Skip to main content

NOTULENSI SHARING PERSIAPAN INTERVIEW YTB








Narasumber: Mauidhotu Rofiq ( Hubungan Internasional — Ege Universitesi )


Halo perkenalkan saya Rofiq asal Gresik, sekarang saya menempuh semester 3 hubungan Internasional di Ege Univertesi dikota Izmir.Kebetulan saya juga diamanati sama teman-teman Izmir untuk menjadi ketua PPI di Izmir.


Halo semuanya~ Perkenalkan saya Putri sebagai moderator di sini. Terima kasih untuk kak Rofiq  yg telah bersedia meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dan informasi dan terima kasih juga partisipasinya dari teman2.
Okeh...kita langsung m ateriya kak.

*Kak, gimana aja wawancara itu? Kira-kira berapa lama?

Untuk wawancara biasanya kita masuk ke ruangan jadi disitu udah tersedia beberapa pewaw ancara, kemudian kita nanti akan memperkenalkan diri, setelah itu mereka akan  tanya terus kita jawab. Tapi ,pertanyaannya itu emang beda-beda tergantung gimana interviewernya itu tanya. Jadi, beda-beda disini itu maksudnya aku dulu gak banyak ditanya soal pengetahuan dibidang aku, dibidang politik atau dibidang HI, aku lebih banyak ditanya tentang keluarga aku.Tapi ada beberapa temen aku yang ditanya tentang sejarah Turki gt atau ditanya tentang Matematika kayak gt. Jadi, kalau nanti udah selesai biasanya mereka minta keaslian dokumen yang kita uploud waktu kita mendaftar beasiswa Turki.

Oiyaa.. Kira-kira waktunya 10-15 menit rata-rata kecuali untuk S2 dan S3 ya itu pasti ditanyain tentang bidang kejuruannya dan juga tentang riset.

*Berarti nggak terlalu spesifik dengan jurusan yang kita pilih ya kak?
Jadikalau aku gak sama sekaliga ada ada hubungannya dengan jurusan aku ,tapi kayak teman aku dia spesifik banget,dia juga ditanyain tentang matematika jadi kayak tentang rumus-rumusnya gt. Ada juga yang ditanya tentang siapa mentri perhubungan diIndonesia sekarang. Jadi itu tergantung kalian gimana kalian membawa interviewernya itu tanya-tanya sesuai yang kalian inginkan.

*Wawancara menggunakan bahasa inggris kak? Kesehariannya bahasa apa kak?
Waktu kita dapat undangan interview kita bisa milih interview nya dalam bahasa apa. Jadi, ada pilihan bahasa inggris ,bahasa arab atau bahasa prancis. Tapi,rata-rata orang Indonesia biasa mereka pake Bahasa Inggris.

*Apa aja sih kak yang harus dipersiapkan untuk interview ?

Pertama yang harus kalian persiapkan adalah yang pasti dokumen yang kalian uploud waktu apply Ytb seperti ijazah asli, ktp asli, sertifikat-sertifikat yang asli dan juga undangan interview itu yang penting soalnya waktu kita masuk dipos satpam itu ditanyain dulu undangan interview nya. Jadi, jangan lupa untuk mencetak undangan interview itu yang pasti dan yang harus dipersiapkan juga kalian harus bisa menebak interviewernya itu bakalan nanya apa, jadi kalianbisa buat semacam simulasi itu kalian bikin catatan,kalian buat pertanyaan kira-kira mau jawab kayak gini itu kalian siapin yang banyak dan juga yang penting adalah kalian tau dimana posisi tempat interview kalian,soalnya itu lumayan penting.Usahain kalian ontime! Karena ini sangat berpengaruh pada kesiapan kalian.


*Nah hal apa yang bisa buat interview tertertarik sama kita?

Ini bukan hal yang 100% pasti menurut aku, hal yang membuat interview tertarik sama kita adalah pada saat interviewer bertanya sama kita, kita siap bercerita. Misalnya gini, pada saat interviewer bertanya "apa sih keahlian kamu?" Nah.. Disitu kamu udah siap cerita tentang keahlian kamu. Terus juga kalau kita bercerita sesuai pengalaman kita atau natural gitu. Jadi, pada saat interviewer bertanya kita jangan jawab singkat gitu soalnya kalau kita jawab singkat mereka pasti bakalan nanya-nanya terus gitu. Kalau gitu biasanya jadi bosen.
Ini juga bisa jadi trik buat ngegiring pertanyaan mereka. Jadi kalau misalnya kalian sedikit bercerita, menjawab dengan singkattentunya mereka akan kejar terus pertanyaannya tapi beda lagi kalau kalian bercerita,pertanyaan yang muncul dari mereka itu bakal dengan gampang kalian jawab karena kalian udah ngarahin mereka buat bertanya. Tapi, jangan terlalu banyak bercerita juga, maksudnya jangan terlalu kemana-mana arahnya gitu, jadi kalian bercerita tapi tetap pada arahnya.


