Sabtu, 20 Januari 2018
Jurusan Materials Engineering di NTU dengan Tuition Grant (Potongan beasiswa kuliah) dan tuition fee loan.
Gimana caranya bisa diterima ?
Ada tiga kampus yang menyediakan beasiswa :
1. NTU
2. NUS
3. SMU
Biasanya buka bulan Oktober, dan tutup 15 Desember. Bisa dicari dengan NAMAKAMPUS ADMISSION TINGKATANSTUDI. Contoh : NTU Admission Undergraduate. Disana lengkap termasuk prosedur, dll.
Bagaimana seleksinya?
1. Seleksi Dokumen :
· Rapot (Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, Bahasa Indonesia, dan English ).
Untuk IPS beda. Ga ada standar nilai rapot, aman jika memenuhi 85.
· Motivation Letter maksimum 300 kata (mungkin berubah).
· Toefl / Ielts (optional)
· Khusus untuk SMU harus ada Scholastic Aptitude Test (ada syarat minimumnya).
2. Tes tulis pada pertengahan Februari (Jakarta/Medan/Surabaya) untuk materi yang di test kan, itu diminta setiap jurusan yang dituju.
3. Pada bulan April, ada pengumuman akhir. Beberapa beasiswa mensyaratkan untuk interview.
Soal yang diujikan yaitu soal A level Singapore, contoh soal ada di setiap websitenya. Siapkan untuk tes tulis dengan ikut bimbel atau beli buku A level singapore. Buku bisa dibeli dengan Online.
Sesi tanya jawab
1.Aulia Khoerunisa (SMAN 2 Kebumen)
Apabila jurusan Ipa apakah boleh mengambil program IPS? Jawab: Boleh
2. Reza Rivaldi (Palembang)
Bagaimana sistem perkuliahan di Singapura apakah berbeda? Bagus di Indonesia atau di
Singapura sistem perkuliahanya dan kesulitan selama kuliah ka?
Jawab : Tipe nya santai (beda-beda tiap jurusan), tak ada absensi, ada lecturer recording, mau datang kuliah atau ngga yang penting ujian bisa. Kualitas pengajaran cara pengajaranya sama, tapi dari segi pengetahuan yang di SG jauh lebih menguasai betul keilmuan tersebut.
3 Arsya Dani Hayati (Jepara)
Kak kalau misal sudah kuliah apakah nilai rapot dipertimbangkan? Jawab : Ga ngaruh
4. Hellen(Bogor)
Gimana untuk anak dari SMK? Bisa dapetin scholarship disana enggak? Jawab :SMA/MA/SMK sederajat bisa
5. Yusia (SMAN 2 Ratu)
Kak mau nanya nih, scholarshipnya itu sampai kita tamat lah? Dan kalau memang diterima scholarship di Singapura, nilai kita harus bagus?
Jawab : Tuition Grant itu menjamin 80% SPP, pinjam student loan, lalu bisa kerja sekitar 2 tahun untuk bayar utang
6. Fatia (Padang)
Kak, apa yang harus dimaksimalkan lagi untuk pelajar SMA yang tinggal dipedalaman dan sekolahnya ga terlalu terkenal? Selain nilai rapot, apa aja yang ngebantu kita lolos administrasi?
Jawab : Bisa memperbaiki CV kalian, bisa ditunjang dengan prestasi lain, terutama
prestasi akademik seperti Olimpiade.
7. Tasya (Bogor)
Ka gue dari smk, sedangkan alumni smk gue gada lah yang ke ntu, nsu jangankan itu ke ptn indonesia juga gada. Terus minimal rapot harus tinggi ya. Rapot gue ada yang dibawah 8. Kalo alumni smk yang ga dikenal gtu 1:100.000
Jawab : Sama dengan nomor 6
8. Fida(Batang)
Kak mau tanya kalo emang bukanya dari Oktober ampe Desember berarti sekarang udah tutup, dan ga bisa daftar buat tahun ini?
