Skip to main content

NOTES FROM ENGLAND

Assalamualaikum teman semua... waktu sudah menunjukan pukul 19.35...
Dengan menuxap bismillahirrahmaanirrahim... seminar online dengan tema Notes from England akan saya buka..
Sebelum mengundang narasumber kita, alangkah baiknya kita melihat cv nya dahulu yaa...
https://ariomuhammad.com/curriculum-vitae/
Silahkan dibuka link nya... ☺
Kita beri waktu sampai 19.45 ya.. untuk membaca cv nara sumber kita, kak ario..
Narasumber akan saya invite yaa
Hallo kak ario...
Selamat bergabung di grup ini
Peserta sudah saya share cv kak ario, dengan lebih mendekatkan kita dengan peserta... kak ario bisa melakukan perkenalan langsung dengan peserta
Hallo semua! Selamat siang dari UK
Baik. Saya kenalan dulu ya.
Saya Ario Muhammad. Saat ini sedang tinggal di Bristol. Asal dari Ternate, Maluku Utara. Lahir 14 september 1987. S1 dulu di Uni Muhamamdiyah Yogya (Teknik Sipil), S2 di National Taiwan Univ of Sci. and Tech (Teknik Sipil), S3 di University of Bristol (Teknik Sipil). Saat ini saya bekerja sebagai peneliti/postdoctoral research associate (PDRA) di School of Erath science, Univ of BristoL.
Saya juga penulis buku. Ada dua buku saya yang terbit Desember 2017 (Notes From England - NFE) dan Juli 2018 (PhD Parents Stories – PPS). Saya sudah menulis 5 buku. Buku PPS dan NFE ini kebetulan lagi promo. Boleh ya numpang share infonya di sini.
Buku NFE membongkar seluk beluk perjuangan studi di UK sedang PPS berisi kisah saya dan Istri yang studi S3 sama di univ of Bristol. Bisa langsung di pesan di sini: https://tinyurl.com/WA-BukuPPSOh ya, saya menikah dengan 2 anak. Boleh kalau mau tanya2 soal kehidupan berkeluarga selama Studi. Saya dulu S2 dan S3 di LN bersama keluarga
Wah kak, pengalaman yang bagus sekali pengalaman nya kak...
Sekarang sedang menempuh di university of bristol dengan beasiswa apa kak? Dan bagaimana jenis beasiswa nya? Saya SUDAH LULUS S3. Sekarang sudah bekerja sebagai peneliti. Dulu S3 di UoB pake beasiswa DIKTI. istri saya dapat beasiswa LPDP
Dulu S2 di Taiwan, saya dan istri dapat beasiswa yg sama, dari NTUST (kampus S2). Saya kebetulan berpengalaman apply beasiswa berbagai macam jenis (terutama S3). Dari LPDP, IDB, Schlumberger, DIKTI, sampe project based
Kiat kiat apa aja nih kak biar bisa dapat beasiswa keluar negri, apalagi mendapatkan nya dengan istri kak?
Yang pertama* BAHASA. Ini paling penting. Mau gak mau, TOEFL or IELTS harus bagus. Saya dulu belajar TOEFL selama 3 tahun (pas S1). Test puluhan kali (30 kali). Baru dapat skor dari 427 ke 560. Jadi bahasa persyaratan utama.
Yang kedua* NILAI akademik sangat penting dijaga. Jangan remehkan. Upayakan di atas standar beasiswa (IPK > 3-3.30).
AKTIF berorganisasi* jangan Cuma JADI PENGGEMBIRA ya. Tapi benar-benar terlibat.
Bangun jaringan seluas-luasnya*
Kalo sama pasangan hidup bisa bisa sama-sama S3? Kisahnya sudah saya bedah di buku PPS dan di akun IG saya @ario_muhammad87. Namun beberapa hal ini mungkin jadi kuncinya.
HARUS PUNYA RENCANA yang matang
Kerjasama antar pasangan yang solid
BERDOA dan berikhtiar sebaik mungkin
Iya ya kak, bahasa yang paling penting...
Bahasa SANGAT PENTING. karena nanti kalian studipun sangat susah jika bahasanya jelek. Apalagi di Inggris. Banyak yang terseok-seok saat kuliah. Kalau jenis beasiswa LPDP, Dikti, itu beasiswa fully founded ya kak? Fully funded. Termasuk tunjangan keluarga.
Ada link web khusus untuk mencari tahu informasi beasiswa tersebut kapan dibuka nya dan persyaratan nya kak?https://tirto.id/lpdp-2018-jadwal-lengkap-pendaftaran-beasiswa-dalam-amp-luar-negeri-cJQp
Info lengkapnya ada semua di atas. di web resmi LPDP juga ada. Googling saja bisa :)
Tahap I : Dalam Negeri
Untuk program beasiswa reguler, beasiswa dokter spesialis, dan beasiswa afirmasi (kecuali beasiswa santri, BIT, dan BUDI).

