Oleh Hardika Dwi Hermawan
Hallo, perkenalkan nama saya Hardika Dwi Hermawan, biasa dipanggil dika. Saat ini saya sedang menyeleseaikan studi master di the university of Hong Kong (HKU) dan insya allah tahun selesai. Saya melanjutkan studi S2 melalui beasiswa LPDP. Sebelum berkuliah di HKU, saya menempuh S1 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Program Studi pendidikan Teknik Informatika. Di HKU saya mengambil program Master of science in information Techonolgy in Education (Msc.ITE),Faculty of Education.
Hallo, semuanya …. Perkenalkan saya Lestarina sebagai moderator di sini. Terimakasih untuk Kk Dika yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dan informasi dan terimakasih juga partisipasinya dari teman2. Oke… kita langsung Ke Materi ya Kk .
Jenis Beasiswa yang kakak dapatkan beasiswa apa?
Saya mendapatkan beasiswa LPDP jalur afirmasi Prestasi Nasional/Internasional
Jadwal Pendaftran beasiswanya kapan kak ?
Sekarang ini setahun ada dua seleksi, semester awal untuk seleksi dalam negeri dan kemudian semester 2 unutk Luar negeri
Tips untuk mendapatkan beasiswa LPDP ini apa kak?
Saya bingung kalau di Tanya tentang tips. Dlu saya mendaftar saja dan berusaha melengkapi dokumen.
Tapi secara umum tispnya ini. Kuasa bahasa asing terutama bahasa inggris , kelengkapan berkas saat mengajukan beasiswa dan jangan cepat putus asa
Apa keistimewaan hongkong ka ?
Sebelum saya memutuskan untuk berkuliah di The University of Hongkong saya sudah diterima di 6 kampus Luar negeri, seperti Monash University dan Adelaide University di Australia , Glasgow University, The University of York dan Birmingham university di Inggris ( UNITED KINGDOM ) serta Mahidol University di Thailand, sebagian kampus tersebut berperingkat 100 besar dunia. Namun, pilihan terakhir saya adalah jatuh kepada Hongkong university yang terletak di Asia timur
Kenapa Kak pilih jurusan itu ?
Karena jurusan S1 saya dulu adalah Pend. Teknik Informatika dan focus penelitian saya Augmented/Virtual Reality di bidang pendidikan. Jadi saya harus mencari kampus yang memiliki ahli dibidang tersebut.
KITA MASUK SESI TANYA YA KAK
1.Assalamualaikum,Puji suci susinta_Jambi_STKIP Al Azhar_ maaf izin bertanya Kak,Bagaimana cara kita sukses kuliah di luar negeri dgn tepat waktu,bisa mudah berkomunikasi atau interaksi pada teman2 disana? Sedangkan kita belum tahu bahasa ataupun peraturan2 disana? Dan jika kita wanita adakah sisi positif dan negatif untuk jauh dari orang tua? Dan bagaimana tipsnya kita menyemangati diri sendiri,dalam susah maupun senang? Sekian kak,makasih ya,wassalamualaikum
Jawab: ,
Bagaimana cara kita sukses kuliah di luar negeri dgn tepat waktu,bisa mudah berkomunikasi atau interaksi pada teman2 disana? Sedangkan kita belum tahu bahasa ataupun peraturan2 disana? ~> jika belum tau, harus segera cari tau. Sebelum datang ke suatu tmpat hendakny kita cari tau dlu ttg budaya dan bahasanya jg. Biasanya kampus jg memberikan panduan ttg bagaimana hidup dsna dan ada layanan untjk Mahasiswa asingny. Di HK sndri walau saya tak bisa bahasa Kanton, saya ttp bisa lancar krna ckup dgn bahasa Inggris. Utamany ktika kuliah mnurut saya itu managemen waktuny harus baik, pikiran jg harus terjaga, jgn gampang stress, dan ingat2 saat berjuang. Dan jika kita wanita adakah sisi positif dan negatif untuk jauh dari orang tua? ~> setiap hal selalu ada sisi positifny mba. Menurut saya ilmu hidup dan pengalaman hidup itu hal berharga yg bisa kita ajarkan ke anak2 kita nantinya. Dan bagaimana tipsnya kita menyemangati diri sendiri,dalam susah maupun senang? ~> ingat tujuan dan jgn bergantung atau terlalu brharap dengan org lain/manusia. Karena klo terlalu bergantung kepada makhluk/manusia ujung2ny sering kecewa, berharaplah hnya pada ridlo Allah. berusaha yg terbaik namun tetap nothing to lose. Kemampuan adaptavi dan berpikir terbuka juga penting untuk kehidupan di tempat yg berbeda.
2. Nama saya nahrul hayati_tangerang_Untirta, serang. 1. Apakah beasiswa afirmasi memiliki peluang lolos yang tinggi? Berapa sih peserta yang akan di terima dari beasiswa lpdp afirmasi dan beasiswa lpdp lainnya??? 2. Apa Tips Essay yang harus di buat untuk lolos beasiswa LPDP kak???
