
Narasumber : Angga Dwi Putra
Hallo, Perkenalkan saya Angga, Saya lulusan S1 di FEUI jurusan manajemen keuangan tahun 2009. Tahuh 2011 saya Beasiswa Eiffel dari pemerintah Prancis buat kuliah di Universitas Paris 1 Pantheon Sorbonne jurusan Ekonomi Psikologi. Pulang dari paris, saya 1,5 tahun kerja sebagai Tenaga Ahli di Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR RI. Selama di DPR, saya nemenin delegasi Indonesia ketiga siding Internasional. Pertama pas siding OECD di Paris, terus ketemu parlemen dan pemerintahan Yunani da Athena sama pas sidang WTO di Jenewa Swiss. Sekarang saya udah resign buat focus bikin konsultan beasiswa, nulis buku, sama bikin trip ke Eropa.
Hallo, semuanya …. Perkenalkan saya Safira Salsabilla sebagai moderator di sini. Terimakasih untuk Bang Angga yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dan informasi dan terimakasih juga partisipasinya dari teman2. Oke… kita langsung Ke Materi ya Bang.
- Berapa lama bang persiapannya buat kuliah ke Prancis?
Saya dulu perlu hampir 2 tahun 6 bulan buat les bahasa Prancis setiap hari dari jam 8 sampe jam 12. Soalnya syarat utama buat kuliah di Prancis itu kita harus bias bahasanya minimal level B2. B2 itu ibaratnya IELTS 7 tapi bahasa Prancis. Susah banget dapetinnya. Saya juga 6 bulan nyari2 info tentang beasiswa. Datengin ke semua kedutaan, ke pameran pendidikan, ke rumah senior, macem2 deh. Terus setahun saya magang jadi analis di Koran Bisnis Indonesia. Soalnya hampir semua beasiswa sekarang mempersyaratkan kita punya pengalaman kerja dan itu berguna banget.
- Wah 2 tahun :”D lama banget ya bang, abang sebelumnya pernah di tolak beasiswa ga gak bang ?
Saya 14 kali ditolak. Itu baru beasiswa ya. Saya juga ga keitung berapa kali ditolak kampus. Ga ada ceritanya orang sekali apply langsung keterima. Awalnya saya sedih galau banget tapi lama2 jadi kebiasa ditolak hahaha. Saya selalu belajar kenapa saya gagal jadi saya selalu memperbaiki diri pas saya liat dokumen pas awal2 apply, saya jadi ngerti kenapa saya ditolak. Emang jelek banget kualitas dokumennya saya juga ga banyak pengalaman waktu it. Jadi buat kamu yang ditolak, jangan nyerah duluan ya.
- Woww 14 kali! Bukan jumlah yang sedikit itu ya bang :”D, gimana rasanya ditolak waktu itu bang? Dan apa rahasianya biar tetep semangat mencari beasiswa lain?
Gimana biar ga galau ? saya selalu ngasih diri saya waktu buat kecewa. Sama aja kaya pas ditolak cewe, saya bilang ke diri saya puas2in deh nangis tiga hari, tapi abis itu saya harus move on. Beasiswa pun gitu. Saya nangis, kecewa, tapi abis itu saya selalu inget apa motivasi awal saya pengen kuliah keluar negeri. Saya tempel poster menara Eiffel yang gede di kamar saya, jadi saya selalu inget impian saya apa.
- Emang apasih motivasi abang buat kuliah keluar negeri ?
Ada 2 motivasi utama. Yang pertama gara2 saya baca buku Laskar Pelangi saya kepengen banget masuk Sorbonne kaya Andrea Hirata, bias tinggal di Paris, bias keliling dunia juga. Saya bener2 terinspirasi sama buku itu dan 2 tahun lalu saya diundang ngobrol sama Hirata. 5 jam kita sharing2 pengalaman. Karena dua juga saya semangat bantu temen2 kuliah keluar negeri dan bias nulis buku.
