Bersama Kak Amelia Suharji
Amelia Suharji merupakan mahasisiwi asal Riau yang baru saja menyelesaikan Program S2 Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Politik di Aligarh Muslim University (AMU), Aligarh. Amelia yang merupakan mahasiswa self finance/ biaya mandiri ini sekarang tinggal di Aligarh, Uttar Pradesh, India. Dan kini ia adalah Wakil Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di India (PPI India).

Source: http://myamu.in
Amelia Suharji merupakan mahasisiwi asal Riau yang baru saja menyelesaikan Program S2 Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Politik di Aligarh Muslim University (AMU), Aligarh. Amelia yang merupakan mahasiswa self finance/ biaya mandiri ini sekarang tinggal di Aligarh, Uttar Pradesh, India. Dan kini ia adalah Wakil Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di India (PPI India).
- India adalah negara mayoritas agama hindu. Minoritas pertama adalah muslim, kemudian Budha, kristen dan begitu ada juga Yahudi.
- Kasta adalah identitas yg d bawa dari lahir. Sama seperti suku(kalau di Indonesia) . Ada juga Kasta yg paling rendah yang tidak bisa masuk ke institusi pndidikan tertentu. Bahkan beberapa kuil juga gak diperbolehkan.
- Persyaratan masuk AMU (self finance)
Untuk pedaftaran s1 dan s2 akan dibuka pada awal maret – akhir maret dan untuk pendaftaran S3 ada kemungkinan akan dibuka pada bulan November sampai Desember ( melihat dari tahun lalu dan jadwal bisa berubah2 ).
syarat-syarat yang harus dilengkapi untuk mendaftar di AMU khusus S1 yakni :
1. paspor, ijazah smp, ijazah SMA ( jika belum ada ijazah SMA bisa menggunakan laporan nilai terakhir atau rapor terakhir ), SKHU, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, Surat keterangan baik dari sekolah terakhir, pas foto 3x4. kemudian semua berkas tadi harap diterjemahkan kedalam bahasa inggris dan harus dilegalisir terjemahannya.
syarat-syarat yang harus dilengkapi untuk mendaftar di AMU khusus S2 yakni :
1. paspor, ijazah SMA, SKHU, ijazah S1, akte kelahiran, kartu keluarga, surat keterangan baik dari sekolah terakhir, surat keterangan baik dari polisi, pas foto 3x4. kemudian semua berkas tadi harap diterjemahkan kedalam bahasa inggris dan harus dilegalisir terjemahannya.
Untuk yg self finance s1, ada sejumlah biaya yg d submit utk biaya pendaftaran
ini sudah termasuk dana :
1. uang slip pendaftaran
2. Uang penjemputan ke Bandara ( PULANG PERGI )
3. Tax Penarikan ATM
4. Uang makan selama tiga hari ketika sampai ke india
5. uang transportasi selama megurus berkas
6. uang fotocopy dan print berkas
Untuk yg self finance s1, ada sejumlah biaya yg d submit utk biaya pendaftaran
ini sudah termasuk dana :
1. uang slip pendaftaran
2. uang penjemputan ke bandara ( pulang pergi )
3. Tax penarikan ATM
4. uang makan selama tiga hari ketika sampai di india
5. uang transportasi selama mengurus berkas
6. uang fotocopy dan print berkas.
- Ada beberapa alasan untuk kuliah di India, yaitu:
1. Biaya Pendidikan yg terjangkau.
2. Biaya hidup murah
3. Belajar bhs inggris
4. Buku murah meriah
5.Beasiswa iccr
- kuliah d India, ada 2 cara:
1. Self finance (seperti saya)
2. Beasiswa ICCR . program beasiswa ICCR merupakan wujud promosi pemerintah India akan dunia pendidikannya.
- Kenapa saya pilih self finance ( biaya mandiri)?
Dulu ketika masih SMA d pesantren, ada tawaran kuliah ke luar negri. Ada mesir, sudan, india, dll.
Yang promosi ttg kuliah d india adalah alumni senior pesantren itu.
- Tidak ada peraturan khusus yg melarang mahasiswa utk part time job.
Tapi karena memang jadwal kuliah di sini yg nggak memungkinkan, jadi sangat jarang mahasiswa yg kerja part time.
Tapi ketika liburan semester genap / liburan musim panas (biasanya liburan 2 - 2.5 bulan) kalau ada yang mau magang atau part time job, silahkan.
- tips dari kak amelia
Biasanya uang saku yg d terima org tua gak tentu. Tergantung nilai tukar rupiah.
Yang saya perhatikan, mahasiswa d india dari negara manapun terutama india masih mnggunakan Sepeda ke kampus..
Naik speda ke kampus bukan hal yang aneh.
Kalau ada orang tua naik speda, mungkin saja itu Professor universitas.
Tapi kalau mau naik motor, silahkan.. Dengan naik sepeda pun, bisa mnghemat pngeluaran dan sekalian olahraga.
Untuk makan, di sarankan masak sendiri, ada beberapa masakan india tidak cocok.
Masak sndiri bisa jadi option yang baik. Karena lebih menghemat kantong dan higenis.
Comments
Post a Comment