Skip to main content
NOTULENSI SEMINAR ONLINE PPM
JAPANESE SCHOLARSHIP SERIES 1
October 20th, 2018
Asaalamualaikum perkenalkan saya Dina Aprilia selaku moderator yang akan memandu jalannya acara.
Baiklah, kali ink kita akan berbagi kisah dengan kak vinny selaku awardee di jepang Dan
waktu sudah menunjukan pukul 19.30..
Dengan mengucap bismillahirrahmaanirrahim... seminar online dengan tema Japanese Scholarship series 1 akan saya buka..
Sebelum mengundang nara sumber kita, alangkah baiknya kita melihat cv nya dahulu yaa...

Silahkan dibaca cv dari kak vinny nya teman"  ☺
Kita beri waktu sampai 19.40 ya.. untuk membaca cv nara sumber kita, Kak Vinny..
Nah, sudah di baca kan teman" cv dari kak vinny nya 😁
Selanjutnya, Saya akan invite narsumber kita pada malam hari ini ke group yaahh...
Hallo kak vinny πŸ‘‹πŸ»
Konbanwa dari indonesia 😊
Welcome to this group kak vinny 😊 🀚🏻
Peserta sudah saya share cv kak vinny  dengan lebih mendekatkan kita dengan peserta....kak vinny bisa melakukan perkenalan langsung dengan peserta
“Assalamualaikum Wr.Wb. selamat malam semuanya, temen-temen yang ada di Indonesia terima kasih kami ucapkan kepada komunitas PPM yang telah memberikan saya kesempatan untuk mengisi seminar online kali ini dengan title Japanese scholarship 1, dan InsyaAllah selama satu jam kedepan saya akan menemani kalian disini untuk sharing tentang beasiswa yang saya dapat ADB ataupun sharing mengenai beasiswa ke Jepang dan juga beasiswa lainnya ataupun tentang kehidupan kami dan masyarakat Jepang pada umumnya, sebelumnya saya mau memperkenalkan diri dulu, nama saya  .. asal dari Palembang Sumatera Selatan saya sarjana dari Univerisitas Sriwijaya Palembang  jurusan manajemen, dan sekarang saya menempuh master di Kobe University  jurusan Economy Development and Politics”
“Alhamdulillah sekarang saya mendapatkan beasiswa full funded dari JSP, yang mana langsung di provide langsung dan mencakup seluruh biaya  termasuk tiket pesawat ke Osaka, Visa, dan biaya tambahan lainnya termasuk research juga biaya tunjangan bulanan, dan biaya tunjangannya sangat berlebih, disetiap tahun kita akan ke Tokyo untuk bertemu pejabat dari ADB iini sendiri dan itu semuanya ditanggung ADB, sehingga kita tahu siapa yang member beasiswa, dan setiap tahun seluruh awardee bakal bertemu pejabat ADB”

“Jadi sasaran beasiswa ADB ini masyarakat Negara berkembang, jadi ADB ini memiliki sekitar 20 negara yang merupakan neagra berkembang dan diperbolehkan mendaftar ADB, karena memang misi ADB adalah menyiapkan lulusan  yang lebih berkualitas, jadi nanti ketika kalian mendaftar ADB saingan kalian seluruh peserta dari berbagai Negara”
“Untuk pilihan Universitasnya, pihak ADB sendiri telah bekerjasama dengan 40 Universitas dari 6 negara Australia(Melbourne dan sidney), singapura(singapure University) , china, hongkong, Amerika, Jepang. Dan jurusannya juga sudah ditentukan oleh pihak Universitasnya harus sinkron antara univeristas dan jurusan yang menerima ADB, dan kuotanya sebenranya hanya 500 kuota per tahun, misalkan 28 Universitas dari 6  negara, jadi kalo dibagi bisa 10 beasiswa per universitas, kasus saya di Kobe University hanya 4 orang yang lolos, sedangkan tahun ini hanya dua”
“Sebenarnya syarat dari beasiswa ADB hampir sama dengan beasiswa lainnya seperti TOEFL, Study Plan, Transkip, berkasnya hampir sama, bedanya kalian ahrus bearsal dadri Negara berkembang, kalian puya pengalaman kerja minimal 2 tahun, nanti kalian akan dapat surat permisi bahwa kalian akan belajar dan jika kalian lulus pulang kalian harus mengabdi di Institusi di A, Loc(Letter of Concern) menyatakan professor bertanggung jawab bila mendapat beasiswa sebagai dosen pembimbing, dan punya proposal research, jadi tiba di Universitas tinggal penelitian begitu”
“Untuk jadwal pendaftaran bergantung Universitas masing-masing untuk Kobe dibuka awal desember hingga pertengahan Januari, jadi kalo kalian lulus kalian kuliah mulai Oktober, kalo di Autralia sekitar bulan 5 udah dibuka, trus di Filipina kalo gak salah bulan Agustus, jadi beda-beda, buka google beasiswa ADB untuk terhubung ke websitenya”
“Banyak yang bilang kepada saya bahawa tips mendapatkan beasiswa ke JEpang yang paling ampuh adalah kita udah ada professornya dulu, dan seperti yang saya bilang tadi caranya dengan email professor tersebut, setelah diberi LoC tinggal daftar sekitar 80% kamu diterima beasiswa itu”
“kenapa saya memilih jurusan karena saya melihat keunikan fakults sayas sendiri, walaupun kuliah di jepang tapi kuliahnya pakek bahasa Inggris, kenapa economic development , karena ini merupakan ilmu yang menarik dikaji sangata berguna unutk pembangunan ekonnomi Indonesia, dan misi Indonesia itu pembangunan Indoensia Emas 2045 dan berbanding lurus dengan jurusan saya S-1 dan juga direkturnya ini merupakan research ekonomi pertama di Jepang yang mendorong ekonomi Jepang di Kobe”