Jawab : 1. Apakah beasiswa afirmasi memiliki peluang lolos yang tinggi? Berapa sih peserta yang akan di terima dari beasiswa lpdp afirmasi dan beasiswa lpdp lainnya??? ~> sya gbsa menjawab pasti, karena semua memiliki passing grade masing
2. Namun afirmasi memang paling priotias. Kuota lpdp ada brbrapa ribu, saya lupa jumlahny. Nmun jika tidak memenuhi passing grade, kuota tersebut jg tak dipenuhi. 2. Apa Tips Essay yang harus di buat untuk lolos beasiswa LPDP kak??? Seleksi lpdp itu ada banyak point2ny, jadi bagus di essay saya tak ckup. Namun menurut saya essay harus menjawab permasalahan dan juga kritis. Solutif yg pasti.
3 .Nama : Mulia Agustiani Asal kota : bogor Kampus : Universitas Singaperbangsa Karawang Pertanyaan : apakah bisa melanjutkan S2 di luar negeri dengan akreditasi jusuan saat S1 masih C?
Jawab : bisa
4.Assallamuallaikum Alya Astuti_Palembang_UNSRi . Saya ingin bertanya @ kak Hardika Dwi Hermawan . Jikakita pada semester awal IP dibawah 3 kak terus mau ngejer beasiswa luar negeri ,apakah masih ada kesempatan? Dan dari pengalaman pribadi KK apakah pernah ada kendala yang sampai sekarang kk jadikan sebagai acuan motivasi ? Terimakasih .
Jawab : Klo LPDP jalur reguler minimal 3.0 untuk master, tp untuk prestasi olimpiade 2.75 sprtiny, dn coba cek beasiswa afirmasi lainny mungkin ada yg dibwh 3 juga. Klo tmen saya sndri sya blm dngr yg dibwh 3, rata2 di atas 3, wlo g cumlaude dia dpet, tp klo bisa coumlaude lebih baik. Klo beasiswa lain prnh dnger di bwh 3 dn dia dpet, krna motivation letter dan recommendation letternya kuat
5.Dewi Sri Hastuti_Medan_Universitas Negeri Medan_Pertanyaan : Apakah persyaratan yang paling penting untuk mendapatkan LoA dari kampus tujuan, dan apakah Abang sewaktu mencari LoA langsung test dibeberapa universitas? Hingga bisa diterima dibeberapa kampus seperti yang abang disebutkan di atas ?
Jawab : Cara mendapatkan LoA adalah dengan cara mendaftarkan diri ke Universitas yang di tuju dan didapat jika pendaftar memenuhi syarat penerimaan di suatu universitas. Jadi, kalau ingin memperoleh, cek dulu website kampus tujuan, cermati apa saja syaratnya, lengkapi, lalu mendaftar. Tiap institusi punya aturan dan persyaratan yang berbeda-beda. Persyaratan umum yang biasaya diminta oleh pihak Universitas di Luar Negeri adalah:
1. CV (Daftar Riwayat Hidup) dalam Bahasa Inggris
2. Ijasah dan Transkip Akademik yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris
3. Passpor
4. Pas Photo
5. Motivation Letter
6. Recommendation Letter (Minimal 2) 7. Sertifikat Bahasa Inggris (Biasanya IETLS dengan minimal skor 6.5), Kampus di Luar Negeri rata-rata menggunakan IETLS sebagai persyaratan masuknya . Ada juga beberapa kampus yang mempersyaratkan Proposal Thesis untuk mendaftarkannya dan juga wawancara. Untuk kampus yang di ASIA, saya menjalani tes wawancara/interview online via skype. Ada juga kampus yang menggunakan Letter of Offer, seperti kampus saya di Australia. Istilah itu sama saja dengan Letter of Acceptance yang menyatakan pendaftar diterima pada program studi yang ditawarkan universitas (dimana pendaftar telah melamar jurusan tersebut). Pada surat penerimaan bisa saja tertulis pelamar dapat menerima atau menolak tawaran tersebut. Keputusan selanjutnya tinggal dikonfirmasi dan diurus saja. Untuk di HKU saya juga submit online melalui sistem dan mengirimkan bukti legalisssi ijasah dan transkrip.
