Skip to main content

NOTULENSI SEMINAR KULIAH DI NEGERI PIRAMIDA

*Beasiswa dari Baituz Zakat, Kuwait*Diantara lembaga sosial yang memberi beasiswa pada mahasiswa dunia Islam yang belajar di Al- Azhar adalah Baituz Zakat, Kuwait. Lembaga ini memiliki perwakilan di Kairo dan tiap tahun membuka file baru penerima beasiswa. Syarat utamanya harus sudah naik tingkat dengan nilai minimal jayyid serta belum mendapat beasiswa dari lembaga mana pun. Jadi, mahasiswa yang baru datang tidak bisa langsung mendaftar.Beasiswa yang diberikan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama belajar di Mesir. Dan Baituz Zakat juga memberikan tiket pulang ketika lulus.

*Beasiswa dari Majelis A’la Mesir*Majelis A’la ini berada di bawah Wizaratul Auqaf Wasy Syunid Diniyyah (Kementrian Wakaf dan Urusan Agama) Mesir. Memberikan beasiswa kepada mahasiswa Dunia Islam yang belajar di Al-Azhar. Tiap negara sudah memiliki jatah masing-masing. Syarat utamanya sama dengan Baituz Zakat.
*Beasiwa dari WAMY, Jeddah*WAMY (The World Assembly of Moslem Youth) juga memberi beasiswa untuk mahasiswa Muslim yang belajar di Mesir. Tidak hanya yang sedang belajar di Universitas Al-Azhar, tapi juga yang belajar di universitas lain yang ada di Mesir. Syaratnya sama dengan Baituz Zakat dan Majelis A’la. Hanya saja, akhir-akhir ini beasiswa WAMY lebih difokuskan untuk mahasiswa yang sedang menempuh S2 dan S3.*oh iya juga, tambahan, kebanyakan awardee nya, itu laki laki :)

*Beasiswa dari perusahaan Swasta Muslim Mesir, Para Dermawan, atau Syaikh yang Kaya*Selain lembaga resmi di Mesir sering ada konglomerat yang memberi beasiswa yang biasanya merupakan alokasi dari zakat mal perusahaan mereka. Trik untuk mendapatkan beasiswa para dermawan ini adalah menunjukkan prestasi, moralitas yang baik, dan kenal baik dengan mereka.

*Sufaraa termasuk beasiswa yg ini yaa :)Kalau fasilitas nya, ada Asrama dg fasilitas lengkap :) Kemudian rihlah atau Travelling (dalam Mesir) Uang sakuBimbel mata kuliah Uang buku Untuk sufaraa Al-Hidaiaa sendiri, apakah hanya mencakup untuk kampus Al Azhar atau beberapa kampus lainya di Mesir?Sufaraa lebih ke meng cover living costs nya yaa.. Karena kan kuliah gratis, (bea Azhar langsung) jadi untuk living cost dan uang saku, itu dari Sufaraa Al Hidaiaa.

