah memperkenalkan diri, kita mulai diskusi
online malam ini yaa teman-teman :)
Kita mulai dari pertanyaan pertama ya kak :)
Di Hungaria ini beasiswa apa yang kak Risty dapatkan dan apa saja persyaratannya kak ?
Saya mendapatkan beasiswa Stipendium Hungaricum di tahun 2018
kemarin. Beasiswa ini dari Pemerintah Hungaria untuk Indonesia, bentuk kerjasama
mereka dengan indonesia. Awardeenya akan mendapat living allowance, akomodasi
atau uang pengganti akomodasi dan asuransi kesehatan selama perkuliahan di
Hongaria. Persyaratannya kurang lebih sama seperti beasiswa pada umumnya, yaitu
Sertifikat Bahasa Inggris Level B2, Ijazah, Transkrip, Medical Certificate, dan
Motivation Letter. Reference Letter tidak wajib untuk pendaftaran beasiswa
untuk Magister, namun wajib untuk jenjang Doktoral.
Waaahh banyak juga ya kak cakupan beasiswa nyaa 😍
Naahh, untuk jadwal pendaftaran itu biasanya kapan kak ? Dan web
pendaftaran, atau prosedur pendaftarannya gimana kak ?
Untuk Tahun 2018/2019, pendaftarannya mulai dari 15 Desember 2017 s/d 16 Februari 2018. Untuk
Tahun 2019/2020, 15 Desember 2018 s/d 16 Januari 2019, mungkin tahun 2020 akan
dimulai di Desember 2019 juga.
Web untuk pendaftaran beasiswa nya adalah sebagai berikut :
https://apply.stipendiumhungaricum.hu/
For further information, bias dilihat di link di bawah ini :
http://www.studyinhungary.hu/study-in-hungary/menu/stipendium-hungaricum-scholarship-programme
Silakan kulik saja web nya untuk mendapatkan informasi yang lebih
mendetail
Waaahh, berarti sekitar akhir tahun sampai pertengahan january ya
kak. Bisa nihh, teman-teman mulai tandai di kalender kalian, dan mulai
persiapkan persyaratan nya :)))
Mantap nihh, bisa langsung di cek ya teman-teman untuk memahami
lebih lanjut tentang proses pendaftaran nya :)
Iyaa benar sekali. akhir ke awal tahun biasanya
Naahh, jangan sampai terlewat ya teman-teman untuk tahun 2020 :)
Kita ke pertanyaan selanjutnya ya,
Kak, beasiswa ini dibuka untuk semua jurusan atau hanya jurusan
tertentu ? Dan selain untuk jenjang S2, beasiswa apalagi yg ditawarkan kak?
Sayangnya tidak semua jurusan yang ada di Hungaria dapat didaftarkan
untuk beasiswa Stipendium Hungaricum ini, hanya jurusan-jurusan tertentu,
Jurusan yang bias didaftarkan dapat dilihat di link yang ada diatas ya. Jurusan
yang bisa didaftarkan juga akan berbeda-beda tergantung dari negara mana kalian
berasal. Untuk Indonesia, selain S2 terdapat juga S3. Selain itu, terdapat juga
beasiswa sekolah Bahasa Hungaria selama 1 tahun. Grant yang didapatkan juga
berbeda-beda dalam jumlah uang yang diberikan sebagai living allowance, namun
untuk akomodasi dan asuransi semua jenjang memiliki nominal yang sama
Tenang saja, untuk Indonesia pilihan jurusan yang ditawarkan cukup
beragam kok :)
Ohh berarti tergantung negara ya kak ya ? Waah, bisaa langsung di
cek web nya teman-teman :) banyak juga ya kak program nyaa, ada beasiswa
sekolah bahasa juga loh teman-teman 😍 waahh,
Naaah inii, bersyukur banget
gaess :)))
Nah kak, pertanyaan selanjutnya nih kak, namanya beasiswa pasti
peminat dan pendaftar nya banyak ya kak, naah tips-tips dong kak untuk
mendapatkan beasiswa ini 😍
Sama seperti semua beasiswa pada umumnya, baca baik-baik dan teliti
kembali segala persyaratannya. Seperti medical certificate yang harus valid
selama 6 bulan kedepan. Pastikan semua dokumen yang diupload sesuai dengan
kotak dialognya dan pastikan semuanya terupload. Cek kembali sebelum submit dan
setelah submit. Untungnya Stipendium Hungaricum ini bisa di resubmit jika ada
dokumen yang gagal terupload atau masalah teknis pada website.