Jawab :Yes, tunggu aja Okt-Des tahun ini
9. Gardin (Tulungagung)
Saya pernah denger jika mayoritas mahasiswa Indonesia yang kulia di NTU itu adalah medalis olimpiade Internasional, apakah itu benar? Bagaimana research di NTU terutama di bidang Material Science jika dibandingkan dengan universitas-universitas di Indonesia?
Jawab : Hampir 80% siswa indo di NTU itu anak olimpiade nasional. Untuk research material science ketiga didunia.
10. Taufik (Cianjur)
Kak cara belajar dan Survive di NTU bagaimana? Dan sistem belajarnya seperti apa? Kan NTU sekarang Univ nomor 1 di Asia, takutnya ada kesulitan belajar terutaa bagi siswa yang ekilahnya didaera
Jawab : Jika anda lolos di NTU, itu kemungkinan bisa survive dan syarat minimum.
Jika gagal, memang usah untuk survive. Cukup belajar keras.
11. Arsyada (Jepara)
Kan daftar beasiswanya pas kuliah kak, syarat administrasinya selain rapot sma, apa aja syarat administrasnya? Apakah IPK atau ada yang lain?
Jawab : Iya kayaknya diminta IPK deh
12. Fatia (Padang)
Kak bisa dijelaskan lebih lagi soal lomba, apakah bisa lomba online?
Jawab: Lomba apa aa, kalo bisa regional atau nasional. Mau offline atau online yang jela ada gengsinya.
13. Fatia (Padang) Saya kurang mengerti yang tadi kata kaka nya di Singapura sangat melihat potensi akademik, tapi bisa buat yang suka ikut lomba-lomba ?
Jawab: Disamping nilai rapot, lomba sangat membantu. Ikuti aja.
14. Buku yang direkomendasikan untuk belajar periapan ntu apa aja kak?
Jawab: Iya saya lupa eui
15. Arsyada(Jepara) kak saya sma jurusan ipa, nanti kuliah di Sg ambil jurusan IPS, syarat administrasi yang nilai rapot 6 pelajara tetep dipertimbangkan ka? Kan saya ga punya nilai nilai IPS kaya Geo, Sejarah.
Jawab : Kayaknya ini menyesuaikan dengan jurusan di Sma.
16. Fatia (Padang)
-Kak, cara mengetahui olimpiade yang kita ikuti itu bergengsi gimana ya?
-Kak, aku boleh minta rekomendasi ga, negara mana aja yang daftar kuliahnya lumayan mudah dan disanggupi?
-Tolong jelaskan “Biaya hidupnnya dicover dari partb time plus beasiswa yang didapat setelah diterima disana”
-Kenapa kaka merekomendasikan Jepang? Bukanya Jepang adalah negara maju, kalau negara maju otomatis susah didapatkan?
Jawab:
-Saya sih ga ada ya selain olimpiade. Ada olimpiade penelitian siswa indonesia
(OPSI). Tentunya ada lomba mata pelajaran atau apa gitu.
-Ga ada yang mudah untuk beasiswa S1 diluar negeri, karena kuotanya kecil dan minat banyak sekali. Kalo berani coba jajal Jepang atau Jerman. Biaya hidupnya dicover dari part time plus beasiswa yang didapat setelah diterima disana.
- Simulasi dijepang ya. Uang kuliah 60 juta per tahun, biasanya dapat potonan 50%,
jadi bayar 30 juta rupiah. Kemudian biaya hidup kisaran 5 juta perbulan.
- Opsi 1: Beasiswa. Tapi dapetnya setelah kita kuliah. Misal dapetnya semester 3. Kalo langsung dapet sebelum kuliah, ada Mitsui Bussan, pendaftar 20 ribu orang, yang diterima hanya 2, yang olimpiade internasional diutamakan. Beasiswa sebenarnya sangat mudah dan banyak kalo udah di Jepang. Bisa dapet misalkan 40 ribu yen atau 5 juta per bulan.. Jadi biaya hidup terpenuhi. Opsi kedua bisa dengan part time. Kita bisa dapat gaji 10 juta per bulan. Jaganya apa? Jaga kasir di 7 11, loper koran, dll. Banyak 10 x 12 = 120 juta. Uang kuliah tercover, biaya hidup bahkan sampe bisa nabung.

Comments
Post a Comment