Skip to main content

NOTULENSI SEMINAR BEASISWA BELANDA

Oleh : Eva Nurlatifah


Ok salam kenal semuanya.
Nama saya Eva Nurlatifah saat ini sedang berusaha menyelesaikan studi S2 di University of Twente dengan bidang Business Information Technology dan spesialisasi yg saya ambil sekarang IT management and Innovation.
Saya alumni UIN sunan gunung djati bandung angkatan 2009 dan saat S1 saya mengambil jurusan teknik informatika.
            Besiswa yang saya terima saat ini adalah Mora Scholarship, kepanjangannya ministry of religious affair scholarship a.k.a beasiswa kementrian agama. Pada saat saya mendaftar, target beasiswa ini adalah alumni, Dosen dan Tenaga Kependidikan PTKI (Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam) untuk tingkat pendidikan master dan doktor.
Tapi, mulai tahun 2017, ada perubahan kebijakan, beasiswa ini ditujukan khusus untuk dosen dan tenaga kependidikan PTKI dan khusus untuk program doktor. Jadi saya adalah angkatan terakhir yang mendapatkan beasiswa master dari mora scholarship.
Sekarag pihak kemenag juga lebih menggaungkan programnya dengan nama Program 5000 doktor Mora Scholarship. Beasiswa ini ada setiap tahunnya, nama website nya
scholarship.kemenag.go.id, ini link untuk info pendaftaran tahun 2018. (10 Juli 2018 s/d 30 Desember 2018)
Hampir sama dengan LPDP.
  Pada periode saya:
Tahapan 1: seleksi administrasi, yang membedakan dengan LPDP kami diwajibkan memiliki LoA dan proposal penelitian terlebih dulu.
Tahapan 2: Seleksi substantif (Interview, Test Psikotest, Essay, dan Focus Group Discussion)
 ada kemungkinan perubahan tahapan seleksi setiap tahunnya menyesuaikan dengan perkembangan dan perbaikan dari pihak penyelenggara beasiswa.
 Nah kak Eva bagaimana tips untuk mendapatkan beasiswa ini?
Tips nya, karena beasiswa ini bertujuan untuk mengembangkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi islam, upayakan memiliki tujuan riset yang memang bermanfaat untuk kampus tempat mengabdi nantinya.
Yakinkan interviewer kalau PTKI tempat kita mengabdi sangat membutuhkan keahlian yang akan kita pelajari.
 oia, beasiswa ini mengharuskan kita untuk melakukan pengabdian di institusi yg memberikan rekomendasi.
untuk tips lainnya, gak berbeda jauh dengan tips beasiswa lainnya, perhatikan detail persyaratan yang diberikan penyelenggara, proof read proposal yang akan diajukan kepada teman atau kolega yg ahli di bidangnya, perbanyak latihan interview dan komunikasi dengan komunitas pencari beasiswa lainnya agar tetap semangat. yang terakhir jangan lupa berserah dan berdo'a. :)
Alasan yang paling mendasar itu backgroun pendidikan s1 saya yaitu teknik informatika. Selain itu, jurusan ini juga berkaitan dengan pengalaman kerja saya setelah lulus, bergabung dengan start up digital yang dibangun oleh saya dan teman2 saya saat kuliah.
Berangkat dari pengalaman itu, saya ingin memperkuat potensi yang saya miliki di bidang ini dengan mengambil Business IT.
Gambaran umum perkuliahan di Belanda yakni Self-study atau belajar mandiri, hal ini yang sangat terlihat dari perkuliahan di Belanda.
Kami dilatih untuk mengatur waktu sebaik mungkin dengan tuntutan tugas yang cukup banyak dan sekumpulan literature yang harus kami baca setiap minggu nya.
We are learning how to learn. Ketahanan kita saat belajar yang benar-benar di uji disini. Perkuliahan di Belanda pada umumnya menggabungkan course work dan riset untuk program yg saya ambil 2 tahun, 1.5 tahun perkuliahan di kelas dan 6 bulan sisanya untuk riset.
Pertanyaan:
 1. Novi_puskesmas Sosopan_Saya pernah dengar bahwa University of Twente merupakan univertas berbasis campus. Bisa dijelaskan bedanya dengan yg lain? saya coba jawab sepengatahuan saya ya,
Twente merupakan kampus terbesar di Belanda berdasarkan ukuran luas tanah yang dimiliki. Typical kampus di belanda pada umumnya, kampus, student housing, fasilitas olahraga dan fasilitas lainnya terpisah.