Juga pastikan motivation letter tidak terlalu bertele-tele namun
tidak terlalu singkat, Mintalah koreksi dan review untuk motivation letter ke
beberapa awardee untuk memperbesar kesempatan diterima. Jangan lupa yang
terpenting berdoa dan meminta doa restu Bapak Ibu setelahnya. Pasrahkan apapun
hasilnya nanti tanpa berharap apa-apa.
Ehm, nah itu teman-teman, jangan lupa baca baik-baik dan harus
teliti, oke?
Waaah siaap kakk. Jadi kalo temen-temen udah selesai bikin
motivation letter, alangkah baiknya minta dikoreksi kepada para awardee, biar
lebih mantap lagi motivation letternyaa :) Ini catatan yg penting teman, jangan
lupa berdoa dan minta restu orang tua.
Kita ke pertanyaan selanjutnya yaaa,
Nah kak, kak Risty sendiri alasannya apa kak untuk mengambil jurusan
kakak sekarang ini ?
Background S1 saya linear dengan jurusan itu, dan memang tertarik untuk
belajar kearah manajemen dan assessment risiko bencana yang disini khusus di
pelajari di Landscape and Enviromental Management. Szeged University juga
merupakan universitas terbaik di Hongaria dan masuk 500 Besar Universitas Dunia
based on The Times Higher Education.
Wahh keren kakk 😍
Kak ada pertanyaan tambahan dikit kak sebelum ke pertanyaan setelah
ini, hehe :) kalo semisal jurusan yg akan diambil tidak linear gitu apakah
kemungkinan diterima lebih kecil atau tidak kak?
Ada beberapa yang tidak linear kok, semisal sebelumnya mengambil
teknik lalu beralih ke ekonomi atau management. Jika memang memiliki motivation
letter dengan alasan yang kuat kenapa tidak linear saya rasa tidak masalah,
mungkin saja bisa dilihat dari pengalaman kerjanya. Tapi memang kebanyakan yang
diterima adalah yang kurang lebih linear dengan background jurusan atau
pekerjaan sebelumnya
Waahh berarti masih ada kesempatan teman-teman kalo ada yg mau ambil
jurusan berbeda dengan jurusan kuliah sebelumnya, tapi tetap harus menunjukkan
kalau kalian berkompeten dan bisa di jurusan yg akan kalian ambil, begitu ya
kak ya ?
Naahh, ke pertanyaan selanjutnya yaaa,
Kak, apa saja keutamaan Hungaria kak?
Keutamaan, atau keistimewaan gitu kak maksudnya heheh
iya benar sekali, motivation letter kalian harus kuat kenapa harus
mengambil jurusan itu :)
Kualitas pendidikan di Hongaria layak dibandingkan dengan
universitas-universitas di Eropa Tengah dan dunia. Sistem mereka sudah kurang
lebih sama dengan system Pendidikan EU. Salah satu bukti baiknya kualitas
pendidikan di Hongaria adalah banyaknya penemuan dan penerima penghargaan
Nobel, terutama di bidang sains dan kedokteran. Memang yang paling menonjol
disini adalah ilmu kedokterannya.
Selain itu Hungaria terkenal dengan Budapest, Salah satu kota wisata
terbaik di Eropa. Mutiara Terindah di Eropa Tengah. Sambil menyelam minum air,
bisa sekolah sambil menikmati keindahan kota Budapest, siapa yang tidak mau?
