Skip to main content
NOTULENSI SEMINAR STUDY IN HUNGARY
Ketupel : Agung Prasetyo
Moderator :  Ericha Kusumawati
Notulen : Dina Aprilia
Narasumber : Reyhan Bagaskara
Hari / Tanggal :  Sabtu, 19 januari 2019
Pukul :  20:00 - 21:30 Wib
Present by : PPM Official

Halooo haloooo assalamu'alaikum. selamat malam semuanyaaaa...
Sebentar lagi seminar online Study In Hungary akan segera dimulaiii ya...
Perkenalkan saya Icha moderator seminar online malam ini.
Nah sebelum itu, ada baiknya kita kenalan dulu sama pemateri kita malam ini.
Haloo selamat malam kak reyhan
Haloo, selamat malam semua
 Silakan perkenalan dulu kak
     Perkenalkan nama saya Reyhan Kemal Bagaskara biasa dipanggil Reyhan atau Rey. Saya sedang kuliah S1 kedokteran di Debrecen, Hongaria. Salam kenal
SESI PEMAPARAN MATERI
 Moderator : Wahhh kerenn. Salam kenal kembali kak. Kita langsung masuk ke materi saja ya kak. Nah menurut kaka Apa itu jalur mandiri? Dan persyaratannya bagaimana kak?
Kak Reyhan : Jadi jalur Mandiri itu adalah kuliah di luar negri tanpa beasiswa atau juga bisa dibilang self funding. Nah persyaratanya itu berbeda - beda, tergantung Universitasnya. Tapi, rata - rata yang jelas itu harus sudah lulus SMA, terus harus sehat secara fisik dan mental, dan tidak ada penyakit parah atau kritis yang mungkin mengganggu pelajar. Dan beberapa Universitas juga ada batas umurnya Yaitu biasanya 18 tahun. Dan yang kalo ingin daftar harus diatas 18. Tapi itu hanya Universitas - Universitas tertentu saja.
Moderator : Nah tuh, saya yakin temen2 disini memenuhi syarat umum itu hehe 😅
Nah setelah itu apa saja yang harus dipersiapkan kak?
Kak Reyhan : nah untuk apa saja yang harus dipersiapkan. Pertama - tama mulai dari application form nya yang bisa ditemukan di website Universitas yang ingin ditujui. Soalnya, di Hungary itu aplikasi nya selalu ada application form. Kalo enggak online yaa harus di print dan dikirim lewat mail. Nah yang pertama itu application form harus diisi penuh semua peryaratannya. Dan yang kedua, harus menyertakan curiculum vitae atau CV. Dan kadang mereka juga meminta cover letter. Tapi  itu juga yang tertentu doang. Terus yang ketiga itu fotocopy paspor, rapor dan ijazah SMA. Nah kalo rapor dan ijazah SMA itu harus diterjemahkan dalam bahasa inggris. lalu disahkan oleh sekolah. Jadi harus ada satu copy yang sah tapi juga dalam bahasa inggris. Nah yang selanjutnya juga penting yaitu hasil test bahasa inggris Ielts atau toefl ibt atau pbt. Itu akan dibutuhkan untuk melihat kemampuan b.inggris kita.. Itu juga harus dipersiapkan. Dan rata - rata kalo di Hungary itu ada application fee yang harus dibayar untuk men - submit application letter nya. Dan bukti pembayarannya harus disiapkan dan dikirim juga sesuai aplikasinya. Setiap Univeristas akan berbeda - beda yang diminta. tapi secara general,  biasanya yang diminta itu yang penting.
Moderator : Wahhh yuk yuk persiapkan mulai dari sekarang. Stared vn kak rey ya teman teman. Selanjutnya, tahapan kuliah di hongaria jalur mandiri Itu bagaimana kak?
Kak Reyhan : Untuk tahapanya ada beberapa step. Step pertama adalah mengisi application formnya dan semua berkas - berkas yang diminta. Dan setelah itu dikirim ke Universitas nya lewat post atau online. Setelah itu, jika semua berkas sudah lengkap dan Universitas nya udah approve dengan application kita, kita akan dipanggil untuk melakukan test masuk. Test ini bisa dilakukan di Hungary atau juga di cabang edukasi yang lain di Univeristasnya. Setelah itu, jika kita sudah lulus test exam nya, kita harus langsung apply visa untuk ke Hungary. Untuk apply visa, ini harus ke kedutaan Hungary di Indonesia di Jakarta. Dan untuk apply visa ini harus dapat sesuatu yang namanya LOE( Letter of Existence ). Dan LOE ini bisa didapatkan setelah kita
