Assalamu’alaaikum teman-teman, perkenalkan saya Ara sebagai
moderator di sini. Terimakasih kepada teman-teman atas partisipasinya. Oke,
langsung kita sambut pemateri kita pagi ini ya, Hallo Kak Faras, terimakasih
telah bersedia meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dan informasi kepada kita
semua, silahkan perkenalan, Kak.
Wa’alaikumsalam
warahmatullahi wabarakatuh. Terimakasih juga atas kesempatan ini teman-teman.
Ohya nama saya lengkap saya Muhammad Faras, biasa dipanggil Kak Faras. Saat ini
saya sedang menyelesaikan studi saya di Korea University, Seoul. Jurusan Teknik
Sipil, Arsitektur, dan Lingkungan. Sebelum saya kuliah di Korea University,
saya menyelesaikan pendidikan di Sunmoon University, Cheonan, 2014. Jurusan
Pendidikan Bahasa Korea. Untuk selengkapnya bisa pelajari di CV yaa.
Ok, baik. kita langsung lanjut ke materi ya, Kak.
1.
Jenis beasiswa
apa yang Kakak dapatkan?
Saya mendapatkan beasiswa Korea
Selatan, jalur embassy
2.
Alur
pendaftarannya bagaimana, Kak?
Caranya langsung saja daftar ke
kedutaan Korea, atau bisa kirim emai dahulu, menyerahkan file semua berkas
melalui email, atau boleh serahkan hardcopy langsung ke kedutaan.
Kita download form di kedubes, lalu
submite di embassy. Nunggu hasil pengumuman selanjutnya untuk wawancara deh.
Nah, di jalur embassy ini kita boleh memilih tiga univ sekaligus.
3.
Jadwal pembukaan
pendaftaran beasiswanya kapan, Kak?
Biasanya pendaftaran dibuka akhir oktober, dan berangkat
pertengahan februari, dan semester pertama dimulai bulan maret.
4.
Kuota pertahun
sekitar berapa orang, Kak?
Beda-beda sih, setahu saya mulai tahun 2014 itu ada dua mahasiswa,
tahun 2015 juga dua, tahun 2016 sepertinya tiga, tahun 2017 sudah mulai nambah
lagi, ada sembilan mahasiswa. Dan selanjutnya malah lebih banyak lagi yang
diterima. Karena jalur mendapatkan beasiswa di Korea sekarang tidak hanya
embassy saja.
5.
Untuk persiapan
berkasnya apa saja, Kak?
Nah, kita lihat hasil download formnya di kedubes. Lengkapi semua
perysratan, jangan lupa semua berkas di translate, lalu untuk KK dan KTP diberi
cap notaris.
Ohya teman-teman. Yang perlu kalian ketahui itu bahwa semua
beasiswa di awal kita pasti memerlukan uang saku. Dulu saya uang saku pertama
sekitar 11 juta untuk kebutuhan 3 minggu hidup di Korea sambil menunggu dana
KGSP cair.
OK, Kita masuk sesi tanya jawab ya, Kak.
Q : Kak, bagaimana jika kita mengambil jurusan yang berbeda dari
latar pendidikan saya sekarang
ini? apakah ada permasalahan kedepannya?
A : Bagaimana jika jurusannya beda? Jika kita di Indonesia sudah
kuliah lalu mendaftar S2 KGSP. Dan itu saya benar-benar tidak menyarankan
kalian mendaftar S2 sebelum S1 benar-benar matang. Sebenarnya beda jurusan yang
diambil itu tidak masalah, tapi perlu pengalaman kerja yang sesuai dengan
jurusan. Di Korea pun ada program S2 dan S3 digabung jadi hanya 5 tahun saja.
Tapi perlu kalian tahu, tidak sesederana itu. Kita harus benar-benar siap
menanggung konsekuensi kedepannya. Karena culture S2 di Korea sangatlah berbeda
dengan di Indonesia, takutnya jika kalian tidak sesuai.
Q : Untuk diterima KGSP itu apa yang diperlukan, Kak?
A : kalian bisa buka di aplikasi ya. Dulu alhamdulillahnya saya
kebetulan ikut ASEAN Student dari kementrian kebudayaan, jadi sedikit banyak
membantu dari sini.
Q : Tips memilih Universitas gimana, Kak?
A : Kalau tips dari saya, Opportunis realis aja sih. Dan untuk memilih
kampus misal di Seoul, saya sarankan di Korea University. Dan beberapa kampus
pun terkadang meminta pengalaman kerja kita sebagai pertimbangan. So, kalian
amati benar-benar apa yang diminta dari Universitas.
Q : Interviewnya pakai bahasa apa, Kak? Lalu bagaimana dengan
sertifikat Bahasa Korea, wajib tidak?
A : Interviewnya full berbahasa Inggris. Dan untuk sertifikat Bahasa
Korea jika ada itu lebih baik. Minimal lolos level 3 Bahasa Korea, kalau sudah
level 3 baru kalian mulai perkuliahan.