Yang kedua karena Film the tourist, waktu zaman saya ngejar beasiswa, saya berdua nonton sama mama di sofa. Pas ada adegan Angelna Jolie naek gondola di Venice, mama ngegumam ke diri sendiri, “ Wah mama pengen banget bisa naik gondola di Venice”. Di detik itu saya doa, “ya alah. Bantu aku supaya keterima kuliah di Paris biar bisa ngajak mama keliling Eropa.” Eh ternyata bener. Setahun kemudia, saya beneran ngajak mama naek gondola di Venice. Dan ga Cuma itu aja, saya ajak mama papa keliling ke 12 negara Eropa. Saya tabung uang beasiswa saya dikit2 buat ngajak mereka jalan2 kesana. Kamu juga harus niatin ya biar bisa ngajak mama papa keliling dunia. Bukan Cuma ke Venice aja, saya nabung biar mereka bisa dua kali nengokin saya di Paris. Tahun 2014 saya ngajak mereka keliling sebulan penuh ke 28 kota di 12 negara ☺
- Wahhh Alhamdulillah ya :D bisa ngajak orang tua keliling dunia juga :D, Kalo gitu boleh share ke temen2 semua, apa si kak syarat biar bisa kuliah di sana juga?
Kunci utama mau kuliah di Prancis Cuma satu kamu harus bisa bahasanya, Oiya kuliah di Prancis itu gratis loh. Tapi Cuma kuliah di universitas public. Masalahnya, 99% kampus public disana pake bahasa pengatar Prancis. Syaratnya kamu harus punya sertifikat DELF B2 . DELF itu ibarat IELTS bahasa Prancis. Dan B2 itu setara IELTS level 7. IELTS yang bahasa inggris aja susah, apalagi ini bahasa prancis tapi mau gimana lagi, emang itu syaratnya.
- Emang ga ada yang pake B.inggris bang ?
Ada sih, tapi mereka pasti kampus swasta yang tuition feenya bisa 200jutaan, sama kaya kuliah di Belanda atau Inggirs. Lagian walaupun kelasnya pake Inggirs, kamu tetep harus bisa bahasa Prancis soalnya orang sana ga mau ngomong inggris. Dan bisa bahasa Prancis itu berguna banget loh. Saya keterima jadi tenaga ahli dan dikirim ke luar negeri karena saya bisa banyak bahasa, selian Prancis, saya jga belajar bahasa Jerman sama Spanyol. Saya juga jadi anggota komunitas Polyglot, komunitas yang bisa banyak bahasa.
- Gimana dengan biaya hidup di sana bang?
Sebenernya kalo kamu mau ke Prancis pake biaya sendiri juga bisa kok, pas sata itung2, ga beda jauh kalo kuliah di kampus swasta Indonesia. Tapi rumusnya satu : ASAL JANGAN DI PARIS!. Paris itu mahal banget. Apartemen saya aja yang Cuma 20 meter sebulannya 12 juta. Saya perlu sekitar 18 juta buat biaya hidup sebulan disana. Tapi dikota lain kaya Lyon, Marseille, biaya hidupnya Cuma setengah di paris, sekitar 10 juta sebula. Tapi kalo kali 2 tahun, tetep aja 250 juta, mending pake beasiswa. Hehehe
- 18 juta mahal juga yaa bang, emang beasiswa abang sebulan dapet berapa?
Nah itulah enaknya beasiswa Eiffel. Saya sebulan dapet 1200 Euro alias persis 18 juta, tapi apartemen saya disubsidi sama mereka dari yang harusnya 12 juta sebulan, saya cuman perlu bayat 2,5 juta! Potong ini itu, saya punya net uang jajan 10 juta sebulan, Asik banget kan. Saya di beliin tiket PP, asuransi, juga suka diundang party buat sesame penerima beasiswa. Seru banget deh pokoknya. Syaratnya kamu bisa google sendiri. Mereka ga ada interview, tapi kamu harus punya kenalan professor di Prancis. Dan kalo kamu udah pernah apply terus ditolak, seumur idup ga boleh daftar lagi. Dari Indonesia. Paligan Cuma 5 orang setahun yang dapet, itu untuk S2 dan S3. Total pendaftaran dari seluruh dunia bisa 20.000 pertahun tapi Cuma 400 yang keterima. Sekilas mustahil banget tapi kalo saya bisa , kenapa kamu nggak?