melakukan test masuk dan kita dinyatakan ketrima. Setelah itu kita bisa apply visa. Setelah apply visa, baru kita bisa mulai persiapan untuk pindah ke Hungary dan mulai belajar di Hungary.
Moderator : Sangat jelas sekali kak...Wah ada ujian masuknya ya kak, tips lolos ujian masuk nya bagimana kak?
Kak Reyhan : untuk test masuk ini yang jelas materinya akan berbeda. Tergantung jurusan yang kalian pilih. Tapi rata - rata mereka akan menanyakan materi yang selevel dengan SMA dan juga beberapa basic knowledge kalian. Misalnya saya kedokteran, saya ditanya soal biologi, kimia, fisika, dan juga sedikit back knowledge saya bagaimana. Jadi, tidak semua Universitas mempunyai test masuk. Hanya beberapa saja,,,tapi rata - rata semuanya pasti ada interview atau wawancara. Wawancara ini untuk sekedar formalitas, seperti ingin  melihat orang nya seperti apa, bagaimana bahasa inggrisnya, dan juga melihat bagaimana orangnya. Tapi ada juga beberapa yang namanya oral exam. Yaitu dia menanyakan materi dengan secara lisan, dan kita harus menjawabnya secara langsung. Dan untuk tips lolos ujian,,,menurut saya belajar materi SMA secara cukup, tapi mungkin sesuaikan diri dengan terminologi - terminologi yang berbeda,  karena ujiannya akan dilaksanakan dalam bahasa inggris. Jadi mulai familiar dikitlah dengan kata - kata bahasa inggris dan Supaya kita bisa memahami dan mengerjakan test. Apalagi untuk subject - subject yang banyak hafalan seperti biologi dan kimia. Karena kalo seperti subject matematika itu biasanya tidak terlalu banyak terminologi yang harus diterjemahkan.
Moderator : Ternyata belajar adalah kunci utama biar lolos ya temen temen. Jangan lupa belajar. Biar bisa nyusul kak rey di hungary 😍 Nah untuk kaka sendiri, kenapa kakak memilih jurusan itu kak?
Kak Reyhan :  yah bagi saya, saya sudah tertarik dengan kedokteran sejak kelas 1 atau 2 SMA. Karena, saya dari dulu memang senang dengan pelajaran Ipa seperti Biologi, Kimia, dan fisika atau yang lain. Dan saya juga suka menolong, membantu orang. Jadi saya rasa, kedokteran itu bisa menyatu dengan kesenangan dan kemauan saya tapi juga bisa membangun karir dan masa depan yang bagus. Dan kalo menurut saya, itu adalah kunci untuk memilih karir yang bagus adalah apa yang bisa membuat kita senang sekaligus bisa membangun masa depan yang cerah. Soalnya kalo kita suka apa yang kita kerjakan, kita akan merasa lebih rileks dan merasa lebih tenang saat mengerjakannya. Dan juga kita tidak akan merasakan terpaksa. Jadi yang penting enjoy. Enjoy what you do aja sih.
Moderator : Hallo.. semua... mohon maaf, dikarenakan ada sesuatu yg terjadi, moderator digantikan dengan saya yaaa. Mohon maaf menunggu lama ya teman...
Mari kita lanjutkan seminar online dengan narsum terketcheh kita... 😊😊😊
Sekarang karena waktunya sudah pukul 21 lebih, kita masuk ke sesi Q & A ya teman...
Karena ada sedikit problem, kita ubah rules nya. Teman participants boleh mengerimkan pertanyaannya ke grup ini ya secara langsung. Lalu pertanyaan akan dipilih dan di jawab oleh kak reyhan. Jadi, kita mulai buka pertanyaan yaa....
Kak Reyhan :  Okee silahkan bertanya 😁
SESI Question & Answer
1. Question :
[1/19, 21:15] ‪+62 821-1465-9491‬: Kak, Untuk ke hungary apa harus punya sertifikat TOEFL?
Apa disana boleh memakai bahasa jerman saat perkuliahan? Dan mengapa kakak memilih negara tersebut?