No
Proses
Tanggal

Pembukaan pendaftaran
7 Mei 2018

Submit dokumen
7 Mei - 8 Juni 2018

Penutupan pendaftaran
8 Juni 2018

Pengumuman hasil seleksi administrasi
29 Juni 2018

Seleksi berbasis komputer
25 Juli 2018 (jadwal menyesuaikan)

Penetapan hasil seleksi berbasis komputer
31 Juli 2018
7.
Seleksi substansi
13 Agustus - 7 September 2018
8.
Pengumuman hasil seleksi substansi
14 September 2018

















Tahap II : Luar Negeri
Untuk program beasiswa reguler, beasiswa dokter spesialis, dan beasiswa afirmasi (untuk beasiswa santri universitas luar dan dalam negeri).
No
Proses
Tanggal

Pembukaan pendaftaran
2 Juli 2018

Submit dokumen
2 Juli – 21 September 2018

Penutupan pendaftaran
21 September 2018

Pengumuman hasil seleksi administrasi
12 Oktober 2018

Seleksi berbasis computer
22 Oktober - 12 November 2018 (menyesuaikan)

Penetapan hasil seleksi berbasis komputer
17 November 2018

Seleksi substansi
26 November - 22 Desember 2018

Pengumuman hasil seleksi substansi
28 Desember 2018


 Terus, kak... buat negara tujuan, kenapa kakak memilih Taiwan untuk s2 dan inggris untuk s3 kak?
Di Taiwan karena saya dulu tertarik dengan kampusnya. Langsung dapat beasiswa sebelum wisuda. jadi gak nyari yang lain. S3 di UoB karena ada pembimbing yang keren di sana, penerima penghargaan seperti "NOBEL" junior di bidang gempa. Ceritanya sempat saya tulis di sini: https://www.instagram.com/p/Bog-mzNgJKj/?taken-by=ario_muhammad87
Saya riset tentang Tsunami dan gempa. Jadi memilih UoB karena pembimbing
Kak, kiat kiat untuk motivation letter atau essay yang bagus untuk apply beasiswa keluar negeri itu bagaimana ya kak
Fokus motivation letter sebaiknya explore apa yang sudah menjadi karakter kalian termasuk dari pengalaman-pengalaman kalian. lalu diinterprestasikan menjadi sebuah rencana ke depan. Ini penting agar tim reviewer bisa melihat kekuatan kalian secara menyeluruh.
Lebih dari itu, jika berbicara masalah Essay dan sasarannya adalah untuk tempus ke PT tertentu. Kalian harus pelajari kekhasan jurusan di PT yang kamu tuju. Misal apa bidang yang menonjol, profesor siapa yang terkenal, hingga apa ciri khas PT tersebut.
Ini saran teknis. Coba deh nonton tips/trick essay nembus Oxford Univ sampe Ivy League Univ di US sana. Saya saja yang sudah postdoc masih suka nonton.
INTINYA: JANGAN MALAS CARI INFORMASI
Biasanya pemburu beasiswa malas kan gitu (dan banyak). Dikit-dikit nanya gak penting. Padahal dengan googling kalian bisa cari informasi sebanyak-banyaknya.
 Oh iya, tips-trick itu banyaaak sekali di Youtube.
 Pakai quota anda untuk cari info beasiswa. Jangan sibuk berdebat gak penting di MedSos :)