Oke kak, sekarang pertanyaanya apa masalah yang sering dihadapi oleh berbagai Applicants saat berjuang mendapatkan LOA dari Al Azhar dan kesulitan saat mendaftar Sufaraa Al-Hidaiaa sendiri?Oh ya kak, sistem hafalan Qur'an nya gimana? Nanti kita disuruh membacakan ayat yg disuruh secara acak. Atau murojaah juz yg kita hafal? Lalu saat interview pertanyaan apa yg sering muncul?FYI teman teman, di Azhar, ngga ada LoA conditional yaa, Jadi siapa yg keterima, pasti LoA nya udah unconditional.
Naah, jadi pertanyaan nya, 'gimana biar bisa keterima di Azhar?' Pertama, daftar dulu lah yaa.. Ada di website https://kemenag.go.id/ Biasanya buka pendaftaran sekitar bulan mei, Jadi kalau website nya ngga bisa dibuka, itu karena memang pendaftaran nya belum buka ya guysKalau sudah mendaftar, nanti kita tes, ada tes tulis dan Interview. Materi nya apa aja?Seputar bahasa arab dan Al Qur'an yaa, Untuk Al Qur'an min. 2 juz,*biasa yg keluar di ujian 2 juz depan
Bahasa arab nya, ada Nahwu, Shorf, Balaghoh, Insya' sama sedikit tentang fiqh islami Masalah yg dihadapi, mungkin saat Interview yaa.. Interviewer nya native speaker soalnya :)Jadi mungkin pas pertama denger, rada agak gimana gitu, heheheTapi bisa kok, kalau kita sering sering dengerin kartun berbahasa Arab, atau film arab,*ngga jauh beda sama kalo kita belajar english
Tips tips kak Asma untuk teman teman disini yang mau melanjutkan ke Kairo, dan apa yang bisa membuat aplikasi kita beda dan terlihat lebih dari yang lain?Buat daftar di Mesir, aplikasi kita sama semua, Kok bisa?Karena kan nggak pake nulis essay, motlet (motivation letter) atau cv.Kita hanya tes tulis dan Interview saja :)
Naah, bagaimana biar tes tulis & Interview kita bagus? Banyak banyak latihan soal yaa teman teman :)Soal yg diujikan, tidak jauh berbeda dg soal soal tahun sebelumnya :) Jadi coba pelajari soal soal tahun lalu, sama latihan ngomong arab*aplikasi yg diminta hanya berkas sekitar ijazah, foto, dll*untuk ijazah, maksimal 3 tahun dari waktu dikeluarkan nya :)Terakhir kak, future plans kaka setelah lulus?
Kaka mau tnyaApakah beasiswa d Mesir itu hanya utk biaya kuliah saja? Dengar2 teman2 saya yg lolos tes jalur non beasiswa tidak diambil karena biaya hidup disana mahal. Meski udah dpt beasiswa apakah biaya hidupnya membengkak ka?
1. Assalamualaikum wr.wb.Perkenalkan nama saya inara yunita asal dari nganjuk.. Mengenai hal seminar group WA. Saya ingin bertanya perihal.1. Benarkah al azhar university masih menerima mahasiswa s1 dengan batas usia max 25 tahun, hal ini saya ketahui karena beberapa hari yg lalu ada wacana yg di share di facebook yg menuliskan seperti itu..dan jika iya adakah hal khusus lainnya.
2. Jika masuk al azhar university melalui seleksi yang diadakan pemerintah indonesia dengan program beasiswa serta apakah semua biaya pemberangkatan mahasiswa menuju kairo serta akomodasi dan kelengkapan lainnya ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah ataukah ada pengecualian. Karena saya pernah membaca beberapa tahun yg lalu ada mahasiswi beasiswa al azhar yg tidak bisa mengurus pemberkasan pemberangkatan dikarenakan tidak ada biaya dr keluarga..bukan kah hal ini jika ikut program bidik misi juga di tanggung pemerintah.Sekian pertanyaan dr saya..terimakasih atas jawaban nya.. Wassalamualaikum wr.wbOh iya, jadi nanti pas pengumuman itu, ada 2 jenis temen temen, Ada yg beasiswa, ada yg non beasiswa.
. Tahun sy daftar, 2016 ada sekitar 3700 an peserta, Naah, yg keterima beasiswa, 20 siswa.Sisanya, kalau nilai dia lebih atau sama dengan kkm, dia lulus, tapi yg non beasiswa.Bedanya apa?Kalau yg beasiswa, dari tiket pesawat, visa, dll gratis yaa, Setelah di Mesir pun, ada Asrama nya, ada uang saku nya juga, Naah, yg non beasiswa gimana?Dia tetap bisa berangkat, hanya saja, kuliah nya doang yg gratis, Untuk living cost dia bayar sendiri.Tapi temen temen ngga perlu khawatir, InsyaaAllah di Mesir ada banyak beasiswa yg tersedia. Buat nutupin living costs nya :)