Answer : untuk ke Hungary kebanyakan programnya dalam bahasa inggris. Jadi toefl atau Ielts itu perlu untuk membuktikan bahwa kita bisa bahasa inggris. Dan setahu saya ada beberapa universitas yang bisa menggunakan bahasa jerman. Tapi saya nggak tau itu daftarnya bagaimana...soalnya itu sudah beda departement dengan departement saya. Saya English Program,, jadi saya kurang tau dengan persyaratan dan segala macamnya. Tapi setau saya sih ada beberapa Universitas di Hungary yang bisa memakai bahasa jerman. Dan saya memilih Hungry karena yang pertama, dibandingkan kota kota Eropa lainnya itu living cost nya lebih rendah ( terhitung murah ) dan juga kualitas Universitasnya bagus. Maksudnya dia terakreditasi dan degreenya itu dia diterima di seluruh Eropa.
2. Question :
[1/19, 21:16] ‪+62 831-4801-4451‬: Izin bertanya ka biaya untuk pendaftaran kuliah bagaimana?
Answer : biasanya untuk biaya pendaftaran kuliah itu akan dikirim lewat bank. Mungkin sekitar 100 atau 150 Euro. Tergantung Universitasnya dan kita harus menyertakan bukti pembayaran itu kepada Universitasnya
3. Question :
[1/19, 21:17] ‪+62 813-3977-1897‬: Bagaimana dengan beasiswa, yang berlaku di sana?
Answer : sekarang untuk beasiswa, ada satu program yang namanya  STIPENDIUM HUNGARICUM. Tapi sekarang hanya berlaku untuk S2 dan S3. Jadi untuk program S1 belum ada...dia hanya untuk S2 dan S3 saja dan hanya untuk jurusan jurusan tertentu saja. Jadi kebetulan, kalo saya bukan pemegang beasiswa. Karna untuk kedokteran S1 itu belum ada beasiswanya,,,tapi untuk S2 dan S3 ada. Nanti saya bisa kirim link nya di group ini.
Link Program Stipendium Hungaricum
Karena banyak yang bertanya soal beasiswa saya kasih link beasiswa untuk di Hongaria ya.
http://studyinhungary.hu/study-in-hungary/menu/stipendium-hungaricum-scholarship-programme
4. Question :
Kak .. misalnya kalau mau ikut program beasiswa ada tidak? Trus persyaratannya apa saja kak.. terimakasih
Answer : untuk persyaratan beasiswanya rata- rata sama dengan persyaratan yang sudah saya bilang. Tapi ditambah surat motivation letter yaitu, surat yang menjelaskan mengapa kita ingin kuliah di Hungary atau kita pantas mendapatkan beasiswa ini. Dan juga membutuhkan Recomendation Letter yaitu, surat dari guru atau pengajar yang mengatakan bahwa murid ini itu sanggup menempuh pelajaran lebih tinggi. Secara sensual dia merekomendasikan kamu untuk mendapatkan beasiswa ini.
Moderator : Mau menambahkan ya teman2 participan, untuk pertanyaan nya selain yang sudah di paparkan di materi yg kak reyhan ulas ya teman 😊😊😊
Kak Reyhan : Untuk tahun ajaran ini pendaftaran sudah di tutup tapi tahun depan dapat dicoba lagi 😊
Moderator : Subhanallah, baik banget yah pemateri kita 😊
Mungkin, masuk ke biaya hidup dan kuliah disana bagaimana kak? Apalagi kakak dengan jurusan kedokteran disana?
Kak Reyhan : Nah,,, kalo ini untuk masalah biaya yah...
Sebenernya, kuliah di Hungary setau saya cuman ada biaya pertahun, dan living cost. Jadi tidak ada bayaran tambahan atau apa. Kita bayar biaya kuliah itu setahun dan itu bayarnya pertahun. Dan kita nggak usah bayar apa - apa lagi. Semua buku udah dapat, dan semua aktivitas juga terinclude. Kita cuma bayar uang sekolah itu setahun dan tentunya living cost. Untuk biaya kuliah disini,,, mereka nenggunakan U$ dolar. Dan rata rata pertahun itu sekitar 4000 atau 5000 U$ dolar untuk satu tahun ( untuk program seperti international relation, arsitek, biologi ). Tapi untuk kedokteran memang agak mahal,, rata rata sekitar  15.000 U$ dolar pertahun. Itu semua sudah termasuk buku, kelas, ansuransi juga termasuk. Untuk masalah living cost itu berbeda beda tergantung kota. Untuk kota besar di hungary seperti budapest itu cenderung lebih mahal. Mungkin 1 bulan kalo di rupiahin sekitar 5 jt. Kalo untuk di kota" lain mungkin lebih murah..contoh nya saya di Debrecen. Itu kota kedua paling besar. Saya 1  bulan untuk tempat tinggal itu sekitar 4jt dan living cost nya sekita 3 jt atau 2 jt. Tapi biasanya untuk pelajar, kita tinggal bersama. Jadi 1 apartement, kita bagi 2 atau 3 orang, jadi 1 orang nya itu bayar setengahnya,,, jadi bisa lebih murah... Nanti semua info2 penting saya post disini juga secara tertulis yaa 😊
