Skip to main content

NOTULEN SEMINAR KGSP




Assalamu’alaaikum teman-teman, perkenalkan saya Ara sebagai moderator di sini. Terimakasih kepada teman-teman atas partisipasinya. Oke, langsung kita sambut pemateri kita pagi ini ya, Hallo Kak Faras, terimakasih telah bersedia meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dan informasi kepada kita semua, silahkan perkenalan, Kak.
            Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Terimakasih juga atas kesempatan ini teman-teman. Ohya nama saya lengkap saya Muhammad Faras, biasa dipanggil Kak Faras. Saat ini saya sedang menyelesaikan studi saya di Korea University, Seoul. Jurusan Teknik Sipil, Arsitektur, dan Lingkungan. Sebelum saya kuliah di Korea University, saya menyelesaikan pendidikan di Sunmoon University, Cheonan, 2014. Jurusan Pendidikan Bahasa Korea. Untuk selengkapnya bisa pelajari di CV yaa.
Ok, baik. kita langsung lanjut ke materi ya, Kak.
1.      Jenis beasiswa apa yang Kakak dapatkan?
Saya mendapatkan beasiswa Korea Selatan, jalur embassy

2.      Alur pendaftarannya bagaimana, Kak?
Caranya langsung saja daftar ke kedutaan Korea, atau bisa kirim emai dahulu, menyerahkan file semua berkas melalui email, atau boleh serahkan hardcopy langsung ke kedutaan.
Kita download form di kedubes, lalu submite di embassy. Nunggu hasil pengumuman selanjutnya untuk wawancara deh. Nah, di jalur embassy ini kita boleh memilih tiga univ sekaligus.

3.      Jadwal pembukaan pendaftaran beasiswanya kapan, Kak?
Biasanya pendaftaran dibuka akhir oktober, dan berangkat pertengahan februari, dan semester pertama dimulai bulan maret.

4.      Kuota pertahun sekitar berapa orang, Kak?
Beda-beda sih, setahu saya mulai tahun 2014 itu ada dua mahasiswa, tahun 2015 juga dua, tahun 2016 sepertinya tiga, tahun 2017 sudah mulai nambah lagi, ada sembilan mahasiswa. Dan selanjutnya malah lebih banyak lagi yang diterima. Karena jalur mendapatkan beasiswa di Korea sekarang tidak hanya embassy saja.

5.      Untuk persiapan berkasnya apa saja, Kak?
Nah, kita lihat hasil download formnya di kedubes. Lengkapi semua perysratan, jangan lupa semua berkas di translate, lalu untuk KK dan KTP diberi cap notaris.
Ohya teman-teman. Yang perlu kalian ketahui itu bahwa semua beasiswa di awal kita pasti memerlukan uang saku. Dulu saya uang saku pertama sekitar 11 juta untuk kebutuhan 3 minggu hidup di Korea sambil menunggu dana KGSP cair.

OK, Kita masuk sesi tanya jawab ya, Kak.

Q         : Kak, bagaimana jika kita mengambil jurusan yang berbeda dari latar        pendidikan saya sekarang ini? apakah ada permasalahan kedepannya?
A         : Bagaimana jika jurusannya beda? Jika kita di Indonesia sudah kuliah lalu mendaftar S2 KGSP. Dan itu saya benar-benar tidak menyarankan kalian mendaftar S2 sebelum S1 benar-benar matang. Sebenarnya beda jurusan yang diambil itu tidak masalah, tapi perlu pengalaman kerja yang sesuai dengan jurusan. Di Korea pun ada program S2 dan S3 digabung jadi hanya 5 tahun saja. Tapi perlu kalian tahu, tidak sesederana itu. Kita harus benar-benar siap menanggung konsekuensi kedepannya. Karena culture S2 di Korea sangatlah berbeda dengan di Indonesia, takutnya jika kalian tidak sesuai.

Q         : Untuk diterima KGSP itu apa yang diperlukan, Kak?
A         : kalian bisa buka di aplikasi ya. Dulu alhamdulillahnya saya kebetulan ikut ASEAN Student dari kementrian kebudayaan, jadi sedikit banyak membantu dari sini.

Q         : Tips memilih Universitas gimana, Kak?
A         : Kalau tips dari saya, Opportunis realis aja sih. Dan untuk memilih kampus misal di Seoul, saya sarankan di Korea University. Dan beberapa kampus pun terkadang meminta pengalaman kerja kita sebagai pertimbangan. So, kalian amati benar-benar apa yang diminta dari Universitas.

Q         : Interviewnya pakai bahasa apa, Kak? Lalu bagaimana dengan sertifikat Bahasa Korea, wajib tidak?
A         : Interviewnya full berbahasa Inggris. Dan untuk sertifikat Bahasa Korea jika ada itu lebih baik. Minimal lolos level 3 Bahasa Korea, kalau sudah level 3 baru kalian mulai perkuliahan.