Cara daftar beasiswa ADB
1. Pilih Universitas dan Jurusan yang sesuai
2. Cari Professor (Khusus di Jepang)  --> dapat LOC
3. Submit semua berkas ke Universitas
4. Skype Interview
5. Final Result
Mostly,  Untuk kasus Beasiswa di Jepang khususnya di ADB,  bila kamu sudah dapat LOC.
Bisa dibilang 85% kamu sudah pasti keterima Beasiswa tersebut.

Tips dapat LOC:
Contact Langsung Via email dengan melampirkan
a.  CV
b.  Ijazah
c.  Proposal Research

Isi emailnya:
1.perkenalan Diri
2.Jelaskan maksud tujuan
3. Ajakan untuk menjadi Student nya sensei
4. Jabarkan Alasan kalian kenapa memilih belia.
Misal :
Berdasarkan Jurnal Internasional Prof yang saya baca dimana disana Prof.  Menjabarkan Tingginya Produktivitas secara nenyeluruh berdasarkan Tingkat Upah xxxxx sangat cocok dengan Penelitian yabg akan saya ambil yaitu xxx

Atau
Setelah saya membaca buku karangan Prof saya merasa sangat percaya diri untuk melanjutkan penelitian saya dibawah asuhan Prof karena adanya kesamaan pebdapat tentang xxx

Intinya : tunjukan keseriusan kalian trhdp beliau.  Ketika dia tau hasil karyanya sudah kita baca atau pahami otomatis Prif akan merasa dihargai dan chance untuk mendapatkan LOC terbuka lebar
Saya kemarin membaca dua jurnal Sensei saya dulu baru kirin email

Sensei saya Prof Hamaguchi,  Director / Chairman of Research Institute Economic and Business in Kobe University
Budaya di Jepang ini sangat amat disiplin,
Jadi harus siap kerja cepat dan sigap πŸ˜…

Udara disini sangat dingin,  sekarang saja mau going to Autumn siabg hari bisa 19 derajat,  sekarang saja 14 derajat suhunya padahal masih musim gugur .
Apalagi musim dingin..
Siap siap mantel dll 😁
Yup Benar sekali kak, harus piilih jurusan sesuai bakat dan minat kita 😊
Untuk masalah biaya hidup kurang lebih:
1. sewa appato itu kisaran 35.000/bln
Exclude Biaya Listrik dan aira
Kalau digabubg kira-kira 42.000/bln
2. Contract internet 3.000/bln
3. JR Student Pass 7.700/bln
4. Makan karena saya masak selalu dan tambah ngemil sekitar 20.000-30.000
Orang Jepang termasuk cukup cuek.
As long as saya disini,  terhadap muslim ya cukup dingin terkdang..
Tp bukan krna mrka gak suka tp krn memang karakternya gt.  Gak suka ikut campur urusan orang lain.
Kalau di Fakultas saya sendiri di GSICS,  hampir 90% mahasiswanya adalah Awardee dari berbagai macam beasiswa.. Jadi persaingannya bebar-benar kompetitif sekali.
Kalau bangun dari itu hal pertama di cek adalah Perkiraan cuaca,  biasanya akurat sekali.
Karena disini cuaca berubah2 cpt sekali.
Dan sering ada Taifun dan sometime Gempa Bumi skala kecil tp biasana pemerintah sudah warning jauh2 hari dan kasih pengumuman.
Dan kl ada gempa biasanya alarm hp langsung bunyi sendiri krn udah otomatis tersetting kalu kita beli.