5. Question :
[1/19, 21:31] ‪+62 896-3688-3690‬: Saya mau tanya, mungkin ini suatu hal yg mendasar. Selama ini, apa sih prinsip hidup yg dipegang kak @⁨Kak Reyhan Bagaskara_Hungaria⁩ hingga mengantarkan sampai hongaria?
Answer : jadi sebetulnya saya kuliah di Hungary bisa disebut kebetulan yah. Jadi bapak saya sebelumnya bekerja di kedutaan Hungary di Budapest. Dan pada saat bapak saya ditempatkan, saya ikut dengan keluarga dan saya juga menetap di Hungary. Saat bapak saya pulang kembali ke Indonesia,,, saya tetap si Hungary untuk melanjutkan kuliah. Dan saya pindah ke Bedrecen untuk melanjutkan kuliah saya. Tapi saya juga melihat bahwa kualitas Universitasnya juga bagus, terjangkau juga living cost nya...jadi kebetulan aja sih saya ke Hungary.
6. Question :
[1/19, 21:34] ‪+62 857-5109-9986‬: Bahrudin (Guru Fisika SMA di Banjarmasin)
Pertanyaan :
Tertarik dengan perjalanan S1 Kedokteran mas di Hungaria. Mungkin ada beberapa pertanyaan saya terkait tentang studi Kedokteran juga.
1. Terkait pendidikan sarjana kedokteran di Hungaria apakah ada regulasi misal ujian kesetaraan atau yang lain nya untuk balik bekerja di Indonesia?
2. Terkait tentang program medical doctor yg mas jalani di sana apakah ada program Koass (Co Assisten) dan Internship program seperti di Indonesia yg mana setelah pendidikan sarjana kedokteran ada program Co Assisten di Rumah sakit dalam kurun waktu tertentu dan Internship program (penempatan dokter setelah selesai pendidikan oleh kementrian dalam kurun waktu tertentu di suatu daerah)
3. Untuk program pendidikan dokter spesialis apakah ada di sana?
Terima kasih sebelumnya mas.
Answer : untuk gelar yang didapatkan disini dan bagaimana cara untuk kembali ke Indonesianya,,, saya juga dengar itu agak susah untuk kembali ke Indonesia setelah kuliah di LN untuk Doktor..karna untuk kembali ke Indonesia, kita harus melakukan penyetaraan sekitar 1 atau 2 tahun dulu baru kita bisa bekerja di Indonesia. Penyetaraan itu yang lebih rumit daripada kuliah di Indonesia. Yang kedua program Coas.  Kalo di Hungary itu  programnya dia kuliah kedokterannya 6 thn berturut" ( termasuk Coas, internship, belajarnya, praktek dan segala macam ). Kita lulus 6 thn itu sudah dapat gelar MD, langsung bisa kerja dan buka praktek sendiri. Dan yang ketiga untuk pendidikan dokter spesialis,,di univeristas saya belum ada. Mungkin di Universitas lain di Hungary sudah ada tapi yang pasti di Universitas saya cuma sampai gelar MD.
Moderator : Sepertinya sudah banyak pertanyaan yang masuk ya...Saya tutup untuk participants mengirimkan pertanyaan nya ya...
Dan Alhamdulillah, semua pertanyaan yang masuk sudah dijawab oleh kak reyhan.. 😊
Terimakasih kak, dan mohon maaf untuk teman2 participants  kita ubah rules nya mendadak.
Untuk kak reyhan, ada yang mau di tambahkan untuk kesimpulan nya?
Kak Reyhan : Sama-sama semoga info nya berguna 😁 dan untuk kesimpulan, saya cuma ingin bilang trimahkasih dikasih kesempatan untuk berbicara soal ini dan juga semoga info yang saya beritahu akan berguna bagi kalian dan semoga saya juga dapat ketemu salah satu dari kalian yang akan menyusul saya disini. Dan pokoknya proses kuliah disini itu tidak sesusah yang kalian bayangkan...pokonya gampang kok. Dan saya yakin dengan kerja keras, kalian bisa mencapai apa yang kalian inginkan. Dan jika kalian pikir tidak mampu atau apapun itu,,, pasti ada jalan seperti beasiswa atau yang lain. Jangan putus asah, jangan menyerah, dan positive thinking aja.
Moderator : Terimakasih banyak juga kak sudah menjadi pemateri dalam seminar ini 🙏
Insyaallah usaha tidak akan menghianati hasil ya kak 👍