6.Assalamualaikum izin bertanya Muhammad Bagas Syahdilarama_Purwokerto_Politeknik Neger Semarang 1. Apa yg harus dipersiapkan untuk mahasiswa baru agar tidak salah langkah mengjngat kita telah bercita2 dan bergerak dari nol. Mohon dijelaskan step by step nya. Terimakasih. 2. Apakah tepat jika kita belajar bahasa negeri yg kita tuju ketimbang bahasa inggris? Terimakasih
Jawab : Halo mas Bagas, saya domisili Purbalingga, tentangga Purwokerto. Heh 1. Apa yg harus dipersiapkan untuk mahasiswa baru agar tidak salah langkah mengjngat kita telah bercita2 dan bergerak dari nol. Mohon dijelaskan step by step nya. Terimakasih. ~> Kuliah Lancar, Organisasi Oke, Prestasi Yes. Jgn lupa lakukan semua dgn tulus ikhlas dan lakukan pengabdian. 2. Apakah tepat jika kita belajar bahasa negeri yg kita tuju ketimbang bahasa inggris? ~> bole mas, ga wajib bhs inggris. Sesuai negara tujuan gpp.
7.Ainil Mardhiyah_Medan_Politeknik Negeri Medan_Beasiswa LPDP itu kan Fully Funded, berarti asramanya ada dong ya? Atau tempat tinggal tetap kita cari sendirai tetapi biayanya dari pemerintah? Atau gimana kak?
Jawab : Iya kita dikasih LA tiap bulan, tinggal kita cari sendiri. Tp ada kampus yg menawarkan dorm juga LA= Living allowance, tunjangan hidup setiap bulan. Besaranny tergantung kota dan negara masing”
8.Widya sujarwati sukri_Makassar_UNISMUH MKS_ siapa saja yg bisa memberikan rekomendasi? Apakah status atau jabatan orang yg memberikan rekomendasi berpengaruh dalam proses seleksi? Terimakasih
Jawab : Siapa saja yg kenal baik dgn kita. Boleh dosen dan toko masyarakat. Saya dulu Dekan saja dan Ketua prodi saya plus kepada dinas kebudayaan kabupaten. Teman saya rekomendasi dari kepala desa dan ketua RT
9.Puput pujiati_Musirawas_UNSRI_Ass kak apa rencana kakak setelah menyelesaikan study di luar negeri?
Jawab : Saya memiliki beberapa rencana, mohon doanya ya. semoga berjalan dgn baik. Sya masih ttap akan melanjutkan menulis buku dan paper dan masih ingin mengembangkan diri. Jika rejeki saya melanjutkan study lagi, ya saya ambil, jika saya rejekiny mengabdi terlebih dahulu saya jg g msalah. Tp sya ttap priotias pertama masih ingin melanjutkan studi lagi. Saya masih merasa sangat kecil dan bodoh..
10.Nurila Azhary_Jogjakarta_UIN Sunan Kalijaga_ Assalamu'alaikum wr. Wb Saya mau bertanya mengenai beasiswa LPDP : 1. Seberapa lama narasumber belajar untuk mempersiapkan ujian IELTS, TOEFL iBT, dan TOEIC? 2. Apabila penerima beasiswa melebihi 24 bulan (untuk studi s2) apakah ada sanksi dan jika lbh dr waktu yang diperkirakan maka biaya ditanggung sendiri? Terimakasih
Jawab : Dlu saya mendftr pakai toefl dlu,stlah diterima saya mendptn fasilitas belajar ielts 6 bulan dr LPDP Jadi untuk jalur afirmasi kita dpet fasilitas belajar bhs Inggris gratis ,Termasuk akomodasi dan uang bulanan, Sankiny dana selssi hrus biaya sendiri mas. Nmun jika ada alasan khusus dan kuat, mungkin bisa dilanjutkan.
Nah..itu dia pemaparan dari pertanyaan terakhir kita
KESIMPULAN
Banyak sekali kegagalan dan cerita yang telah saya alami, namun bagi saya, sukses terbesar dalam hidup adalah ketika bisa memberikan manfaat sebanyak mungkin dan bangkit dari setiap kegagalan dengan penuh keberanian yang membuat saya tetap berjuang walaupun rintangan tersebut bertubi-tubi. Sangat singkat untuk menceritakan semua pembelajaran dari setiap kegagalan dan hasil manis dari sebuah perjuangan. Masih banyak hal yang harus saya lakukan dan masih banyak hal yang belum saya lakukan. Saya butuh belajar lagi dan lagi, untuk memberikan manfaat yang semakin besar dan luas. Termasuk juga saya belajar dari kalian semua, saya mendaparkan energi setiap memberikan materi sprti ini. Terima kasih semuanya Saya ingin ilmu yang telah saya miliki tidak hanya berhenti pada saya, tetapi dapat terus ditularkan kepada orang lain. Saya harap jg tman2 bisa menularkan eneergi positiveny terhadap org lain. Perjalanan yg saya alaminini merupakan bagian dari perjalanan penuh perjuangan. Jadi semangat berjuang kawan-kawan semua!
Maaf jika ada salah dan sering slow respon.. Jika ada waktu saya usahakan menjawab, tman2 bisa menghubungi lewat instagram/line/email. Instagram/line saya: hardikadh Email saya: u3542317@connect.hku.hk

Comments
Post a Comment