Skip to main content

NOTULENSI SEMINAR KULIAH DI SINGAPURA



Pemateri: Radyum Ikono

Sabtu, 20 Januari 2018




Jurusan Materials Engineering di NTU dengan Tuition Grant (Potongan beasiswa kuliah) dan tuition fee loan.

Gimana caranya bisa diterima ?

Ada tiga kampus yang menyediakan beasiswa :

1.   NTU
2.   NUS
3.   SMU

Biasanya buka bulan Oktober, dan tutup 15 Desember.    Bisa dicari dengan NAMAKAMPUS ADMISSION TINGKATANSTUDI. Contoh : NTU Admission Undergraduate. Disana lengkap termasuk prosedur, dll.

Bagaimana seleksinya?

1.   Seleksi Dokumen :
·    Rapot (Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, Bahasa Indonesia, dan English ).
Untuk IPS beda. Ga ada standar nilai rapot, aman jika memenuhi 85.
·    Motivation Letter maksimum 300 kata (mungkin berubah).
·    Toefl / Ielts (optional)
·    Khusus   untuk   SM harus   ada   Scholasti Aptitude   Tes (ada   syarat minimumnya).
2.   Tes tulis pada pertengahan Februari (Jakarta/Medan/Surabaya) untuk materi yang di test kan, itu diminta setiap jurusan yang dituju.
3.   Pada bulan April, ada pengumuman akhir. Beberapa beasiswa mensyaratkan untuk interview.

Soal yang diujikan yaitu soal A level Singapore, contoh soal ada di setiap websitenya. Siapkan untuk tes tulis dengan ikut bimbel atau beli buku A level singapore. Buku bisa dibeli dengan Online.


Sesi tanya jawab

1.Aulia Khoerunisa (SMAN 2 Kebumen)

Apabila jurusan Ipa apakah boleh mengambil program IPS? Jawab: Boleh



2. Reza Rivaldi (Palembang)

Bagaimana sistem perkuliahan di Singapura apakah berbeda? Bagus di Indonesia atau di
Singapura sistem perkuliahanya dan kesulitan selama kuliah ka?

Jawab : Tipe nya santai (beda-beda tiap jurusan), tak ada absensi, ada lecturer recording, mau datang kuliah atau ngga yang penting ujian bisa. Kualitas pengajaran cara pengajaranya sama, tapi dari segi pengetahuan yang di SG jauh lebih menguasai betul keilmuan tersebut.




3        Arsya Dani Hayati (Jepara)
Kak kalau misal sudah kuliah apakah nilai rapot dipertimbangkan? Jawab : Ga ngaruh



4.   Hellen(Bogor)
Gimana untuk anak dari SMK? Bisa dapetin scholarship disana enggak? Jawab :SMA/MA/SMK sederajat bisa



5.   Yusia (SMAN 2 Ratu)
Kak mau nanya  nih, scholarshipnya itu sampai kita tamat lah? Dan kalau memang diterima scholarship di Singapura, nilai kita harus bagus?
Jawab : Tuition Grant itu menjamin 80% SPP, pinjam student loan, lalu bisa kerja sekitar 2 tahun untuk bayar utang



6.   Fatia (Padang)
Kak,   apa   yang   harus   dimaksimalkan   lag untuk   pelaja SM yan tinggal dipedalaman dan sekolahnyga terlalu terkenal? Selain nilai rapot, apa aja yang ngebantu kita lolos administrasi?
Jawab : Bisa memperbaiki CV kalian, bisa ditunjang dengan prestasi lain, terutama
prestasi akademik seperti Olimpiade.


7.   Tasya (Bogor)
Ka gue dari smk, sedangkan alumni smk gue gada lah yang ke ntu, nsu jangankan itu ke ptn indonesia juga gada. Terus minimal rapot harus tinggi ya. Rapot gue ada yang dibawah 8. Kalo alumni smk yang ga dikenal gtu 1:100.000
Jawab : Sama dengan nomor 6



8.   Fida(Batang)
Kak mau tanya kalo emang bukanya dari Oktober ampe Desember berarti sekarang udah tutup, dan ga bisa daftar buat tahun ini?
Jawab :Yes, tunggu aja Okt-Des tahun ini



9.   Gardin  (Tulungagung)
Saya pernah denger jika mayoritas mahasiswa Indonesia yang kulia di NTU itu adalah medalis olimpiade Internasional, apakah itu benar? Bagaimana research di NTU terutama di bidang Material Science jika dibandingkan dengan universitas-universitas di Indonesia?
Jawab : Hampir 80% siswa indo di NTU itu anak olimpiade nasional. Untuk research material science ketiga didunia.