Ngurus hp du Jepang cukup repot.  Kl gak ada Tuo Card atau JP dan sejenisnya apalagi buku tabungan maka gak bisa ambil nomor Jepang
Disini gak ada bawang merah ya.
Satu2nya jual bawang merah di kobe itu ada di kobe halal food

Apalagi kemiri cengkeh dll.
Disini hambar dalam cita rasa..
Kangkung hanya ada di musin panas*bawang merah
Untuk muslim skill utama bua Survive disini adalah skill masak..
Cari makanan halal susah disini.. Kalaupun ada harganya mahal.  Jd kalau saya tiap hari masak.
Di Fakultasku sendiri ada musolah kecil buat solat.
Menarik buat Bank Account di Jepang , karena dengan 0 saldo kalian sidah bisa buka Bank Account.  Dan gak ada potongan.  Kalian tabung sejuta makan bakal dapat sejuta juga  no pptongan dan no riba 😁
Apalagi ya?
Maskapai murah disini Peace airline yang melayani rute osaka ke negara2 asia timur..
Kl dpt tiket murah.  Bisa PP 12.000 Osaka-seoul murah bt sedangkan uang beasiswa sangat berlebih dr itu
Waahh...arrigatou gozaimasou kak materinya hari ini 😁
Jadi pengen sekolah ke jepang nihh 🀭
Sip deh kak, sekarang saya akan memberikan pertanyaan pertanyaan yang masuk ke moderator dari 5 peserta seminar yah kak 😁
Sudah ada 5 orang peserta yang pertanyaan nya sesuai format dan tercepat... untuk peserta yang mengirimkan pertanyaan yang tidak dimasukkan ini, kami mohon maaf ya... πŸ™πŸ˜Š

SESI TANYA JAWAB
1. Assalamualaikum Wr.Wb kak. saya ingin bertanya di. Perkenalkan saya:
Wani Syafitri_Padang_Universitas Negeri Padang_Selain Beasiswa LPDP beasiswa apa saja yang bisa di dapati oleh pelajar indonesia untuk bisa melanjutkan kuliah s2nya di jepang, dan apa syarat utamanya?. Lalu saat mendaftar beasiswa ke jepang, kriteria pelamar seperti apa yang banyak dicari baik oleh pemberi beasiswa maupun oleh perguruan tinggi yang ada disana?
Terimakasih kak
2. Rodian Akbar, Pangkalpinang, Universitas Bangka Belitung. Kak saya ingin bertanya, seandainya kami ini berhasil kuliah ke Jepang, di Jepang kan memegang kebudayaannya sendiri dalam arti kata bahasa mereka bagi mereka itu yang utama, nah bagaimana cara kami untuk cepat menguasai bahasa jepang juga tulisan Jepang atau huruf kanji agar mudah berkomunikasi. Terimakasih kakak
3.(Siti Mas Ajeng Khoirunnisa_Cianjur_Stie Ekuitas_ ijin bertanya, untuk seorang muslimah jika baik bekerja atau kuliah dijepang apa diperbolehkan berhijab? TerimakasihπŸ™πŸ»)
4. Assalamualaikum  (Putri Ellysah Damanik_Pematangsiantar_UniversitasPotensiUtamaMedan_setelah kaka berada di jepang apakah banyak kendala kk?  Dalam mencari tempat tggl, tmpt kuliahnya,  kelasnya, adaptasi dgn org org disana termasuk menyesuaikan lingkungan dsna, apakah kaka ad knalan disana yang membantu,  atau gimana?  Terutama  kita sbg muslim, bgaimana pandangan mereka terhadap kita kk?
5. Shofiyah Tsabitah_Sidoarjo_UNEJ_apakah beasiswa di jepang khusus untuk jurusan tertentu saja? Bagaimana dengan perpindahan jurusan? Saat ini saya kuliah di jurusan teknik, apabila saya mengambil jurusan yang tidak sejalur dengan saya sebelumnya, apa ada dampaknya? Seandainya saya mengambil beasiswa di jepang, karena universitas saya belum menerima pemberian dua titel, lantas apa yang harus saya lakukan?
Kak Vinny, ini camilan nya pada malam hari ini kak 😁 silahkan dicicipi dan dijawab pertanyaan" nya kak 😊
1. LPDP,  ADB,  Mext,  Ajinomoto,  Bapenas dll

Yang dicari awardee yang
1. Academic knowledge cukup
2. oranisational skill nya bagus
3. Research yang Jelas.
(Bab 1-3 buat awal)
2. Susah.. Saya kan semuanya pake English,  jadi kemana2 harus bawa Google Translate kl ngomong sama penduduk lokal