Hehe iya kak, kuota internet dimanfaatkan untuk hal hal yang bermanfaat yaa
 Untuk perihal hidup berkeluarga.
Bagaimana rasanya hidup berkeluarga di negeri orang kak? Apa tantangannya lebih berat? Dan bagaimana cara bertetangga di sana?
 Hidup berkeluarga di LN?
*SERU*. Istri saya melahirkannya di luar negeri dua2nya. Anak pertama di Taiwan pas Istri mau sidang tesi S2. Yang kedua di UK saat mau sidang kandidasi S3 (baca kisah serunya di buku PPS :D).
Sengsara gak?
Gak juga. Asal kerjasama solid, semua bisa dilewati dengan baik.
Tantangan terbesar, paling kami tidak bisa mengenalkan budaya Indo dengan masif ke anak-anak kami karena si Sulung sekolah fullday. Kemudian soal kesempatan merasakan kenikmatan berislam di Indonesia. Suara azan, Ramadhan yang penuh kehangatan, dan keluarga yang jauh.
Di luar itu, KUALITAS HIDUP di LN baik Taiwan maupun UK sangat bagus. Jadi so far justru menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi kami sekeluarga.
Lebih dari itu, kami sekeluarga jadi punya kesempatan travelling dengan lebih luas. Itu memperkaya pengalaman anak-anak kami. SESUATU YANG MAHAL dan gak bisa dibeli dengan uang.
 Bertetangga di sini? orang hidup sendiri-sendiri. hehehe.. Jadi gak ada format bertetangga ala Indonesia.
Oh iya kak, konsep bertetangga di LN berbeda dengan di Indonesia
Iya berbeda. Jangan disamain hidupnya. hehehe.. Yang sering ngobrol sama tetangga saya justri SI Sulung. Karena dia kesepian di rumah. Biasanya nyamperin tetangga yg lagi buang sampah terus diajak ngobrol. Orang gak saling kenal di sini
 Sip deh kak, sekarang saya akan memberikan pertanyaan pertanyaan yang masuk ke moderator dari 5 peserta seminar
Reningna Jayaswati_Yogyakarta_Universitas Muhammadiyah Yogyakarta_Apa hal lain yang lebih penting dari sekedar ilmu dan bahasa asing yg kita kuasai untuk bisa kuliah di univ luar negeri yang kita inginkan.  Terimakasih.
DO’A & perbanyak bantu orang (gak musti materi). Ini rumus yang SANGAT PENTING diluar ikhtiar-ikhtiar yang saya sebutkan di atas. Ikhtiar duniawi sudah banyak bertebaran tipsnya di mana-mana. Pengalaman soal Do’a dan sedekah ini sangat luar biasa

Atika_Padang_UNAND_Bagaimana suka dan duka kehidupan muslimah berjilbab lebar disana?
Di sini banyak muslimah berjilbab lebar (istri salah satunya) dan bercadar (orang Somalia sampe timur tengah). Sejauh ini baik-baik saja. Ada rasi gak sama mereka? Ada. Sama saja dengan tindak kejahatan di Indonesia. Gak mengenal identitas. Bedanya di UK lebih jarang. Jilbab di UK sudah LUMRAH. Beda waktu kami S2 di Taiwan dulu yang belum ramai. Jadi orang Taiwan lumayan penasaran. Kalo di UK, SUDAH SANGAT BIASA. Secara umum gak ada bedanya hidup as muslimah or gak.