Mantapp betulll kakk 😍 wahh ini admin sendiri jadi pengen
banget deh, hehehehe. Kualitas pendidikan Hungaria nggak diragukan lagi
teman-teman. Mantap nihh. Dengan baca ini makin menguatkan tekad kalian kan?
Semangaatt
Eehheheh, mau kak mau bangettt😍
Banyak siswa internasional self-funded untuk kuliah di bidang
kedokteran disini, membuktikan bahwa kualitasnya memang cukup bagus. Ada
beberapa mahasiswa Indonesia juga :)
Wahhh asik nihh, mantap betulll 😍
Oh iya nih kak, cerita dong kak bagaimana kehidupan di sana, suka
dukanya, terlebih kan kak Risty ini berjilbab, nah apakah ada kesulitan atau
bagaimana kak? Dan cara-cara beradaptasi gitu kak, hehehe
Sebagai gambaran bagi kami, calon-calon mahasiswa Hungaria hehehehe.
Aamiiiin :)))
Kehidupan disini layaknya kehidupan di Eropa pada umumnya. Polusi
masih sedikit. Orang-orangnya cukup ramah namun sayangnya banyak dari mereka
yang belum begitu lancar untuk berbahasa inggris. Nah untuk hijab memang belum
begitu banyak disini, tapi selama kamu cuek-cuek saja, engga akan jadi masalah
kok. Terbiasa saja untuk ditatap dari atas sampai bawah. Salah satu cara untuk
bertahan adalah jangan peduli, cuek saja sama semua hal yang terjadi. Mungkin
awal-awal kamu akan menerima beberapa penolakan tapi setelahnya kamu akan mulai
terbiasa kok. Cuek saja dan berikan senyumanmu jika ada yang menatapmu intense.
Wahhh, berarti harus cuek yaa kak :) nah temen-temen, ini nih point
penting, ketika kita hidup di luar negeri, pasti di awal akan terlihat berbeda
atau dilihat aneh, tapi kuncinya di diri kita, kalo kita cuek dan santai
menjalaninya, ya semua akan baik-baik saja, gitu ya kak yaa ? Berarti ini
termasuk kita harus persiapan hati dan mental juga ya kak ?
iya benar sekali, mental terutama, walaupun nantinya akan terbiasa,
tapi tetap harus mempersiapkan mental baja jika sudah berniat sekolah di luar
:)
Waaah siapp kak 😍
Sekarang kita masuk ke sesi tanya jawab yaa,
Kak ini ada beberapa pertanyaan dari teman-teman
1.Ulfa_Yogyakarta_UIN Sunan Kalijaga_saya baca di indbeasiswa.com
tertulis; para peserta yg mendaftar akan diijinkan utk mengikuti seleksi hanya
jika dinominasikan oleh pihak berwenang dari negara asal, di indonesia: ristek
dikti. Gimana sih kak caranya biar bisa dinominasikan oleh ristek dikti? Apa
harus ada surat rekomendasi dari univ kita sebelumnya? Terima kasih
2.Nama saya Hamidah dr Unand Padang.
Jalan yg kita lewati untuk menembus beasiswa terkadang tak semulus
yg kita mimpikan. Banyak tantangan untuk meraih itu. Kalau sekiranya kita gagal
di tahun ini kemudian mencoba di tahun berikutnya. Apakah dr pihak
penyelenggara ada meberikan limit untuk mengikuti kompetisi dalam meraih
beasiswa ini?
3. Muh. Rizal_Makassar_UNHAS
_Assalamualaikum
Kak saya mau bertanya apa saja yang perlu dipersiapkan untuk
mendapatkan beasiswa? Apakah orang yang kurang dalam hal prestasi, apakah
memungkinkan dapat beasiswa terlebih Inggris nya kurang?