Q         : Tips-tips untuk buat Letter of Intens yang menarik formatnya bagaimana, Kak?
A         : Isi kontennya dikuatin, spesifik! Oroginal saja, dan yang penting juga jangan lupa di cek dulu grammarnya.

Q         : Jurusan Keislaman di Korea ada ndak, Kak?
A         : Wah jangan, jangan ambil ke Korea kalau mau jurusan yang berhubungan dengan Agama Islam. Di Indonesia sendiri banyak yang bagus-bagus kok. Ngapain sampai ke Korea hehe.

Q         : Kalau jurusan Sastra ada, Kak?
A         : Sastra ada, banyak malah di Korea. Bagus-bagus juga studies nya.

Q         : Jurusan yang paling banyak diminati itu rata-rata, Kak?
A         : Rata-rata jurusan yang diminati itu Bisnis. Banyak sekali.

Q         : Tempat rekomended belajar Bahasa Korea di Indonesia ada ndak, Kak?
A         : Jangan khawatir, nanti di Korea tersedia banyak sekali kok.

Ok, Kak Faras. Sekian dulu ya diskusinya, terimaksih atas kerendahan hatinya untuk berbagi bersama kami. Kita lanjut sharing bersama Kak Ilham ya teman-teman.

Hai Kak Ilham, silahkan gabung bersama kami. Boleh perkenalan singkat dulu ya, Kak.
            Hallo semua, terimaksih atas sambutan hangatnya, perkenalkan nama saya Ilham Abdul Latief dari Ujuang Padang. Sekarang saya sedang menempuh pendidikan di Kyung Hee University, Sewha Hall Dormitory.

            Terimakasih, Kak. Kita langsung ke materi ya.

1.      Jenis beasiswa apa yang sedang Kakak dapatkan?
Alhamdulillah saya mendapatkan beasiswa KGSP jalur Universitas.

2.      Apa bedanya dengan Embassy, Kak?
Kalau embassy bisa milih 3 universitas sekaligus.

3.      Tips mendapatkan beasiswa apa saja, Kak?
-          Be Your Self
-          Be Original
-          Dan yang bikin paling beda itu study plan kalian. Jurusan yang sedang kalian daftar akan di searching oleh professor jurusan tersebut. Jadi harus rinci dan detail study plannya.
-          Kalau kalian daftar KGSP, Kalian harus berpikir bahwa disana untuk belajar, bukan hanya fun saja. 80% hidupnya digunakan full belajar.
-          Jangan niat menyombongkan diri.

Ok terimakasih, Kak. Kita lanjut sesi tanya jawab ya.

Q   : Apakah ada perbedaan cakupan beasiswa embassy dan Univ, Kak?
A   : Semua sama, bedanya kalau jalur Univ belajar bahasanya di Seoul, kalau Embassy di luar Seoul.

Q   : Skor tinggi yang dipertimbangkan agar mendapat beasiswa apa, Kak?
A   : - Perbaiki nilai
  - Perbanyak aktivitas di Luar.
  - Les Bahasa, ini penting!
 - Jadilah anak yang aktif.

Q         : Wawancaranya seputar apa saja, Kak?
A         : Biasanya mengenai latar belakang kehidupan, tentang diri sendiri dan keluarga   

            Q         : Apakah ada wawancara tentang pengetahuan calon jurusan, Kak?
            A         : Kalau wawancara dengan professor, kemungkinan besar ditanyai tentang   jurusan.
                        Ok, baik Kak Ilham. Jadi hari ini kita sudah diskusi dengan dua materi penerima KGSP, baik jalur Embassy dan Universitas. Boleh beri kesimpulan dan motivasi untuk kita semua, Kak?
                        Oh, boleh boleh. Jadi nih untuk teman-teman. Kalian yang ingin mendaftar KGSP, persiapkan semuanya sejak sekarang, jangan ditunda. Baik dari skill bahasa, pengalaman, dan lain sebagainya. Juga mulai berlatih untuk menulis study plan yang menarik, baik dan benar. Kalian boleh coba daftar di Univ mana saja yang bisa kalian daftarkan. Semua dokumen untuk embassy dan univ sama saja. Bedanya hanya milih universitas bisa lebih banyak di embassy, kalau di univ hanya satu saja. Dan sebelum kalian daftar harus benar-benar mikir bahwa tujuan kalian adalah untuk belajar, bukan hanya untuk fun saja. Kalian harus teleiti dari sekarang kehidupan di Korea apa saja pantangannya, dan pilihlah jurusan yang benar-benar realis, jangan sampai kita penerima KGSP tapi salah jurusan! Jadi tetap semangat ya teman-teman. Bersainglah dengan diri sendiri, jangan minder jika banyak pesaing di luar sana. Asalkan kita layak, insyaallah beasiswa apapun menjemput kita. sekian dulu ya, terimakasih banyak.

Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...