Untuk teman2 yang ingin melanjutkan kuliah di Hungary semangat ya..
Jangan lupa di kepoin link nya ya teman" 😉
Kak Reyhan : Oh iya ini poin2 penting yang saya bahas tadi

Apa itu jalur mandiri? Persyaratannya bagaimana?
Jalur mandiri adalah kuliah diluar negeri tanpa beasiswa (self-funding)
Persyaratan nya:
- Umur 18 tahun
- Sudah lulus SMA
- Sehat secara fisik dan mental
- Tidak ada penyakit parah/kritis

Apa saja yang harus dipersiapkan?
- Application form
- Curriculum vitae (CV)
- Fotocopy passport
- Rapot dan ijazah SMA (di terjemahkan ke bahasa inggris)
- Hasil tes bahasa inggris (IELTS, TOEFL)
- Bukti pembayaran application fee

Tahapan kuliah di hongaria jalur mandiri?
1. Submit aplikasi
2. Laksanakan tes masuk
3. Apply untuk visa
4. Datang ke Hungary

Apakah ada ujian masuknya? Jika iya, tips lolos ujian masuk nya bagiamana?
Tergantung universitas nya tapi kebanyakan setidaknya ada wawancara. Materi ujian dapat dihat di website universitas masing-masing tapi rata-rata materi ujian adalah materi pelajaran level SMA dan beberapa basic knowledge.
Wawancara terkadang hanya formalitas dan untuk mengetahui personality atau skill bahasa inggris tapi beberapa universitas juga mengadakan oral exam yaitu menanyakan materi pelajaran dengan cara lisan.

Berapa biaya hidup per bulan?
Tergantung kota. Di kota besar sepert Budapest, tempat tinggal rata-rata sekitar 5 juta rupiah dan di kota lain mungkin sekitar 4 juta per bulan. Tapi kebanyakan pelajar tinggal bersama jadi lebih murah. Living cost juga tergantung kota. Di Budapest living cost (makan, transportasi, dll) sekitar 3 atau 4 juta rupiah sedangkan di kota lain sekitar 3 hingga 3,5 juta per bulan. Jika hemat bisa lebih sedikit lagi. Semoga berguna ya teman2 😁
Moderator : Alhamdulillah lengkap sekali kak, terimakasih banyak...

Comments

  1. Terima kasih kakak...materinya sangat bermanfaat.. kak reyhan membawa materinya sangat baik.. jadi saya langsung paham.. terimakasih banyak ;)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...