Tp berhubung saya sedikit tau bahasa jepang baik tulis dan ucapan saya sering combine

Aplikasi yg useful buat mahasiswa asing
1. Kamus
2. Map
3. perkiraan cuaca
4. Jadwal solat

3. Jepang sangat welcome sama muskimah berjibab buat student..

Tp kl part time memang terbatas.  Susah dpt part time.
4. Teman saya sebelum saya arrive disini sudah satu tahun.  Saya semua dia yg urus
Untuk urusan appato bisa search langsung di Agent.  Biasanya bakal dapat dan biasanya kl kt udah lolos Beasiswa pihak universitas akan menawarkan appato kampus bagi awardee hargana murah.

Jujur di akashi sendiri sm yg berjilbab agak dingin perasaan ..😁
Mngkn mrka jarang liat kali ya.
Td pagi pas mau nyebrang jalan tiba2 ada kakek2 negor saya entah dia blg apa tp kayaknya mempermasalahkan jilbab saya kl dilihatar body language nya..
5. Bisa saja asal realated dengan job kamu sekarang.  Sangat memungkinkan itu.

Tp misal kamu belum kerja.  S1 kamu teknik trs kamu mau ambil S2 ekonomi misalnya..
Itu sangat amat beresiko.

Yan jelas kalau S1 S2 beda ilmu..  Agak akan ada kendala kalau mau jadi Prof.
Alhamdulillah semua pertanyaan sudah dijawab oleh kak vinny dengan jelas πŸ™
Saya suka typo ya,  jadi tolong disesuaikan ya πŸ˜πŸ™
Iyah kak gak papa 😁
Kak saya pribadi bisa ajukan satu pertanyaan lagi kak ? πŸ™
Overall,  buat muslim saya bisa katakan sangat amat ramah bagi muslim

Disini ada masjid Kobe dimana disekitarnya ada toko2 yg jual makanan halal dan sembako halal. Di kampus saja ada musolah kecil.
Jadi makan sama tempat solat benar benar aman

Trs juga di Masjid Kobe ada 5 kelas gratis :
Kelas belajar tadjwid,  kelas hafiz,  manner islamic class, 2 nya lupa.
Iya
Pertanyaan : jika kita memiliki rata2 nilai UN di bawah 8,4 dan juga kita tidak memiliki ijazah LJTS apakah kita masih bisa mendapatkan beasiswa jepang full dan bagaimana caranya kak ?
Setau saya buat S1 wajib ada Sertifikat JLPT N3 ya.  Karena buat S1 kelas internasional sangat jarang.  Bisa daftar beasiswa Mext.
 Kalau diminta syarat 8.4 trs nilai kt dibawah itu.. Otomatis gak sesuai syarat dan memungkinkan buat dipanggil ke tahap selanjutnya kecil.
Karena orang jepang sangat selektif buat persyaratan . Tidak sesuai,  langsung disingkirkan.. Setauku sih gt.. Ada dipanggil tes lanjutnya tp bakal gagal jg di wawancara gt.
Wacananya si gt kl yg gk sesuai syarat.  Tp kl mau dicoba ya monggo..
Sangat ketat dan selektif yah kak ....
Terimahkasih kak atas jawabannya
Dan Mohon maaf untuk semua yang sudah mengirimkan pertanyaan dan belum bisa terjawab, semoga jawaban di atas dapat mewakili pertanyaan teman" semua πŸ™πŸ™
Baiklah kak vinny, terimakasih atas pemaparan materi yang kakak berikan pada malam hari ini semoga bermanfaat bagi kita khususnya para scholarship hunters 😊
 Sebelum mengakhiri seminar ini, silahkan kak vinny memberikan  closing statement πŸ™
Pelaut yang hebat tidak terbentuk dari gelombang yang tenang

Jadikanlah dunia di tanganmu dan akhirat di hatimu.

Semangat belajar,  doa dan ikhtiar.  Good Luck 😊
Wahh kata2 yang sangat bagus kak 🀩
Good luck juga buat kak vinny 😊
I hope, i can Continue my study in japan like you kak 🀩 aminn
Nah bagi teman" yang ingin bertanya lebih lanjut silahkan berkomunikasi melalui email kak vinny  yg sudah tertera di CV yah ...
Arrigatou gosaimasou  buat kak Vinny telah meluangkan waktunya untuk memberi kita banyak informasi dan pesan yang bermanfaat untuk cita cita kita dan semoga apa yang di sampaikan kak Vinny tadi bisa bermanfaat bagi kita semua Aamiin Aminn Allohumma aminnn.

Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) NasΔ±lsΔ±nΔ±z? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...