Saya punya satu rumus yang selalu saya aplikasiin di hidup saya, yang pertama USAHA. Usaha kamu udah maksimal belum? Jangan sampe kamu punya impian tinggi banget, tapi usaha kamu minimal. Ingat ya, diluar sana ada jutaan anak muda yang pinter, yang hebat. Mereka bisa sukses karena usaha mereka berkali-kali lebih hebat dari kamu. Yang ke dua DOA. Cuma 400 mahasiswa dari seluruh dunia yang dapet beasiswa Eiffel hasil saringan dari puluhan ribu orang. Dan rata2 Cuma 5 orang dari Indonesia yang dapet. Kalo diliat kemungkinannya, itu kecil banget kan? Sama aja kaya SBMPTN. Tapi gada yang ga mungkin kalo Allah ngizinin. Makanya kamu harus imbangin dengan dia. Kamu jangan Cuma focus duniawi aja , kay les dll. Tapi ibadah juga. Solat tepat waktu, sedekah yang rajin, puasa senin kamis, tahajud tiap malem, jadi harus balance. Yang ketiga TAWAKAL. Usaha udah, doa udah, kamu tinggal tawakal. Serahin semua keputusan ke yang diatas. Dia pasti tau yang terbaik buat kamu. Tiap saya gagal, mama selalu bilang gini.”mungkin itu bukan rejeki kamu, Allah pasti punya rencana yang terbaik.” Makanya saya selalu ikhlas tiap ditolak, soalnya saya tau Allah udah punya plan buat saya.
Oya , ada satu kalimat yang sama sekali ga boleh kalian bilang ya . papa saya selalu bilang,” JANGAN PERNAH BILANG GA MUNGKIN.” Misalnya waktu itu saya bilang ga mungkin bisa masuk Sorbonne, otomatis saya nyerah duluan. Saya ga akan masu usaha, karena saya udah kalah sebelum perang. Juga dengan bilang ga mungkin, artinya kalian sombong sama Allah. Berani2nya mendahului ketetapan Dia. Pas kamu bilang ga mungkin, nanti malaikat di kanan kiri kamu bakal aamiinin. Makanya kamu pasti gagal. Kan Allah bilang,” Aku sesuai dengan prasangka hambaku.” Kalo kalian udah punya prasangka buruk, ya pasti buruk hasilnya. Saya selalu berdoa,” Ya Allah, aku punya impian pengen kuliah ke Paris. Beri aku kekuatan, berkahi setiap langkahku, dan tunjukilah aku jalan yang terbaik.” Aamiin. Nanti Allah pasti ngunjukin jalan yang sama sekali ga kamu duga loh . Dan yang terakhir dan paling penting adalah MINTA RESTU ORANGTUA KALIAN . Terutama ke mama ya , kalo mereka ga ridho, sebesar apapun usaha kamu, dijamin ga akan berhasil. Makanya selalu minta doa ke mereka ya .
- Oh ya temen2 bang Angga baru saja menerbitkan buku nya yang kedua, judulnya Bienvenue in paris, ini recommended banget buta yang mau lanjutin ke Prancis nih gimana bang masih ada kah bukunnya?
Iya saya baru launching buku kedua saya. Isinya tentang pengalaman hidup di Paris juga perjuangan saya sampai akhirnya bisa daper beasiswa. Alhamdulilah 2 bulan ini udah laku 400 buku lebih.