*Trus kak, apa yang harus kita hindari nih sebelum dan saat interview ?

-Pertama yang pasti jangan telat.
-Jangan lupa bawa dokumen-dokumen asli

Karena kalau kalian udah telat,kalian lupa bawa dokumen jatuhnya ketika wawancara itu kalian gugup dan kalian gak bisa konsen saat wawancara.Kalian jangan nervous, kalian anggap saja sedang ngobrol dengan guru kalian, tapi tetap dengan sopan santun ya. Menurut aku orang Turki itu open mindset banget deh. Jadi, orang Turki itu lebih santai saat interview atau sidang gitu, jadi kalian santai aja rileks gitu. Kalau di Turki kayaknya saran aku jangan terlalu masuk kedalam politik atau kejelekan Turki, kalau bisa jangan dibahas, soalnya orang Turki itu typical orang yang suka dipuji. Jangan lupa ramah dan murah senyum (yg natural)ya            .


*Berarti untuk yang sekarang udah ga ada translaterya kak?

Kalian pernah dengar atau pernah baca blog atau liat vlog kalau ternyata ada penerjemah dibelakang interviewernya itu. Terakhir itu tahun 2014 atau 2015. Tapi yang pasti sejak tahun 2016 itu udah gak ada translaternya. Jadi kalian harus bisa Bahasa Inggris.


*Apa yang membuat kak Rofiq beda dari peserta lain nih kak?


Pertama dari aplikasi ytb,aku ngisis aplikasinya ytb itu bener-bener detail, waktu itu aku gak ada sertifikat toefl aku langsung ikutan tes toefl saat itu juga, terus sertifikat perlombaan lain pun aku masukin baik itu tingkat provinsi atau nasional dan juga aku merangkai kata-kata dalam Bahasa Inggris itu juga sebagus mungkin.
Kedua waktu interview yang buat aku beda, aku jawab senatural mungkin. Aku jawab sejujurnya, seadanya, jadi kalau ada pertanyaan yang gak aku siapin jawabannya aku santai aja gt jawab esperiens aja. Saran aku nih buat kalian yang daftar ytb itu loi kalian dibagusin, kalian cari data yang lengkap, kalian cari nilai kalian yang tinggi kalau bisa, banyakin sertifikat itu bakalan buktiin kalau kalian aktif di organisasi.


*Ada tips dan trik lolos wawancara kak?

Kalau kalian mau sukses wawancara kalian harus sukses dalam 4 hal:

1.Kalian harus sukses dalam hal diri sendiri

Jadi disini kalian harus paham apa potensi kalian, kalian harus bisa jadi diri kalian sendiri. Aku ga pernah ke kalian buat niru kayak divlog gt menjawab dengan map ataupun gambar. Jadi kalau kalian mau ngejelasinya dengan bercerita atau dengan gambar itu terserah kalian.Tp yang penting kalian harus jadi diri kalian sendiri, senatural mungkin. Kalian jangan lupa join grup wa buat sharing pertanyaan"gini. Biasanya ada grup-grup yg khusus buati nterview .
Interview itu ada 3 hari ya.Jadi kalian bisa ambil manfaatnya dari yang interview hari pertama gt. Jangan khawatir soal kuota. Aku gak pernah tau soal kuota.Tapi selama kalian berkualitas maka kalian bisa dapat beasiswa Turki ini.Terakhir yaitu tentang usaha. Jadi jangan kalian anggap mendapatkan beasiswa Turki ini sesuatu yang gampang, tp kalian harus benar-benar usaha semaksimal mungkin. Karena segala sesuatu itu tergantung dari kalian pantas atau gak.