10. Taufik (Cianjur)
Kak cara belajar dan Survive di NTU bagaimana? Dan sistem belajarnya seperti apa? Kan NTU sekarang Univ nomor 1 di Asia, takutnya ada kesulitan belajar terutaa bagi siswa yang ekilahnya didaera
Jawab : Jika anda lolos di NTU, itu kemungkinan bisa survive dan syarat minimum.
Jika gagal, memang usah untuk survive. Cukup belajar keras.



11. Arsyada (Jepara)
Kan daftar beasiswanya pas kuliah kak, syarat administrasinya selain rapot sma, apa aja syarat administrasnya? Apakah IPK atau ada yang lain?
Jawab : Iya kayaknya diminta IPK deh



12. Fatia (Padang)
Kak bisa dijelaskan lebih lagi soal lomba, apakah bisa lomba online?
Jawab: Lomba apa aa, kalo bisa regional atau nasional. Mau offline atau online yang jela ada gengsinya.


13. Fatia (Padang) Saya kurang mengerti yang tadi kata kaka nya di Singapura sangat melihat potensi akademik, tapi bisa buat yang suka ikut lomba-lomba ?
Jawab: Disamping nilai rapot, lomba sangat membantu. Ikuti aja.



14. Buku yang direkomendasikan untuk belajar periapan ntu apa aja kak?
Jawab: Iya saya lupa eui



15. Arsyada(Jepara) kak saya sma jurusan ipa, nanti kuliah di Sg ambil jurusan IPS, syarat administrasi yang nilai rapot 6 pelajara tetep dipertimbangkan ka? Kan saya ga punya nilai nilai IPS kaya Geo, Sejarah.
Jawab : Kayaknya ini menyesuaikan dengan jurusan di Sma.



16. Fatia (Padang)
-Kak, cara mengetahui olimpiade yang kita ikuti itu bergengsi gimana ya?
-Kak, aku boleh minta rekomendasi ga, negara mana aja yang daftar kuliahnya lumayan mudah dan disanggupi?
-Tolong  jelaskan  Biaya  hidupnnya  dicover  dari  partb  time  plus  beasiswa  yang didapat setelah diterima disana
-Kenapa kaka merekomendasikan Jepang? Bukanya Jepang adalah negara maju, kalau negara maju otomatis susah didapatkan?
Jawab:
-Saya  sih  ga  ada  ya  selain  olimpiadeAda  olimpiade  penelitian  siswa  indonesia
(OPSI). Tentunya ada lomba mata pelajaran atau apa gitu.
-Ga ada yang mudah untuk beasiswa S1 diluar negeri, karena kuotanya kecil dan minat banyak sekali. Kalo berani coba jajal Jepang atau Jerman. Biaya hidupnya dicover dari part time plus beasiswa yang didapat setelah diterima disana.
- Simulasi dijepang ya. Uang kuliah 60 juta per tahun, biasanya dapat potonan 50%,
jadi bayar 30 juta rupiah. Kemudian biaya hidup kisaran 5 juta perbulan.
- Opsi 1: Beasiswa. Tapi dapetnya setelah kita kuliah. Misal dapetnya semester 3. Kalo langsung dapet sebelum kuliah, ada Mitsui Bussan, pendaftar 20 ribu orang, yang   diterim hany 2,   yang   olimpiade   internasiona diutamakan.   Beasiswa sebenarnya sangat mudah dan banyak kalo udah di Jepang. Bisa dapet misalkan 40 ribu yen atau 5 juta per bulan.. Jadi biaya hidup terpenuhi. Opsi kedua bisa dengan part time. Kita bisa dapat gaji 10 juta per bulan. Jaganya apa? Jaga kasir di 7 11, loper koran, dll. Banyak 10 x 12 = 120 juta. Uang kuliah tercover, biaya hidup bahkan sampe bisa nabung.

Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...