KITA MASUK SESI TANYA JAWAB YA BANG
- Rabbyani ramaita rahmah_Banjarmasin_Man 2 Model Banjarmasin
Ka saat apply Eiffel scholarship apakah ada statement of purpose? Apa bahan yang membuat essay begitu menarik bagi sponsor beasiswa?
Jawab :
Semua beasiswa pasti ada saya dulu minta contoh dari punya senior yang keterima, terus saya pelajari. Emang lama bikinnya, saya aja perlu sebulan lebih, sambil banyak2 riset di Internet. Yang jangan males bikinnya.
- Qori khodijah daridl_jakarta_smkn24 jakarta
Gimana caranya kaka optimis ketika misalnya kaka blm punya modal banyak misalnya bahasa inggrisnya?
Jawab :
Ya makanya harus perbaiki bahasa. Bahasa itu kunci utama ya . sepinter apapun, segede apapun IP kalo bahasa kita ga cukup, ga akan diterima.
2. Grace_Ungaran_Kabupaten Semarang _SMA VIRGO FIDELIS BAWEN
Kak syarat nilai untuk dapat beasiswa itu berapa ?
Jawab :
Tiap beasiswa beda2 tapi yang pasti LPDP perlu minimal 3. IP sekarang bukan factor utama ya mereka sekarang lebih focus nyari orang yang punya kontribusi ke masyarakat.
3. Frica_UIN Sultan Syarif Kasim
Bagaimana cara mendapatkan kenalan professor di prancis supaya mendapatkan beasiswa Eiffel Scholarship?
Jawab:
Ini saya tulis juga dibuku saya. Disana saya certain banyak pengalaman saya ngehar beasiswa, ditolak, prosesnya, sampe akhirnya keterima. Kamu cari dulu jurusan di kampus tujuan. Nanit pas ada keapala jurusan yang bertanggung jawab ke program itu kalian kontak dia lewat email tapi jangan kosong siapin dlu semua modal, udah harus punya IELTS, surat rekomendasi, saya juga kirimin proposal tesis saya. Lama prosesnya , saya perlu 4 bulan sampe dia akhirnya ngasih saya surat rekomendasi
4. Miqdam _Cilacap_MAN 2 CILACAP_
Kak link untuk bisa sekolah di prancis itu lewat apa ya ?
Jawab :
Buka website campus france Indonesia ada semua infonya disana
5. Luna Sintya_Sman 1 Jepara _
Kak boleh tau dulu essaynya membahasa apa? Kalau boleh juga share contohnya dari kakak, terimkasih ☺
Jawab:
Mohon maaf untuk esaay ini tidak bisa di cantumkan disini ☺ karena khusus untuk perserta yang ikut seminar ini saja ☺ . dan tidak bisa disebar luaskan keberbanyak orang
6. Farhaneza_blitar_UGM_
Bagaimana dengan kehidupan muslim diprancis dan apakah orang asli prancis welcome dengan muslim?
Jawab :
Prancis Negara dengan populasi muslim terbesar di Eropa barat , ada 10% atau 6 juta orang, jadi aman ko, temen saya pake jilbab ga ada masalah
7. Suanti Agustina_Aceh Tengah_STAIN Gajah putih_
Bagaimana cara kak angga untuk mempertahankan banyak bahasa yang sudah abng kuasai dan apakah akreditas dari universitas kita mempengaruhi diterima atau tidaknya beasiswa yang kita ajukan ?
Jawab :
Makanya Join komunitas bahasa . kita tiap 2 minggu kumpul2 jadi bahasa kita ga lupa. Saya juga tetep nonton saluran berita Prancis atau baca Koran Prancis biar ga lupa. Akreditas ga ngaruh kok. Selama kita berprestasi akademik dan non akademik, kita punya peluang yang besar.
KESIMPULAN
Jangan pernah nyerah, usaha kalian harus lebih keras disbanding yang lain, jangan lupa doa, sama yang paling penting , minta restu orang tua kalian ya .
Comments
Post a Comment