2.Kalian harus sukses dalam hal interview

Jadi gimana caranya untuk kalian bisa sukses dalam hal pewawancara ini kalian harus bisa bikin first impresseion yang bagus, gimana caranya kalian keliatan menarik gt, bisa aja kalian murah senyum, kenalan dengan bahasa Turki. Karena mereka suka banget kalau ada pendaftar yang bisa bahasa Turki. Jadi itu akan membentuk good impression. Kalian juga siapin pertanyaan dibuku terus jawab. Kalau seandainya mereka nanya kalian bisa jawab gt. Kalian bisa dapetin pertanyaan-pertanyaan itu dari blog awarde yang sharing tentang pengalaman interview mereka. Jadi kalian akan mempekecil kemungkinan untuk gak bisa jawab pertanyaan dan jangan lupa kalian buat pertanyaan yang fokus kejurusan kalian. Ini maksudnya adalah kalian paham interviewernya itu arahnya kemana gt, mereka mau lihat potensi kalian. Jadi kalau kalian priper materi mereka suka, mereka bakalan acungi jempol atau kasih ceklis gt.

3.Kalian harus sukses dalam hal tempat wawancara dan aturan-aturan buat interview

Kalian harus paham dimana nanti tempat interview kalian. Kalian juga harus mikiri hal-hal yang tidak terduga. Semisal kena macet atau gak ada kendaraan. Itu bener-bener harus paham .Baca juga nanti disurat undangan interview ,disitu nanti ada aturan-aturan yang harus dibawa, itu disiapin pas hari itu juga. Jangan sampai waktu hari-H interview itu kalian siapin.

4.Kalian harus sukses dalam mencari informasi lewat senior-senior atau awardee ytb

Kalian bisa cari aku instagram PPI Turki. Kalian bisa belajar dari mereka. Kalian bisa cari informasi. Jadi kalian gali informasi sebanyak mungkin dari mereka, tapi kalian jangan lupa mereka juga punya aktivitas. Jadi,kalian kalau mau tanya-tanya usahain benar-benar hanya tentang info ytb. Soalnya banyak dari kita yang mulai males jawab pertanyaan-pertanyaan itu sih, soalnya yang ditanya itu bukan tentang ytb atau interview tapi emang udah mulai melenceng. Misalanya kayak "kak,fotoin suasana kampus kakak donk?",,"kak cerita donk ini itu? "...Jadi kita mulai males gt karena perhari yang nanya itu banyak. Kita bakalan open banget kalau kalian emang bener-bener nanya tentang ytb. Jadi,kita bakalan gak bosen buat ngejawab pertanyaan yang berhubungan dengan ytb.


Pertanyaan peserta


1.Suci Elvianita Gates_B.Lampung_UNILA_
« Aku baca cv kakak dari SMK chemistry, sedangkan kakak ambil jurusan HI, apakah ada compaint atau pertanyaan dari interviewernya, kalau ada gimana cara ngatasinya?
« Waktu kakak diwawancara kakak ada media tertentu gak?
« Kesan pertama apa yang kakak dapetin pas masuk ruang interview dan ketemu sama interviewer?

Jawaban :

« Jadi bener dulu itu aku SMK Kimia Analis 4 tahun dan aku kuliahnya gak pengen ambil kimia lagi karena aku bosen sama kimia dan aku tertarik sama HI. Tapi aku masih berpikir logis atau takut mereka gak menerima banting setir jurusan aku gt. Jadi waktu aku daftar itu aku daftar 4 jurusan HI dan 2 jurusan kimia analis .Kalau pertanyaan ada complain ga, soalitu gimana cara mengatasinya. Jadi waktu itu aku lucky banget, mereka gak nanya soal jurusan sama sekali. Mereka cuma nanya tentang keluarga aku dan juga mereka nanya kerjaan aku. Jadi kalau ditanya "kenapa pindah jurusan?",karena emang tertarik sama HI, jadi aku bilang ke mereka selama aku di SMA aku ikut kegiatan politik dan join didebat bahasa inggris itu tentang politik dan mengarah tentang HI. Aku pengen di SMK kan aku udah punya basic kimia analis kan dan itu IPA dan kalau belajar HI dan itu IPS. Aku pengen punya ilmu lain gt selain aku bosen juga dikimia, aku jugq ingin belajar IPS gt. Nah kenapa aku optimis di HI, karena aku banyak sertifikat-sertifikat dibidang bahasa inggris, sekitarada 32-an da itu dilevel kota dan provinsi juga.Aku optimis daftar di HI. Kalau misalnya mereka nanya pun aku bakal jawab kayak td.