*jadi yg non beasiswa, mungkin agak berat di awal yaa, karena harus beli tiket pesawat dkk, Mungkin persiapan keberangkatan sekitar 15jt.Tapi setelah di Mesir, biaya hidup nya murah InsyaaAllah, Standar nya, 1-1,5 juta per bulan.
Halo mas hakim, salam kenalTidak harus hafal 30 juz yaa :) Minimal 2 juz, lebih banyak lebih baik. Tapi banyaknya Hafalan tidak jadi indikator kelulusan :)Untuk pendaftaran nya sudah sy lampirkan tadi ya mas, bisa daftar langsung di Website kemenag, kemudian tes tulis dan Interview*pendaftaran dibuka sekitar bulan mei.
Halo mas oyek Kalau kedokteran Azhar, kebanyakan orang malay setau sy, Jadi untuk pendaftaran nya, sy masih belum tau*setau sy mahasiswa Indonesia yg ambil kedokteran di Mesir, dia ambil di Cairo University, mandiri.
Tsaaah, sulit euy tips nya. Karena menurut sy pribadi, Al Azhar itu ngga Ketebak bangeeett, Apa yg kita kira bener, belum tentu bener, begitu juga sebaliknya.Jadi tetep usaha, memaksimalkan ikhtiar, memanjangkan doa doa, jangan sombong, Bersihkan hati.
Halo mb dita :). Pas interview, jujur,Terus kalau ditanya tentang rencana studi, atau planning after study, Jawabannya yg realistis, jangan hanya idealis.. Ide sederhana tapi aplikasi better than ide luar biasa tapi kok sepertinya imajinatif..
Halo mbk Afifah :)Untuk lintas jurusan yaa,Hmm, kalau setau sy, di Al Azhar Kairo buat magister nya linier mba Hatta anak Azhar yg s1 di Azhar, kalau mau lanjut S2 juga linier, Setau sy begitu mb
Halo mas Muhammad :)Kalau yg non beasiswa hanya kuliah nya sj mas,Al Azhar, yg islamic studies hanya membebaskan biaya kuliah sj.Biaya hidup di Mesir bagaimana?Menurut sy standar mas, bahkan lebih murah dari jabodetabek,*rumah sy Bekasi soalnya Sekitar 1-1,5 juta per bulan nya. (biar lebih jos, bisa juga googling nanti, tentang biaya hidup di Mesir, InsyaaAllah banyak blog blog mahasiswa yg bahas)
Dan jika nilai kita bagus,(minimal predikat jayyid) InsyaaAllah akan ada banyak beasiswa :)Disini juga banyak muhsinin (donatur) yg suka memberikan bantuan buat para tholib (siswa) Jadi biaya hidup bisa ketutup InsyaaAllah :)Waalaikumussalam warohmatullah wabarakatuh
Halo mb destya :)Saat Interview, kita disuruh baca makalah yg sudah disediakan, dg berbahasa Arab tanpa harokat.Kira kira begitu
Halo mas arsyadaTes interview nya offline mas :)Biasanya di UIN seluruh Indonesia. (buat tes tulis + Interview) Habis tes tulis siang nya langsung Interview :)Biaya hidup kayak yg tadi yaa mas, kalau dia bea, berarti ngga ada tanggungan lagi, karena InsyaaAllah semua sudah disediakanHanya yg non beasiswa, dia bayar living cost sekitar 1-1,5 juta per bulan nya.Kalau nilai nya bagus, bisa apply beasiswa yang tersedia, untuk menutup living cost nya, Kira kira begitu
. Kalau di Novel, memang benar diceritakan ada tokoh yg nyari uang,Disini juga banyak kok, mahasiswa yg bisnis, selain buat menutup biaya hidup, biasanya buat mengirim keluarga di Indonesia :)*bisnis rumah makan Indonesia, agen tiket penerbangan, atau jadi guide tour Mesir, atau umroh plus Mesir iya banyak :)
Halo mas patra..Kalau S2, ada di رصمب يبرع لود ةعماج Atau di 'Ain syams, di liga arab,..Masih banyak sih,Cuma aku tau nya itu, yg ada mahasiswa Indonesia nya beberapaKira kira begitu teman teman sekalian, semoga terjawab yaa, pertanyaan pertanyaan nya.
Kita baca, nanti Interviewer nya menilai, harokat kita pas atau tidak Kemudian meng i'rob kalimat atau kata, Ada Hafalan Al Qur'an juga, 2 juz, Sama percakapan ringan sama Interviewer nya, Tentang kenapa memilih Mesir, apa yg diketahui tentang Al Azhar atau Mesir, Juga percakapan ttg diri kita masing-masing. Keluarga, sekolah, dll.