(Ahmad Solihin_Pangandaran_UIN SGD Bandung_Apakah ketika keinginan dan niat yang begitu besar untuk menuntut ilmu ke negeri orang selamanya selalu terhalang oleh  materi? Mengapa selalu demikian? Dapatkah kita merubah keadaan dan mindset orang-orang yang senantiasa beranggapan demikian? Ya termasuk diri kita sendiri).
Itu bukan soal niat dan keinginan mas. Tapi soa *REALITAS*. Realistis saja mas, biaya kuliah di LN *MAHAL*. Bisa bekerja sambil kuliah tapi bakalan kelabakan. Jadi itu bukan sesuatu yang perlu diubah dengan mindset, tapi *MENCARI SOLUSI dengan REAL*. Yaitu beasiswa
Meli hariyadi_Tangerang_ITI_ Bagaimana cara kak ario bisa mendapatkan pekerjaan di LN? Dan kiat apa saja sih yang harus kita lakukan kak?
Kiat apa nih? dapat pekerjaan? You have to be SO GOOD THEY CANT IGNORE YOU. Itu rulenya. Baca buku dengan judul tersebut karya Dr. Newport biar tahu detailnya. Saya dulu karena performa outstanding pas PhD (lulus 3 tahun 2 bulan, menerbitkan 8 paper, 5 diantaranya jurnal internasional, disiplin tinggi), jadi langsung dijadikan karyawan (peneliti) sama jurusan lain yaitu di earth science. So you have to be so good then, people cant ignore your knowledge.

Melva_Gorontalo
Apakah di Univ Bristol atau NTUST itu ada jurusan S2 Master Kebijakan Pendidikan atau jrsan Pedagogik, management kurikulum ataupun keguruan?
*NTUST tidak ada. Bristol pasti ada tentang pendidikan. Adanya public policy juga di sini. Mau tahu lebih rinci. Googling saja*
Berapakah Budget yg dikeluarkan Mas Ario untuk prepare beasiswa dr Indonesia hingga keberangkatan tiba di Taiwan & Bristol? Apakah beda banget selisish budgetnya? Apakah Awarde harus menanggung dulu semuanya di awal lalu kemudian tiba dsna diganti atau bagaimana?
*Secara umum ZERO.. Semua ditanggung. Paling biaya visa dan itupun diganti sama pemberi beasiswa*
Apa kunci utama supaya kita bisa dgn mulus Kuliah di Unive terbaik LN, Motletnya, Study plan, Judul penelitian, CV kita atau kemampuan berbahasa asing??
*Ini maksudnya diterima di kampus LN? semuanya PENTING. Bobotnya seimbang. Tapi BAHASA tetap jadi syarat utama. Yang lain ok, bahasa Gak ya gak mungkin lolos*
Diatas, kakak sudah bercerita susahnya mendapatkan score bahasa TOEFL atau IELTS yang bagus, kak ario sampai 30 kali mendapatkan hasil yang diinginkan... itu rahasiany apa ya kak, biar kita bisa berbahasa inggris yang baik dan benar..
Saya dulu *pakai cara yang salah*
Karena belajar bahasa via kursus dan buku diktat. Harusnya belajar bahasa kayak istri saya:
*banyak nonton drama Amerika/Inggris* - jangan nonton oppa2 korea saja
*banyak baca artikel/buku bahasa Inggris* dari yg sederhana2 saja. Nnt dikembangin terus.
*dan ingat. Semua butuh waktu. Gak asa yg INSTAN*
Bersabarlah
 Hehhe, iya kak... jangan cuma nonton oppa2 korea yaa teman...
 Ini pesan saya:
*buat sukses gak berarti HARUS KULIAH di LN*
Jadi fokus ke diri kamu. Apa kelebihanmu? Apa mimpi2 utamamu? Jika kualiah di LN bukan tujuannya. Gak usah berkecil hati. Nnt aja sukses baru jalan2 ke LN.
Tapu jika studi LN adalah mimpi dan sesuai dengan target hidupmu mala *JANGAN PERNAH BERHENTI BERIKHTIAR*
Bersabar dalam proses
BELAJAR terus menerus
PELAJARI dengan baik beasiswa yg kamu tuju
BERKUMPUL dengan orang2 yg punya mimpi yg sama agar semangat kalian terus terjaga.
*TETAP SEMANGAT*
 Alhamdulillah semua materi dan pertanyaan sudah disampaikan dan dijawab oleh nara sumber kita yang begitu memotivasi kita... 😊
 Terimakasih kak ario, telah meluangkan waktunya untuk memberi kita banyak informasi dan pesan yang bermanfaat untuk cita cita kita 😊
 Bagi pertanyaan2 peserta yang belum terjawab, temukan jawabannya dibuku yang dibuat kak ario ya...




Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaÅŸlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...