« Sebelum wawancara kayak aku bilang berkali-kali aku itu bikin soal dibuku dan bikin pertanyaan-pertanyaan, terus aku jawab pertanyaan-pertanyaan itu. Otomatis aku banyak membaca digoogle bukan media tertentu ya. Kayak semisal aku pernah buat pertanyaan umum soal sejarah turki. Jadi aku searching digoogle gimana sih sejarah Turki. Aku searching semua terus aku tulis dibuku dan ada juga pertanyaan aku tentang hubungan politik Indonesia dengan Turki. Aku juga liat vlog dari awarde tahun-tahun sebelumnya.

« Aku sedikit cerita tentang pengalaman interview aku.Jadi ceritanya aku kan udah siapin banyak banget tuh pertanyaan dibuku tuh tentang sejarah turki, tentang hubungan politik Indonesia dan Turki, tentang essay dan loi aku dan lain sebagainya.Aku udah siapin semua dan juga sebelum wawancara aku udah belajar bahasa Turki sedikit-sedikit. Aku belajar soal perkenalan dan juga penutupan dalam bahasa Turkil. Nah...Waktu hari-H aku masuk ke ruang interview sebenarnya aku pengennya aku duduk terus nyampaikan introduction in Turkish. Tapi sayangnya waktu itu begitu aku masuk mereka langsung minta dokumen asli, jadi mereka minta ijazah, terus aku serahin ijazah itu,begitu aku serahin waktu posisi berdiri dan mereka langsung nanya "nama kamu siapa? "....Terus aku jawab "nama aku rofiq dan aku sekolah disini dan disini gt"....Jadi aku kayak gagal dalam first impression. Yaa aku gagal.... Karena aku udah gagal di first impression, yaa begitu aku duduk,aku agak sedikit ngeblank. Mereka nanya kan " coba kamu ceritain tentang keluarga kamu? "..Itu aku bener-bener blank banget, maksudnya aku udah siapin pertanyaan dan jawabannya tentang sejarah Turki, tentang loi aku, tapi mereka nanyanya kekeluarga aku. Bener-bener aku gak ada pikiran sama sekali kalau mereka bakalan nanyanya segampang itu. Tapi karena aku ga nyiapin itu jadi aku bener-bener blank banget,gak tau mau ngomong apa. Aku bilang "i have a perfect family and its a big family"... Aku cuma bilang kayak gitu doank. Trerus aku bilang aku punya saudara 3 cowok dan saudara cewek 3.Aku ngeblank banget ketika mereka nanya tentang keluarga. Aku sampe gak tau jumlah saudara aku berapa.Nah...mulai dari situ aku narik nafas panjang-panjang. Trus aku coba lebih rileks lagi. Setelah mereka nanya keluarga aku mereka nanya pekerjaan aku dan disitu aku muali cerita tentang pengalaman aku ditempat kerjaan. Jadi aku tunjukin ke mereka potensi aku. Mulai dari situ aku enak banget ngejawab pertanyaan dari mereka.

2.Munawaratul Fi'liyah_Banjarm asin_UIN Antasari_
« Apakah penampilan berpengaruh terhadap penilaian interviewer?Penampilan seperti apa yang bagus?
« Apakah kemampuan berbahasa inggris kita dinilai?Misalkan kita dianggap gak terlalu menguasai inggris.

Jawaban:

« Sejauh yang aku tau mereka adalah orang yang profesional jadi hanya karena kita gak berpenampilan bagus, kita gak akan keblacklist gt. Tp bukan berarti kita bisa berpenampilan tidak bagus. Nah.. Gimana berpenampilan yang bagus? Kaalau kalian cowok pakai kemeja, pakek celana kain tp pake jins juga gpp, pakai sepatu. Kalau buat cewek pakek rok atau pake celana panjang terus pakek kerudung buat yang muslim atau rambutnya diiket rapi. Jadi kalian taulah mana yang rapi atau gak.Yang penting kalian rapi.


3.Tamara silviana_Jambi_SM A UnggulSakti_
« Apa mindmapping itu perlu dalam interview dan isi dari mindmapping itu apa aja kak?