Comments

Popular posts from this blog

Meraih Gelar Ganda dengan AAS

  Notulensi Seminar AAS Moderator : “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada ka  nanda yang sudah menyempatkan diri untuk menjadi narasumber kami hari ini, sebelumnya kami ingin mengucapkan selamat hari raya idul adha kepada rekan-rekan dan selamat malam kepada teman-teman di Indonesia, pada hari ini kita akan membahas meraih gelar ganda dengan AAS. Kepada narasumber dipersilahkan memeberi sambutan” Nanda : “Baik terimakasih kepada ka Akbar selaku moderator, Saya Nanda Nur Sofyana, teman-teman bisa panggil Saya nanda, semoga seminar online kali ini Saya dapat membantu sebagai pemateri dengan judul meraih gelar ganda AAS(Australian Award Scholarship)” Moderator : “Oiya ka bisa beritahu darimana asal kakak, S1 nya di mana atau jurusan apa? Nanda : “ Jadi Saya ini lahir di Aceh dari Syiah Kuala University jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Saya masuk tahun 2011 lulus 2015, terus Saya apply beasiswa 2016.” Moderator : “ Jadi kakak di Australia, berangkatnya?” ...

Studi Kedokteran di Turki?! Siapa takut!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Merhaba arkadaşlar (halo temen temen) Nasılsınız? (apa kabar?), Semoga temen temen semua dalam keadaan sehat wal afiat dan apabila ada yang kurang sehat semoga Allah SWT memberinya kesehatan. Aamiin :). Terima kasih seluruh temen temen yang sudah ikut dan hadir dalam acara  luar biasa banget, saya yakin insyaallah temen temen semua akan menjadi orang sukses. Aamiin. Dan terimakasih juga kepada moderator yang keren banget,yang kece banget, Mas Tajul juga seluruh panitia PPM  yang telah mengizinkan Dhika mengisi acara iniAda pepatah yang bilang, "tak kenal maka ~tak sayang~ taarufan". Boleh ya kita kenalan, kali aja nanti taarufan :D. Perkenalkan nama lengkap saya, Andhika Rahman Temen temen boleh panggil saya Andhika . Alhamdulillah sekarang Dhika sedang menempuh pendidikan sarjana di Istanbul University, Fakultas Kedokteran. Saya orang asli Padang tapi tinggal di Depok.  Sebelumnya kenapa saya memili...

Menggapai Asa Bersama YBM BRI

  NOTULANSI SEMINAR ONLINE YBM BRI (Menggapai Asa Bersama YBM BRI) 08 Agustus 2020 Pukul 19.00- 21.00 WIB   Pemateri : Kafa 'Aisyana Ni'mah Moderator : Lusyiana Dewi Ni geum  Assalamualaikum, selamat malam teman-teman. gimana kabarnya semua? Semoga senantiasa baik yaa. Perkenalkan, saya lusy yg akan menjadi moderator seminar online PPM pada malam hari ini. Pasti udah pada ga sabar kann? Nahh, langsung aja kita mulai yaaaa. Berikut akan saya kirim CV dari pembicara kita malam ini, kak Kafa 'Aisyana Ni'mah. silahkan dibaca dulu yaa, saya beri waktu 10 menit untuk membaca CV☺️   Pemateri: Selamat malam, teman-teman PPM! Semoga berkenan ya, dengan pemaparan dari saya selama online seminar ini nanti:) Tak kenal maka kenalan, Panggil saja Kafa, mahasiswa baru naik semester tiga (3). Tepatnya mahasiswa di Departemen Teknik Geofisika ITS Surabaya. Salam kenal ya, semua! Kalau sudah kenal saya, selanjutnya kita akan kenalan sama yang membuat saya mengisi seminar ini aja ya, S...