Tapi, UT memiliki lahan yg sangat luas jadi seluruh student housing, perkuliahan, lab dll ada dalam satu kampus.
https://www.utwente.nl/en/campus/
bisa cek juga disini
mungkin ini kelebihan yang bisa dimiliki oleh twente karena berada di kota kecil, tidak seperti delft atau kampus di kota besar lainnya yang memiliki lahan terbatas.
2. M. Fanny Adam Bastian_Banyuwangi_Universitas Muhammadiyah Jember_Apakah jika mendapatkan Beasiswa akan dibantu dalam pembuatan visa? Dan apakah di Belanda menggunakan TOEFL atau IELTS dan berapakah nilai minimumnya?
 Pembuatan visa akan dibantu langsung oleh pihak universitas saat kita sudah mengkonfirmasi enrollment atau pendaftaran kita untuk tahun ajaran itu.
Untuk twente sendiri sertifikat yang dibutuhkan IELTS minimum 6.5 atau TOEFL IBT. untuk toefl IBT saya kurang tau berapa score minimumnya karena kemarin mendaftar pakai IELTS.
3. Elfi Zulaikhah_madiun_universitas jember_motivation letter dan CV yg menarik pemberi beasiswa yang seperti apa ya ? Apakah harus punya banyak prestasi dan organisasi ?
Untuk motivation letter yang terpenting itu menunjukkan kalau interest kita sesuai dengan tujuan yang diambil.
Organisasi dan prestasi tidak wajib, tapi itu bisa jadi point plus.
kebetulan saya pernah membuat tulisan recommendation letter dan study plan, mungkin bisa sedikit memberi gambaran karena karakteristiknya mirip dengan motivation letter.
https://evanurlatifah.wordpress.com/2017/09/17/study-plan-recommendation-letter/
untuk CV pilih prestasi dan organisasi yang berkaitan dengan tujuan CV itu dibuat, untuk menunjukkan konsistensi kita di bidang itu.
4. Heri Purwanto Sidiq_Banda Aceh_Unsyiah_ Saya mau nanya mengenai beasiswa yang mbak dapatkan, yang saya tau beasiswa mora itu untuk PhD, bagaimana cara dpt beasiswa untuk jenjang masternya mbak? Regulasinya bagaimana
 Untuk Heri, saya tadi sudah sebutkan sebelumnya kalau beasiswa ini awalnya diberikan untuk s2 dan s3. Tapi, sejak tahun 2017 ada perubahan regulasi yaitu menutup beasiswa s2.
Skema pendaftarannya sama dengan pendaftaran beasiswa s3 yg dibuka tahun ini.
5. Saidatul 'Ufa_Banda Aceh_Universitas Syiah Kuala_Setelah sedikit melakukan searching terkait jurusan business information & techno, saya mendapatkan bahwa ada lagi 3 spesialisasi di jurusan ini.  Bagaimana sistem memilih spesialisasi tersebut?
Pertanyaan kedua adalah. Saya adalah seorang mahasiswa statistika dari fakultas MIPA. Saya mengambil peminatan statistika ekonomi dan belajar big data juga. Apakah memungkinkan untuk kuliah di jurusan tersebut khususnya di spesialisasi data science dan business analytics?
Memilih spesialisasi bisa dilakukan di awal pendaftaran atau setelah mengikuti perkuliahan selama 2 quartile (5 bulan perkuliahan), student diberi kebebasan untuk memilih spesialisasi sendiri melihat ketertarikan dari jurusan yang sudah diambil. Setelah menentukan spesialisasi student advisor akan mengarahkan mata kuliah yang harus diambil kedepannya.
Kalau background nya sudah mempelajari big data, ada kemungkinan diterima di spesialisasi itu. Tapi, itu semua tergantung assessment team di jurusan BIT. Saat mendaftar ke kampus, salah satu syarat yang diminta adalah overview sylabus mata kuliah saat s1 yg sudah diterjemahkan. Nah lewat dokumen ini mereka menentukan apakah student itu eligible untuk jurusan ini atau tidak.

sekian jawaban dari saya, mudah2an cukup jelas ya. 😁

 Baiklah kak Eva, terimakasih atas pemaparan materi yang kakak berikan
Sama-sama, mohon maaf jika ada kekurangan selama pemaparan materi..
kalau ada pertanyaan lainnya bisa berkomunikasi via email ya..

 Akhir kata, tetap semangat dan jangan berhenti berdo'a, hanya itu senjata yg ampuh untuk menghidupkan mimpi para pencari mimpi

 

Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...