Jawaban:

« Aku gak pernah bilang kalau kalian harus bua mindmapping ketika interview .Kalau kalian gak nyaman dengan mindmapping, ya jangan dipaksa. Karena ada juga yang coba untuk niru bikin mindmapping kayak awarde ytb tahun sebelumnya. Ya jd dia gak nyaman, jd itu gak kepake.Ya akhirnya gak lolos, mungkin karena bakat dia bukan disitu, bakan dy bukan dengan mindmapping. mindmapping itu adalah sebagai sarana unutuk memudahkan kita dalam bercerita. Kalau kalian tanya mindmapping itu isinya apa, aku gak bisa jawab dengan pasti karena aku gak pake mindmapping waktu itu. Tapi mungkin mindmapping itu isinya tentang kualitas kalian, tentang potensial kalian. Jadi, kalau kalian daftar beasiswa itu seolah-olah kalian menjual diri kalian kepada interviewernya. Kalau semisal,oh aku bisa ini lho...,aku pernah bikin ini!!,,aku pernah ikut kegiatan itu. Mindmapping itu isinya potensi kalian, aktivitas kalian, juara-juara kalian, tentang organisasi kalian.Ya kalian menunjukkan Ke interviewernya kalau kalian pantas diambil.


4.Maulina_Pati_Universitas Darussalam Gontor_
« Tadi kakak bilang kakak gak pernah disinggung apapun tentang politik oleh interviewer dan iuga interviewer sensitif akan masalah politik Turki. Kan akhir-akhir ini banyak jurnalis Turki yang tersandung masalah bahkan dipenjarakan. Menurut kakak bagaimana cara menanggapi pertanyaan tentang itu untuk seseorang yang ambil jurusan jurnalistik.

Jawaban:

« Jadi setau aku mereka gak akan memulai untuk bertanya tentang isu-isu politik atau sesuatu yang jelek tentang Turki, karena mereka bukan tipycal orang yang suka menceritakan kejelekan negaranya sendiri. Orang Turki itu benar-benar manis banget. Jadi Insyaallah mereka gak akan nanya tentang itu. Kalau semisalnya mereka nanya tentang itu kalian harus menjawab dengan netral ya...Kalian jangan bilang kalau mereka yang salah atau jangan bilang yang salah itu presidennya, gak bisa kalian jawab kayak gt karena kalian di Indonesia bukan diTurki. Mungkin info yang masuk ke Indonesia beda dengan info yang ada diTurki. Kalian bisa jawab dengan netral semisal " mungkin pemerintah Turki punya alasan sendiri untuk memenjarakan jurnalistik tersebut" atau ya kamu bilang aja kalau kamu gak bisa bilang itu bener atau gak. Tapi setau aku mereka gak bakalan nanya kalau kalian gak mancing-mancing, mereka gak akan nanya kearah sana, pasti mereka nanyak kearah umum atau gak paling kearah Indonesia. Pengetahuan mereka luas juga tentang pengetahuan umum di Indonesia dan aku bilang tapi mereka orang Turki tapi mereka tau lho siapa mentri perhubungan di Indonesia. Kita aja sampai lupa, sampai ga terpikir gitu lho.


5.Diana_Padang_Universitas Andalas_
« Kak aku liat cv kakak belum ada kegiatan-kegiatan sosial kayak volunteer, lomba-lomba achievement yang biasanya kita tem ukan di cv penerima beasiswa. Jadi apa yang meningkatkan nilai jual kakak?   Dan Kira-kira apa aja yang menjadi pertimbangan penilaian penerima beasiswa ya kak?

Jaw aban:

« Kalau soal di cv itu aku emang gak masukin tentang lomba-lomba aku atau sertifikat aku. Tapi waktu aku daftar beasiswa ytb itu aku masukin kok, aku masukin sekitar 32 sertfikat lomba. Tapi kalau volunteer aku gak pernah ikut sih. Aku emang kosongin bagian volenteer itu. Tapi kalau lomba-lomba dan sertifikat menurut aku itu wajib banget. Jadi, harus ada buat nilai plus kalian. Nah...Kalau kalian tanya apa yang meningkatkan nilai jualaku,mungkin rata-rata nilai aku itu tinggi 8,9 nilai rata-rata aku.Kemudian sertifikat aku juga banyakkan sekitar32-an, trus sertifikat toefl aku itu nilainya rata-rata 500, dan juga essay menurutku bagus meskipun banyak yang lain ada yang lebih bagus. Tapi kalau kalian semisal bagian dari elemen-elemen kalian itu bagus Insyaallah kalian bakal keterima ytb kok. Kalian bakalan lolos seleksi dokumen, terus itu kalian interview . Aamiin...


