Skip to main content

Notulensi Seminar Cerita Dari Negeri Anak Benua

Bersama Kak Amelia Suharji

Source: http://myamu.in


Amelia Suharji merupakan mahasisiwi asal Riau yang baru saja menyelesaikan Program S2 Fakultas  Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Politik di Aligarh Muslim University (AMU), Aligarh. Amelia yang merupakan mahasiswa self finance/ biaya mandiri ini sekarang tinggal di Aligarh, Uttar Pradesh, India. Dan kini ia adalah Wakil Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di India (PPI India).

- India adalah negara mayoritas agama hindu.  Minoritas pertama adalah muslim, kemudian Budha,  kristen dan begitu ada juga Yahudi.
- Kasta adalah identitas yg d bawa dari lahir. Sama seperti suku(kalau di Indonesia) . Ada juga Kasta yg paling rendah yang tidak bisa masuk ke institusi pndidikan tertentu.  Bahkan beberapa kuil juga gak diperbolehkan.
- Persyaratan masuk AMU (self finance)
Untuk pedaftaran s1 dan s2 akan dibuka pada awal maret – akhir maret dan untuk pendaftaran S3 ada kemungkinan akan dibuka pada bulan November sampai Desember ( melihat dari tahun lalu dan jadwal bisa berubah2 ).

syarat-syarat yang harus dilengkapi untuk mendaftar di AMU khusus S1 yakni :
1. paspor, ijazah smp, ijazah SMA ( jika belum ada ijazah SMA bisa menggunakan laporan nilai terakhir atau rapor terakhir ), SKHU, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, Surat keterangan baik dari sekolah terakhir, pas foto 3x4. kemudian semua berkas tadi harap diterjemahkan kedalam bahasa inggris dan harus dilegalisir terjemahannya.

syarat-syarat yang harus dilengkapi untuk mendaftar di AMU khusus S2 yakni :
1. paspor, ijazah SMA, SKHU, ijazah S1, akte kelahiran, kartu keluarga, surat keterangan baik dari sekolah terakhir, surat keterangan baik dari polisi, pas foto 3x4. kemudian semua berkas tadi harap diterjemahkan kedalam bahasa inggris dan harus dilegalisir terjemahannya.

Untuk yg self finance s1,  ada sejumlah biaya yg d submit utk biaya pendaftaran
ini sudah termasuk dana :
1. uang slip pendaftaran
2. Uang penjemputan ke Bandara ( PULANG PERGI )
3. Tax Penarikan ATM
4. Uang makan selama tiga hari ketika sampai ke india
5. uang transportasi selama megurus berkas
6. uang fotocopy dan print berkas
Untuk yg self finance s1,  ada sejumlah biaya yg d submit utk biaya pendaftaran
ini sudah termasuk dana :
1. uang slip pendaftaran
2. uang penjemputan ke bandara ( pulang pergi )
3. Tax penarikan ATM
4. uang makan selama tiga hari ketika sampai di india
5. uang transportasi selama mengurus berkas
6. uang fotocopy dan print berkas.
- Ada beberapa alasan untuk kuliah di India, yaitu:
1. Biaya Pendidikan yg terjangkau.
2. Biaya hidup murah
3. Belajar bhs inggris
4. Buku murah meriah
5.Beasiswa iccr

- kuliah d India, ada 2 cara:
1. Self finance (seperti saya)
2. Beasiswa ICCR . program beasiswa ICCR merupakan wujud promosi pemerintah India akan dunia pendidikannya.
- Kenapa saya pilih self finance ( biaya mandiri)?
Dulu ketika masih SMA d pesantren,  ada tawaran kuliah ke luar negri. Ada mesir,  sudan,  india,  dll.
Yang promosi ttg kuliah d india adalah alumni senior pesantren itu.
- Tidak ada peraturan khusus yg melarang mahasiswa utk part time job.
Tapi karena memang jadwal kuliah di sini yg nggak  memungkinkan, jadi sangat jarang mahasiswa yg kerja part time.
Tapi ketika liburan semester genap / liburan musim panas (biasanya liburan 2 - 2.5 bulan)  kalau ada yang mau magang atau part time job,  silahkan.
- tips dari kak amelia

Biasanya uang saku yg d terima org tua gak tentu.  Tergantung nilai tukar rupiah.
Yang saya perhatikan,  mahasiswa d india dari negara manapun terutama india masih mnggunakan Sepeda ke kampus..

Naik speda ke kampus bukan hal yang aneh.
Kalau ada orang tua naik speda,  mungkin saja itu Professor universitas.

Tapi kalau mau naik motor,  silahkan.. Dengan naik sepeda pun,  bisa mnghemat pngeluaran dan sekalian olahraga.

Untuk makan,  di sarankan masak sendiri,  ada beberapa masakan india tidak cocok.
Masak sndiri bisa jadi option yang baik. Karena lebih menghemat kantong dan higenis.

Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...