Q : Tips-tips untuk buat Letter of Intens yang menarik formatnya
bagaimana, Kak?
A : Isi kontennya dikuatin, spesifik! Oroginal saja, dan yang penting
juga jangan lupa di cek dulu grammarnya.
Q : Jurusan Keislaman di Korea ada ndak, Kak?
A : Wah jangan, jangan ambil ke Korea kalau mau jurusan yang
berhubungan dengan Agama Islam. Di Indonesia sendiri banyak yang bagus-bagus
kok. Ngapain sampai ke Korea hehe.
Q : Kalau jurusan Sastra ada, Kak?
A : Sastra ada, banyak malah di Korea. Bagus-bagus juga studies nya.
Q : Jurusan yang paling banyak diminati itu rata-rata, Kak?
A : Rata-rata jurusan yang diminati itu Bisnis. Banyak sekali.
Q : Tempat rekomended belajar Bahasa Korea di Indonesia ada ndak, Kak?
A : Jangan khawatir, nanti di Korea tersedia banyak sekali kok.
Ok, Kak Faras. Sekian dulu ya diskusinya, terimaksih atas
kerendahan hatinya untuk berbagi bersama kami. Kita lanjut sharing bersama Kak
Ilham ya teman-teman.
Hai Kak Ilham, silahkan gabung
bersama kami. Boleh perkenalan singkat dulu ya, Kak.
Hallo semua,
terimaksih atas sambutan hangatnya, perkenalkan nama saya Ilham Abdul Latief
dari Ujuang Padang. Sekarang saya sedang menempuh pendidikan di Kyung Hee
University, Sewha Hall Dormitory.
Terimakasih, Kak.
Kita langsung ke materi ya.
1.
Jenis beasiswa
apa yang sedang Kakak dapatkan?
Alhamdulillah
saya mendapatkan beasiswa KGSP jalur Universitas.
2.
Apa bedanya
dengan Embassy, Kak?
Kalau embassy
bisa milih 3 universitas sekaligus.
3.
Tips
mendapatkan beasiswa apa saja, Kak?
-
Be Your Self
-
Be Original
-
Dan yang bikin
paling beda itu study plan kalian. Jurusan yang sedang kalian daftar akan di
searching oleh professor jurusan tersebut. Jadi harus rinci dan detail study
plannya.
-
Kalau kalian
daftar KGSP, Kalian harus berpikir bahwa disana untuk belajar, bukan hanya fun
saja. 80% hidupnya digunakan full belajar.
-
Jangan niat
menyombongkan diri.
Ok
terimakasih, Kak. Kita lanjut sesi tanya jawab ya.
Q : Apakah
ada perbedaan cakupan beasiswa embassy dan Univ, Kak?
A : Semua sama, bedanya kalau jalur Univ belajar bahasanya di Seoul, kalau Embassy di luar Seoul.
A : Semua sama, bedanya kalau jalur Univ belajar bahasanya di Seoul, kalau Embassy di luar Seoul.
Q : Skor
tinggi yang dipertimbangkan agar mendapat beasiswa apa, Kak?
A : -
Perbaiki nilai
-
Perbanyak aktivitas di Luar.
- Les
Bahasa, ini penting!
-
Jadilah anak yang aktif.
Q :
Wawancaranya seputar apa saja, Kak?
A : Biasanya mengenai latar belakang kehidupan, tentang diri sendiri
dan keluarga
Q : Apakah ada wawancara tentang pengetahuan calon jurusan, Kak?
A :
Kalau wawancara dengan professor, kemungkinan besar ditanyai tentang jurusan.
Ok, baik Kak Ilham. Jadi hari ini kita sudah diskusi dengan dua
materi penerima KGSP, baik jalur Embassy dan Universitas. Boleh beri kesimpulan
dan motivasi untuk kita semua, Kak?
Oh, boleh boleh. Jadi
nih untuk teman-teman. Kalian yang ingin mendaftar KGSP, persiapkan semuanya
sejak sekarang, jangan ditunda. Baik dari skill bahasa, pengalaman, dan lain
sebagainya. Juga mulai berlatih untuk menulis study plan yang menarik, baik dan
benar. Kalian boleh coba daftar di Univ mana saja yang bisa kalian daftarkan.
Semua dokumen untuk embassy dan univ sama saja. Bedanya hanya milih universitas
bisa lebih banyak di embassy, kalau di univ hanya satu saja. Dan sebelum kalian
daftar harus benar-benar mikir bahwa tujuan kalian adalah untuk belajar, bukan
hanya untuk fun saja. Kalian harus teleiti dari sekarang kehidupan di Korea apa
saja pantangannya, dan pilihlah jurusan yang benar-benar realis, jangan sampai
kita penerima KGSP tapi salah jurusan! Jadi tetap semangat ya teman-teman.
Bersainglah dengan diri sendiri, jangan minder jika banyak pesaing di luar
sana. Asalkan kita layak, insyaallah beasiswa apapun menjemput kita. sekian
dulu ya, terimakasih banyak.

Comments
Post a Comment