KESIM PULAN

Nah..kalau kesimpulannya,kayak yang aku bilang tadi kalau kalian mau sukses dalam hal interview
-Kalian harus sukses dalam hal interviewer. 
-Kalian harus siapin materi kalian.
-Kalian buat simulasi.
-Kalian harus tau mau interviewernya itu apa.
-Kalian harus bikin first impression yang bagus, kalau kalian gak nyaman pake mindmapping jangan dipake.
-Kalian jangan sampe nervous.
-Kalian juga sering-sering sharing, cari-cari informasi digoogle atau dari grup whatsapp. 
-Kalau interview kalian harus jadidirisendiri,caricara yang buatkalian nyam an.

Segala sesuatu tergantung dari kalian pantas atau gaknya.Kalau kalian berusaha semaksimal mungkin kalian Insyaallah pasti keterima beasiswa ytb ini. Tapi kalau kalian emang gak dapet beasiswa itu ya yang lain lebih pantes, yang lain usahanya lebih banyak, lebih keras daripada kalian. Kalau kalian gak dapet kalian jangan menyerah, jangan patah semangat, kalian usaha terus. Kalian pasti akan akan kuliah Diluar negeri.



Aku sedikit cerita ya...Jadi beasiswa Turki ini pertama aku coba dan dapet. Jadi aku dak pernah nyoba beasiswa apapun. Aku nyoba Beasiswa Turki itu langsung dapet, tapi bukan berarti aku sombong. Di Samping aku suka belajar bahasa inggris, aku juga ikut les bahasa inggris. Disamping aku juga ikut komunitas debat bahasa inggris. Waktu itu aku juga sempat ke kota Ngawi cuma buat nemuin awarde australia, tapi waktu itu kayaknya susah banget. Dia bukan beasiswa tapi mandiri dan syaratnya itu susah banget. Aku gak jadi berangkat dan gak jd ngurusin itu. Soalnya aku sempat cari info yang katanya beasiswa ke Jerman ternyata itu mandiri. Mereka ternyata yayasan dan aku disuruh bayar di awal 200 juta buat jaminan atau apalah itu. Jadi,kalau kalian gak diterima disatu beasiswa, kalian jangan nyerah!Kalian usaha terus! Suatu saat nanti kalian akan kuliah di luar negeri.Cari info dari senior atau pemegang beasiswa tahun sebelumnya. Kalian gali info dari mereka, tapi kalian jangan bikin mereka ilfil sama kalian. Kalian jangan terlalu jauh bertanya sama yang gak ada hubungannya dengan ytb. Nanti jadinya mereka gak mau jawab pertanyaan kalian. Nanti kalian harus paham posisi tempat interview kalian dan syarat-syarat yang dibawa ketika interview .

Nah...Sorry banget yaa....Aku mau jelasin sedikit. Jauh sebelum ini ada yang nanya "kak kenapa kuliah diTurki? ".Sebenarnya aku gak kepikiran buat kuliah diTurki dan gak punya cita-cita buat kuliah diTurki. Aku hanya bercita-cita buat kuliah diluar negeri. Sebenarnya aku pengen ke Australia atau ke Jerman sih. Tapi,begitu aku dapet beasiswa Turki ini aku conpare dengan beasiwa yang lain, aku itu bersyukur banget karena dibeasiswa Turki itu semua dicover muali dari: 
1.Asrama
2. Makan pagi dan malam
3.Kamu bisa cek kesehatan dimana pun dan kapan pun 
4.Beliobat murah dan gratis
5.Dapat uang bulanan

Di Turki itu bener-bener banyak tempat yang bagus banget, kayak aya shofia, kapadokya, bener-bener banyak tempat yang bagus buat wisata. Untuk edukasi emang Turki gak bagus-bagus banget sih menurut aku. DiIndonesia banyak kampus yang lebih bagus dari Turki. Tapi kan kuliah diluar negri itu bukannya tentang edukasi.Tapi tentang kita belajar budaya, kita belajar jauh dari orang tua, belajar mandiri, belajar kenal sama orang dengan kebudayaan lain. Bener-bener sesuatu yang kalian dapetin itu beda banget. Bukan cuma sekedar edukasi.

Di Turki juga enak banget soalnya disana masih mayoritas muslim ,dimana-mana ada masjid, dimana saja kalian masih mendengar azan, enak banget. Aku bersyukur banget.Terakhir aku bersyukur karena orang Turki itu ramah-ramah sejauh ini. Mereka bener-bener setia kawan, ngebantuin kita banget.

Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...