1. Halo Ulfa :) Saya sebenernya juga kurang tahu apa yang dilihat
oleh Pihak Dikti, namun ada yang mengatakan hampir semua yg dinominasikan Dikti
memiliki IPK lebih dari 3. Semoga menjawab
2. Halo Hamidah! Tidak ada limit, kalaupun gagal bisa mencoba lagi
dan lagi selama limit umurnya masih cukup. Berbeda dengan LPDP yg hanya
diberikan 3x kesempatan
3. Wa'alaykumussalam Rizal, Motivation letter, sertifikat bahasa,
translate ijazah dan transkrip dan reference letter. Beberapa mewajibkan
beberapa tidak untuk reference letter. Bisa saja tidak ada yang tidak bisa
selama memenuhi persyaratan, tapi tentu saja inggris is a must setidaknya harus
mencapai B2 level. Atau walau bahasa inggrisnya kurang bagus tapi bahasa lain
seperti jermannya bagus bisa saja mencoba beasiswa untuk Jerman atau negara2
berbasis deutsch seperti Austria
Untuk tambahan jawaban no. 1, walau master tidak mewajibkan
reference letter, mungkin bisa tetap memasukkan reference letter untuk menjadi
nilai plus di mata Dikti sebagai penseleksi awal
Waaah penjelasannya detail sekali kak :) teman-teman sudah terjawab
kan pertanyaannya?
Oh berarti memang harus lewat Dikti dulu ya kak ya ?
Waahh, bagaimana teman-teman sudah mendapat jawaban atas pertanyaan
kalian ?
Iya seleksi pertama dilakukan oleh pihak dikti, pengumuman di tahun
lalu berkisar di april lalu dilakukan ter tertulis/wawancara (tergantung dari
jurusan dan universitas) dr mei-juni lalu juli pengumuman finalnya
*tes tertulis
Ohhh gituu kak 😍 wahh harus makin sungguh-sungguh nihh, biar
bisa lolos setiap tahap :)
Oke di beberapa menit terakhir ini, saya mempersilahkan kak Risty
menyampaikan kesimpulan untuk diskusi online kita malam ini, kepada kak Risty,
silahkan :)) hehe
Beasiswa ini memang tidak bisa dikatakan fully-funded. Dengan living
allowance yang diberikan memang agak sulit untuk hidup di kota besar seperti
Budapest, bukan tidak mungkin. Beberapa mahasiswa melakukan kerja part-time
untuk menambah biaya hidup mereka. Akomodasi juga diberikan jika memilih tidak
tinggal di dorm dan cukup untuk menyewa shared-flat. Sayangnya tidak diberikan
ganti uang pesawat untuk pulang-pergi. Namun beasiswa ini cukup pantas untuk
dicoba, apalagi dengan adanya berita kemungkinan penambahan kuota penerima
beasiswa untuk Indonesia di Tahun 2019. Semangat Para Pejuang Beasiswa!
Waahh :)) semangat :)))
Alhamdulillah, sampai lah kita di penghujung acara, terimakasih
kepada kak Risty yg telah meluangkan waktunya untuk berbagi info dan pengalaman
kepada kami semua :))) semoga kak Risty dilancarkan study nya dan semakin
sukses. Aamiiiin :) Kepada teman-teman semua, semoga ini dapat menjadi langkah
awal kalian untuk mulai mempersiapkan berkas agar nantinya bisa menyusul kak
Risty untuk study di Hungaria. Aamiin. :) Saya sebagai moderator meminta maaf
jikalau ada kekurangan dan salah kata dalam memoderatori diskusi online pada
malam hari ini, semoga diskusi online malam ini memberi kebermanfaatan untuk
semua.
Wassalamu'alaikum, selamat malam :)

Halo, saya boleh tahu email sodara Risty untuk diskusi mengenai Motlet saya utk beasiswa ini? kebetulan saya lulusan Geodesi juga.
ReplyDelete